A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: berita/index.php

Line Number: 1

Taufiq Handriawan: Pelayanan Menjadi Perhatian Utama

Taufiq Handriawan

BALIKPAPAN, Poskota Kaltim

General Manager PT Sadena Mitra Mandiri (SMM) Taufiq Handriawan, SE, MM, mengatakan hari pertama ujicoba angkutan penyeberangan Kariangau – Penajam, Minggu berjalan dengan baik dan sesuai jadwal yang sudah disusun selama pelaklsanaan ujicoba itu.
‘’Sebagai operator (Pemilik Kapal, red) dilintasan pendek ini kami ingin agar semua operator dapat melaksanakan semua ketentuan yang sudah disepakati baik waktu kapal masih berada di dermaga, saat berangkat kapal dan ketika kapal tiba di dermaga tujuan selain itu kita tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada semua pemakai jasa penyeberangan,’’ ujar Taufiq, mantan GM PT Angkutan Sungai dan Penyeberangan  (ASDP) Feri Indonesia cabang Balikpapan dan Merak-Bakauhenny, kemarin.
Taufiq mengatakan, sesungguhnya jadwal keberangkatan dan debarkasi/embarkasi penumpang didua sisi pelabuhan (Kariangau dan Penajam) dibuat oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), namun setelah kita dari semua operator dan pengelolah pelabuhan feri memberikan masukkan dengan harapan jadwal sementara itu menjadi acuan untuk dievaluasi mendatang.
‘’Ujicoba yang kita lakukan hanya seminggu saja, bukan tiga bulan, setelah itu akan dievaluasi keberhasilan pelaksaan ujicoba dengan 10 kapal beroperasi full sehari dengan dua kapal lainnya istirahat atau off,’’ jelas Taufiq, yang mentan Kepala Pelabuhan Feri Merak-Bakauheni ini.
Sebenarnya kata Taufiq lagi, ide melaksanakan ujicoba itu sudah lama namun kita masih mempersiapkan secara seksama sampai akhirnya melalui pertemuan semua operator dan regulator dalam hal ini Dinas Perhubungan Kaltim dan UPT Ditjen Hubda Kemenhub pelabuhan feri Kariangau memutuskan sebelum mengoperasikan 10 armada dari 8 armada dengan 4 kapal off, kita harus lakukan ujicoba.
Dengan 10 kapal nantinya beroperasi secara permanen bergantung dari hasil evaluasi setelah seminggu ujicoba dilaksanakan, harapan kami semua kapal atau semua operator bisa menikmati hasil dari pengoperasian 10 kapal dari sebelumnya hanya 8 kapal feri saja.
Dengan adanya ujicoba ini harapan kami semua operator bisa menikmati ‘kue’ dari setiap hari mengoperasikan kapal-kapal mereka, kalau operator itu hanya ada satu kapal tentunya dia tidak akan menikmati besaran hasil sama dengan operator yang memiliki 3 kapal, tapi pada prinsipnya tiap operator akan menikmati hasil lebih baik dan sesuai jumlah kapal yang beroperasi.
Menurut Taufiq, dengan 10 kapal feri beroperasi maka jam bongkar dan muatan penumpang akan menjadi 48 menit, sedangkan saat kapal berlayar menuju dermaga tujuan hanya membutuhkan waktu 72 menit, begitu akan berlangsung secara rutin sedangkan waktu tambah air bersih atau BBM ada waktu namun itu hanya sebentar saja.
Kepada media ini Taufiq mengatakan walaupun angkutan feri untuk lintasan jauh dan menengah sudah ada penyesuaian tariff atau tiket namun untuk lintasan pendek Kariangau-Penajam masih bertahan dengan tariff tiket lama, mudah-mudahan pemerintah akan mengevaluasi tariff tiket untuk penyeberangan ini.
Seperti diberitakan kemarin, tingkat keterisian penumpang dan barang khususnya kendaraan untuk lintasan feri Kariangau – Penajam yang selama ini hanya dilayani 8 armada feri, mulai hari Minggu (12/10) akan diujicobakan dengan 10 kapal dan dua kapal lainnya istirahat secara bergantian tiap hari.
‘’Selama ini, lintasan penyeberangan Kariangau – Penajam hanya dilayani delapan kapal dengan empat kapal lainnya istirahat atau tidak melaut dan itu terus bergantian tiap hari, kedepan kami akan coba mengoperasikan sebanyak 10 kapal dan dua kapal lainnya istirahat,’’ ujar Denny Sobari, Pj. Kepala Unit dermaga Kariangau Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), saat ditemui di kantornya Pelabuhan Kariangau belum lama ini.
Dia mengatakan, sebagai penanggungjawab kawasan dermaga Kariangau, kami hanya mendapatkan masukkan dari lima operator atau pemilik kapal feri  yang tergabung dalam Gabuangan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (GAPASDAP) bahwa load factor dilintasan pendek ini cukup banyak, artinya kalau dihitung jumlah pengguna jasa penyeberangan baik untuk penumpang, kendaraan dan barang sudah diatas 60 persen sehingga laik untuk dipertimbangkan adanya tambahan kapal feri.
‘’Tentunya, kapal feri tidak perlu didatangkan lagi dari luar, cukup mengoperasikan kapal-kapal feri yang ada di Kariangau karena selama ini ada delapan kapal feri yang beroperasi tapi empat kapal lainnya harus off atau tidak beroperasi dan itu dilakukan secara bergantian,’’ terang Denny, mantan Staf UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Kementerian Perhubungan.
Awalnya, kata Denny, hanya ada enam kapal feri yang beroperasi dengan dua kapal feri lainnya off dan ini dilakukan setiap hari, jadi ada kapal yang beroperasi dan ada juga kapal yang harus istirahat sampai jumlah kapal bertambah menjadi 12 armada dengan sistim 8 armada beroperasi sedangkan empat armada lainnya istirahat.
‘’Kita coba dengan 10 kapal beroperasi dan dua kapal istirahat secara bergantian, kalaupun itu cukup bagus dan tidak ada operator yang merasa dirugikan maka kita akan permanenkan sistim operasional itu namun selama 3 bulan kami lakukan ujicoba,’’ ungkap Denny menambahkan.
Ditanya munculnya ide pengoperasian kapal feri dari 8 armada menjadi 10 armada dari siapa, Denny mengatakan kalau ide itu muncul dari para pemilik armada atau operator yang ada saat ini lima perusahan pelayaran.
‘’Kami hanya menampung usulan para pemilik armada, karena kami hanya bagian dari pengelolah pelabuhan feri saja, setelah ada kesepakatan maka kami setuju untuk dilakukan ujicoba 10 kapal dengan dua kapal lainnya istirahat secara bergantian tiap hari," ujar Kepala UPT Ditjen Hubda Kemenhub, Muhammad Noor. max

Warung Makan Depan Museum Direlokasi ke Pasar Seni

Lokasi warung makan depan museum yang sudah dibongkar untuk direlokasi ke Pasar Seni

TENGGARONG, Poskota Kaltim
Berdasarkan kesepakatan, warga yang berjualan di beberapa warung makan depan Museum Mulawarman Tenggarong akan direlokasi ke komplek Pasar Seni.
Hal itu menyusul telah dilakukannya pembongkaran warung-warung yang berada dibawah koordinir Disperindagkop dan Dinas Pariwisata tersebut tiga hari lalu.
Saat ini, warung yang sebelumnya berjejer rapi dan belum lama diperbaiki tersebut sudah tidak tampak, bahkan puing-puingnyapun sudah bersih.
"Untuk warung-warung makan di depan Museum Mulawarman itu sesuai kesepakatan akan direlokasi ke Pasar Seni, ini juga berdasarkan kesepakatan kita bersama dengan lurah setempat," kata Camat Tenggarong, Mulyadi SE MSi kemarin (Minggu 12/10/2014).
Kesepakatan merelokasi warung-warung makan dimaksud ke komplek Pasar Seni yang jaraknya masih sangat dekat dengan lokasi sebelumnya (depan museum), tidak lain demi memberikan kesempatan kepada warga bersangkutan untuk tetap bisa berusaha di wilayah tersebut, tentunya dengan tidak mengganggu kawasan jalur hijau.
"Relokasi ke Pasar Seni itu demi tetap memberikan kesempatan berusaha di sekitar lokasi Museum, dan tentunya tertata di dalam lokasi Pasar Seni, dan ini juga pengharapan dari pedagang saat kita koordinasikan tentang pembongkaran warung-warung tempat mereka berjualan," terang Mulyadi seraya mengatakan kurang tepat jika memindahkan usaha warung warga ke tempat yang sepi.
Hanya saja menurut Camat Mulyadi, relokasi ke Pasar Seni juga masih bersifat sementara. Hal itu mengingat adanya rencana pendataan aset di Pasar seni menyusul rencana pembongkaran yang juga akan dilakukan di lokasi Pasar Seni yang informasinya akan dibangun atau direhabilitasi.
"Kami belum mndengar kepastian tentang rencana pendataan aset di Pasar Seni yang kabarnya juga akan dilakukan pembongkaran. Tapi yang jelas untuk sementara ini warung-warung di depan museum yang telah dibongkar itu akan dipindah ke Pasar Seni," tegasnya.
Menyinggung soal belum dilakukannya pembongkaran terhadap dua bangunan permanen seperti rumah makan Tepian Pandan yang menyatu dengan bangunan Apotek, termasuk satu bangunan tempat tinggal yang juga berada di lokasi jalur hijau, tepatnya berada di depan antara museum dan Pasar Seni, Camat Mulyadi mengatakan kurang banyak mengetahui. Mulyadi mengaku sebagai camat yang belum lama menjabat, dirinya tidak banyak tahu karena tidak terlibat dalam proses pembebasan lahan maupun pembongkaran.
"Saya kurang tahu persisnya kenapa ada bangunan yang belum dibongkar karena tidak terlibat dalam proses pembongkaran maupun saat pembebasan lahan kala itu. Tapi yang pasti semua bangunan akan dibongkar," kata camat.
Namun berdasarkan informasi yang diakui camat, bahwa belum dieksekusinya bangunan yang tersisa itu terkait dengan masalah ganti rugi yang belum selesai. "Informasi yang saya dengan, ini terkait masalah ganti rugi," ujar Mulyadi.
Seperti diketahui, penertiban kawasan jalur hijau di kawasan tersebut merupakan lanjutan dari penertiban kawasan pemukiman Tanjung beberapa waktu lalu. Di kawasan bantaran Sungai Mahakam tersebut dibebaskan dari bangunan karena selain masuk dalam kawasan terbuka hijau, juga akan dijadikan taman teknologi informasi (IT Park). yd

Pemkab Kukar PTUN-kan SK Gubernur Soal Tapal Batas

drh.Suriansyah

Peta Wilayah Kukar.

Suriansyah: Kembalikan posisi status quo

TENGGARONG, Poskota Kaltim
Persoalan tapal batas antara Kutai Kartanegara dan Samarinda sepertinya mulai memanas. Pasalnya Pemkab Kukar berupaya mengajukan gugatan melalui Pengadian Tata Usaha Negara (PTUN) perihal SK Gubernur Kalimantan Timur Nomor: 136/8365/BPPWK-C/VIII/2013 tertanggal 13 Agustus 2013 tentang Penegasan Batas Wilayah Kota Samarinda dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Demikian dikemukakan Suriansyah Staff Ahli Bidang Pemerintahan kepada Poskota Kaltim belum lama ini.
“Kami berencana mengumpulkan kelengkapan berkas, baik Peta Wilayah hingga SK Gubernur Kaltim tentang penetapan batas wilayah kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2013. Selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan Bupati untuk mengkaji proses pengajuan PTUN tentang SK-Gubernur itu,” tegas Suriansyah.
Pada dasarnya sudah jelas kondisinya, kata Suriansyah Kukar mengajukan opsi seharusnya arah patung lembu swana Tenggarong Seberang ditarik garis dua ratus meter ke luar. Namun belum juga muncul ketetapan, sudah ada indikasi pemasangan patok dari Kota Samarinda yang peletakannya disinyalir masuk wilayah Kutai Kartanegara.
“Jika melihat kondisi ini, berarti sertifikat yang diterbitkan oleh Kukar kepada masyarakat yang tinggal disitu bermasalah. Ini bisa menyebabkan konflik horizontal, makanya kami mau melakukan mediasi melalui PTUN tentang penerbitan SK-Gubernur Kaltim Nomor: 136/8365/BPPWK-C/VIII/2013 tertanggal 13 Agustus 2013 tentang Penegasan Batas Wilayah Kota Samarinda dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Tuntutannya kembalikan pada posisi status quo, sehingga tidak ada terbit IMB ataupun ijin lainnya tentang usaha diwilayah tersebut dari Kota Samarinda dan Kutai Kartanegara,” tukas Suriansyah. dp

Lagi, Disdukcapil Bentuk UPT di Dua Kecamatan

Pelayanan jemput bola Disdukcapil di wilayah pesisir

Upaya Dekatkan Pelayanan Masyarakat

TENGGARONG, Poskota Kaltim
Setelah membentuk dua Unit Pelaksana Teknis (UPT)  di Kota Bangun dan Kembang Janggut   2010 lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara kembali membentuk dua Unit Pelaksana Teknis (UPT), yakni di Muara Badak dan Marangkayu. Pembentukan dua UPT ini berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 9 Tahun 2014.
Kepala Disdukcapil Kukar Drs Getsmani Zeth MM menjelaskan tujuan dibentuk UPT ini adalah untuk mendekat pelayanan administrasi kependudukan (adminduk). Sehingga warga tak perlu repot membuang waktu dan biaya datang ke Disdukcapil di Tenggarong.
Dikatakan, kedudukan UPT merupakan unsur pelaksana teknis Dinas untuk melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional yang mempunyai wilayah kerja. UPT dipimpin seorang Kepala berada dibawah tanggungjawab Kepala Dinas.
Tugas pokoknya lanjut Getsmani, adalah membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional  atau teknis penunjang dibidang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Disdukcapil.
Sedang fungsi UPT kata dia, untuk mengimplementasikan peraturan perundang-undangan dan ketentuan lain yang erat hubungannya dalam menunjang tugasnya. Menyusun rencana kerja, membuat petunjuk teknis, monitoring dan melakukan koordinasi untuk pengembangan kapasitas kegiatan operasional.
" Cukup banyak sekali fungsi UPT itu termasuk melakukan pembinaan dan bimbingan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dalam peningkatan pelatihan terhadap unsur aparatur dan juga masyarakat " beber Getsmani ketika ditemui di ruang kerjanya Kamis (2/10).
Lebih jauh Getsmani menerangkan, wilayah kerja UPT Kota Bangun meliputi  Kecamatan Kota Bangun, Muara Wis dan Muara Muntai. UPT Kembang Janggut adalah Kembang Janggut, Kenohan dan Tabang.  Semenntara itu UPT Muara Jawa dalah Kecamatan Muara Jawa ,Samboja dan Sangasanga. Sedangkan UPT Muara Badak wilayah kerja meliputi Muara Badak dan Marangkayu. Selengkapnya lihat grafis
Masih menurut Getsmani, saat ini pelayanan yang dilakukan UPT adalah pelayanan pencatatan sipil seperti pembuatan akta kelahiran ,kematian, perkawinan dan perceraian (khusus non muslim) juga melayani akta  pengakuan anak dan akta pengesahan anak. Selain itu melakukan sosialisasi ke masyarakat diwilayah kerjanya tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan.
Pembentukan UPT Disdukcapil di beberapa kecamatan disambut gembira masyarakat seperti diungkap Helmi ( 58) warga Desa Kota Bangun Seberang Kecamatan Kota Bangun. Menurut ibu beranak 4 anak ini kehadiran UPT Disdukcapil sangat membantu memudahkan pelayanan akta kelahiran. Tak perlu repot-repot dan jauh ke Tenggarong mengurus akta kelahiran tapi cukup disini.
Senada dengan Helmi seorang warga Muara Wis  Darham (42) sangat gembira dibentuknya UPT di Kota Bangun. " Wah, parak maha ( dekat) kalau mau bikin akta kelahiran  paling butuh waktu  40 menit  pakai motor dan bensin cukup satu liter sudah sampai di Kota Bangun  " ujar lelaki yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan itu. (hmp23/yd)

Karyawan KTE Minta Cepat Dieksekusi

Menuntut

SANGATTA, Poskota Kaltim
Karyawan PT Kutai Timur Energi (KTE), Senin (29/9) mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Sangatta, mereka mengaku terkena imbas tidak jelasnya proyek PTLGB Kabo dan meminta kejaksaan segera menjalankan petunjuk Ketua Kamar Pidana MA RI terhadap penyerahan barang bukti kejaksaan dari kasus Anung dan Apiandi.
Andi M Arafah sebagai manager kemitraan PT KTE dan Andy Wijaya sebagai koordinator kontraktor PLTGB, menyebutkan uang yang disita harus masuk kas daerah, selain itu mereka menilai Kejaksaan Negeri Sangatta tidak menjalankan petunjuk Ketua Kamar Pidana MA menyebabkan karyawan PT KTE serta kontraktor terkena imbas yakni belum dibayarkannya hak-hak karyawan baik gaji maupun biaya kerja. “Kami minta uang yang disita dikembalikan ke Pemkab Kutim, sehingga hak-hak karyawan segera diselesaikan,” kata Andi  Arafah dalam orasinya.
Menggunakan sejumlah kendaraan, karyawan PT KTE ini meminta kejaksaan segera melakukan eksekusi barang sitaan yang ada di sejumlah bank diantaranya Bank Mandiri,Bank BNI 1946, BPR Kutai Timur serta 36 bilyet deposito pada Bank IFI yang kesemuanya bernilai Rp576 M.
Kajari Sangatta Tety Syam serta pejabat lainnya, para karyawan menyadari apa yang terjadi serta upaya yang dilakukan Korps Adhyaksa untuk menyelamatkan uang hasil penjualan saham PT KPC. “Kejaksaan selama ini telah berupaya agar semua asset dan barang bukti yang disita selama ini bisa dieksekusi, namun dalam amar putusan majelis hakim bahwa uang disita dan dimasukan ke kas negara,” terang Kajari Tety Syam.
Disebutkan, sejumlah uang yang berhasil diblokir dan dijadikan barang bukti sebagian telah dieksekusi dari beberapa bank namun ada bebarapa aset yang ternyata sempat dialihkan bahkan telah menjadi sebuah SPBU di Jakarta. “Kejaksaan hanya menjalankan amar vonis MA saja, berbeda dengan amar putusan Mujiono disebutkan dengan jelas uang  sebesar tujuh puluh miliar rupiah yang  disita dan diserahkan ke kas negara cq kas daerah,” ungkap Suganda, salah seorang jaksa yang ikut memberikan penjelasan kepada perwakilan pengunjukrasa. nda

Mutasi Lanjutan Belum Ada Pembahasan di Baperjakat

Ilustrasi Mutasi Pejabat di Kukar

TENGGARONG, Poskota Kaltim

Khabar yang berhembus, setelah hari raya Idhul Adha 1435 H, akan ada mutasi lanjutan. Setelah mutasi sebelumnya, beberapa waktu lalu. Ternyata itu hanya pepesan kosong, soalnya Ridha Darmawan selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar menegaskan belum ada pembahasan dari Baperjakat soal mutasi lanjutan. 

“Saat ini belum ada pembahasan di Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan). Soal mutasi tersebut, “ tegas Ridha Darmawan. 

Bahkan, adanya isu bahwa akan ada mutasi yang menggeser posisi pejabat eselon II yang ada di SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), dan mulai ramai dipergunjingkan belakangan ini. Ternyata tidak benar, dan itupun ditanggapi Kepala BKD Kukar. 

“Belum juga ada koordinasi dari Baperjakat,” ungkap Ridha Darwaman. 

Banyak yang bergulir belakangan ini, terutama tentang sejumlah pejabat yang non job yang dipersiapkan untuk mengisi jabatan yang lowong selanjutnya. Tapi hal itu belum jelas kapan dilakukan proses mutasi tersebut. dp 

Pengajuan Kredit Anggota DPRD Tak Harus ke BPD

M. Arief Yulianto

SANGATTA, Poskota Kaltim

Sekertaries Dewan (Sekwan) Kutai Timur M.Arief Yulianto SE mengatakan,  untuk pengajuan kredit Anggota DPRD Kutim ke bank tidak harus melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim. 

"Anggota DPRD yang akan mengajukan yang  kredit ke bank, bisa juga mengajukan lewat bank pemerintah selain bank BPD Kaltim dan Bank swasta." kata Arief  kepada wartawan, saat ditemui di Kantor DPRD Kutim, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, untuk pengajuan kredit di bank, pastinya seluruh bank punya aturan tehnis dalam memberikan kredit kepada anggota dewan antara lain lampiran daftar gaji.

Namun, kata mantan kadis perindag , untuk saat ini pihak bank masih dalam tahap penjajakan  dan promosi kepada anggota dewan untuk pengajuan kredit, sementara untuk mengajukan kredit di bank, anggota dewan wajib untuk memberikan slip gaji mereka ke pihak bank sebagai salah satu syarat untuk mengajukan kredit.

"Syarat utama untuk mengajukan kredit di bank harus ada daftar gaji, sampai saat ini dewan belum ada gajian, karena alat kelengkapan DPRD kutim belum terbentuk," jelasnya.

Lebih jauh Arief mengakui, sudah ada bank pemerintah yang menawarkan pengajuan kredit kepada anggota DPRD kutim."sudah ada bank pemerintah yakni bank mandiri yang datang kesini (kantor sekretariat dewan) untuk menawarkan kredit," ungkapnya.

Ketika ditanya wartawan, besaran dana yang dapat di oleh anggota DPRD, Arief tidak dapat memastikan besar dana tersebut."tergantung dari banknya berada dana yang bisa dikredit oleh anggota dewan. Berdasarkan pengalaman priode lalu, anggota dewan bisa mengajukan kredit sebesar Rp 300 juta. Itu dikredit hingg 60 bulan atau selama lima tahun."katannya. adv

Optimalkan Agroindustri

SUMBER DAYA TERBARUKAN: Perkebunan kelapa sawit, salah satu yang harus digalakkan untuk mengoptimalkan agroindustri.

SAMARINDA, Poskota Kaltim

Pemprov Kaltim wajib terus berupaya mengembangkan sektor agroindustri untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang selama ini dimanjakan oleh aktivitas tambang batu bara.  Mengingat, keunggulan sektor itu tak akan selamanya bisa bertahan. Bahkan ada yang memprediksi, batu bara tersebut akan habis 40 sampai 50 tahun mendatang. 

Sama seperti produksi hasil alam berupa kayu pada masa terdahulu. Seberapa pun luasnya hutan Kaltim, jika terus menerus digerogoti maka akan semakin menipis pula. Sementara untuk reproduksi hasil alam itu sendiri, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bahkan mencapai ratusan tahun. 

Salah satu anggota DPRD Provinsi Kaltim yakni Siti Qomariah mengatakan keseriusannya untuk mendesak Pemprov Kaltim mencari alternatif pengganti pendapatan masyarakat selain kontribusi aktivitas pertambangan. Menurutnya, banyak hal yang bisa dijadikan tumpuan selain daripada sumber daya alam yang tak bisa diperbaharui ini, misalnya saja pengembangan sektor agroindustri (pertanian, perikanan dan perkebunan). 

“Selain batubara dan minyak bumi, banyak hal yang bisa dijadikan mata pencaharian. Misalnya agroindustri. Saya yakin, jika mengandalkan sumber daya yang dapat diperbaharui maka peningkatan pendapatan masyarakat akan konstan, sekaligus berdampak pada meningkatnya kesejahteraan mereka,” kata Siti Qomariah.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) yang akrab disapa Qamay ini juga berpendapat, pemerintah provinsi harus mengeluarkan kebijakan dan langkah strategis mengembangkan agroindustri untuk mendukung pengembangan pertanian, perikanan dan perkebunan kelapa sawit. Selain itu, keuntungan agroindustri ialah mampu memaksimalkan SDM dengan tingkat pendidikan rata-rata rendah (sekolah dasar) sebanyak mungkin sekaligus meningkatkan kualitasnya.

“Provinsi Kaltim merupakan salah satu provinsi dengan wilayah yang sangat luas, terdiri dari berbagai macam jenis dataran yang cocok dijadikan perkebunan. Terlebih, Kaltim juga dijadikan sebagai destinasi urbanisasi oleh pemerintah pusat. Maka dari itu, perkembangan sektor agroindustri saya rasa akan berjalan tidak terlalu susah disini,” kata Qamay –sapaan akrabnya.

Pada Agrinex Expo ke-8 yang diselenggarakan Maret 2014 lalu, harusnya menjadi landasan mengembangkan potensi produk agroindustri Indonesia agar dapat berperan lebih besar dalam perekonomian nasional. “Melalui pameran semacam ini seharusnya pengembangan agroindustri bisa mendapatkan perhatian lebih oleh pemerintah provinsi. Bicara cakupan yang lebih luas, Indonesia memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah. Tidak mungkin semua bisa mengharapkan penghasilan dari sektor pertambangan saja. Jelas tidak akan cukup. Pemerintah harus bisa menilik ini lebih jeli lagi,” sambung Qamay. 

Selain pengembangan dari struktur lahan dan SDM, pemerintah juga harus cermat menciptakan pasar untuk menampung hasil produksi masyarakat sekitar. Contohnya, pembuatan pabrik pengolahan minyak kelapa sawit di beberapa sektor yang dianggap strategis sampai menambah ilmu masyarakat dalam pengolahannya.  

“Kabupaten Berau saja sudah memiliki empat pabrik yang beroperasi mengolah minyak kelapa sawit dan mampu menampung daya beli hingga 84.171 Hektar kebun kelapa sawit. Saya yakin, kabupaten/kota lain juga bisa meniru kesuksesan ini. Selain itu, hasil pertanian tidak wajib dijual sebagai hasil mentah saja. Nantinya aka nada substansi tersendiri dalam hal pengolahan bahan baku menjadi produk jadi. Tentu saja pembuatan produk jadi memiliki nilai tambah dan akan memberikan hasil yang lebih bagi petani,” kata Qamay. 

Intinya tambahnya, segenap jajaran pemerintah provinsi harus mengupayakan peningkatan kesejahteraan melalui cara lain, jangan terpaku pada hasil tambang saja. Saat ini, agroindustri merupakan sarana yang tepat dalam peningkatan pendapatan dan kesejahteraan mereka. 

“Hal inilah yang saya maksud dengan adanya korelasi agroindustri terhadap kesejahteraan masyarakat. Memang, memantapkan hati masyarakat untuk beralih profesi tidaklah mudah, namun dengan sosialisasi yang berkelanjutan maka hal ini pasti mampu dicapai,” tutup Qamay. hms

defrfrf

egtc

Investor Bandara Belum Masukan Permohonan Izin Lokasi

Permohonan Diproses Jika Memenuhi Persyaratan

TENGGARONG, Poskota Kaltim

Bandar Udara (Bandara) Khusus di Kabupaten Kutai Kartanegara sepertinya dalam waktu dekat ini masih belum bisa segera dibangun.

Pasalnya, PT Sinergi Nusantara Abadi (PT SNA) selaku investor yang akan membangun Bandara Khusus di Kecamatan Loa Kulu tersebut sampai saat ini belum memasukan permohonan Izin Lokasi ke Bagian Administrasi Pertanahan Setkab Kutai Kartanegara.

Kepala Bagian Administrasi Pertanahan Setkab Kutai Kartanegara, Setianto N Aji SH ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/9-2014) membenarkan bahwa pihaknya belum menerima permohonan Izin Lokasi untuk pembangunan bandara dari pihak investor.

"Untuk saat ini kami belum ada menerima permohonan izin lokasi bandara dari investor," kata Setianto.

Namun demikian, diakui pula bahwa pernah ada pembicaraan dengan pihak-pihak terkait melalui stafnya mengenai izin lokasi bandara, namun dalam kapasitas sebatas pembicaraan. 

Sebagai pihak berwenang dalam hal penerbitan izin lokasi, Setianto Aji mengatakan pihaknya hanya menunggu saja, dan akan memproses jika memang ada permohonan dari investor. Tentunya permohonan tersebut sudah disertai kelengkapan persyaratan, terutama terkait legalitas sejarah tanah/lahan yang akan diberi izin.

Menurutnya, penerbitan izin lokasi terlebih untuk pembangunan fisik itu pihaknya tidak mau gegabah demi menghindari masalah yang tidak diinginkan. Hal itu mengingat permasalahan lahan yang sangat riskan dan sangat sensitif.

"Jika memang permohonan dari pihak investor sudah masuk dan persyaratannya lengkap, maka otomatis izinnya akan diproses. Tapi sejauh ini memang belum ada permohonan yang masuk," terangnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kabupaten Kutai Kartanegara, Bambang Arwanto mengatakan pelaksanaan pembangunan Bandara Khusus Kabupaten Kutai Kartanegara masih menunggu proses pembuatan sertifikat tanah yang dijadikan lahan bandara.

Menurut Bambang Arwanto, hampir semua persyaratan pembangunan Bandara Khusus itu sudah siap, tinggal menunggu proses sertifikasi tanah untuk kepentingan izin lokasi sebelum kegiatan pembangunan oleh PT SNA. 

Untuk proses sertifikasi lahan dimaksud, pihak investor (PT SNA) membuat permohonan kepada Bagian Administrasi Pertanahan Setkab Kutai Kartanegara, yang kemudian diproses untuk pembuatan izin lokasi serta rekomendasi untuk pembuatan sertifikat tanah yang kemudian diajukan pihak pemohon (PT SNA) kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kutai Kartanegara selaku pihak yang berwenang menerbitkan sertifikat.

Selanjutnya permohonan tersebut diproses pihak BPN untuk dilangsir ke BPN provinsi untuk mendapatkan rekomendasi. Kemudian disampaikan kepada BPN pusat untuk kemudian direkomendasikan kembali kepada BPN Kutai Kartanegara untuk penerbitan sertifikat jika tim pusat sudah menyatakan tanah dimaksud sudah clean and clear atau tidak bermasalah.

Seperti diketahui sebelumnya ada tiga konsorsium yang akan bekerjasama membangun bandara, yakni PT SNA, PT Agung Surya Kencana (ASK) dan Perusahaan Daerah (Perusda) Tunggang Parangan Kutai Kartanegara. Tiga konsorsium ini sudah menandatangani nota kesepahaman (memorendum of understanding/MoU) di Kantor Perwakilan Kutai Kartanegara di Jakarta, pada Mei 2014 lalu. yd

test

dfsdsf

dsfsdf

asdad

asdasd

OPENING

7 TPS di Kaltim Gelar Pemilu Ulang

SAMARINDA, Poskota Kaltim
Komisi Pemilihan Umum di dua daerah yakni Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara akan melakukan pemilihan umum legislatif ulang di 7 Tempat Pemungutan Suara. Pemilu Ulang dikarenakan tertukarnya surat suara untuk pemilihan Dewan Perwakilan rakyat Daerah Kabupaten dan  Kota  yang tertukar daerah pemilihanya.
Komisioner KPU Kaltim Rudiansyah mengatakan bahwa  pemungutan suara ulang berlaku untuk surat suara tertukar tingkat legislatif tertentu, jadi tidak semuanya jika DPRD KAbupaten kota yang tertukar maka proses pelaksanaan pemilu ulang hanya untuk caleg Kabupaten dan kota berdasarkan daerah pemilihannya yang tertukar.
"Jadi, kami hanya mengulang pemungutan suara untuk surat suara yang tertukar saja. Surat suara tertukar misalnya untuk DPRD Kabupaten atau Kota saja, maka lainnya tidak diulang," kata Rudiansyah komisioner KPU diruang kerjanya  Kamis (10/4) kemarin.
Rudi mengungkapkan bahwa paling lambat pemungutan suara ulang pada 15 April 2014, KPU daerah untuk segera menghitung ketersediaan surat suara untuk pemungutan ulang. Kalau persediaan 1000 surat suara ulang di KPU Kabupaten atau Kota kurang, segera melapor ke KPU Pusat.
7 TPS yang terpaksa mengulang yakni 4 TPS  di Kutai Kartanegara  yakni TPS 7 dikelurahan Mangkurawang , TPS  7,9,10  didesa Kotabangun Ulu,  sementara di kota Samarinda 3 TPS yang terpaksa mengulang yakni TPS 1, 2, 3 di kelurahan Lok Bahu kota Samarinda.
Ironisnya tertukarnya surat suara ini baru diketahui oleh petugas kelompok panitia pemilihan suara di 7 TPS  tersebut setelah petugas melakukan perhitungan suara pada Rabu malam,  sedangkan hasil pemungutan suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten di 7 TPS tidak ada masalah. Akibat tertukarnya surat suara ini perhitungan suara yang sempat dilakukan di 7 TPS tersebut terpaksa dihentikan.
Pemilihan ulang akan dilaksanakan pada tanggal 12 April mendatang,  dan saat ini beberapa persiapan dilakukan untuk melaksanakan pemilu legislatif ulang di Kabupaten Kutai Kartanegara dan kota Samarinda yakni berkoordinasi dengan PPS dan KPPS setempat,   PPS akan memberikan undangan kepada para  pemilih di TPS yang akan melaksanakan pemilihan ulang.
“Pelaksanaan pemilihan umum legislatif ulang sudah sesuai dengan urat edaran KPU RI nomor 275/, sehingga pelaksanaan pemilu legislatif di 7 tps bermasalah dapat dilaksanakan, “ tegas Rudi. M4n

DPT Warga Tanjung Harus Diinventaris Secepatnya

Kondisi Kawasan Tanjung Usai Pembongkaran

Domisili warga berpencar-pencar
TENGGARONG, Poskota Kaltim
Memang warga Tanjung, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong sudah dilakukan relokasi. Dan bangunan rumah sudah dilakukan pembongkaran, dengan proses ganti rugi dari Pemkab Kukar. Namun perlu ditindaklanjuti oleh KPUD Kutai Kartanegara khususnya terkait DPT (Daftar Pemilih Tetap) ratusan warga yang pindah tempat tinggal.
Hal inilah, yang menjadi sorotan dari salah satu pemerhati politik Kabupaten Kutai Kartanegara yang namanya tidak mau dipublikasikan. Khususnya mensikapi, pihak KPUD Kutai Kartanegara harus jeli melihat keberadaan warga Tanjung yang menjadi DPT, dan ia pindah tempat tinggal dimana.
“Domisili eks warga Tanjung setelah relokasi jelas berpencar-pencar. Karena itu, KPUD Kukar harus melibatkan pihak Kelurahan Panji, untuk melakukan inventarisasi keberadaan lokasi pindah warga Tanjung tersebut. Soalnya ini menyangkut hak pilih mereka saat Pemilu Legislatif, 9 April 2014 mendatang,” katanya.
Jumlah warga eks Tajung itu mencapai sekitar 152 Kepala Keluarga. Dari jumlah tersebut, jelas akan banyak warga yang memiliki hak pilih. Nilai, satu suara itu sangat penting dalam proses Pemilihan Legislatif.
“Satu suara itu penting nilainya, saat proses Pemilu Legislatif dan seterusnya,” tambahnya. dp

BKD Kutim Akan Bertolak ke Jakarta

M Joni

Pertanyakan Masa Pensiun Pegawai yang Diperpanjang

SANGATTA, Poskota Kaltim
Banyak pegawai, khususnya pejabat Eselon II yang telah diperpanjang masa tugasnya di Kutim selama ini.  Karena masih tugas hingga sekarang,  kemudian muncul  UU ASN (Aparatur Sipil Negara),  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyatakan  belum tahu apakah  masih ikut  menikmati perpanjang  masa kerja otomatis atau tidak.
Hal tersebut disampaikan Kepala BKD Kutim, H M Joni  kepada wartawan Pos Kota Kaltim  di ruang kerjanya, Selasa (28/1).
“Kami (BKD,Red)  belum tahu apakah  pegawai yang diperpanjang masa kerjanya  oleh Bupati selama ini masih ikut  perpanjangan otomatis masa kerja sesuai dengan UU ASN, atau otomatis akan langsung pensiun. Itu yang belum jelas dalam UU ASN,” tegas Joni.
Karena belum jelasnya masalah ini, Joni mengakui akan menghadap Menpan untuk mempertanyakan masalah ini. Bukan hanya BKD Kutim yang akan pertanyakan masalah ini, tapi BKD Provinsi juga mengalami masalah yang sama. Sebab di provinsi juga ada pegawai yang mendapatan perpanjangan masa kerja. “Mungkin kami akan berangkat ke Jakarta untuk mempertanyakan masalah ini bersama dengan BKD Provisi minggu depan,” katanya.
Diakui,   beberapa  pejabat di Kutim saat ini sudah masuk usia pensiun, tapi diperpanjang.  Sementara dalam beberapa waktu akan datang akan dilakukan  pengisian jabatan, terutama bagi jabatan yang kosong karena ada beberapa bagian, atau badan baru yang dibentuk berdasarkan perda.
“Yang pasti, akan ada pengisian jabatan  untuk badan atau dinas baru terbentuk, termasuk mengisi jabatan yang pensiun,” katanya.
Dijelaskan, dalam pengisian jabatan ini masih tetap sama seperti dulu yakni melalui Badan Perttimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Bapejakat).  Bapejakat ini diketuai Sekda, Sekertaris Kepala BKD  dengan anggota kepala Bawasda dan asisten-asisten.   “Mekanisme pengisian jabatan itu tetap sama dengan dulu. Yang berubah dalam UU ASN hanya usia pensiun,” katanya.
Seperti  diakui Joni,  dalam UU ASN,  ada perpanjangn usia pensiun pegaia dari 56 tahun menjadi 58  dan 60 tahun.  Karena UU ini sudah berlaku efektif, maka  pegawai yang pensiun  Januari tahun ini, otomatis ditunda 2 tahun lagi. Namun pihaknya belum tahu apakah pegawai yang diperpanjang masa kerjanya selama ini masih ikut dalam aturan ini  atau tidak.  “Terkecuali yang pensiun  bulan Desember lalu, itu tidak kena lagi karena sudah lewat,” katanya.  nda

Kerugian Diperkirakan Mencapai Rp3 Miliar

Banjir Akibat Luapan Air Tambang

TENGGARONG, Poskota Kaltim
Banjir yang terjadi di Kelurahan Jahab, Maluhu dan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong-Kutai Kartanegara beberapa waktu lalu, dan menenggelamkan sekitar 1200 rumah warga, 500 hektar lahan pertanian dan perkebunan kelompok tani rusak. Bahkan akibar banjir yang diduga luapan penampungan air tambang meluap tersebut, kerugian para petani ditaksir mencapai Rp3 miliar lebih.
“Banjir yang terjadi selama dua pecan di tiga kelurahan di Tenggarong itu selain karena factor alam juga adanya factor manusia. Abibat banjir tersebut para petani mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp3 miliar, baik disektor petanian, perkebunan, perikanan dan peternakan,” kata Koodinator LSM Kukar Muhidin, kepada Poskota Kaltim, Senin (27/1) kemarin siang.
Supardi Pembina LSM Peduli Kesehatan dan Lingkungan Hidup (PKLH) mengaku heran dengan sikap Pemerintah Kutai Kartanegara dan perusahaan tambang yang diduga menjadi penyebab terjadinya banjir.”Mereka seperti acuh dan tak mau tahu dengan penderitaan rakyat,” ujarnya.
Sementara itu dari hasil evaluasi yang dilakukan BLHD Kukar, diketahui hasilnya tak sesuai dengan fakta dilapangan. Sebab sesuai analisi dari BLHD Kukar, kondisi banjir semata mata karena curah hujan, bukan penyebab dari tanggul penampungan air meluap atau jebol.“Sebenarnya analiasi BLHD itu sudah kami tebak sebelumnya, bahwa tidak ada factor perusahaan atas kondisi banjir di Loa Ipuh, Maluhu dan Jahab. Padahal sesuai kenyataanya, banjir itu terjadi karena adanya luapan air dari penampungan air sejumlah perusahaan baik yang beroperasi di Jonggon, maupuan di sekitar Pondok Labu dan Bensamar,” ujarnya. awi

Terminal Bus Lama Batu Ampar Rusak Parah

Kondisi Terminal Bus Batu Ampar Lama yang rusak parah

BALIKPAPAN, Poskota Kaltim
Kendati Pembangunan Terminal Bus Batu Ampar Balikpapan telah rampung pada tahun 2013 lalu, namun hingga kini belum juga di fungsikan. Terminal yang baru rampung tersebut menelan anggaran APBN senilai Rp.32 milyar. Tetapi Terminal Bus Batu Ampar yang lama yang letaknya bersebelahan dengan terminal yang baru rampung pada tahun 2013 lalu, saat ini kondisinya sangat memprhatinkan banyak jalan dan tempat parker bus yang berlubang, seharusnya pemeritah dan pihak terkait jangan hanya mengontrol ketertiban dan kebersihan terminal saja.
"Tapi pihak pemerintah dan pihak terkait lainya harus memperhatikan kondisi jalan yang berlubang yang sangat parah yang ada di dalam terminal,”ungkap Baharudin, kepada Poskota Kaltim Jumat (24/1).
Kondisi jalan dan tempat parker di dalam terminal banyak yang berlubang, dan kalau musim hujan seperti sekarang ini terminal terlihat becek dan kotor, sedangkan ruang tunggu penumpang pun sudah tidak layak di sebut ruang tunggu penumpang bus terminal, karena tempat duduknya terlihat lusuh dan kotor apalagi kalau musim hujan seperti saat ini.
"Kami mengharapkan kepada pemerintah dan pihak terkait lainya untuk segera memperbaiki tempat parker dan jalan bus yang ada di dalam terminal, sehingga para penumpang tidak merasa jenuh berada di dalam terminal,”pungkasnya.  mid

Gaji THL Dinas PU Bina Marga Tak Masuk APBD 2014

Suasana pertemuan para THL Dinas PU dengan salah seorang Anggota DPRD dari Partai Golkar, Junaidi.


Ahyani Susah Dihubungi, Dewan Siap Perjuangkan di APBD-P 2014

TENGGARONG, Poskota Kaltim
Alokasi anggaran untuk gaji Tenaga Harian Lepas (THL) sejak 2011 dilimpahkan kesetiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kutai Kartanegara. Di 2014 ini, gaji untuk seluruh THL yang bekerja di Dinas PU Bina Marga tak dianggarkan. Penyebabnya tidak jelas, apakah memang sengaja tidak diusulkan dalam APBD Kukar 2014 atau memang dihapus oleh pihak tertentu, sehingga item anggaran gaji THL ditiadakan.
“Saya sendiri tidak tahu, apakah memang ga diusulkan atau memang tidak diusulkan tetapi tidak terakomodir dalam APBD Kukar 2014,” kata salah seorang pegawai di Dinas PU  (Pekerjaan Umum) Bina Marga Kukar, Rabu (22/1) siang kemarin.
Dia mengaku bahwa jumlah THL di Dinas PU Bina Marga cukup banyak, mencapai 80 orang lebih, yang tersebar dibeberapa bidang di dinas tersebut. Tahun lalu, anggaran gaji THL memang diusulkan dalam masuk dalam APBD Kukar, namun tahun ini tak terakomodir.
Kepala Dinas PU Bina Marga Ahyani, saat dikonfirmasi Poskota Kaltim melalui telpon selulernya tidak diangkatnya, bahkan ketika mencoba untuk konfirmasi melalui pesan singkat, juga tak dibalasnya.
SIAP PERJUANGKAN
Sementara itu puluhan pegawai THL Dinas PU Bina Marga, Rabu (22/1) kemarin meminta solusi ke Kepada Anggota DPRD Kukar dari Fraksi Partai Golkar yang juga Komisi 2 dan Anggota Banggar DPRD Kukar Junaidi, terkait nasib para THL, karena anggaran gaji THL Dinas PU BM dan SDA ternyata tidak teranggarkan pada APBD 2014.
Para THL Dinas PU Bina Marga mendatangi Junaidi, saat pertemuan hadir pula  Kabid Bina Marga H Rudi Suryadinata.
Para THL merasa khawatir SK THL mereka tidak diperpanjang lagi, karena mereka masih berharap dan sangat memutuhkan pekerjaan. Sehingga sangat membutuhkan solusi agar mereka tetap bertahan sebagao THL di Dinas PU Bina Marga.
Solusi yang diberikan oleh Junaidi sebagai Anggota DPRD perwakilan wilayah Tenggarong,adalah dengan berjanji dan menjamin untuk memperjuangkan dan menganggarkan gaji THL Dinas PU Bina Marga pada APBD-P 2014 nanti.”Karena hanya itu solusi yang bisa kita bekup klepada eksekutif nantinya melalui Badan Anggaran, selanjutnya yang lebih penting para Honor harus rela untuk sementara tidak digaji per bulan lagi, tapi menunggui anggaran APBD-P disahkan baru bisa dilakukan penggajian  (system rapel), karena ini terkait i keteledoran adminitrasi dan APBD kita yang 2014 sudah terlanjur disahkan sehingga kita tidak perlu menyalahkan siapa yang salah tapi yang penting mencari solusinya,” paparnya.
Demi menjaga program Gerbang Raja, untuk bisa berjalan secara maksimal, lanjut Junaidi, pihaknya para THL jangan gundah dan gelisah, bekerjalah seperti biasanya dan Dinas PU secepatnya memperjangkan SK mereka. “Kita dari DPRD khususnya Fraksi Partai Golkar menjamin itu untuk dianggarkan di APBD-P nanti.” Tegasnya.
Karena jujur kata Junaidi, dulu nya juga pernah menjadi pegawai honor di Kukar. “Saya secara utuh akan memperjuangkan hak hak dan kepentingan temen teman honor selama tidak meminta untuk jadi PNS, dan  selama tidak ada penambangan honor yang baru. awi

Polresta Jaring Puluhan Kendaraan Tak Lengkap Surat

Jajaran Satlantas Polresta Balikpapan ketika menggelar razia kendaraan roda dua////

BALIKPAPAN, Poskota Kaltim
Aarat Satuan Lalu Lintas Polresta Balikpapan, melakukan Razia kendaraan Roda Dua, di Kawasan Jl. Ledjen Soeprapto Karang Anyar ( Diklat-red ) baru-baru ini. Dengan dipimpin langsung oleh Kanit Patroli Satlantas Polresta Balikpapan,  Ipda Mursal.
Kepada Poskota Kaltim, Ipda Mursal mengatakan Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang di lakukan jajaran Sat Lantas Balikpapan, di  mana untuk menertipkan kendaran motor roda dua. Termasuk dikemukakan, pihaknya melakukan razia  guna  penertiban dan pemeriksaan surat-surat bagi pengendara sepeda motor roda dua.  Bagi pengendara yang tidak lengkap surat-suratnya, seperti tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan tidak memiliki Surat Izin Pengemudi (SIM),  tidak menggunakan spion, dan tidak memakai helm standar akan di beri sangsi berupa surat tilang sesuai dengan jenis pelanggaranya.
“Bagi pengendara yang dengan sengaja tidak membawa STNK dan SIM serta kelengkapan lainya akan kami tindak tegas sesuai jenis pelanggaranya,”tegas Mursal.
Masih menurut Mursal, pihaknya juga selalu menghimbau kepada seluruh warga Balikpapan, untuk tertib dan disiplin  dalam berlalu lintas. Agar masyarakat aman, nyaman dalam berkendaraan. Di samping itu untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Dalam razia tersebut polisi berhasil menjaring sekitar pulahan kendaraan bermotor yang tidak melengkapi surat-surat dan kelengkapan lainya.
"Kami  berharap kepada seluruh masyarakat Balikpapan. Untuk mematuhi peraturan dalam berlalu lintas, Dan melengkapi surat-surat kendaraan yang belum lengkap. Agar Aman, nyaman  dalam berkendaraan di jalan raya,”harap Mursal. mid.

BERITA FOTO:

BERITA FOTO:

Kantor Kebersihan dan Pertamanan Kutai Kartanegara Melakukan Pemangkasan Pohon di sepanjang Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Rabu (04/12) kemarin.

Bandara Sepinggan Bakal Diresmikan Presiden

Pembangunan Bandara Sepinggan

BALIKPAPAN, Poskota Kaltim
Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) direncanakan meresmikan
Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, Rabu 15 Januari 2014 mendatang, rencana itu 
diungkapkan Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi SE saat membuka Pekan Raya Balikpapan
(PRB) di Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) Dome, pekan tadi.
Menurut Rizal Effendi, Presiden SBY rencananya meresmikan Bandara Internasional Sepinggan
ini pada tanggal 15 Januari 2014 dan peresmian bandara tersebut memang diupayakan sebelum
HUT ke-117 Kota Balikpapan yang jatuh pada 10 Februari mendatang, untuk itu kami berharap
peresmian Bandara Internasional Sepinggan ini menjadi kado HUT Kota Balikpapan ke-117.
Walikota mengaku, Bandara Internasional Sepinggan ini merupakan bandara tersibuk ketiga di
Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang Banten dan Bandara
Internasional Ngurah Rai Bali sedangkan bandara Sepinggan merupakan salah satu bandara
tersibuk di Indonesia, jumlah penumpangnya saja pada tahun 2013 ini telah mencapai 15 juta
penumpang setiap tahun,” ujar Rizal.
"Saat ini Bandara Internasional Sepinggan sedang diperbincangkan untuk pergantian nama, ada
dua nama yang santer diperbincangkan masing-masing Bandara Internasional Mulawarman
Balikpapan dan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, nama-nama yang
diusulkan itu merupakan pahlawan asal Kalimantan,” terang Rizal Effendi.
Rizal berharap nantinya setelah bandara ini diresmikan pihak PT Angkasa Pura (AP) I
mengakomodir masyarakat Balikpapan sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki untuk
bisa memanfaatkan lokasi bisnis di dalam bandara itu termasuk para pekerja dari Balikpapan
dan terminal Bandara Internasional Sepinggan ini bakal dilengkapi fasilitas hutan mini
Kalimantan hingga mal, ujar Walikota Balikpapan.
Proyek pengembangan bandara direncanakan rampung 15 Januari 2014, bandara juga dilengkapi
fasilitas penanganan bagasi penumpang dan sistem keamanan super canggih, saking canggihnya,
fasilitas Bandara Sepinggan mengalahkan Bandara International Soekarno-Hatta, Balikpapan
sistem keamanan dan handling bagasinya canggih, bandara Soetta kalah.
Pokoknya bandara internasional Sepinggan satu kelas di atas Bandara Soetta dan badara Soetta
bisa sejajar kalau terminal 3 jadi," ucap Menteri BUMN Dahlan Iskan di Balikpapan belum
lama ini.
Menurut Dahlan Iskan, bandara di Balikpapan ini telah berkonsep bintang 5, dilain pihak
dalam hal ini Project Leader Bandara Sepinggan Taochid Purnomo Hadi menjelaskan,
pengembangan terminal yang menghabiskan dana hingga Rp. 2 triliun ini, dilengkapi fasilitas
airport management system (AMS).
Sistem ini sangat bermanfaat jika terjadi keadaan berbahaya atau darurat, airport management
system ini perannya seperti CCTV, EFDS, alarm terintegrasi kalau terjadi sesuatu seperti
kebakaran alarm berbunyi,  EFDS menunjukkan jalur evakuasi, CCTV fokus tertentu dan  pintu
emergency terbuka karena biasa memiliki access door," ucap Taochid.
Dia juga menyebut, Bandara Sepinggan akan dilengkapi fasilitas lampu LED dan hutan di tengah
terminal, konsep ini bagian dari pengembangan bandara hijau dan itu menjadi garden juga ada
roof garden dan di tengah-tengahnya  ada taman, kita adopsi konsep hutan dan pohon hutan
yang ada di Kalimantan.
"Air juga di recyling untuk menyiram, pokoknya hutan itu bagaikan beneran hutan tropis yang
ada, untuk gelotoran toilet bukan konsumsi,  bandara Sepinggan juga melakukan perluasan
apron atau parkir pesawat dari 114.000 meter persegi menjadi 140.000 meter persegi dan pasca
pengembangan, bandara ini sanggup menampung hingga 10 juta penumpang per tahun," urai
Taochid.  max

Perusahaan Wajib Berkantor di Tenggarong

Siswo Cahyono (Anggota DPRD Kukar)

Siswo: Tenggarong Itu Terdapat 13 Kelurahan
TENGGARONG, Poskota Kaltim
Intruksi Pemerintah Kutai Kartanegara kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di Kutai Kartanegara agar berkantor di Kecamatan Tenggarong, dengan dasar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2012 tentang penanaman modal di Kukar kemudian diperkuat dengan diterbitkannya Perbub No 1 Tahun 2013, patut mendapat apresiasi dari seluruh pihak, pasalnya selama ini ratusan perusahaan yang mengeruk kekayaan SDA (Sumber Daya Alam) di Kukar, kantornya tidak berada di Tenggarong, melainkan diluar Kukar, yakni di Samarinda, Balikpapan bahkan di Jakarta.
“Perlu kita dukung aturan terkait keharusan perusahaan berkantor di Tenggarong. Dan perlu diingat bahwa Tenggarong itu terdapat 13 kelurahan dan 1 desa, itu artinya perusahaan bebas untuk memilih dimana mereka akan berkantor sepanjang itu berada di Tenggarong. Sebab Perda nya itu menegaskan harus berkantor di Tenggarong,” kata Siswo Cahyono,salah satu Anggota DPRD Kukar dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kukar.
Menurut Siswo Cahyono, dengan berkantornya seluruh perusahaan di Tenggarong diharapkan akan berdampak positif dalam kemajuan perekonomian masyarakat Tenggarong dan umumnya Kutai Kartanegara.”Perusahaan yang memang beroperasi di Kukar hendaknya mematuhi aturan tersebut, dan harus berkantor di Tenggarong,bukan di RWP seperti yang didengung dengungkan selama ini. Sebab Perda dan Perbub itu dengan tegas berkantor di Tenggarong bukan di RWP,” katanya. awi/adv

Optimis Raih Sertifikat Standar Pelayanan Internasional

  M Indra

Khusus untuk Sistem Manajemen Mutu

TENGGARONG, Poskota Kaltim
Melalui dukungan penuh dari para staf dan seluruh pegawai di lingkungan kantornya, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kutai Kartanegara M Indra SE menyatakan optimis dalam dua tahun ke depan akan mampu memberikan pelayanan publik sesuai standar internasional.
Seperti diketahui, saat ini BPMPD Kutai Kartanegara tengah berupaya mendapatkan pengakuan dalam hal manajemen pelayanan publik, yakni sertifikat ISO 9000:2008 Manajemen Mutu (Quality Management System).
Kepala BPMPD Kukar, M Indra SE mengatakan, untuk  mencapai target tersebut pihaknya kini sedang membentuk tim persiapan ISO, dan akan konsultasi dengan pihak terkait (tim penilai dari lembaga audit eksternal Worldwide Qualitiy Assurance (WQA), guna mendapatkan informasi mengenai standar atau persyaratan apa saja yang mesti dilakukan untuk mendapatkan sertifikat ISO dimaksud.
Indra mengakui memang tidak mudah untuk mendapatkan sertifikat ISO dimaksud karena membutuhkan kerjasama dan komitmen yang kuat dari seluruh staf pada masing-masing bidang.
Menurutnya, sejak persiapan hingga penilaian nantinya, ditargetkan  prosesnya hingga dua tahun kedepan,. "Saya optimis sertifikat ISO 9000:2008 yang diinginkan akan bisa terwujud dengan dukungan penuh staf  dan seluruh pegawai," kata Indra belum lama ini.
Terkait sertifikat yang diwacanakan, dikatakan bahwa hal itu merupakan target dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di BPMPD. Sebagai lembaga pemerintah pelayanan masyarakat, lanjut Indra, sudah seharusnya ada upaya nyata yang bukan semata wacana.
Diakui, sejauh ini, di Kutai Kartanegara baru Dinas Kesehatan yang berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9000:2008. "Sebagai instansi pelayanan publik, kami juga ingin memberikan pelayanan yang baik dan target sertifikat ISO merupakan langkah nyata yang akan kami lakukan," tegas Indra.
Demi terwujudnya keinginan tersebut, langkah pertama adalah membentuk tim persiapan ISO dan seluruh staf diharapkan memberikan dukungan penuh. "Ini harapan kita semua, harapan Bupati dan masyarakat terhadap semua SKPD di Kukar," ujar Indra.
Sertifikat ISO adalah sertifikat yang diberikan oleh lembaga sertifikasi kemampuan atas kemampuan suatu perusahaan, lembaga ataupun organisasi dalam manajemen, atas keselematan kerja dan atas pengolahan lingkungannya.
Tiga sertifikat dimaksud adalah sertifikat ISO 9001:2008 Manajemen Mutu (Quality Management System), sertifikat ISO 14001 : 2004 untuk Manajemen Lingkungan (Enviromental Management System) dan sertifikat ISO 18001 Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Work Health and Safety) OHSAS 18001:2007. yd

Harus Ditumbuhkan Semangat Perjuangan

Suratna

Anggota DPRD Kota Samarinda, Suratna :

SAMARINDA, Poskota Kaltim
Pada jaman sekarang pemuda-pemudi di Indonesia sudah banyak yang tidak memperdulikan atau menumbuhkan semangat perjuangan atau semangat kemerdekaan Indonesia . Tidak seperti jaman dahulu semangat para pemuda masih berkobar-kobar.
"Pemuda-pemuda jaman sekarang mulai terpengaruh oleh berbagai hal yang tidak baik bagi pemuda tersebut," demikian ucapan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Suratna, Minggu (10/11) kemarin.
Suratna mengatakan, banyak waktu generasi muda yang habis disia-siakan untuk hal yang tidak berguna ,Seperti Mendengarkan Musik, Nonton Televisi, Bengong seharian. Itu kan Hal yang tidak Berguna sama sekali.
"Semangat untuk mandirti terkikis oleh peradaban zaman yang justru oleh tayangan-tayangan televisi yang kurang bermutu. Ini masalah serius bagi generasi kita sekarang ini," ucapnya.
Menurutnya, para Pemuda jaman sekarang harus melakukan hal yang berguna untuk kemajuan dan kemapanan dirinya dan bangsanya. Karena dengan terus mengasah kemampuan dan terus berlatih dan berlatih jati diri akan ditemukan.
"Bangkit dan terus mengobarkan semangat untuk menciptakan pribadi pejuang harus terus ditanamkan," katanya.
Para penerus bangsa, katanya, harus terus bangkit dan membakar semangat Perjuangan seperti para pahlawan, Untuk Indonesia yang Bersatu dan Makmur.
"Jadi, Bukan hanya perangkat Negara Saja yang ikut Memakmurkan Indonesia tapi kita juga ikutan membangun Negeri ini . Seperti yang ada di dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 yang bunyinya : Setiap wanrga Negara berhak dan wajib ikut serta dakam upaya pembelaan Negara," paparnya. .
Suratna merasa optimis, jika para pemuda di negeri ini masih ada yang masih mempertahankan Semangat Perjuangannya. Terbukti, dengan banyaknya generasi muda yang tumbuh menjadi pemimpin dan mampu menciptakan peluang-peluang untuk maraih kesuksesan.
"Sebenarnya Kita bisa aja menumbuhkan semangat perjuangan dengan cara yang simple dan mudah Seperti di kehidupan sehari-hari," kata dia.
Hal yang menurutnya sepele tapi mampu membangkitkan sikap perjuangan diantaranya dengan mengikuti kegiatan upacara pagi setiap hari senin bagi para pelajar.
"Ini sepele. Tapi jika anak bangsa utamanya siswa jika tak memahami makna upacara bendera maka akan terkikis semangat perjuangannya," katanya.
Selain itu, katanya lagi, anak bangsa harus terus belajar tentang semangat para pejuang yang telah gugur. Ini untuk menciptakan semangat rela berkorban dan rela berjuang untuk kemakmuran dirinya dan bangsanya.
"Pergi ke Museum pahlawan. Saat ini agak sering terdengar para pelajar pergi ke museum pahlawan. Justru kebanyakan sekarang anak muda pergi ke mall dan tempat hiburan yang cenderung tidak mendidik," katanya.
Pada hal yang sama, menaati tata tertib di mana saja  berada adalah salah satu cermin anak bangsa mampu dan mau memberikan yang terbaik bagi bangsanya.
"Kita sering jumpai anak bangsa melakukan kesalahan terhadap lalu lintas dengan sengaja menerobos rambu-rambu. INi, selain berbahaya juga akan merugikan dirinya dan orang lain," kata dia.
"Dengan cara demikianlah kita bisa menumbuhkan kembali rasa semangat perjuangan pada pemuda sekarang, supaya kita bisa menciptakan Indonesia yang sejahtera dan damai," pungkasnya. tha

Jaksa Eksekusi 2 Pejabat Kukar Kasus Korupsi 1000 Hand Tractor

Eksekusi terhadap Hendriansyah Amin saat dijemput JPU, dikediamannya pada Kamis (7/11) pagi kemarin.

Rudi Iskandar : Dardianyah Sudah Tidak Terlihat Dua Bulan Terakhir

TENGGARONG, Poskota Kaltim
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tenggarong, Kamis (7/11) pagi kemarin melakukan penjemputan paksa terhadap  terpidana kasus korupsi pengadaan 1000 handtraktor pada APBD 2003, Hendriansyah Amin dan Dardiansyah yang merugikan negara sekitar Rp10 miliar lebih. Keduanya divonis lima tahun penjara dan denda sebesar Rp200 juta sesuai putusan Mahkamah Agung (MA) pada 07 Agustus 2012 dengan Nomor 1037/k/PIDSUS/2012.
Kejaksaan Negeri Tenggarong sebelumnya telah melayangkan surat panggilan kepada dua terpidana, hanya saja surat pemanggilan  itu tidak digubrisnya, sehingga salah satu cara untuk melakukan eksekusi yakni dengan penjemputan secara paksa.
Hendriansyah Amin dijemput oleh 8 orang JPU yang didampingi sekitar 4 anggota kepolisian dari Polres Kukar, di kediamannya Komplek Hotel Batara Jalan Pesut Tenggarong, sekitar pukul 11.00 Wita pagi. Meskipun sempat ada penolakan lantaran beralasan sakit, namun setelah berdialog Hendrianyah akhirnya bersedia di eksekusi.
Pada hari yang sama JPU juga melakukan eksekusi terhadap Dardiansyah yang juga terpidana kasus serupa yang dijatuhi lima tahun penjara, hanya saja saat mendatangi rumah Dardiansyah yang berada di perumahan Loa Ipuh Permain, Dardiansyah tidak berada di tempat.
“Menurut informasi yang kita peroleh, rumah yang ditempati Dardiansyah itu sudah kosong sejak dua bulan lalu. Bahkan menurut Informasi sejauh ini yang bersangkutan tak turun kantor di Bagian Ortal Setkab Kukar,” kata Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Tenggarong Rudi Iskandar kepada Poskota Kaltim kemarin.
Seperti diketahui pengadaan 1000 handtraktor pada APBD 2003 senilai Rp24 miliar itu selain menyeret Dardiansyah selaku Sekretaris Panitia Pengadaan dan Hendriansyah Amin selaku Anggota Panitia, juga menyeret Aji Syarifudin yang saat itu sebagai Kabag Umum dan Perlengkap Setkab Kukar.
Dari nilai anggaran yang teralokasikan tersebut diketahui selisih harga mencapai Rp10 miliar lebih. Dardiansyah dan Hendriansyah Amin, turut mendantangani berita acara yang dibuat berkaitan dengan pengadaan hantraktor, walaupun para  terpidana mengetahui bahwa pekerjaan tersebut tidak dilaksanakan  Sesuai dengan Kepres no 80 2003 tentang pengadaan barang dan jasa. Sehingga mengakibatkan kerugian negara sebsar  Rp,10,04 miliar sesuai dengan hasil perhitungan kerugian dan kleuangan negara pada Nopember 2008.
Pada proses sidang di Pengadilan Negeri Tenggarong keduanya divonis 1 tahun penjara dan denda Rp200 juta pada pada 6 April 2011, karena dianggap telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan  tindak pidana turut serta melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara bersama sama dan berlanjut. Kemudian pada tingkat banding, Pengadilan Tinggi Kaltim menguatkan putusan Pengadilan Negeri pada  15 Agustus 2011.Dan tingkat kasasi di MA diputus lima tahun penjara dan denda Rp200 juta, putusan hukuman dijatuhkan pada 07 Agustus 2012 dengan Nomor 1037/k/pid.sus/2012. awi

BERITA FOTO:
PESUT Mahakam merupakan salah satu mamalia air tawar yang dilindungi di Kutai Kartanegara. Habitatnya lambat laun mulai berkurang. Perlunya proyek penangkaran pesut mahakam, dan itupun harus melibatkan SDM yang berkompeten.

Forum Pelatih Kaltim Tagih Bonus PON

SAMARINDA, Poskota Kaltim Forum pelatih Kalimantan Timur menagih janji Dispora Kaltim yang akan membayarkan bonus PON 2012 Riau, untuk pelatih yang telah melampau target meraih lebih dari satu medali pada PON 2012. Ketua Forum pelatih Kaltim Muslimin di Samarinda, Kamis, mengatakan, sampai saat ini bonus yang dijanjikan melalui Bapak angkat tersebut belum ada kejelasan kapan bakal direalisasikan. "Ini sudah hampir setahun berjalan tapi janji terkait bonus tersebut belum juga ada kabar, ataupun solusinya,"papar Muslimin. Bersama dengan beberapa pelatih dikatakan Muslimin, pihaknya telah mengagendakan aksi untuk mendesak Dispora Kaltim mengupayakan jalan keluar penghargaan terhadap para pelatih Kaltim tersebut. "Kami akan berupaya menemui Kadispora dulu, DPRD dan Pemprov Kaltim dan bila memang faktanya tidak ada respon maka kami akan menggelar aksi,"tegas Muslimin. Dijelaskan Muslimin bahwa bonus PON 2012 sebenarnya telah direalisasikan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim, melalui Dispora setempat pada peringatakan Hari Olahraga Nasional tahun 2012 kemarin. Sayangnya hitungan bonus PON tersebut dengan nilai Rp250 juta emas, Rp100 juta perak dan Rp50 juta untuk perunggu tersebut, hanya mengakomodir penghargaan untuk atlet peraih medali saja. Sementara hitungan prestasi untuk pelatih hanya dihitung satu medali terbaik yang diraih oleh atlet binaannya, dan mengabaikan nilai dari medali yang lain. Dikatakan Muslimin Dispora Kaltim telah menjanjikan bakal mengupayakan pemberian bonus kepada pelatih yang telah mendapatkan medali lebih dari satu melalui bapak angkat. "Pada PON sebelumnya bonus untuk atlet dan pelatih hampir sama, yakni medali kedua dan ketiga dihitung dengan nilai prosentase yang telah ditentukan oleh KONI setempat,"tutur Muslimin. Kontingen Kaltim pada PON XVIII 2012 di Riau mengirimkan 444 atlet untuk mengikuti 39 cabang olahraga dari 43 cabor yang dipertandingkan. Hasilnya, Kaltim berhasil menduduki posisi kelima dengan mengumpulkan 44 medali emas, 45 medali perak dan 50 medali perunggu.at

Per Bulan PNS di Kukar Hanya 9 Hari Perjalanan Dinas

TENGGARONG, Poskota Kaltim Dari puluhan ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) baik itu struktural maupun fungsional dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Jumlah pejabat mulai dari eselon II hingga Eselon V mencapai 1400 orang. Terkait pelayanan prima kepada masyarakat, maka bagi PNS dan pejabat dilingkungan Pemkab Kukar diseluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan instansi. Khususnya untuk perjalanan dinas dibatasi perbulannya, yakni hanya 9 hari perjalanan dinas. Demikian dikemukakan, Ridha Darmawan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kutai Kartanegara, kepada Poskota Kaltim, Selasa (08/10) kemarin diruangkerjanya. "Tahun sebelumnya perjalanan dinas 15 hari, anggaran yang diperuntukan mencapai Rp.450 miliar. Sekarang bisa dipotong separo, karena perjalanan dinas hanya 9 hari perbulannya," tegas Ridha Darmawan. Semua itu, sebagaimana diharapkan khususnya bagi tenaga PNS dilinkungan Pemkab Kutai Kartanegara benar-benar fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan bukan itu, saja profesionalisme dibidangnya bagi setiap PNS hingga Pejabat menjadi poin mendasar. "Dengan kata lain, PNS hingga pejabat dilingkungan Kabupaten Kutai Kartanegara dari seluruh SKPD harus stanby atau berada dikandang," paparnya. Khususnya, untuk perjalanan dinas bagi PNS ataupun pejabat dilingkungan Pemkab Kutai Kartanegara bersifat at cost. Jadi benar-benar berdasarkan biaya pelaksanaan kegiatan, tanpa ada biaya tambahan lain-lain. "Itu sudah at cost, jadi sesuai kepruntukan anggaran perjalan dinas tersebut," lanjut Ridha Darmawan.dp

Pemprov Tetap Prioritaskan Tanggulangi Kemiskinan

SAMARINDA, Poskota Kaltim Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengatakan penanggulangan kemiskinan merupakan program prioritas selama lima tahun terakhir. Dan tetap akan menjadi prioritas pada program pembangunan lima tahun ke depan. Pemprov Kaltim mengalokasikan anggaran Rp590,380 miliar untuk penanggulangan kemiskinan di 15 kabupaten/kota di wilayah Kaltim dan Kaltara. "Angka kemiskinan, terus menurun dari tahun ke tahun sejak 2008.Pada 2008 angka kemiskinan di Kaltim mencapai 9,51 persen dan pada 2013 menurun menjadi 6,06 persen. Capaian kinerja penangulangan kemiskinan ini, telah melampaui target RPJMD 2009-2013, yakni jadi tujuh persen dan RPJM Nasional 2014 sebesar 8-10 persen, bahkan melampaui target MDGs 2015 yang ditarget 7,5 persen,"kata Awang Faroek Ishak. Menurut Awang Faroek, alokasi anggaran penanggulangan kemiskinan pada 2013 telah dibagi sesuai klaster yang ditetapkan berdasarkan pada program-program pro rakyat yang dilaksanakan Pemprov secara terpadu dan terintegrasi melalui SKPD terkait. "Program penanggulangan kemiskinan yang dimaksud terbagi menjadi empat klaster, yaitu klaster I (bantuan dan perlindungan sosial berbasis keluarga). Dilakukan dalam upaya mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin. Klaster ini terbagi lagi menjadi dua bidang dengan alokasi bidang ekonomi Rp14,898 miliar dan bidang SDM Rp44,957 miliar,"ujarnya. Klaster II (pemberdayaan masyarakat) dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin. Alokasi anggaran untuk bidang ekonomi Rp231,138 miliar dan bidang SDM Rp33,162 miliar. Selanjutnya, klaster III (pemberdayaan usaha mikro dan kecil/UMK) dilakukan dalam upaya meningkatkan tabungan dan menjamin keberlanjutan berusaha pelaku UMK. Alokasi anggaran untuk bidang ekonomi sebesar Rp86,910 miliar dan bidang SDM sebesar Rp4,551 miliar. Terakhir, klaster IV (program murah untuk rakyat) dilakukan dalam upaya memberikan sesuatu dengan harga sangat murah kepada rakyat, dengan sebagian dibantu pemerintah. Alokasi anggaran untuk bidang ekonomi Rp87,056 miliar dan bidang SDM Rp87,674 miliar. ?Kita optimis dengan program yang ada saat ini, kedepan angka kemiskinan di Kaltim akan semakin berkurang. Terutama dengan program pro rakyat lainnya, khususnya dengan membuka dan memperluas kesempatan kerja bagi penduduk Kaltim,? pungkas Awang Faroek.adv/mar

LKPM Penting untuk Pendataan dan Analisis Permasalahan

Sekaligus Memfasilitasi Penyelesaian Masalah Investasi

  Sosialisasi peraturan perundang-undangan Penanaman Modal di Kecamatan Muara Jawa. (foto:hms)

TENGGARONG, Poskota Kaltim
Perusahaan khususnya yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara diwajibkan menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) sesuai peraturan penanaman modal di Kutai Kartanegara.
Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kutai Kartanegara selaku Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diberi kewenangan melakukan koordinasi dibidang penanaman modal di Kukar, menggelar sosialisasi peraturan perundang-undangan dibidang Penanaman Modal termasuk didalamnya Peraturan Daerah No 1 Tahun 2013 tentang Kewajiban Berkantor di Kota Tenggarong Bagi Perusahaan yang Beroperasi di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan sosialisasi berlangsung di Kecamatan Muara Jawa beberapa waktu lalu.
Sekretaris BPMPD Kukar Bahauddin mengatakan, kegiatan sosialisasi dilakukan langsung ke tingkat-tingkat kecamatan sebagai upaya jemput bola dengan mendatangi perusahaan yang beroperasi di wilayah kecamatan khususnya di Kecamatan Muara Jawa, Samboja dan Sangasanga, agar pihak perusahaan yang beroperasi di wilayah kecamatan dapat mengetahui tentang peraturan perundang-undangan dibidang Penanaman Modal.
“Hal ini kami lakukan sebagai tindak lanjut pelaksanaan kegiatan serupa yang sudah kami lakukan di wilayah hulu atau tepatnya kami pusatkan di Kecamatan Kembang Janggut, terhadap perusahaan yang beroperasi di wilayah hulu Mahakam, dan kedepan pada bulan Oktober juga akan dilaksanakan kegiatan serupa untuk perusahaan yang beroperasi di wilayah tengah yang akan kami pusatkan di Kota Tenggarong,” kata Bahauddin
Dijelaskan, pengenalan lebih jauh tentang penanaman modal di Kukar, salah satunya kewajiban perusahaan untuk menyampaikan LKPM, yang berfungsi sebagai pendataan, inventarisir, dan analisa permasalahan, sekaligus memfasilitasi penyelesaian masalah investasi. Melalui LKPM ini, perusahaan juga bisa menyampaikan masalah yang dihadapi dalam pengembangan usahanya, sehingga BPMPD dapat membantu dalam mencarikan solusi dan sebagai fasilitator dalam penyelesaian masalah yang dihadapi oleh perusahaan, termasuk masalah perijinan seperti IMB, HO, Izin Usaha yang sifatnya Penanaman Modal / Investasi. Ia juga menjelaskan bahwa BPMPD juga memberikan fasilitas fiskal berupa pengurangan, penundaan atau bahkan pembebasan pajak retribusi dengan syarat perusahaan tersebut harus memiliki izin prinsip yang kesemuanya dilakukan di PTSP Kukar secara online dengan PTSP Pusat di Jakarta melalui Sistem Pelayanan Informasi Perijinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE).
“Selama ini banyak perusahaan masih enggan untuk mengikuti sosialisasi seperti ini, terutama yang berkaitan dengan aturan-aturan tentang penanaman modal di Kukar, dan diakhiri dengan kewajiban untuk menyampaikan LKPM. Karena LKPM nantinya hanya berurusan dengan pajak, padahal LKPM yang dimaksud hanya untuk pendataan, inventarisir, dan analisa permasalahan, sekaligus memfasilitasi penyelesaian masalah investasi,” kata Bahauddin. (hmp02/yd)

Disnaker Samarinda Sediakan 2.824 Lowongan Kerja

SAMARINDA, Poskota Kaltim
Pemkot Samarinda melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Samarinda kembali mengadakan Job Market Fair (JMF) atau bursa kerja. Hal ini guna mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Kota Samarinda khususnya.
Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kerja (Kabid Penta) Disnaker Samarinda, Wahyono Hadiputro mengatakan, kegiatan yang akan dilaksanakan 2 - 3 Oktober di GOR Segiri Samarinda ini akan diikuti 60 perusahaan yang akan menyediakan 2.824 lowongan dari 325 bidang kerja. Selain JMF di lokasi yang sama Disnaker juga akan memberikan pelayanan AK.I (Kartu Kuning) secara gratis.
"Kami hanya memberikan harapan kepada sejumlah masyarakat yang belum memiliki pekerjaan agar mengurangi tingkat pengangguran tersebut," kata Wahyono, kemarin.
Ditambahkannya, untuk jenis perusahaan, yang paling hingga saat ini di sektor perbankan antara lain Bank Mandiri, CIMB Niaga, Bank Mega, BRI Syariah, Bank Muamalat, Bank Pundi, Bank BPD, BII, Panin Bank, Bank Danamon. Sektor pertambangan antara lain PT KTC, Mitra Indah Lestari (MIL), Intan Bara Utama. Sektor perhotelan antara lain Swiss Bellhotel, Grand Victoria, Hotel Senyiur dan untuk sektor keuangan ada perusahaan pembiayaan FIF, Mandala dan ADIRA.
Ajang JMF ini juga akan mempermudah pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkan karena pengguna tenaga kerja akan menyeleksi langsung para pencari kerja sesuai standardisasi dan kualifikasi yang dibutuhkan. Untuk informasi lebih lengkap, dapat dilihat di papan pengumuman Disnaker Samarinda Jl Basuki Rahmat (Graha Tepian) atau di disnaker.samarindakota.go.id.
"Dalam hal ini tidak ada batasan memasukkan lamaran, bebas melamar ke perusahaan yang diminati. Jangan sia - siakan kesempatan yang akan merubah masa depan ini," ujarnya.
Diharapkan dengan adanya ajang JMF ini memberikan peluang dan motifasi bagi masyarakat yang selama ini kebingungan dalam bekerja. aon

Apa Kabar e-KTP?

SAMARINDA, Poskota Kaltim
Proyek pemerintah bertajuk penyelesaian rekam data Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP), yang ditarget selambatnya 30 April 2012, nampaknya memang meleset. Hingga saat ini banyak keluhan dari masyarakat yang belum menerima e-KTP tersebut. Lalu, apa kabarnya sekarang?
"Dalam bebertapa kesempatan memang kami ditanya oleh masyarakat tentang penyelesaian e-KTP," kata anggota DPRD Kota Samarinda, H Narimo, Kamis (19/9) kemarin.
Menurutnya, banyak permasalahan yang terjadi dalam proses penyelesaian data tersebut. Diantaranya, soal keterbatasan alat rekam data dan SDM-nya.
"Dari awal saya pribadi tak yakin jika 2012 e-KTP bisa selsai. Tapi karena pemerintah yakin ya kami ikuti aja. Dan hasilnya memang sampai sekarang belum selesai," ucapnya.
Dia yakin jika pemerintah telah berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan e-KTP. "Kita tetap berharap pemerintah segera menyelesaikan proyek ini," tegasnya.
Dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) Kota Samarinda, telah menerapkan sistem jemput bola guna mempercepat penyelesaian rekam data Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP). Target penyelesaian rekam data E-KTP sendiri selambatnya 30 April 2012.
"Kita coba maksimalkan waktu yang tersisa ini agar proses rekam data selesai tepat waktu. Kita menerapkan sistem jemput bola atau melakukan perekaman data diri masyarakat dengan mobile atau berjalan dari kecamatan, kelurahan dan terus menyisir dari RT ke RT, termasuk di berbagai kegiatan pameran," ucap Kepala Disdukcapil Samarinda melalui Kabid Kependudukan, Abdul Sani, beberapa waktu lalu.
Sani sendiri dan beberapa petugasnya pernah membuka layanan rekam data E-KTP di Kantor Gubernur Kaltim. Mereka melakukan rekam data bagi pegawai di lingkungan Setprov Kaltim.
Cara seperti ini, menurut dia, untuk mempercepat penyelesaian data E-KTP yang sudah di sepakati oleh kabupaten/kota se-Indonesia rampung 31 Desember 2011 dan ditambah toleransi dari Mendagri hingga 30 April 2012.
Batas waktu toleransi selama empat bulan ini dimanfatkan Pemkot Samarinda melalui sistem jemput bola.
"Alhamdulillah, dari batas waktu yang ditentukan pencapaiannya sudah 72 persen lebih, sehingga tinggal 27 persen lebih yang belum melakukan perekaman. Karena itu, diharapkan bisa mengejar sisa 27 persen itu atau sekitar 150 ribu orang yang belum merekam datanya," katanya.
Menurut dia, alat mobile layanan E-KTP ini diperuntukkan bagi masyarakat dengan kecacatan, lumpuh dan stroke atau mereka yang tidak bisa melakukan perekaman di kecamatan maupun kelurahan.
Karena itu, perekamannya dilakukan dengan mendatangai tempat tinggal masyarakat yang bersangkutan. Selain itu, alat ini jua memfasilitasi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan rekam data di kecamatan atau kelurahan.
"Karena itu, kita mendatangi Pemkot dan Pemprov Kaltim karena sebagian besar mereka yang belum melakukan perekaman data adalah PNS," urainya lagi.
Perekaman mobile sendiri, menurut Sani, dilakukan di 10 kecamatan di Kota Samarinda. Pelaksanaannya disesuaikan dengan permintaan masyarakat. Jika di satu kelurahan sudah mencapai kuota yang ditetapkan maka pindah ke tempat lain.
"Karena kita mengejar waktu yang tersisa. Jadi masyarakat yang belum merekam data E-KTP diimbau untuk mencari celah kesempatan di daerah yang melakukan perekaman data untuk merekam data dirinya," imbaunya. tha

Tiga Pemain Persisam Persiapan Laga Perang Bintang

SAMARINDA, Poskota Kaltim
Tiga pemain Persisam Putra Samarinda M Roby, Ferdinand Sinaga dan Lancine Kone langsung bertolak menuju Jayapura, Kamis pagi (19/9), sebagai persiapan melakoni laga perang bintang Indonesia Super Liga musim ini di Stadion Mandala Jayapuran 21 September 2013 mendatang.
Tiga pemain tersebut, sehari sebelumnya masih menjalani pertandingan terakhir Liga Super antara Persisam menghadapi PSPS Pekanbaru di Stadion Segiri Samarinda, Rabu sore.
"Seharusnya kami sudah berkumpul di Jayapura sejak kemarin, namun kami masih menjalani pertandingan pamungkas, dan baru bisa menyusul pada hari ini,"terang Ferdinand Sinaga dihubungi dari Samarinda, Kamis.
Menurut pemain yang akrab di sapa FAS tersebut, terpilih sebagai pemain pada laga perang bintang menghadapi juara ISL musim ini Persipura Jaya merupakan suatu kebanggaan tersendiri.
Pasalnya lanjut Ferdinand, banyak sekali pemain diposisinya yakni sebagai penyerang yang punya kualitas bagus, namun sayangnya masih kurang beruntung untuk mengikuti laga penutup musim ini.
"Bagi saya ini menjadi suatu kebanggaan, karena penampilan saya selama satu musim ini di Persisam terus terang masih banyak kekurangan, karena saya juga sempat didera cidera yang cukup panjang,"terang Ferdinand.
Sementara itu gelandang serang Persisam Lancine Kone yang awal diragukan bisa tampil pada laga perang bintang, mengaku cukup fit dan siap untuk mengikuti pertandingan.
"Medis sendiri sempat mengatakan cidera saya membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk penyembuhan, namun saya tetap ingin diturunkan pada laga terakhir melawan PSPS, dan syukur saja semuanya bisaa berjalan dengan lancar, karena cidera saya ternyata sudah tidak begitu terasa,"jelas Kone.
Disinggung namanya yang sempat digantikan oleh pemain lain karena dikabarkan cidera Kone membutuhkan terapi yang lama, dikatakan Kone sejauh ini dia belum ada pemberitahuan resmi terkait pembatalan.
"Saya belum dapat informasi dari manajemen tim, makanya itu saya juga tetap berangkat ke Jayapura,"tegas Kone.

PLt Kabag Administrasi Kesra Klarifikasi Pernyataan Kadinsos

2013-02-13  00:57:14

TENGGARONG, Poskota Kaltim
Plt Kabag Administrasi Kesra (Kesejahteraan Masyarakat,red) HM Arsyad mengklarifikasi pernyataan Kepala Dinas Sosial, Mursito yang menegaskan sejak tahun anggaran 2012 bagian Kesra tidak pernah menganggarkan kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah,red) terhadap penyelengaraan tugas Tim Verfikasi dan Validasi di pedesaan serta di kecamatan. Pasalnya masalah penganggaran pembiayaan Tim Verfikasi dan Validasi Data dari seluruh SKPD guna penyeleksian bantuan aspirasi masyarakat itu bukan merupakan tugas serta tanggungjawab pihak Administrasi Kesra.

Pameran Foto Media Promosi Kota Budaya dan Wisata

Diresmikan Sultan di Kedaton Kutai ing Martadipura

2011-09-29  06:20:12

TENGGARONG,Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura H Adji Mohammad Salehoeddin II, Rabu (28/9) membuka secara resmi pameran foto budaya di Kedaton Kutai ing Martadipura. Pameran foto budaya merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan hari jadi Kota Tenggarong ke 229.

Rapat Paripurna ke-3 DPRD Kukar

Laporan Banggar dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Pemkab dan DPRD

2011-09-26  01:56:35

TENGGARONG, DPRD Kutai Kartanegara menggelar Rapat Paripurna ke-3 di Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang, Selasa (20/9) malam lalu. Dengan agenda Laporan Bagian Anggaran (Banggar) Terhadap Perubahan KUA PPAS 2011 dan Persetujuan DPRD Terhadap Perubahan KUA PPAS 2011 serta Penandatanganan Nota Kesepakatan Pemkab Kukar dan DPRD Terhadap Perubahan KUA PPAS 2011.

Persisam Duetkan Rukito-Hendri

2011-08-10  11:25:47


SAMARINDA, Menegemen persisam putra Samarinda berencana menduetkan dua pelatih nasional Daniel Roekito dan Hendri Susilo mengarsiteki  tim Persisam pada musim kompetisi 2011/2012 mendatang.

Eksul Volly Ball Maskot Sekolah

2011-07-13  03:15:01

Tenggarong,Dalam memberikan nilai keberhasilan  proses belajar mengajar pihak sekolah mengembangkan esktra kurikuler volly ball sebagi maskot baik kategori putra maupun putri.
Hal tersebut dikatakan kepala SMPN 6 Loa Janan. M. Agus Syarufuddin Spd ditemui poskota kaltim  dikantor Disdik Kukar bebera-hari lalu.

100 Peserta Ikuti Lelang Forward

2011-06-21  03:16:43

TENGGARONG, Sebanyak 100-an peserta meramaikan lelang komoditi kemajuan daerah (Forward, Red) di PENAS KTNA 2011 di Tenggarong. Menurut, Wakil Ketua Seksi Pasar Lelang Komoditi Rodi Ahnadi pelaksanaan pasar lelang digelar bertujuan untuk menegaskan pembentukan harga komoditi yang kini berkembang di pasaran di Indonesia serta kepastian produksi komoditi para petani, peternak dan nelayan di Indonesia.

PPKRI Berangkatkan Tim ke Perbatasan

2011-05-31  00:00:22

BALIKPAPAN, Sudah hampir 65 tahun Rakyat Indonesia menikmati hasil kemerdekaan ini  ternyata masih ada masyarakat Indonesia yang ada di sepanjang perbatasan yang belum merasakan hasil dari kemerdekaan tersebut sebagaimana sudah dirasakan masyarakat yang terletak didaerah kota.

PPKRI Berangkatkan Tim ke Perbatasan

2011-05-31  00:00:22

BALIKPAPAN, Sudah hampir 65 tahun Rakyat Indonesia menikmati hasil kemerdekaan ini  ternyata masih ada masyarakat Indonesia yang ada di sepanjang perbatasan yang belum merasakan hasil dari kemerdekaan tersebut sebagaimana sudah dirasakan masyarakat yang terletak didaerah kota.

Balikpapan Raih 71 Penghargaan Studi Banding Silahkan ke Balikpapan

2011-05-30  05:38:05

Balikpapan, Poskota Kaltim : Gubernur Kalimantan Timur DR. Awang Farouk Ishak, MM, mengatakan keberhasilan Kota Balikpapan selama ini cukup membanggakan Kalimantan Timur (Kaltim) apalagi keberhasilan yang mencapai 71 kali bersama penghargaan itu tidak hanya dari dalam negeri tapi juga berasal dari luar negeri termasuk keberhasilan dibidang kebersihan, pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup, apalagi Balikpapan berhasil sebagai kota terbersih tingkat Asia Tenggara.

Telkomsel Serahkan Hadiah Kepada Eka Santoso Pemenang Mobil Suzuki Splash dari Program loyalty TELKOMSELpoin

2011-05-30  05:36:05

Balikpapan ,Pada hari Minggu tanggal 29 Mei 2011 di acara puncak event Customer Day Telkomsel dalam rangka HUT Telkomsel ke-16  bertempat  di Hall  E-Walk Balikpapan , Telkomsel  GraPARI Balikpapan menyerahkan hadiah berupa satu unit Mobil Suzuki Splash kepada Eka Santoso  salah seorang pemenang TELKOMSELpoin di wilayah layanan GrapARI Balikpapan yang beruntung memenangkan satu unit Mobil Suzki Splash dari program TELKOMSELpoin periode Juli-Desember 2010.

Andi Agoes : DPRD ke Perbatasan Sangat Tepat

Hasil Kunker Harus Disampaikan ke Eksekutif

2011-05-23  08:21:47

BALIKPAPAN, DPRD Provinsi Kaltim membentuk tiga tim untuk melakukan kunjungan kerja (kunker) ketiga daerah masing-masing Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kabupaten Malinau dan Kabupaten Nunukan untuk melihat perkembangan pembangunan sekaligus menjaring berbagai informasi dari masyarakat termasuk perhatian pemerintah terhadap daerah-daerah sepanjang perbatasan.

Sekda Samarinda Diperiksa Sebagai Tersangka

Dugaan Korupsi Pengadaan Kapling Lahan Korpri Sambutan

2011-04-08  01:34:05

SMPN 3 Balikpapan Buka Pendaftaran Siswa Baru

Siap Tampung 210 Siswa Baru RSBI

2011-03-29  14:38:43

BALIKPAPAN,
Dunia Pendidikan di Balikpapan merupakan barometernya Pendidikan di Kaltim. Keberadaan Sekolah SMPN 3 Balikpapan yang merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Km 1,5  kelurahan Gunung Samarinda Balikpapan, telah membuka penerimaan siswa baru RSBI tahun ajaran 2011-2012. Pendaftaran mulai di buka tanggal 01 hingga 18 April 2011.

SMPN 3 Balikpapan Buka Pendaftaran Siswa Baru

Siap Tampung 210 Siswa Baru RSBI

2011-03-29  14:38:43

BALIKPAPAN,
Dunia Pendidikan di Balikpapan merupakan barometernya Pendidikan di Kaltim. Keberadaan Sekolah SMPN 3 Balikpapan yang merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Km 1,5  kelurahan Gunung Samarinda Balikpapan, telah membuka penerimaan siswa baru RSBI tahun ajaran 2011-2012. Pendaftaran mulai di buka tanggal 01 hingga 18 April 2011.

Sopan APBD, Berharap Walikta Konsisten, komitmen

2011-03-24  04:53:56

Bontang,Pelantikan walikota dan wakil walikota Kota Bontang baru saja di laksanakan, namun, moment penting ini hendaknya sesuai dengan janji,dan komitmen beliau kelak. Demikian dikatakan Salah satu  lsm Solidaritas pemantau.  Sopan APBD btg mengungkapkan pada media kamis 24/03harapan kami,  pada walikota dan wakil adi-isro dapat  melaksanakan tongkat   Estafet pembangunan yg telah ada dipadukan program2 peningkatan yg belum sempat terealisasi pasca mantan Walikota dan Wakil  sofyan-syahid,perbaikan pelayanan pada masyarakat di segala lini merupakan harapan semua rakyat btg,program2 pro rakyat harus di tingkatkan sebagai wujudkan dan komitmen yg jadi impian masyarakatnya,kesehatan,pendidikan itu kunci dan barometer daerah itu jika ingin di sebut maju,air,listrik tdk kalah pentingnya ini harus jadi prioritas,pelayan masyarakat di semua skpd pemerintah juga jadi harapan agar tercipta pelayanan yg prima , terang A.faisal.

Kejari Didesak Usut Proyek Jalan Kelekat-Tabang

2011-02-07  15:46:29

TENGGARONG, Selain sudah melakukan pengusutan terhadap sejumlah perkara dugaan kasus korupsi di Kutai Kartanegara, yang diantaranya adalah kasus pembangunana jalan penghubung Martadipura Kota Bangun, korupsi Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Jembayan senilai Rp 4 Miliar (M) dan proyek pembangunan Jl Menteng, Kelurahan Jahab, Tenggarong, pembangunan Masjid Nurul Huda di Desa Muara Aloh Muara Muntai,  dan sejumlah kasus lainnya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tenggarong juga didesak untuk segera melakukan pengusutan terhadap pelaksanaan proyek multi years pembangunan jalan penghubung antara kecamatan di wilayah ulu Mahakam (Kelekat-Tabang) yang memakan dana APBD sebesar Rp300 miliar lebih.

Pelaksanaan Penas KTNA XVIII 2011

Lahan 2 Hektar Disiapkan untuk Kontes Ternak

2011-02-21  01:21:00

SAMARINDA, Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Ibrahim menjelaskan bahwa panitia Penas KTNA XIII 2011 menyiapkan sekitar 2 hektare lahan untuk kontes ternak tingkat provinsi dan kontes ternak Sumber Daya Genetik (SDG) nasional di kawasan Demplot/Display Penas di Desa Perjiwa, Tenggarong Seberang. Kontes ternak tersebut akan menjadi bagian dari penyelenggaraan Penas di Kaltim yang akan dipusatkan di Kompleks Stadion Madya Tenggarong, 18 – 24 Juni 2011.

Hasil Migas Lebih Banyak untuk Pusat

2011-02-04  13:19:43

Siswa SMA Ditemukan Gantung Diri

2011-02-02 06:37:08

BALIKPAPAN, Rudi Hartanto (19) terdaftar sebagai siswa kelas 12 IPS SMA PJHI Batakan, Kelurahan Manggar Balikpapan Timur ditemukan tewas gantung diri dikamarnya Jl. MT Haryono RT 54 Kelurahan Damai, Balikpapan Selatan, Minggu (30/1) malam sekitar pkl. 20.00 wita, keluarga mengaku tidak mengetahui permasalahan yang dia hadapi namun kalau dilihat kesehariannya dia itu justru tidak ada masalah.

Pemkab PPU Akan Ukur Ulang Lahan PT Singlurus Pratama

2011-01-26  06:50:25

PENAJAM, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara melalui Dinas Pertambangan dan Energi mulai gerah dan siap berencana mengukur ulang luasan areal pertambangan PT Singlurus Pratama, untuk mengetahui berapa hektare lahan yang diizinkan oleh pemerintah pusat kepada perusahaan ini di wilayah hukum Penajam Paser Utara (PPU).

Ibu Muda Nyaris Tewas Minum Racun Serangga

2011-01-25  05:03:20

BALIKPAPAN, Yang dilakukan wanita muda ini benar-benar nekad, dia berani minum racun serangga karena stres yang kerap melanda persoalan dalam rumah tangganya, kejadian sekitar pukul 18.00 Wita, Minggu (23/1) kemarin, Ay (24) warga Jl. Al-Fallah, Kebun Sayur, Balikpapan Barat Kecamatan Balikpapan Barat, yang  sudah beranak satu menenggak racun serangga hampir segelas akhirnya dia ditemukan tergeletak di lantai rumahnya dengan mulut berbusa.

Nelayan Diarahkan Berdikari Dibidang Wisata

2011-01-12  04:59:46

TANJUNG REDEB, Menyadari pengelolaan potensi sumber kekayaan alam bersifat sementara, salah satunya potensi perikanan menjadi andalan mata pencariaan nelayan di Kecamatan pesisir seperti Kecamatan Pulau Derawan, Maratua, Talisayan, Batu Putih, Bidukbiduk dan Kecamatan lainnya. Karenanya di arahkan nelayan di Kabupaten Berau dapat berdikari di bidang wisata untuk mengantisipasi apabila potensi perikanan dimiliki mulai berkurang, sehingga mempengaruhi penghasilan para nelayan.

KTNA pada 18 hingga 23 Juni 2011 di Kabupaten Kutai Kartanegara

Nama Pelabuhan Penas untuk Kenangan

2011-01-11  03:27:29

TENGGARONG, Sekretaris panitia Pertemuan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Kutai Kartanegara, Hardi Dwi Putera mengatakan, Sekkab Haryanto Bachroel yang juga Ketua panitia Penas menginginkan pelabuhan tempat penyeberangan alternatif bagi peserta Penas KTNA yang telah disiapkan di Tenggarong Seberang diberi nama Pelabuhan Penas.
Pemberian nama pelabuhan tersebut untuk kenang-kenangan bagi Kukar sebagai tuan rumah penyelenggaraan event akbar petani tingkat nasional.

Judi Togel Harus Diberantas

2010-11-25  04:56:18

TANJUNG REDEB – Kembali maraknya judi Togel di Kabupaten Berau, anggota DPRD Berau   Hatta Basri  meminta kepada  penegak hukum memberantasnya. Karena pendapat dia, judi togel yang dilarang oleh pemerintah ini implementasinya dapat merusak moral  masyarakat Berau.

Demo! Supir Angkot Protes Taksi Gelap

2010-11-24  05:46:34

Kembalikan Kesuburan Tanah

2010-11-24  00:38:47

PENURUNAN tingkat kesuburan tanah garapan petani akibat penggunaan pupuk dan pestisida berbahan kimia yang dilakukan petani selama ini menjadi permasalahan pembangunan pertanian di hampir semua daerah dan untuk mengatasinya, Departemen Pertanian menemukan metode baru yang dapat mengembalikan kesuburan tanah, yaitu pola pertanian dengan metode SRI Organik.

Orang Tua Berperan Besar dalam Pendidikan Anak

2010-11-23  05:09:10

BONTANG-Sebaik apapun kualitas pendidikan yang diperoleh anak secara formal, orang tua tetap memiliki peran dan pengaruh yang sangat besar dalam keberhasilan pendidikan anak. Peran orang tua dalam mendidik anaknya merupakan hal yang alami.

Mulai Muncul Nama Pengganti Heru Bambang

2010-11-22  05:38:28

BALIKPAPAN, Makin transparanya kalau Sekretaris Kota Balikpapan Heru Bambang,  telah mencalonkan diri sebagai calon walikota Balikpapan periode 2011-2016 berpasangan dengan calon walikota Rizal Effendy, maka dipastikan kursi Sekkot Balikpapan harus ditinggal Heru Bambang dan tentunya walikota Imdaad Hamid, harus mencari pengganti Heru dalam waktu dekat ini.

Kukar Kumpulkan Rp 4,013 Miliar untuk Korban Bencana Alam

2010-11-22 05:33:02

TENGGARONG- Penggalangan dana amal  untuk bantuan korban bencana tsunami  Mentawai dan letusan Gunung Merapi Jogjakarta yang dilakukan Pemkab Kutai Kartanegara membuahkan hasil yang cukup pantastis dimana saat ini dana yang berhasil dikumpulkan Rp 4,013 miliar.

BANJIR BANDANG DI MUARA LAWA

2010-11-18  01:04:30

Dua Pasangan Asian Games Bertemu di Semifinal

2010-10-16  16:16:35

SAMARINDA-Dua ganda campuran yang akan mewakili Indonesia di Asian Games Guangzhou bulan November 2010, bertemu di semifinal Indonesia Terbuka Grand Prix Gold saat unggulan kedua Fran Kurniawan/Pia Zebadiah bertemu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Kaltim Kerjasama dengan 6 Provinsi Atasi Trafficking

2010-10-07  06:51:55

SAMARINDA-Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kaltim Hj Ardiningsi menjelaskan,  Kaltim menjalin kerjasama dalam bentuk kesepakatan kerjasama  atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan enam provinsi lain yang terkait penanganan tindak pidana perdagangan orang (trafficking) yang disaksikan Wakil Presiden Boediono.

Setiap Hari, DKP Angkut 320 Ton Sampah

2010-10-07  06:48:41

SAMARINDA-Sampah yang kian menumpuk, telah membuat sejumlah petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kewalahan. Sejumlah sampah di Samarinda menumpu, karena warga membuang tidak pada tempatnya. Dalam per harinya, DKP Samarinda mengangkut 320 ton sampah, untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

1.053 Warga Mudik dari Pelabuhan Samarinda

2010-08-27  13:25:41

SAMARINDA-Sebanyak 1.053 pemudik berangkat dari Pelabuhan Samarinda menuju Parepare Sulawesi Selatan, Kamis (26/8). Mereka menggunakan kapal lau KM Binaiya, karena harga tiket lebih murah dan lebih santai.

Direktur Utama RSUD AM Parikesit Dituntut Mundur

2010-08-19  15:25:38

TENGGARONG-Polemik bobroknya manajeman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AM Parikesit, Rabu (19/8) pagi kemarin terbongkar. Melalui hearing antara dokter dan tenaga medis dengan manajeman RSUD AM Parikesit yang difasilitasi Komisi IV DPRD Kukar, diruang Panmus DPRD, banyak hal yang dibeberkan.

Retribusi Daerah Kaltim Diduga Menyimpang

Ratusan Miliar tak Disetor ke Kas Daerah

2010-08-10  09:56:48

SAMARINDA-Pengelolaan keuangan di Pemprov Kaltim diduga menyimpang. Terutama pada pengelolaan keuangan retribusi daerah tahun anggaran 2008. Dimana dalam laporan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim tahun 2009, disebutkan bahwa realisasi pendapatan retribusi daerah tahun 2008, yang telah diaudit sebesar Rp182,8 miliar. Namun, didalam laporan arus kas yang berakhir sampai dengan 31 Desember, pajak retribusi daerah tahun 2008 hanya Rp3,45 miliar. Artinya, ada dana retribusi daerah sekitar Rp179 miliar tak masuk ke kas daerah.

BLUD tak Dilarang

2010-08-10  09:56:20

MANTAN anggota DPRD Kaltim Hery Helfian menegaskan bahwa status BLUD 3 Rumah Sakit milik Pemprov Kaltim tak dilarang. Namun seyogyanya, retribusi daerah ketiga Rumak Sakit itu wajib disetorkan ke kas daerah terlebih dulu. Karena itu sesuai Undang-Undang (UU) Keuangan Negara dan UU Pembendaharaan Negara.

Pemkot Setujui Anggaran Persisam Rp 21 Miliar

2010-08-10  09:55:42

H Harbiansyah Segera Belanja Pemain

2010-08-10  09:55:11

SAMARINDA-General Manajer (GM) Persisam Putra Samarinda, H Harbiansyah, mengatakan setelah mendapat kucuran dana Rp 21 miliar, dirinya akan segera melakukan beberapa langkah jangka pendek. Diantaranya akan segera melakukan belanja pemain.
"Tadinya saya tidak berani menanggung anggaran sebagaimana putaran kompetisi tahun lalu. Karena telah mendapat persetujuan anggaran dari dewan dan Pemkot, maka secapatnya saya akan mengambil langkah-langkah, diantranya dengan merekrut pemain yang kami butuhkan," kata Harbiansyah, kepada sejumlah wartawan, Selasa (10/8).

Busyet, Ada Warga Borong BBM

2010-08-10  09:54:47

SAMARINDA-Keterlaluan, disaat stok Bahan Bakar Minyak (BBM) di Samarinda terbatas, ternyata ada warga memborong BBM di sejumlah Sentral Penjualan Bahan Bakar Umum (SPBU).
Dari pantauan Poskota Kaltim, sejak Senin pagi (9/8) hingga Selasa (10/8) kemarin, disejumlah SPBU yang selalu dipenuhi ratusan kendaraan, ternyata ada beberapa mobil bolak-balik mengisi di SPBU.

Bensin Eceran Dijual Hingga 10.000/Liter

2010-08-10  09:54:06

Antrean Pembeli Bensin Masih Panjang

Bensin Eceran Kian Menjamur
2010-08-10  16:20:39

SAMARINDA—Antrean panjang pengendara yang akan membeli premium dan pertamax di SPBU terus terjadi di Samarinda, Senin (9/8).
Di beberapa SPBU terlihat petugas keamanan terpaksa mengatur jalur antrean tiga hingga lima lajur agar tidak sampai mengganggu arus lalu lintas.

Harkteknas Jadi Momentum Motivasi Pembangunan

2010-08-10  16:19:48

SAMARINDA-Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Pertanian, SDA dan LH Daddy Ruchiyat mengatakan,  bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Hakteknas) ke-15 dapat dijadikan sebagai momentum untuk memotivasi pelaksanaan semua program pembangunan, dengan tetap dilandasi kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar hasil guna pembangunan itu dapat meningkat dan kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan.

Samarinda Miliki Hotel ?Trainning? SMKN 3

2010-08-10  16:19:08

SAMARINDA—Sekolah kejuruan di Samarinda makin menunjukkan ‘taring’, dengan berbagai terobosan. Kali ini giliran SMKN 3 Samarinda, yang menghadirkan Hotel ‘Training’ SMKN 3 di areal komplek sekolahnya Jl KH Wahid Hasyim.

Bontang FC Upaya Pertahankan Pemain Lama

2010-08-10  16:17:26

SAMARINDA- Tim Bontang FC berupaya mempertahankan para pemainnya yang tergabung dalam musim kompetisi 2009/2010, agar mereka tidak pindah ke klub lain.

Dirditreskoba dan Dua Kapolres Polda Kaltim Dimutasi

2010-08-10  16:14:26


BALIKPAPAN, Mutasi sejumlah perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar  Polisi (AKBP) dan Komisaris Besar (Kombes) dijajaran Polda Kaltim bergulir ada tujuh perwira dimutasi, dua diantaranya Kapolres terdiri dari Kapolres Nunukan dan Paser, para perwira yang masuk gerbong mutasi bagian dari 556 perwira polisi di seluruh Indonesia yang mutasi sesuai Surat Perintah (Sprin) Kapolri tanggal 5 Agustus 2010 lalu.

Polisi Tidak Berwewenang Bubarkan Ormas

2010-08-10  16:13:03

BALIKPAPAN, Kapolresta Balikpapan, AKBP Drs A Rafik tidak membantah jika keberadaan organisasi kemasyarakatan (ormas) di Balikpapan ada yang terbukti telah melanggar aturan hukum olehnya perlu ditertibkan dan diminta keterangan sedangkan pelanggaran yang dilakukan ormas dimaksud seperti tindakan intimidasi terhadap masyarakat serta membawa senjata tajam (Sajam).

Tiga Penyabu Dibekuk Satu Buron

2010-08-09  09:18:16

BALIKPAPAN, Polisi kembali meringkus tiga tersangka narkoba yang sedang asyik menikmati sabu-sabu, ketiga tsk itu masing-masing IN (24) warga Suingai Ampal, Balikpapan Selatan, RL (24) warga Jln. Suklarno-Hatta Km. 4 Balikpapan Utara dan DE (26) warga Gunung Samarinda sedangkan DE (25) berhasil kabur dan kini masih dalam pengejaran.

Warga Laporkan Perjudian di Balikpapan Barat

2010-08-09  09:17:46

BALIKPAPAN, Aktivitas perjudian mendekati Ramadan justru semakin marak, buktinya setelah judi sabung ayam di perumahan Kejati, Gunung Malang digeberek polisi kini kasus perjudian dilakukan sejumlah warga masyarakat  berlangsung di kawasan Jln. Gunung Gembira RT 14 Kecamatan Baru Ilir Balikpapan Barat, Sabtu (7/8) malam sekitar pukul 23.00 Wita, selanjutnya sarang judi digerebek aparat Polresta Balikpapan setelah mendapat informasi via SMS.

Penyandang Cacad Kaltim Dibantu India

Terima kasih Chevron dan PT.Kideco

2010-08-09  09:17:19

BALIKPAPAN, Penyandang cacad tetap Kalimantan Timur yang tergabung dalam Koalisi Penyandang Cacad (KPC) Kalimantan Timur (Kaltim) menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada pemerintah India yang sangat peduli dengan apa yang menjadi kebutuhan para penyandang cacad dan polio karena telah memberikan bantuan berupa kaki dan tangan palsu sehingga para penyandang cacad bisa bergerak dan beraktifitas dengan baik.

KP3 Kembali Gagalkan Penyeludupan Kayu

2010-08-09  09:16:47

BALIKPAPAN, Penyelundupan kayu olahan hasil pembalakan liar jenis kayu ulin dengan modus diangkut menggunakan perahu kelotok melewati perairan Balikpapan, kembali digagalkan anggota unit Intelkam dan Reskrim Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan, Minggu (8/8) dini hari kemarin sekira pukul 04.30 Wita.

Kejaksaan Panggil Kontraktor Proyek

2010-08-09  09:16:23

TANJUNG REDEB- Kejaksaan Negeri Tanjung Redeb masih menunggu kontraktor dan kuasa pengguna anggaran (KPA)  proyek pembangunan rumah bagi warga miskin di Kecamatan Teluk Bayur. Kontraktor tersebut berasal dari Samarinda.  Kejaksaan tengah membidik proyek itu berdasarkan hasil investigasi di lapangan terhadap hasil pekerjaan kontraktor di lapangan. Menurut kasi Intel Kejari Tanjung Redeb, Herya Sakti Saad, pemanggilan sudah dilakukan terhadap kontraktor, tinggal menunggu kedatangannya ke Berau.

SMA PGRI I Tanjung Redeb Kembali Ukir Prestasi

2010-08-09  09:15:52

TANJUNG REDEB – SMA PGRI I Tanjung Redeb, Minggu (8/8) malam kembali mengukir prestasi melalui ajang festival paduan suara seni pramuka tingkat SLTA se Kabupaten Berau  di Kantor Kwarcab Kabupaten Berau. SMA PGRI I yang dibawah pimpinan  Abdul Wahab ini bertekad akan kembali mengukir prestasi lainnya, baik melalui pendidikan maupun olah raga.    

Jangan Ada Perbedaan Pelayanan

2010-08-09  09:14:03

TANJUNG REDEB– Wakil Ketua Komisi III DRPD Berau, Rudi P Mangunsong mengingatkan kepada pihak rumah sakit, agar tidak membedakan pelayanan kesehatan  antara masyarakat umum dan karyawan perusahaan terkait.

DPUD Berau Harus Rajin Cek Lapangan

2010-08-09  09:13:38

TANJUNG REDEB–  Wakil Ketua  DPRD Berau H Saga’ mengatakan, seiring giat – giatnya Pemkab Berau membangun Bumi Batiwakal, ia berharap Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau rajin turun ke lapangan, untuk menampung aspirasi masyarakat. Khususnya ke wilayah kampung dan kecamatan, yang jauh dari ibukota Tanjung Redeb.

Berau Dinilai Layak Jadi Kotamadya

2010-08-09  09:13:08

TANJUNG REDEB- Tersedianya sarana dan prasarana yang cukup di Kabupaten Berau dapat menjadi pertimbangan untuk mengubah status Berau dari Kabupaten menjadi Kotamadya. Terutama tingkat pertumbuhan penduduk di dalam kota dan kecamatan juga sangat tinggi, sehingga bukan mustahil wacana tersebut bisa direalisasikan.

Tim Rukyah Kukar Lakukan Hilal di Tambak Rel.

2010-08-09  09:10:58

TENGGARONG, Kantor kementrian agama (Kemenag) Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (9/8), kemarin menggelar  rapat persiapan Rukyatul Hilal (melihat bulan) untuk menentukan 1 Ramadan 1431 H.

Bagian Hukum Sosialisasikan Hukum Perkawinan di Loa Janan

2010-08-09  09:10:05

TENGGARONG,Bagian Hukum Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara, Senin (9/8) pagi kemarin menggelar sosialisasi tentang hukum perkawinan di Kecamatan Loa Janan.
Kegiatan sosialisasi yang digelar gedung Kecamatan Loa Janan tersebut, dengan menghadirkan narasumber dari Kantor Departemen Agama (Depag) Kukar, Pengadilan Agama Kukar, Bagian Hukum, serta dari pihak Kecamatan.

Pemkot Perketat Izin Miras

2010-08-06  17:02:10

SAMARINDA-Pemkot Samarinda memperketat izin peredaran minuman keras (miras). Salah satu upayanya adalah menggelar sidak ke sejumlah disributor maupun sub distributor miras, Kamis (5/8), dengan membentuk tim gabungan dipimpin Kabag Ekonomi Pemkot Samarinda M Yamin,
Sidak difokuskan ke 4 titik. Yaitu, PT Sinar Makmur Timur, CV Bintang Utama Karya, PT Segar Kalimantan, dan PT Jumbo Prima Raya.

Sutopo Gasip dan Abdurahman Resmi Dilantik

2010-08-02  14:41:47

TENGGARONG, Sutopo Gasip dan Abdurahman resmi dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara, Senin (1/8) siang kemarin melalui proses sidang Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah Pengganti Antar Waktu (PAW) DPRD Kukar.

Wakil Walikota Janjikan Dana Pendamping 100 Persen

2010-07-30  15:30:22

SAMARINDA-Kredit Usaha Kecil (KUK) maupun bantuan permodalan bagi masyarakat melalui program PNPM-MP untuk menanggulangi angka kemiskinan. Program PNPM-Mandiri adalah program pusat dan pemerintah kota seperti di Samarinda sehingga ada dana pendampingan.

Sukses PBM Perlu Ditunjang IPTEK dan IMTAQ

2010-07-27 15:46:47

TENGGARONG, Belajar dituntut untuk dapat memberikan manfaat bagi dunia pendidikan baik hari ini dan dimasa akan datang. Demikian dikemukakan Damsiki S.pd, M.Pd Pengawas TK/SD Cadisdik Tenggarong Seberang kepada Poskota Kaltim dikantor Disdik beberapa hari lalu.
"Peran IPTEK sangat memberikan makna sangat kongkrit bagi proses belajar siswa dari jenjang SMP sampai SMA/SMK. Dalam pedalaman peranan IPTEK dapat dirasakan oleh semua siswa selama proses belajar mengajar berlangsung," ucap Damsiki.

KPK Usul Samarinda Dirikan Sekolah Anti Korupsi

2010-07-22  15:07:25

Hanya Tandatangani Form Pernyataan

Soal Dugaan Gratifikasi

2010-07-15 14:33:30

SAMARINDA–Kendati proses pengkajian dan analisis terhadap dugaan gratifikasi yang dilakukan Komisi III DPRD Kaltim oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus berlangsung, namun ternyata semua anggota komisi III telah menandatangani form pernyataan pengembalian uang pemberian dari perusahaan batubara PT Kideco Jaya Agung sebesar 1.000 dolar US saat ke Korea Selatan (Korsel). Hal itu dibenarkan Ketua Komisi III, H Syahrun kepada Poskota Kaltim, kemarin.

Soal Alokasi Dana Pembangunan Tol

2010-07-15  09:54:09SAMARINDA–Alokasi anggaran untuk pembangunan jalan Tol yang menghubungkan Samarinda-Balikpapan, kembali mendapat perhatian dari komisi III DPRD Kaltim. Anggota Komisi III, Saifuddin DJ meminta agar alokasi anggaran pembangunan jalan Tol itu tidak mengorbankan kepentingan masyarakat Kaltim secara umum.

EKD 2010 Bangun Kaltim Melalui Komunitas

2010-07-15 09:48:23

SAMARINDA-Begitu besar pengaruh teknologi informatika, khususnya konten jejaringan sosial, membuat cara ini digunakan East Kalimantan Dream 2010 untuk bersatu memajukan Propinsi Kaltim. Dengan spirit “Membangun Peradaban Indonesia dari Kalimantan Timur”, kepada seluruh masyarakat Provinsi Kalimantan Timur, sebagai motto juang mewujudkan tujuan besar dari program East Kalimantan Dream.

APBN Poskan Rp 5,4 Miliar Buat Kelautan

2010-07-01 07:12:16

BALIKPAPAN, dPRD Balikpapan melihat sektor perikanan di Balikpapan belum mendapat perhatian besar dari Pemkot Balikpapan, sehingga potensi-potensi yang ada dalam sektor tersebut, belum mampu dikembangkan padahal kalau ditangani secara profesional dipastikan akan membantu pertumbuhan dan perkembangan para nelayan.

Lima Juta Bagi Pelapor Serangan Fajar

Menuju Pemilu Kada Jujur dan Adil

2010-06-28  23:32:25

TANJUNG REDEB- Jelang Pemilu Kada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  7 Juli, kandidat Hendry Gunawan-Amir Husin atau biasa disebut Kirab Hebat berani mengeluarkan uang sejumlah Rp 5.000.000 bagi siapa saja yang menemukan pelaku pelanggaran money politik dalam sistem serangan fajar dari pasangan lain.

Pesta Pelas Tahunan Desa Pampang Meriah

2010-06-25  06:26:56

SAMARINDA-Pesta Pelas Tahunan Desa Pampang, Kamis (24/6) yang diadakan setahun sekali ini berlangsung meriah. Beberapa tarian khas Dayak disajikan untuk menghibur pengunjung yang datang untuk menyaksikan acara pesta pelas tahunan tersebut.

Sekretaris Komisi I Setuju Pemilu Kada Diundur

Pembahasan Anggaran KPUD Harus Sesuai Mekanisme

2010-06-21  22:42:54

SAMARINDA-Sekretaris Komisi I DPRD Samarinda Anhar SK menyatakan setuju apabila Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Samarinda mengundurkan waktu pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada), yang seyogyanya digelar 2 Agustus.

Astaga, Anggota Dewan Dikabarkan 'Kapling' Rumah SKM

2010-06-21  22:37:45

SAMARINDA-Sangat keterlaluan, sejumlah anggota DPRD Samarinda periode lalu dikabarkan menerima 'kaplingan' jatah rumah yang diperuntukkan bagi warga Sungai Karang Mumus (SKM), yang direlokasi Pemkot Samarinda.

Dewan Harapkan Pembangunan Merata

2010-06-13  23:45:50

TANJUNG REDEB- Pengembangan daerah disemua kawasan Kabupaten Berau menurut Dewan perlu dilakukan untuk perbaikan pelayanan kepada masyarakat Berau secara umum. Untuk itu, seperti disampaikan anggota komisi III DPRD Berau, H Rustam ST, bahwa tidak saja untuk Kampung Labanan yang direncanakan akan dijadikan kota terpadu Mandiri (KTM) yang perlu ditingkatkan, tapi juga disertai kampung-kampung lain terlebih kelurahan atau kecamatan yang memiliki potensi pengembangan baik.

SMK I Tanjung Redeb Juara I

Cerdas Cermat Lalu Lintas Tingkat Pelajar se-Kabupaten Berau

2010-05-26  22:16:00

TANJUNG REDEB- Setelah memasuki grand final cerdas cermat lalu lintas tingkat SMU se-Kapaten Berau, Satlantas Polres Berau, Rabu (26/5), akhirnya SMK I Tanjung Redeb keluar sebagai juara I. Melalui cerdas cermat ini Kapolres Berau, Armed Wijaya MH berharap, kesadaran para pelajar berlalu lintas semakin meningkat.

Mencuri, Pemulung Dibonyok Massa

2010-05-21  22:30:15

SAMARINDA-Mungkin berprofesi sebagai pemulung banyak saingan, sehingga kurang pendapatan. Akhirnya ambil jalan pintas, merangkap menjadi pencuri. Namun aksi Asriadi alias Bolang (19) warga Mangkupalas Samarinda Seberang, Jumat (21/5) sekitar pukul 07.45 Wita tertangkap basah saat menjalankan aksinya mencuri disebuah gudang plus bengkel oleh warga. Akibatnya, pemulung itu babak belur dihajar massa. Bahkan nyaris dibakar massa. Beruntung pemulung itu berhasil diamankan oleh jajaran Polsekta Palaran yang cepat datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Jl Surabaya kelurahan Simpang Pasir Blok A Palaran,setelah mendapat laporan.

Algaka Hanya Ada Waktu Kampanye

2010-05-09  23:00:08

TANJUNG REDEB- Seluruh alat peraga kampanye (Algaka) pada Pemilukada akan ditertibkan. Berdasarkan hasil rapat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Berau, dengan melibatkan pihak Polres Berau selaku penyidik terhadap pelanggaran serta tim sukses selaku pelaksana dilapangan nanti telah dilakukan kesepakatan terhadap poin-point penertiban yang akan dilaksanakan. Penertiban akan dilakukan terhadap algaka pasangan calon bupati dan wakil bupati dan boleh dipasang kembali ketika jadwal kampanye tanggal 20 Juni hingga 3 Juli 2010.

Diskusi Publik

2010-05-06  23:43:41
SAMARINDA-Diskusi publik garapan Jurnalis Centre, Kamis (6/5) di Ball Room Hotel Bumi Senyiur, berjalan sukses. Dialog bertema "Pemilukada Samarinda, Kandidat Jualan Apa" dihadiri calon Walikota Samarinda Andi Harun dan Senci Han. Sedangkan Syaharie Jaang diwakilkan Nusyirwan Ismail, perseorangan dihadiri Ridwan Asmaran, serta Sutrisno.

3 MEI 2010

Panwaslukada Nilai Alat Peraga Calon Melanggar Perda

2010-04-30  00:42:17

SAMARINDA-Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kepala Daerah (Panwaslukada) Samarinda Phitri Lari
menilai bahwa alat peraga yang dipasang oleh peserta Pemilukada Samarinda telah melanggar Peraturan Daerah (Perda).

29-04-2010

28-04-2010

26-04-2010

24-04-2010

23-04-2010

Pengacara Kecewa

2010-04-23  00:18:04

PENGACARA mantan Grand Manager Persisam Putra Aidil Fitri, Andi Mulya Siregar mengaku kecewa atas penahanan kliennya yang dilakukan penyidik Kejari Samarinda, Kamis (22/4).
"Aidil cukup kooporatif saat menjalani pemeriksaan. Lalu, kenapa ada upaya paksa dilakukan oleh jajaran kejari Samarinda," Kata Andi Mulya.

22 - 04 - 2010 (B)

Siapa Itu Kartini ?

2010-04-21  23:17:43

DITENGAH meriahnya peringatan hari Kartini yang ke 131, Rabu (21/4) yang sebagian kalangan penting diperingati dengan berbagai cara meriah dan seru, seperti berkebaya mahal, gemerlap dan berkelas,  Intang (50) seorang wanita dari Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan seolah tidak terusik. Sama seperti hari-hari rutin selama 5 tahun terakhir yang dijalaninya terus bekerja mencari nafkah untuk  6 orang anaknya.

21-04-2010

KPUD Disomasi

2010-04-20  23:17:43

DUGAAN terjadinya penggelembungan daftar pemilih menjelang Pemilu Kada Samarinda, membuat Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kaltim, mencoba akan melakukan langkah-langkah prefentif atas carut marutnya DP 4 yang diserahkan Pemkot Samarinda ke KPU Samarinda. Langkah-langkah hukum yang akan diambil LBH Kaltim yakni, selain akan melayangkan somasi ke KPU dan atau meminta agar menunda pelaksanaan Pemilu Kada, sebelum dibenahinya data daftar pemilih.
Hal itu ditegaskan Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Kaltim, Afifuddin, kepada wartawan, Selasa (20/4) kemarin.

Porprov Diusulkan Mundur

2010-04-20  23:05:20

SAMARINDA-Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV Kaltim yang dijadwalkan Juli 2010 ini di kota Bontang diusulkan untuk mundur dari jadwal yang direncanakan.
"KONI Kaltim bersama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga dan pemerintah Propinsi telah menyepakati untuk mengusulkan porprov dilaksanakan pada bulan Nopember 2010," terang Wakil Ketua II KONI Kaltim, Ego Arifin di Samarinda, Selasa (20/4).
Pertimbangannya kata dia, karena menilai untuk melaksanakan Porprov pada bulan Juli 2010 dirasakan mustahil.

Pemkab Berau Pemegang Saham Terbesar

Pertanian dan Peternakan Jadi Program Pilihan

2010-04-16  23:32:53

MENYANGKUT masalah penanaman modal, sampai dengan tahun 2008 investasi Kabupaten Berau di Bank Kaltim berupa penyertaan modal saham telah mencapai sebesar Rp 89,16 miliar pada tahun 2008 mengalami peningkatan sebesar Rp 25 miliar. Total jumlah saham Bank Kaltim yang dimiliki adalah 17.833 lembar saham, dengan nilai per lembarnya Rp 5 juta. Selanjutnya pada tahun 2009 Pemerintah Kabupaten Berau menambah lagi penyertaannya sebesar Rp 25 miliar sehingga total investasi di Bank Kaltim mencapai Rp 114,17 miliar.

4 Atlet Kaltim Masuk Pelatnas SEAG

2010-04-15  22:24:25

SAMARINDA-Empat atlet ski air asal propinsi Kaltim dipanggil mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) SEA Games, 2011 di Jakarta.
"Kami baru menerima surat pemanggilan dari PB Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia ( PSASI), dan baru kami teruskan kepada masing-masing atlet," kata Said Irwan ketua harian Pengurus Provinsi PSASI Kaltim, di Samarinda, Rabu.

Hari Ini

China dan Taiwan Lirik Kaltim

Berminat Investasi Minyak dan Ban

2010-04-12  21:12:11

SAMARINDA-Negara China dan Taiwan melirik Kaltim, untuk dijadikan lahan berinvestasi. Investor dari China berminat membangun pabrik pengolahan ban. Sedangkan perusahaan dari Taiwan yaitu China Petrolium Corporate (CPC) Corporation ingin menanamkan inves-nya memindahkan pabrik pengolahan minta (Petrokimia) ke Kaltim.
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyambut baik kedatangan investor dari dua negara tersebut di Lamin Etam, Senin (12/4). Sebab diyakini berimbas positif bagi perekonomian masyarakat. Misalnya, pembangunan pabrik pengolahan minyak, yang ditawarkan CPC Corporation Taiwan.

Hari Ini, Dewan Panggil Menejemen Leighton

2010-04-12  20:59:25

SAMARAINDA-Dijadwalkan, Selasa (13/4) hari ini, Komisi IV DPRD Kaltim kembali akan memanggil PT Leighton Contraktor Indonesia (LCI) mengelar pertemuan terkait penyelesaian masalah perburuhan di perusahaan tersebut. Panggilan tersebut merupakan panggilan kedua setelah panggilan pertama (29/3) lalu, yang berakhir ketidakhadiran pihak menejemen PT LCI.

sabtu

Awang Faroek Ditantang Laporkan KPC dan ICSID ke Polisi

2010-04-06  23:45:22

SAMARINDA-Persoalan pengusutan kebenaran tentang dugaan surat palsu yang ditandatangani Awang Faroek Ishak dengan atasnama Bupati Kutai Timur dan Gubernur Kaltim terpilih, terus menggelinding. Kini giliran anggota DPRD Kaltim, Mudiyat Noor, meminta agar Awang Faroek melaporkan pihak PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan ICSID ke pengadilan, jika terbukti bahwa surat itu benar-benar palsu.
Menurut Mudiyat, hingga saat ini persoalan dugaan surat palsu tentang tuntutan arbitrase ke ICSID yang telah dilaporan Awang Faroek, masih kabur, bahkan jauh dari harapan publik untuk mengetahui kebenaran. "Kan sampai sekarang persoalan itu (dugaan surat palsu, red) belum jelas posisi hukumnya. Bahkan sempat terabaikan. Padahal masyarakat ingin tahu apa hasilnya," ujar Mudiyat kepada Poskota Kaltim, kemarin.

Mei, Raperda Pendidikan Segera Diuji Publik

Mei, Raperda Pendidikan Segera Diuji Publik

2010-03-31  22:41:07

SAMARINDA-Direncanakan, Mei 2010 mendatang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pendidikan akan diujipublikan, dengan melibatkan stakholder dan pihak-pihak lain yang berkempetingan dengan masalah pendidikan. Rencana ujipublik itu diungkapkan anggota Panitia Khusu (Pansus) Pendidikan, Andarias Sirenden.

Hari Ini

Hari INi

Kaltim Utama

19 MARET 2010

Hari INi

Hari Ini

PRT Curi Emas Tertangkap di Bandung

2010-03-16  23:25:28

SAMARINDA-Seorang Pembantu Rumah Tangga (PRT) asal Surabaya, Umi Kalsum (35) akhirnya tertangkap jajaran Poltabes Samarinda setelah melarikan diri ke sejumlah Kota di Pulau Jawa. Ia tertangkap di Bandung setelah melarikan diri usai mencuri di rumah majikannya di Perum Pondok Indah Sempaja awal Maret lalu. Diduga ia adalah sindikat pencurian yang dilakukan PRT dan memiliki jaringan di Pulau Jawa.

Hari Ini

Hari Ini

Kaltim Utama

4 MARET 2010

3 MARET 2010

2 Maret 2010

25 FEBRUARI 2010

Pencurian Kembali Beraksi di Koperasi

2010-02-24 05:59:59

SAMARINDA: Jika sehari sebelumnya sebuah koperasi milik Dinas Pertanian Kaltim Jl Basuki Rahmat dibobol maling, kemarin (24/2) sebuah koperasi kembali dibobol maling. Kali ini sebuah koperasi milik masyarakat umum yang tinggal di kawasan Jalan Sumaniharjo. Pencurian ini baru diketahui salah seorang karyawan bernama Mutiara (29) yang pertama kali mendatangi koperasi tersebut pada pukul 06.00 wita.

22 - 2 - 2010

Kesbangpol dan Linmas Gekar Rakor

Antisipasi Permasalahan dan Isu Pilkada 2010

2010-02-22  23:08:26

SAMARINDA: Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy mengatakan, berkaitan dengan permasalahan dan isu terkini yang menjadi tugas dan tanggung jawab Kesbangpol dan Linmas, diantaranya adalah menyangkut pelaksanaan pesta demokrasi, yaitu Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung. Dimana tahun 2010 ini, di Kaltim akan melaksanakan Pilkada di 6 kabupaten/kota, seperti Kukar, Paser, Bulungan, Berau, Samarinda dan Kutim

22 FEBRUARI

20 FEBRUARI 2010

Kejari Periksa Aidil Fitri

Dugaan Korupsi Dana Hibah Persisam

2010-02-18  23:19:15

SAMARINDA: Kamis (18/2), Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda memeriksa mantan manager Persisam Putra Samarinda Aidil Fitri, atas dugaan korupsi dana hibah yang diterima Persisam Putra dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

17 Februari 2010

Kal - Tim

13 FEBRUARI 2010

Panwas Kukar Nilai Kadaluarsa.

Laporan Pemalsuan Tandatangan Dukungan Calon Independen

2010-02-11  23:47:31

TENGGARONG: Panitia Pengawas (Panwas) Kukar menilai laporan dugaan pemalsuan tandatangan dukungan salah satu pasangan calon independen, yang diterima Panwas telah kadaluarsa. Sehingga tidak bisa ditindaklanjuti ke Polres. Laporan itu disampaikan 13 warga Desa Prangkat Baru Kecamatan Marangkayu.

4 Cabor Bakal Tak Tanding di Porprov IV

2010-02-11  22:33:31

SAMARINDA: Empat cabang olahraga (cabor) dari 43 cabor bakal tidak dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV, 2010 di Bontang bulan Juni mendatang. Empat cabor tersebut adalah hoki, berkuda, drum band dan dansa. Alasannya, mengacu pada keputusan KONI Pusat yang menyatakan empat cabor tersebut tidak dipertandingkan pada PON XVIII Riau, 2012.

11 Februari 2010

9 Februari 2010

8 FEBRUARI 2010

6 Februari 2010

Besok, Wakil Gubernur Resmikan Pabrik CPO di Berau

2010-02-04  23:09:30

SAMARINDA: Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy menyampaikan perkembangan pembangunan di sektor perkebunan di Kaltim saat ini cukup mengembirakan. Karena itu, pengusaha yang telah berinvestasi di bidang tersebut patut didukung. Sebab bukan saja memberikan masukan PAD, tetapi dapat membantu pemerintah menanggulangi pengangguran.
"Karena itu, keinginan pengusaha perkebunan kelapa sawit untuk mendirikan pabrik minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil-CPO) di lokasi perkebunan, tentu sesuai keinginan pemerintah. Seperti besok (Sabtu, 6/2), kita akan meresmikan pabrib CPO milik PT Hutan Hijau Mas di Desa Gunung Sari, Kecamatan Segah Kabupaten Berau,"jelas Farid Wadjdy kepada Poskota Kaltim, Kamis (4/2) kemarin diruang kerjanya.
Farid menghimbau kepada seluruh pengusaha perkebunan yang beroperasi di wilayah Kaltim, apabila memiliki kebun kelapa sawit seluas 6 ribu hingga 8 ribu hektar kirannya bisa mendirikan pabrik kelapa sawit (CPO).
"Saya kira kalau investasinya sudah mencapai 6 ribu sampai 8 ribu hektar, maka tidak rugi. Sebab semakin jauh tempat proses pengelohan minyak kelapa sawit, maka dapat menurunkan kualitas hasil. Jadi, kalau memang sudah memiliki lahan kebun kelapa sawit 6 hingga 8 ribu hektar, kita sarankan untuk mendirikan pabrik CPO. Seperti yang akan dilakukan PT Hutan Hijau Mas di Kabupaten Berau,"ujarnya.
Informasi yang diterima kata Wagub, PT Hutan Hijau Mas memiliki kebun kelapa sawit seluas 5,200 hektar dan kebun inti plasma 1.600 hektar. Selain akan mendirikan pabrik CPO, perusahaan tersebut sebelumnya dalam penggunaan lahan ataupun realisasi lapangan telah memiliki lokasi pembibitan seluas 51 hektar. dengan stok bibit sebanyak 330.059 bibit dan asal bibit dari PPKS Marlin Medan, Asian Agri, Sicfindo, Lonsum, Bukit Sawit makmur dan Applied Agricultural Research (AAR). Sedangkan pembukaan lahan untuk kebun inti seluas 5.300 hektar, dan tanaman menghasilkan seluas 1.800 hektar. Sedangkan yang belum menghasilkan seluas 3.400 hektar.
"Pembangunan kebun plasma untuk masyarakat seluas 1.600 hektar dan pembangunan pabrik telah mencapai 100 persen dengan kapasitas 60 ton TBS perjam, dan penyerapan tenaga kerja mencapai 493 orang yang terdiri dari pegawai staf 34 orang, harian tetap 104 orang, harian lepas 60 orang, borongan 175 orang, dan untuk tenaga asing sebanyak 7 orang, dimana seluruh tenaga kerja diambil dari masyarakat sekitar lokasi perkebunan," papar Farid. mar




Lalai, Mobil Nyebur ke Sungai

2010-02-03  00:31:37

MUNGKIN ada baiknya sebelum anda memanasi mesin mobil terlebih dulu melakukan pengecekan, khususnya gigi perseneling, apakah posisi netral atau tidak. Sebab jika tidak, justru berbuah petaka. Seperti yang dialami Mardin (32) warga Jalan Pulau Derawan, Tanjung Redeb ini, karena lalai, ketika memanasi mesin, spontan mobilnya nyebur ke sungai.

1 Februari 2010

30 Januari 2010

KPUD Siapkan Data Pemilih

Menjelang Pilkada Samarinda

2003-01-01  03:48:09

SAMARINDA: Saat ini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Samarinda sedang mempersiapkan tahaoan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Samarinda, yang rencana dijadwalkan 2 Agustus ini. Termasuk mempersiapkan Data Pemilih (DP).

NEW

Tersinggung Ditagih, Lempar Asbak

2010-01-28  00:10:18

SAMARINDA: Gara-gara menagih hutang, rupanya bisa menimbulkan persoalan lain. Seperti halnya yang menimpa Mulyani. Ia harus menerima lemparan asbak dari seseorang yang sebelumnya berutang padanya. Tidak terima dengan lemparan tersebut, Mulyani lantas melaporkannya ke polisi.
Dari keterangannya di kantor polisi, Mulyani mengaku awalnya kemarin itu ia hendak menagih hutang kepada Evy sebesar Rp1,8 juta dan berjanji mengembalikan dalam waktu dekat.

27 Januari 2010

Cara Reseter Printer Canon Pixma IP 1200 dan Pixma IP 1600

2010-01-24  22:24:59

Tahap Pertama (Reset Hardware)
1. Matikan printer, lalu cabut kabel power.
2. Tekan dan tahan tombol Power (gunakan jari telunjuk untuk menahan tombol power).
3. Pasang kembali kabel Power.
4. Gunakan jari tengah untuk menekan tombol Resume sebanyak 2 kali.
5. Lepaskan jari telunjuk anda dari tombol Power.
6. Anda telah menyelesaikan tahap pertama untuk reset Ink Tank Full Error (lampu power berkedip-kedip).

Tahap Kedua (Reset Software) agar Permanen
1. Download IP1200 & 1600 Resetter dari sini http://www.ziddu.com/download/4366474/ip1600st.zip.html
2. Pastikan attribut semua file bebas dari Read Only.
3. Jalankan GeneralTool.exe
4. Pada USB Port pilih Port printer anda.
5. Pilih (centang) EEPROM CLEAR
6. Sediakan kertas kosong untuk print. Lalu Klik tombol Test Pattern 1
7. Selesai Printer IP1200 dan IP1600 anda normal kembali

 

Dr.Komputer

Fehol 2010

23 JANUARI 2010

20 Januari 2010

18 Januari 2010

16 Januari 2010

15 Januari 2010

Pembunuh Sadis Asal Padang Ditangkap di Loa Janan

2010-01-14 08:28:02

SAMARINDA: Pembunuh sadis asal Padang Panjang Sumatra Barat ditangkap jajaran Polsek Loa Janan Kukar saat bersembunyi bersama Istrinya dirumah rekan kerjanya di wilayah Harapan Baru Samarinda Seberang.

14 Januari 2010

12 /01/2010

T3D di Kelurahan Diakomodir Kembali

Camat Tenggarong Kumpulkan Seluruh Lurah

2010-01-13  02:28:02

TENGGARONG: Kasus dinonaktifkannya 31 T3D di Kelurahan Timbau, nampaknya mendapat tanggapan serius Camat Tenggarong, Tajuddin Noor. Terbukti, Selasa (12/1) pagi kemarin, Tajuddin Noor memanggil seluruh Lurah se-Tenggarong ke ruang kerjanya, untuk membahas persoalan T3D. Khususnya yang bekerja dilingkungan kecamatan dan kelurahan di Tenggarong.
Rapat yang berlangsung tak lama itu menyepakati akan diterimanya seluruh T3D dilingkungan lurah se-Tenggarong untuk bekerja seperti biasa, termasuk para T3D yang bekerja di Kelurahan Timbau, yang sejak 1 Januari 2010 lalu resmi dinonaktifkan.
Namun untuk bisa diterima kembali bekerja, para T3D diwajibkan membuat surat permohonan bekerja, termasuk membuat surat pernyataan tidak menuntut masalah gaji, sebelum adanya kejelasan hukum dari Pemkab Kukar terkait SK perpanjangan kontrak kerja.
"Kita sepakat untuk menampung para T3D untuk bekerja kembali dengan syarat mereka harus membuat surat permohonan dan surat pernyataan yang salah satu isi dari surat pernyataan itu adalah mereka siap untuk tidak menerima gaji, sebelum ada kejelasan status dari Pemkab Kukar, jika sudah ada SK maka kita berani untuk merealisasikan gaji sesuai dengan kebijakan pemerintah, kapan gaji akan dibayarkan," papar Zamhur Arifin Lurah Timbau kepada Poskota Kaltim usai pertemuan kemarin.
Sementara Camat Tenggarong Tajuddin Noor mengharapkan agar para T3D yang bekerja di kecamatan dan kelurahan di Tenggarong untuk tak gelisah, karena seluruh Lurah telah sepekat untuk menerima kembali mereka bekerja.
"Kelurahan telah sepekat siap menampung bagai T3D untuk bekerja kembali, surat kesepakatan nanti segera dibuat, dan saya pastikan pekan depan T3D kembali bekerja seperti biasa," paparnya.
Ia menjelaskan, kalau jumlah T3D yang bekerja dilingkungan kecamatan dan kelurahan di Tenggarong sekitar 350 orang. Sampai sekarang ini mereka belum mendapatkan kepastian tentang adanya Surat Keputusan (SK) perpanjangan kontrak kerja.
"Sepenjang mereka belum mendapatkan SK, maka mereka tak bisa menuntut masalah gaji," terangnya.
Terkait dengan dinonaktifkannya 31 T3D oleh Lurah Timbau, Zamhur Arifin, Tajuddin Noor menilai ada dampak positif dan negatifnya. Secara aturan langkah yang dilakukan oleh Lurah Timbau sudah sangat benar, namun dari segi kemanusian tentu perlu di pertimbangkan."Saya anggap itu sudah sesuai dengan aturan, hanya saja kita mempertimbangkan masalah kemanusiannya," katanya.
PIRING NASI
Sikap Camat Tenggarong Tajuddin Noor dengan memanggil seluruh lurahnya untuk mengadakan pertemuan untuk membahas masalah T3D yang bekerja di kantor camat dan kelurahan, dengan hasil akan mengakomodir kembali para T3D untuk bekerja, setidaknya memberikan kelegaan bagi 350 T3D. Sebab jika persoalan tersebut tidak cepat disikapi, dikawatirkan tindakan Lurah Timbau akan ditiru oleh para Lurah lain di Tenggarong, yang tentu saja akan menjadi persoalan yang tak akan kunjung terselesaikan, yang akan memunculkan protes berkepanjangan.
Disisi lain, para T3D menaruh harapan untuk tetap eksis bekerja meski diketahui ditempat mereka bekerja tak banyak pekerjaan yang harus dikerjakan, yang disebabkan saking banyaknya jumlah pegawai dibanding volume pekerjaan yang ada.
Namun kenyataan dilapangan, banyak pegawai T3D yang justru malah produktif bekerja daripada PNS."Yang terpenting kami kembali diterima untuk bekerja. Kalau kita dinonaktifkan jelas itu secara tak langsung telah menumpahkan piring nasi kami," kata salah seorang T3D yang bekerja disalah satu kantor lurah di Tenggarong.awi

10 Januari 2019

8/1/2010

8/1/2010

Selama 2 Hari, Polisi Tangkap 15 Tersangka Narkoba

Selama 2 Hari, Polisi Tangkap 15 Tersangka Narkoba

2010-01-07  03:14:48

SAMARINDA: Seorang pria diduga pengedar narkoba, Ardhi, mengalami luka patah kaki dan luka lecet sekujur tubuhnya, akibat terjatuh dari sepeda motornya di kawasan Pelabuhan Samarinda, Selasa (5/1), pukul 22.30. Kendaraannya menghantam pot bunga berada di pinggir jalan karena berusaha melarikan diri, dari kejaran polisi.
Ardhi ditangkap polisi karena tertangkap basah memiliki 2 poket Sabu-sabu (SS) 1,2 gram. Ia diciduk aparat di rumahnya kawasan Kelurahan Selili, mencoba menghilangkan barang bukti narkoba dengan membuang narkoba. Aparat yang sudah curiga dengan sigap langsung mencari SS yang dibuang saat itulah pelaku melarikan diri dengan sepeda motor.
"Kami lalu mengejarnya ke Pelabuhan sampai akhirnya, pelaku terjatuh saat melarikan diri. Pelaku lalu kami tangkap," kata Kasat Reserse Narkoba Poltabes Samarinda Kompol Erlan Munaji, diwawancarai di ruang kerjanya.
Pada hari yang sama tertangkapnya Ardhi, polisi juga mengamankan seorang honorer PNS Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim, Dedi Aswar yang sedang pesta narkoba di Jl Pulau Banda. Dedi ditangkap bersama rekannya Nanang, residivis tahun 2008 dan seorang wanita Sri Wahyuningsih. Dari tangan mereka, polisi menyita seperangkat alat hisap SS.
Di tempat lain, Reserse Brimob Polda Kaltim Kompi C Samarinda Seberang berhasil menangkap tiga pengedar SS, Syamsuddin alias Uncun, Hari Pitoyo dan Yandi Apriyanto di Jl Arjuna, pukul 23.00. Polisi menyita 8 poket SS seberat 3,36 gram senilai Rp 7 juta lebih.
Selain penangkapan ini, polisi juga menangkap Yusriyanto dan Alek Sigantoro di Jl Anggur karena memiliki 2 poket SS 0,74 gram. Polisi juga menangkap Burhanuddin dan Samsibar di Jl Gerliya memiliki 1 poket SS seberat 2 gram.
Sehari sebelumnya, Senin (4/1), polisi menangkap Lisa Nur Hasanah alias Lisa di Jl P Antasari Gang Swadaya atas kepemilikan 4 poket SS 3,14 gram dan Rusmini memiliki 1 poket SS 0,4 gram di Jl Biawan Gang 5 RT 13.
"Para tersangka dijerat pasal 112, pasal 114 UU No 35 Tahun 2009. Ancaman hukuman penjara minimal lima tahun penjara. Mereka kini masih menjalani penyidikan untuk dilimpahkan ke Kejaksaan dan diadili di Pengadilan," kata Erlan.
Selain, menangkap para pengedar dan pemakai narkoba jenis SS, polisi kembali menangkap pengedar pil LL di kawasan tak jauh dari rumah Rusmini, Jl Biawan Gang 5 RT 13. Disitu polisi menangkap Sulastri alias SU di Jl Biawan Gang 5 RT 13 atas kepemilikan 10 ribu pil LL.
"Sulastri dijerat pasal 81 poin 1 ayat 2 UU RI NO 23 Tahun 1992 tentang kesehatan. Ancaman hukuman lima tahun penjara," kata Erlan. opi

5/1/2010

5/1/2010

Kaltim Utama

31/12/2009

30/12/2009

29 Desember 2009

28/12/2009

RSUD A W Sjahranie Siap Gandeng PKP2A III LAN

2009-12-27 08:44:21

SAMARINDA: Sebayai upaya peningkatan kinerja dan pelayanan, RSUD A W Sjahranie Samarinda, menyatakan siap bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) Kaltim. Dimana, LAN akan memberikan pendidikan dan latihan (Diklat) menggunakan MPP (Metode Manual Praktis).

Persiba Optimis, PSPS Realistis

23/12/2009

20/12/2009

"Memang Harus Begitu"

2009-12-20  23:31:53

WAKIL Ketua Fraksi Pelopor Persatuan Pembangunan (FPPP) DPRD Samarinda Anhar SK menyambut baik penundaan pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Samarinda tahun 2010. "Ya, memang harus begitu. Pengesahan RAPBD mesti ditunda. Karena masih banyak yang perlu kita kaji lagi. Kita juga tak ingin ada kesan pembahasan anggaran tergesa-gesa. Dan harus diyakini, pekerjaan apapun yang dilakukan tergesa-gesa, maka hasilnya tak maksimal," tandas Anhar SK pada Poskota Kaltim, Minggu (20/12) melalui telpon selulernya.

Kasus Lakalantas di PPU Terbilang Tinggi

Terbukti 36 mininggal dunia akibat lakalantas

2009-12-20 23:06:51

PENAJAM: Kasus lakalantas di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terbilang cukup tinggi. Ini terlihat kasus yang terjadi selama tahun 2008 ada 23 orang tewas mengenaskan di jalan raya. Sedangkn di tahun 2009 tercatat ada 36 orang meninggal dunia dan lainnya luka berat dan ringan.

Pj Bupati Diminta tak Gulirkan Mutasi Pejabat Kukar

2009-12-19  02:23:19

TENGGARONG: Pj Bupati Kukar Sulaiman Gafur diminta tak melakukan mutasi pejabat hingga masa jabatan berakhir. Meski diketahui bahwa di lingkungan Pemkab Kukar ada puluhan pejabat yang sudah memasuki masa pensiun, dan selayaknya diganti.
"Mutasi pejabat Pemkab Kukar belum perlu untuk dilakukan. Sepanjang penjabat yang mau pensiun masih memiliki loyalitas dan mampu bekerja menurut saya pantas untuk dipertahankan dan belum perlu ada mutasi," kata anggota Komisi I DPRD Kukar Sabir Nawir kepada Poskota Kaltim siang kemarin diruang kerjanya.
Sabir Nawir mengatakan, mutasi bisa dilakukan jikamana terdapat jabatan kosong yang tentunya mutasi itu dilakukan berdasarkan ketentuan yang ada, bukan pertimbangan kedekatan, suka dan tidak suka.

LIM Bantu Laboratorium SMAN 1 Bunyu

2009-12-18 22:46:25


TARAKAN: PT Lamindo Inter Multikon (LIM) akan membantu SMA Negeri 1 Bunyu, berupa peralatan praktikum Fisika dan Biologi. Hal ini diungkapkan Ir Didi Marsono selaku Manager Project Fasilitation PT Adani Global (AG) kontraktor dari PT LIM sebuah perusahaan tambang batubara di Bunyu.

HOTSPOT MAGNA

Pembenahan Fasilitas Sekolah di Kukar Terus Dikebut

2009-12-14  01:01:54

TENGGARONG: Peningkatan fasilitas sekolah di Kabupaten Kukar terus dikebut. Hal ini adalah upaya untuk memberikan rasa nyaman kepada guru dan murid didalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang berdampak kepada meningkatkan mutu pendidikan.

Digelar Simposium Pendidikan Keluarga Sakinah

Kegiatan Peringati Hari Bhakti Amal Depag ke-64

2009-12-11  23:07:32

TENGGARONG: Memperingati hari Amal Bhakti Departemen Agama (Depag) yang ke-64 tahun 2010 ini, ada beberapa agenda yang akan diselengarakan. Diantaranya akan menggelar Simposium Pendidikan Keluarga Sakinah, yang dimotori Forum Penghulu dan KUA se-Kukar. Pelaksanaannya, dilakukan 23 Desember nanti, bertempat di Pendopo Odah Etam.

Sopir Tak Diizinkan Bawa Mobdin Pulang

Sarana Transportasi Dewan Terbatas

2009-12-08  22:59:06

BERAU : Karena fasilitas sarana transportasi mobil dinas (mobdin) anggota DPRD Berau terbatas, akhirnya, selain unsur pimpinan, masing-masing anggota Dewan dijemput sopir di rumahnya. Karena sekretariat DPRD belum memiliki garasi untuk mobdin, akhirnya sebagian mobdin tersebut dibawa pulang oleh sopir.

Sekolah Perbatasan Dipantu Melalui Satelit

2009-12-05  01:08:24

SAMARINDA: Inovasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus dilakukan Depdiknas, dalam memperluas akses dan meningkatkan mutu pendidikan. Bahkan terhadap masyarakat hingga ke daerah terpencil atau perbatasan, Depdiknas menggunakan bantuan satelit. Teknologi itu diistilahkan dengan konsep e-learning atau belajar jarak jauh.
"Teknologi ini untuk menjawab keterbatasan itu. Jadi tak harus pergi ke sekolah yang biasanya berjarak cukup jauh dari tempat tinggal mereka," ungkap Deputi Direktur Administrasi Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center (Seameo Seamolec), Dr Jaslin Ikhsan M App Sc, belum lama ini di Dinas Pendidikan Kaltim.
Seameo Seamolec adalah sebuah organisasi internasional yang mengadakan riset, pelatihan dan pengembangan di kawasan Asia Tenggara. Salah satu tujuannya adalah mengadakan pendidikan terbuka dan jarak jauh di negara-negara Asia Tenggara.

Dispora Kukar Kembangkan Senam Jepen

2009-12-04   01:12:44

TENGGARONG : Dinas Pemuda dan Olah Raga Kukar sedang mengembangkan gerak kebugaran baru. Dengan nama senam jepen. Sesuai namanya, setiap gerakan akan mengambil langkah seperti tari jepen yang telah dimodifikasi. Dipadu dengan berbagai gerakan senam tari populer, seperti mambo dan caca. Pengembangan ini dinilai sangat penting bagi kemajuan kualitas hidup masyarakat, disamping juga terpeliharanya unsur kebudayaan asli daerah.
Instruktur sekaligus koreografer senam Jepen, Kartika Sari pada Poskota (3/12) menjelaskan awal lahirnya Senam tersebut karena dirinya tertarik pada gerak tari jepen yang unik dan dinamis. Ketika itu pada 2004 silam ia mulai memadukan berbagai gerakan tarian khas kutai ini dalam irama senam yang dipadu dengan berbagai gerakan tari latin.

Rita Hadiri Haul Syech Saman Al Madani di Kota Bangun

2009-11-25  01:39:38

TENGGARONG : Ketua DPRD Kukar Rita Widyasari S Sos MM menghadiri haul 300 tahun Syech Al Madani di Desa Pela Kecamatan Kota Bangun belum lama ini. Kunjungan itu sebagai bentuk kepedulian secara penuh terhadap pengabdian serta ketokohan yang dihormati masyarakat setempat. Dan dalam kegiatan itu juga dihadiri oleh 12 Kepala Desa se-Kecamatan Kota Bangun, Senin (23/11) lalu.
"Peringatan haul Syech Al Madani yang ditokohkan masyarakat Kota Bangun memang perlu dihormati. Karena haul yang dilaksanakan merupakan keinginan bersama untuk mengenang dan menghidupkan ketokohan seseorang. Dan terus menjaga ajaran dan didikan yang dibawakan ditengah-tengah masyarakat," ujar Rita Widyasari.

Gedung SDN 034 Jahap Tidak Layak Lagi

2009-11-24  20:29:18

TENGGARONG:Jumlah siswa SDN 034 Jahab, Tenggarong hingga saat mencapai l40 siswa. Mulai dari siswa kelas 1 s/d siswa kelas VI. Dengan dibina 14 tenaga guru, yang diantaranya berpendidikan Sarjana Pendidikan. Dan untuk tahun ajaran baru kemarin, sekolah menerima sekitar 27 siswa baru. Demikian dikemukakan Kepala Sekolah Drs N. Akhyar MM saat dikonfirmasi Poskota Kaltim diruangkerjanya belum lama ini.
Yang perlu menjadai perhatian, sebagaimana dikatakan Akhyar. Semenjak sekolah berdiri tahun 1987 hingga sekarang ini tahun 2009 belum juga ada pembenahan ataupun rehap terhadap gedung sekolah.

Tangani Persoalan Sampah

Karangtaruna Harus Dilibatkan

2009-11-19  22:45:37

BERAU : Persoalan kebersihan dan sampah, sudah lama menjadi persoalan klasik diberbagai kota termasuk Tanjung Redeb dan sekitarnya. Anggota DPRD Berau Muchlis SH juga menyoroti persoalan sampah, yang setiap harinya menjadi pemandangan tak sedap. Dirinya berharap persoalan sampah ini melibatkan karangtaruna, sehingga kesadaran masyarakat dapat ditingkatkan.
"Coba lihat saja, sebelum petugas kebersihan turun ke lapangan. Sampah berceceran dimana - mana, karena yang membuang sampah asal lempar saja, entah masuk bak sampah atau tidak, yang penting melempar," kata Muchlis yang sebelumnya seorang pengusaha jasa kontruksi ini.
Nah jika sudah terjadi begini, lanjut dia, yang dirugikan bukan hanya masyarakat yang melintas, tetapi petugas kebersihan pun demikian, lantaran sampah yang berhampuran harus dikumpulkan lagi lalu dimasukkan dalam truck.
Menurut anggota Komisi I ini-- ada cara yang lebih efektif mengatasi masalah itu, salah satunya adalah melibatkan ketua RT setempat. "Nah kalau RT sudah dilibatkan, RT bisa melibatkan karangtaruna setempat, untuk melakukan jemput bola. Yakni mengambil sampah dari rumah - ke rumah lalu dibuang ke tempat pembuangan sampah semenatara atau akhir," ugkapnya.

Nasrun Mu'min: Gugat Pemkab Melalui PTUN

Kasus 2.877 T3D di Kukar

2009-11-11 12:17:34

TENGGARONG: Tenaga Tidak Tetap Daerah (T3D) yang dinyatakan bermasalah dilingkungan Pemkab Kukar dapat melayangkan digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Gugatan melalui PTUN tersebut dianggap lebih menjanjikan dibanding gugatan secara pidana. Sebab, jika dinyatakan menang, maka gaji yang selama ini diidam-idamkan dapat segera diterima.

Anggota DPRD Kaltim Kecam Awang Faroek

Pernyataan Gubernur Kaltim Dinilai Tendensius

2009-11-10  09:55:28

SAMARINDA : Statemen Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak yang menyatakan bahwa Samarinda merupakan kota paling brengsek dan pemimpinnya tak perlu dipilih kembali saat Pemilihan Walikota (Pilwali) 2010 mendatang, menuai kecaman kalangan anggota DPRD Kaltim. Statemen Awang Faroek dinilai tendensius dan tidak etis sebagai kepala daerah.
Sekretaris F-PAN, Mudiyat Noor, menilai pernyataan Awang dianggap tidak etis karena dapat mengundang reaksi warga Samarinda dan bisa dipidanakan. Bahkan, Mudiyat mempertanyakan penyataan Awang sebagai gubernur yang sangat kontroversial.
"Sekaliber gubernur yang mengatakan Kota Samarinda paling brengsek sangat tidak pantas. Apa dasarnya seorang gubernur mengatakan Samarinda paling brengsek? Kemudian menyebutkan pemimpinnya jangan dipilih lagi. Itu bisa dipidanakan karena tendensius dan menjelekan-jelekan pejabat Samarinda. Memangnya dia tinggal dimana?," tegas Mudiyat, yang menghubungi Poskota, Selasa (10/11).

Aksi Demo di Kantor DPRD Samarinda

PNS Diminta Netral

2009-11-10  09:46:34

SAMARINDA : Meski suksesi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Samarinda dilaksanakan tahun 2010, tetapi berbagai trik dan intrik para bakal calon Walikota dan Wakil walikota mulai terlihat. Bahkan aksi saling hujat dan serang melalui forum resmi maupun tidak resmi mulai tampak. Termasuk indikasi memobilisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Melihat itu, Aliansi Gerakan Penyadaran PNS yang terdiri dari PKC PMII Kaltim, PC PMII SAmarinda, BEM STAIN, BEM Hukum Unmul melakukan aksi ke Kantor DPRD Kota Samarinda. Mereka meminta anggota DPRD Samarinda dapat memperhatikan hal tersebut.
Koordinator Aksi Aliansi Gerakan Penyadaran PNS, Arafat kepada Poskota Kaltim, Selasa (10/11) mengatakan bergulirnya reformasi, maka kebebasan demokrasi yang selama ini terbelenggu telah terbuka lebar untuk mengkritisi dan membenahi peranan PNS sebagai aparatur negara yang berdedikasi tinggi. Profesional dan netralitas akan ternoda, apabila PNS melanggar peraturan pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) nomor 43 tahun 1999 tentang Tugas-Tugas Pokok Kepegawaiaan.

Kelurahan Dadimulya Terima Jatah Paket Kompor

2009-11-05  09:05:49

SAMARINDA : Sebanyak 2.363 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Dadimulya, Kecamatan

Samarinda Utara, mendapatkan jatah paket kompor gas dari program konversi

minyak tanah ke gas.
"Jumlah penduduk di Kelurahan dadimulya sebanyak 11.034. Sedangkan yang

mendapatkan jatah pembagian paket tabung gas 3 Kg dan kompor gas sebanyak

2.363 KK," kata Sekretaris Lurah, Dadaimulya, Lusnah Japri, baru-baru ini.
Ia mengatakan pemberian jatah kompor gas dibagi dua bagian pertama

2.165 KK serta 198 KK dan distribusi kompor gas dibagi dua bagian

SAMARINDA : Panpel Persisam Putra Samarinda menurunkan harga tiket masuk pertandingan Persisam Putra mulai dari kelas ekonomi sampai dengan VIP, untuk menarik animo masyarakat Samarinda menyaksikan laga home Persisam Putra di Stadion Utama Kaltim. "Kami harapkan dengan turunnya tiket ini mulai pertandingan melawan Persiba Balikpapan, Minggu (8/11) , jumlah penonton yang menyaksikan pertandingan Persisam di Stadion Utama Kaltim semakin meningkat, dari jumlah rata-rata sekitar 5000 orang," kata Tommy Ermanto Pasemah, ketua panpel Persisam Putra, di Samarinda, Kamis. Tommy mengatakan, untuk harga tiket baru, harga tiket tribun standar turun Rp 10.000 menjadi Rp 30.000. Untuk VIP dari Rp 75.000 menjadi Rp 50.000, untuk VVIP dari Rp 100.000 menjadi Rp 75.000 dan untuk Pusamania dari Rp 25.000 menjadi Rp 20.000. Menurut Tommy, kebijakan menurunkan harga tiket masuk tidak lepas karena adanya pencoretan sejumlah item tanggungan untuk penonton dan juga pengelola Stadion Palaran menurunkan harga sewa stadion. Jika sebelumnya setiap penonton pemegang tiket mendapat asuransi kecelakaan saat menyaksikan pertandingan Persisam, mulai pertandingan melawan Persiba, Minggu (8/11) mendatang, penonton tidak lagi mendapat jaminan asuransi. "Selain kami mencoret item asuransi, pengelola Stadion Palaran juga sudah menurunkan harga sewa stadion.Pada dua pertandingan pertama kemarin sewanya lumayan besar karena memang beberapa komponen stadion seperti listrik sempat mengalami kerusakan dan menjadi beban kami," terang Tommy. Tommy menyebutkan biaya penggunaan Stadion Palaran untuk sekali pertandingan awalnya sebelum diturunkan menghabiskan dana sekitar Rp 38,5 juta. Dengan biaya sebesar itu maka pihaknya berupaya menutupi dengan menaikan harga tiket masuk. Namun berkenaan dengan diturunkannya sewa Stadion, dan beberapa item tanngungan kepada penonton di kurangi maka pihak panpel mengambil kebijakan berani menurunkan harga tiket masyarakat sesuai dengan kemampuan masyarakat Samarinda. "Kami sebenarnya juga tidak mau membebani terlalu besar kepada para penonton, karena dengan keterbatasan dan kemampuannya mereka juga berhak menyaksikan dan mendukung tim Persisam Putra, makanya kami berusaha kurang lebih, semoga dengan turunnya harga tiket ini jumlah penonton pun semakin meingkat," tegas Tommy.at

Home Bass Persisam AKan Dipindah ke Stadion Segiri

2009-11-05   09:01:59

SAMARINDA : Panitia pertandingan Liga Indonesia di samarinda berencana memindahkan lokasi pertandingan yang digunakan oleh tim Persisam Putra Samarinda untuk melaksanakan partai Home dari Stadion Utama Kaltim berpindah ke Stadion Segiri Samarinda.
Ketua Panpel, Tommy Ermanto Pasemah, di Samarinda, Kamis, mengatakan pertimbangan memindahkan tempat pertandingan itu karena lokasi pertandingan di Stadion Utama Kaltim itu cukup jauh dari pusat kota Samarinda.
Selain itu, Stadion Utama Kaltim itu juga dinilai kurang angker bagi lawan-lawan Persisam. Terbukti, pada dua laga pertama Persisam di Stadion Palaran, skuad Aji Santoso terlihat sulit mengalahkan lawan-lawannya. Bahkan satu pertandingan harus dimenangkan tim tamu Arema Indonesia.

Lagi, Malaysia Deportasi 117 TKI

Dipulangkan Melalui Pelabuhan Nunukan

2009-11-04  09:44:37

SAMARINDA : Lagi, sebanyak 117 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dideportasi dari Malaysia.

Paripurna DPRD Kaltim 'Hujan' Instrupsi

Pengesahan 4 Alat Kelengkapan Dewan Dipaksakan

2009-11-04  08:22:00

SAMARINDA : Sidang paripurna dengan agenda mengesahkan alat-alat kelengkapan DPRD Kaltim, yang berlangsung Rabu (4/11) kemarin, berbeda dengan sidang-sidang paripurna sebelumnya. Pasalnya, sidang paripurna diwarnai hujan instrupsi dan berjalan tegang.
Sejak awal pelaksanaan sidang paripurna yang dimulai pukul 10.00 wita, sidang yang dipimpin Wakil Ketua Dewan, Hadi Mulyadi, suasana sudah berjalan panas, ketika Sekretaris Dewan (Sekwan) Drs H Fachruddin Djaprie Msi, membacakan agenda sidang paripurna dan hasil keputusan rapat pimpinan dewan yang hanya dihadiri 5 fraksi.
Dalam berita acara yang dibacakan Sekwan, yakni agenda paripurna adalah mengesahkan empat alat kelengkapan dewan yakni, Komisi-komisi pembidangan, Badan Musyawarah (Banmus), Badan Kehormatan (BK) dan Badan Legislasi Daerah (Balegda), sesuai dengan hasil keptutusan rapat pimpinan fraksi yang dihadiri 5 fraksi, Selasa (3/11).

Team Tirta Jaya Resing Kurang Diperhatikan Pemerintah

Raih 2 Gelar Kejurnas Motor Indo Prix 2009

2009-11-01  09:22:19

SAMARINDA : Salah satu klub motor Samarinda, Team Tirta Jaya Resing agak kecewa terhadap Pemerintah Daerah (Pemda), termasuk KONI Kaltim dan KONI Samarinda. Mereka dinilai kurang memperhatikan pembinaan prestasi klub motor di Samarinda.
Hal itu diungkapkan Pemilik Team Tirta Jaya Resing Agus Hariyanto pada media ini, Minggu (1/11) melalui telpon selulernya.
Kekecewaan Agus Hariyanto itu cukup beralasan. Mengingat Team Tirta Jay Resing telah menorehkan prestasi luar biasa di ajang Kejurnas Morot Prix Regional Kalimantan di Sirkuit Balipat Binuang Patin Kalimantan Selatan, Minggu (1/11) kemarin.

Kepala Hancur Satu Kaki Putus

ENTAH persoalan apa yang menimpa pemuda lajang ini, sehingga ia nekat menjatuhkan diri dari tower yang berketinggian 42 meter. Akibatnya, pemuda yang berusia 19 tahun ini tewas seketika. Kaki kirinya putus dan kepalanya hancur, sehingga wajahnya tak dapat lagi dikenali.
Menurut informasi yang dikantongi Poskota Kaltim di lapangan, sekitar pukul 05.30 warga Jalan Cempaka l disibukkan oleh pemuda ini, betapa tidak, sebelum detik - detik mengakhiri hidupnya, pemuda ini berteriak - teriak sambil mengumandangkan takbir di puncak tower milik Telkomsel tersebut. Tak pelak mengundang puluhan kerumunan warga sekitar.

Laporan Progress BSB PT NCR tak Sesuai

Hasil Audit Tim Teknis Proyek BSB

Akan Meminta Pertanggungjawaban PT NCR

2009-10-05  12:45:39

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Teka-teki, berapa sebenarnya progres report pekerjaan pembangunan proyek Bandara Samarinda Baru (BSB) akhirnya terjawab.

Reskoba Poltabes Kerja Ekstra

Angka Kasus Narkotika di Samarinda Tinggi

2009-10-04  10:01:12

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Tingginya angka kasus narkotka di Samarinda, membuat jajaran Reskoba Poltabes Samarinda bekerja ekstra memberantas peredaraan narkotika di Samarinda.
Dari data yang diperoleh Poskota Kaltim, tingkat kriminallitas pengguna dan pengedar narkoba tahun 2008 dan 2009 mengalami peningkatan.
Tahun 2008, kasus narkoba terdiri dari 175 kasus, dengan 231 tersangka, terdiri dari 208 laki-laki dan 23 perempuan. Barang bukti yang berhasil diamankan secara keseluruhan adalah 3,6 gram heroin, 1.583 gram ganja, 3.713 butir pil ekstesi, 668,43 sabu-sabu, dan 650.288 butir LL.

Warga Palaran Kelabakan Mencari Air

Sungai Mahakam Masih Intrusi

2009-10-01 10:04:17

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Meskipun hujan lebat telah turun Kamis malam lalu, hingga kini warga Palaran tetap kelabakan mencari air bersih, pasalnya Instalansi Pengolahan Air Bersih (IPA) PDAM Palaran masih stop produksi karena kadar garam tinggi.

Handil Bakti, Kampung Penghasil Buah

2009-09-29  10:09:

54SAMARINDA, Poskota Kaltim : Sejarah terbentuknya kecamatan Palaran tidak terlepas dari kampung Handil Bakti yang kini menjadi Kelurahan. Kini kelurahan pinggiran itu terus menggeliat dalam hal pembangunan disegala bidang.
"Dulu kampung Handil Bakti bisa dikatakan daerah terpencil namun sekarang ini terus dilakukan sejumlah pembangunan infrastruktur sehingga dengan mudah dijangkau kendaraan karena akses jalan telah beraspal," kata Lurah Handil Bakti, Drs Sudin Achmad,MM belum lama ini.
Ia mengatakan fasilitas sarana dan prasarana sudah lengkap dibangun pemerintah kota Samarinda, seperti sarana jalan, jaringan PDAM dan sarana komunikasi seperti telpon juga sudah tersedia .
Menurutnya saa ini Kelurahan Handil Bakti sama seperti kelurahan-kelurahan lain yang ada di Samarinda tidak ada istilah terpencil, karena akses jalan sudah dibangun dengan mulus sehingga mudah dijangkau menggunakan jalan darat.
Dijelaskannya, masyarakat kelurahan Handil Bakti cukup baik, agamis memiliki semangat gotong royongnya cukup tinggi dan mau berpartisipasi dalam hal pembangunan untuk kemajuan Kelurahan Handil Bakti. Rata-rata mata pencaharian masyarakat bertani padi dan mengemabangkan pohon buah seperti rambutan dan cempedak. Sehingga tak heran warga kota Samarinda sudah mengenal kampung Handil Bakti sentra buah rambutan.
"Meskipun saya baru menjabat, namun tetap berusaha untuk beradaptasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sebagai kepanjangan pemerintah kota," katanya.
Dikemukakannya, ada kabar gembira berdasarkan informasi bahwa jalan tembus tranportasi pelabuhan rencananya akan melalui kawasan Handil Bakti, dengan begitu maka pertumbuhan penduduk dan ekonomi masyarakat setempat akan lebih baik, seiring perjalanan waktu.
Sudin menambahkan rombongan PKK yang dipimpin Ibu Hj Aminah Amins, pernah melakukan kunjungan dalam rangka safari ramadhan juga memberikan bantuan kepada para manula. Tentunya, hal itu sebuah kebanggaan bagi masyarakat Handil Bakti atas kepeduliannya. john



Lifter Kaltim Disiapkan Ikuti Kejuaraan Dunia

2009-09-28 10:46:09

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Tim Indonesia hanya menyiapkan dua lifter Kaltim yakni Eko Yuli Irawan dan Triatno pada kejuaraan dunia angkat besi senior yang berlangsung di Korea Selatan pada 21-22 Oktober ini, setelah Edi Kurniawan mengalami cidera.

Koalisi Patriot-PDIP Pecah

Batalkan Usung Calon di Pilkada KTT

2009-09-16  10:47:34

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Koalisi Partai Patriot dan PDI-P di Kabupaten Tana Tidung (KTT) pecah. Otomatis, pasangan Calon Bupati (Cabup) Amir Fauzi-Nurhayati batal maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) KTT.
Hal itu diungkapkan Ketua DPW Partai Patriot Kaltim Said Amin pada Poskota Kaltim, Rabu (16/9) melalui telpon selulernya.
"Pengusungan calon oleh DPC Partai Patriot di KTT tidak sesuai mekanisme yang berlaku di internal partai. Sehingga, kami membatalkan keputusan DPC Partai Patriot, yang akan berkoalisi dengan PDI-P mengusung calon," tandas Said Amin.
Soal langkah politik Partai Patriot selanjutnya. Said Amin menegaskan, Partai Patriot masih wait and see. Belum bisa menentukan sikap politiknya dalam Pilkada KTT nanti. "Akan kita bahas dulu. Apa langkah selanjutnya nanti," ungkap dia. sob

Depag Harapkan Perbaikan Tahun 2010

Kebakaran MAN Unggul Tenggarong

2009-09-16  10:15:54

Poskota Kaltim.com-Tenggarong : Depertemen Agama (Depag) Kabupaten Kukar mengharapkan agar perbaikan terhadap kebakaran yang terjadi di MAN Unggul Tenggarong dapat dilakukan pada tahun 2010 oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Depag Kaltim. Selain perbaikan, Depag Kukar juga meminta agar fasilitas yang rusak akibat evakuasi juga dapat diperbaiki.
"Pada tahun 2010 nanti kami minta kepada Kanwil Kaltim agar mengalokasikan dan memperbaiaki laboratorium yang terbakar itu," ujar Kepala Depag Kukar Kukar Drs H Djamaluddin HD kepada Poskota Kaltim di ruang kerjanya (16/9) kemarin.
Dijelaskan H Djamaluddin, surat tembusan yang disampaikan oleh Depag Kukar kepada Kanwil tentang permintaan pembenahan fasilitas laboratorium yang terbakar itu masih meragukan. Pasalnya untuk saat ini Kanwil sendiri masih terbatas masalah dana.
"Permintaan kami tentang pembenahan fasilitas laboratorium yang terbakar itu masih meragukan," aku H Djamaluddin.

Pengamanan Lebaran Polda Kaltim Kerahkan 3.400 Personil

Mulai bertugas hari ini

2009-09-14  10:57:59

Balikpapan, Poskota Kaltim.com : Waka Polda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Bahrul Effendi, mengatakan selama bulan puasa dan menjelang lebaran pekan depan jajaran kepolisian terus memperketat pengawasan khususnya dijalur lalulintas yang ramai. Sedangkan titik-titik kecelakaan lalulintas (Lakalantas) juga menjadi sasaran dengan harapan masyarakat yang akan mudik lebaran merasa aman dan nyaman. Terkait itu Polda Kalimantan Timur mempersiapkan parsonilnya untuk mengamankan Idul Fitri tahun 2009 ini. Melalui gelar pasukan operasi ketupat 2009 melibatkan 3.400 personil yang tersebar disemua wilayah di Kaltim. Terutama dititik-titik rawan kecelakaan lalulintas (Lakalantas) dan tempat-tempat yang ramai seperti pelabuhan, terminal dan bandara.
‘'Gelar pasukan ini hanya untuk memberikan jaminan keamanan dan kelancaran arus mudik warga masyarakat yang akan bepergian, olehnya dalam gelar pasukan ini tidak hanya polisi tapi melibatkan banyak lembaga termasuk isntansi lain seperti Dishub, TNI, Dina Kesehatan, Satpol PP dan lainnya, '' katanya saat membuka Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2009 di Lapangan Merdeka, akhir pekan tadi..

Tatib DPRD Kaltim Terganjal

2009-09-13  10:53:47

SAMARINDA, Poskota Kaltim : Kemungkinan alat kelengkapan DPRD Kaltim akan molor terbentuk, pasalnya hingga kini Undang-undang Susunan dan Kedudukan (UU Susduk) DPR-DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota belum ditandatangani presiden, yang berimplikasi belum disusunnya Peraturan Pemerintah (PP) sebagai ‘breakdown' atas UU. Tentunya hal itu berbuntut belum dapat disahkannya Tata Tertib (Tatib) dewan, sebagai dasar pembentukan alat kelengkapan dewan.
Menurut Ketua Sementara DPRD Kaltim, Mardikansyah, sebelum ada PP maka Tatib tidak akan dapat disahkan menjadi Tatib definit. Dampak itu imbuhnya, tentu akan menganggu kinerja kelembagaan, salah satunya tidak bisa segera membentuk alat kelengkapan dewan, termasuk memilih unsur pimpinan dewan.

Pemkot Siapkan Perangkat Samarinda Sehat 2010

2009-09-13  10:47:26

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Ketahanan pangan, kecukupan gizi hingga ketertiban lalulintas dan tersedianya tempat pariwisata merupakan sejumlah kegiatan pendukung untuk menjadi Samarinda Sehat 2010.
Hal itu pula menjadi beberapa kriteria penilaian dalam lomba Kota Sehat dimana sebelumnya kota Samarinda berhasil meraih peringkat Wiwerda dalam lomba tersebut pada tahun 2007.
"Meskipun kegiatan lomba kota sehat, namun indikator penilaiannya tidak hanya terbatas pada persoalan kesehatan semata melainkan mencakup pula beberapa sektor kegiatan, terkait masalah ketertiban lalulintas, pariwisata, ketahanan pangan dan gizi," ungkap Asisten IV Bidang

Minhaj Simbi: Hasil Shodaqoh terkumpul Rp14 juta lebih

2009-09-13  10:36:03

poskota Kaltim.com-Tarakan : "Siapa Yang Mau Kaya?" begitulah Da'i Raden Ahmad Affandi memberikan pertanyaan kepada seluruh masyarakat Bunyu yang hadir di lapangan sepak bola Handasa termasuk di hadapan Bupati Bulungan Drs Budiman Arifin MSi beserta Sekda Kabupaten Bulungan Sujati, dan rombongan, anggota DPRD Propinsi Hj Choiriah Arifin, Ir Didi Marsono Manager Fasilitation dari PT Adani Global Bunyu, tokoh Agama, pemuda dan undangan lainnya.
Pertanyaan pertama tidak ada satu orangpun yang mengacungkan tangannya, secara guyonan Da'i Raden demikian dia biasa dipanggil menyatakan bahwa orang Bunyu rupanya tidak ada yang mau kaya. Sontak pernyataan inipun membuat hadirin tertawa dan Da'i Raden mengulangi pertanyaan yang sama, kali ini sebagian besar mengangkat tangan sebagai pertanda semua ingin kaya.

Tenggarong, Poskota Kaltim
Kepala Departemen Agama Kukar H Djamaluddin melalui Kasi Mapenda Kasmaboti mengatakan, pada pelaksanaan Pesantren Kilat (peskil) yang dilakukan masing-masing Madrasah se-Kukar berjalan dengan sukses.
"Pelaksanaan Pesantren Kilat yang dilaksanakan tiap-tiap Madrasah berjalan dengan lancar," ujar Kamaboti kepada Poskota Kaltim di ruang kerjanya, baru-baru ini.
Menurut Kasmaboti kesuksesan tersebut adalah upaya Depag dalam memberikan pengarahan terhadap masing-maing Madrasah.
"Sebelum melaksanaan pesantren kilat Depag Kukar selalu memberikan pengarahan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Majukan Pendidikan Guru (MPG) sehingga pada tahun ini berjalan dengan baik," ujar Kasmaboti.
Meskipun pada pelaksanaan peskil yang dilakukan tiap-tiap Madrasah tidak dilakukan secara serentak ada yang melaksanakan sesudah liburan dan ada yang melaksanakan sebelum libur, namun pelaksanaan pada tahun ini tidak mengalami kendala yang berarti.
"Pada pelaksanaan peskil yang dilakukan masing-masing Madrasah tidak sama ada yang melaksanakan sesudah libur dan sebelumnya seperti baru-baru ini kami hadiri pembukaan peskil di Kecamatan Loa Kulu," paparnya. ron 

Plaza Mulia Diduga Sumber Kemacetan

2009-09-10  11:25:08

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Kamis (10/9), Komplek Pertokoaan Plaza Mulia, secara resmi telah dibuka. Dan keberadaannya pun dituding akan menjadi sumber kemacetan lalu lintas di Samarinda.

Terganjal Visa, Karateka Indonesia Batal ke Jerman

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Tim karate Indonesia batal mengikuti Kejuaraan Karate Jerman Open yang digelar di kota Aschaffenburg Jerman, pada 12 September mendatang, sebagai bagian persiapan karateka Indonesia menuju Sea Games, Laos, Desember mendatang.
"Kami batal berangkat dikarenakan kesulitan mendapatkan visa bagi tim serta official yang akan diberangkatkan mengikuti kejuaraan tersebut, Sebab hingga saat ini visa itu belaum kami dapatkan, padahal kejuaraan itu bakal di gelar dua hari lagi, " kata Madju Dharyanto,Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengurus Besar (PB) Federasi Karate-Do Indonesia (FORKI) di hubungi, Kamis (10/9).

Sabtu Ini, Menghadapi Persema di Gajayana Malang

 

 

 

 

 

 

2009-09-10 10:31:41
Poskota Kaltim.com- Kesebelasan Persisam Putra Samarinda bakal menurunkan skuad terbaiknya menghadapi Persema Malang Sabtu (12/9) di Stadion Gajayana Malang, karena Persisam beranggapan partai uji coba itu sarat dengan gengsi tim atau sebagai partai ulang final kompetisi Divisi Utama tahun kemarin.
"Semua pemain terbaik baik lokal maupun asing akan kami turunkan, kami tidak main-main menghadapi pertandingan ini, Bagi kami ini pertandingan serius yang punya nilai gengsi tinggi," kata Aji Santoso, pelatih Persisam Putra dihubungi, Kamis (10/9).
Meskipun pertandingan hanya laga ujicoba, namun dikatakan Aji laga ini dinilainya sarat gengsi. Sebab, kedua tim adalah juara dan runner up Divisi Utama musim lalu yang lolos ke Liga Super Indonesia (LSI).

Warga Korban Kebakaran Sengkotek Terkendala KTP dan KK

Asuransi Bosowa Belum Cairkan Santunan

2009-09-09 10:30:30

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : PT Asuransi Bosowa T belum mencairkan santunan asuransi kepada warga korban kebakaran di Sengkotek. Hal itu disebabkan, masih banyak warga korban yang belum bisa melengkapi berkas identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang hilang dan hangus terbakar saat musibah terjadi. Sementara, pihak asuransi mensyaratkan kepemilikan korban atas KTP dan KK dimaksud. Pada data terakhir, dari 95 Kepala Keluarga, masih terdapat sekitar 22 orang yang belum bisa melengkapi berkas.

Rita Widyasari Maju Cabup Kukar

Dideklarasikan usai Hari Raya Idul Fitri

2009-09-08  11:29:10

Poskota Kaltim.com-TENGGARONG : Rita Widyasari Ssos MM, Ketua DPD Partai Golkar Kutai Kartanegara mengaku siap maju sebagai Calon Bupati (Cabup) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2010 mendatang. Kesiapan itu tidak hanya mental, finansialpun diakuinya sudah seratus persen siap. Bahkan dukungan dari seluruh PTK (Pimpinan Tingkat Kecamatan) Partai Golkar se-Kukar, termasuk sejumlah pengurus Golkar Kukar menyorong dirinya untuk maju sebagai Cabup Kukar.
"Secara mental dan finansial saya siap untuk maju, baik itu sebagai Cabup maupun Cawabup Kukar di Pilkada 2010 mendatang," ujar Rita Widyasari kepada Poskota Kaltim belum lama ini.
Rita menyatakan, bahwa sampai saat ini hasil survei terhadap siapa figur cabup Kutai Kartanegara dirinya masih menempati rangking teratas.

3 Investor Lokal Berminat Benahi Pasar Segiri

11:03:28  2009-09-08

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Rencana hari ini (9/9), Pemkot menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) membahas pembenahi lokasi kebakaran Pasar Segiri. Dimana, peristiwa kebakaran itu telah menghanguskan 49 ruko. Dan kini sudah ada 3 investor lokal, yang menyatakan siap membenahi lokasi kebakaran di Pasar Segiri tersebut.
Salah satu fokus pembahasan nanti, kata Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda Fadly Illa adalah meminimalisir penggunaan dana APBD dalam pembenahan itu. Artinya, akan ditawarkan ke pihak swasta. Karena, apabila dikelola swasta, maka pengelolaannya akan lebih tertata dengan baik. Sehingga APBD tidak terbebani.

Lebaran Dishub Dirikan Posko di Terminal

2009-09-08  10:31:57

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda akan mendirikan sejumlah posko di terminal-terminal. Meliputi posko kesehatan, dan menampung keluhan-keluhan penumpang, seperti keterlambatan maupun keluhan terhadap pelayanan bus dalam angkutan lebaran.
"Kami juga akan melakukan pengecekan terhadap rambu-rambu lalulintas. Jika belum terpasang rambu lalulintas, maka akan dipasang rambu yang baru. Seperti dikawasan Jembatan Mahulu, maupun pengantian untuk rambu-rambu yang sudah kusam. Untuk antisipasi kemacetan dalam kota seperti beberapa kawasan yang rawan terjadi kemacetan seperti Jl Kusuma Bangsa, Citra Niaga, Jl Lambung Mangkurat, pihaknya telah menurunkan petugas," kata Kepala Bidang Lalulintas Angkutan Jalan, Agus Wahyudi, Selasa (8/9).

Pendidikan Tidak Gratis di Balikpapan

2009-09-08  10:14:12

Apa yang didengungkan pemerintah kota Balikpapan khususnya bidang pendidikan karena telah menerapkan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBD. Sehingga mampu memberlakukan program pendidikan gratis bagi anak-anak sekolah di kota Balikpapan. Khususnya untuk pendidikan dasar mulai SD sampai SMP bahkan hingga SLTA. Namun sebenarnya tidak gratis, sebab masih ada buku-buku pelajaran dan lainnya yang dijual melalui koperasi sekolah dan harus dibeli oleh para siswa.

Persisam Uji Coba Lawan Persema Malang

2009-09-07  09:09:47

Skuad Persisam menjadwalkan partai uji coba melawan Persema Malang, selama menjalani Traning Camp (TC) di Batu Malang Jawa Timur. Uji coba itu rencananya dilaksanakan Sabtu (12/9) malam mendatang bertempat di Stadion Kanjuruhan, Malang.
"Jadwal uji coba dengan Persema sudah diprogramkan sejak lama. Akhirnya pihak Persema setuju dan uji coba nanti dipastikan seru, karena Persema juga sangat serius mempersiapkan tim ke Superliga nanti," kata Aji Santoso, pelatih Persisam Putra dihubungi, Senin (7/9).
Menurut Aji, pertemuan kedua tim ini menjadi moment ulangan final Divisi Utama musim lalu. Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Utama Kaltim, Palaran 29 Mei 2009 lalu, Persisam Putra menang dengan skor tipis 1-0. Uji coba dua tim promosi ini juga sarat dengan aroma keinginan Persema membalas kekalahan. Sebab saat final berlangsung mereka merasa mendapat perlakukan tak adil dari wasit.

Jelang Lebaran, Harga Sembako Semakin Merangkak

2009-09-07  09:06:32

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Sudah 17 hari bulan suci Ramadhan dijalani, masyarakat pun sudah mulai rame-rame membeli pakaian untuk berlebaran. Namun disisi lain harga sembako sudah mulai terasa adanya kenaikan, kondisi ini hampir tiap tahun terjadi. Harga yang biasa naik seperti gula, telur, daging Sapi dan daging ayam kampung.
"Biasa mengalami kenaikan gula, telur ayam dan daging diakuinya tidak ada kenaikan. Sekarang dihimpun harga gula Rp10 ribu per kilo, telur ayam kampung Rp27.300 perkilo, telur ayam broiler Rp17.600 perkilo, daging sapi Rp75.000 perkilo, daging ayam Rp22.500 perkilo dan
daging ayam kampung Rp36.000 perkilo. Saya yakin jelang lebaran satu minggu harga sembako pasti naik seperti tahun-tahun lalu", jelas

SMKN 2 Tenggarong, Kekurangan Fasilitas Teknologi Informatika (TI)

2009-09-07  08:59:16

Poskota Kaltim.com-Tenggarong : Untuk menjadi sekolah yang berkualitas sebagai tempat pendidikan yang bisa menjawab tantangan dunia nyata serta menjadi sekolah yang baik tanpa kegagalan, mengalami kendala. Pasalnya sekolah yang menghasilkan lulusan yang siap terampil dan bisa menciptakan pekerjaan sendiri tersebut kekurangan sarana teknologi bagi jurusan Teknologo Infomatika (TI). Hal itu yang menjadi permasalahan serius bagi SMKN 2 Tenggarong,
"Untuk saat ini yang menjadi kendala bagi kami yaitu setiap diadakan prsaktek bagi jurusan Teknologi Informatika (TI) tersebut mengalami kendala yaitu kurangnya sarana komputer," terang Ardiansyah kepada Poskota Kaltim di ruang kerjanya, Senin (7/9) kemarin.

Golkar Kukar Buka Puasa Bersama

Rita Widyasari: Segera Gelar Safari Ramadhan di 5 Dapil

2009-09-06 10:32:35

Poskota Kaltim.com-TENGGARONG : Bertepatan dengan bulan suci ramadhan 1430 H, semua umat muslim melaksanakan kewajiban berpuasa.

Awang Ferdian Didukung 14 Parpol

Siap Membawa Perubahan untuk Kukar

2009-09-06  10:26:00

Poskota Kaltim.com-TENGGARONG : Calon Bupati Kutai Kartanegara, Awang Ferdian Hidayat, Minggu (6/9) kemarin melakukan buka bersama dengan sejumlah calon wakil bupati yang bakal mendampingi dirinya maju di Pilkada 2010 mendatang.
Acara buka bersama tersebut berlangsung di kediaman H Chairul Anwar Yusuf di komplek Perumahan Arwana Tenggarong. Chairul Anwar Yusuf adalah salah seorang tokoh yang siap mendapingi Awang Ferdian sebagai Wakil Bupati di Pilkada 2010. Hadir pula juga sejumlah calon wakil bupati yang juga siap mendampingi sosok Awang Ferdian, seperti Rahmat Santoso, H Faturahman, H Supeno, Jumarin Tripada, tampak hadir mantan Sekretaris Kabuptan Kutai Kartanegara Drs Husni Thamrin, pengurus AFFC (Awang Ferdian Fans Club) serta ratusan masyarakat dan pemuda.

Lifter Indonesia Disiapkan Mengikuti Kejuaraan Dunia

2009-09-06  10:22:12

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Tiga lifter Indonesia yakni Eko Yuli Irawan, Triatno dan Edi Kurniawan yang tergabung dalam Program Atlet Andalan (PAL) disiapkan mengikuti kejuaraan dunia angkat besi senior yang berlangsung di Korea pada bulan Nopember mendatang.
"Keikutsertaan mengikuti kejuaraan dunia ini sebagai alternatif. Karena Islamic Solidarity Games di Iran yang rencananya dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang ditunda pelaksanaannya, dan informasinya kejuaraan itu bakal dilaksanakan pada tahun 2010 mendatang," kata Pelatih PAL Lukman, dihubungi melalui ponselnya, Minggu (6/9).

Uap Panas Di Balai Kota

2009-09-03  11:24:38

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Belum beroperasi secara penuh pusat pertokoaan Plaza Mulia di Jl Bhayangkara sudah mulai membuat resah. Pasalnya dari Bangunan lantai 8 tersebut menyebarkan uap panas di jalan utama menuju kantor Walikota Samarinda.

PT WKP Bangun Jalan dan Jembatan di PPU

2009-09-03  10:34:51

Poskota Kaltim.com-Penajam : Dibuktikan salah satu perusahan yang beroperasi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dimana setelah perkembangan perusahan berjalan dengan baik dan mulai mencatat keberhasilan. Maka PT Waru Kaltim Plantation (WKP) PPU, yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit melalui CSR. Membantu mansyarakat PPU dalam bentuk proyek jalan yang menelan dana sebesar Rp. 242 juta dan sudah diserahkan kepihak pemerintah PPU.
Penyerahan proyek fasilitas umum itu ditandai dengan penandatanganan berita acara sekaligus pengguntingan pita oleh Kepala Community Development Officer PT WKP, Teguh Ali Musiaji TB, SH kepada Lurah Gunung Steleng Kecamatan Penajam, Yayuk Ekapratiwi mewakili Pemkab PPU, pekan lalu.

SMPN 4 Tanjung Redeb Disegel

Buntut lambannya pembayaran pembebasan lahan

2009-09-03  10:33:

02AKTIVITAS proses belajar mengajar SMPN 04 Tanjung Redeb sejak dua hari terakhir kemarin terpaksa tergangggu, karena ruang kelas mereka disegel. Penyegelan ini adalah buntut soal ganti rugi pembebasan lahan yang hingga kini belum juga diterima oleh ahli waris.
Nonoy selaku pemegang kuasa, Kamis (3/9) kemarin, kepada Poskota Kaltim menjelaskan, bahwa persoalan penyegelan ini mestinya tidak perlu terjadi, tetapi apa boleh buat Pemkab Berau lah yang membuat situasi ini. Pasalnya, dirinya bersama keluarga Fadli selaku ahli waris sangat kecewa terhadap ucapan Sulaiman, salah seorang Pimpro masalah pembebasan lahan ini.

Hampir 50 Persen Penduduk Kaltim Pendatang

2009-09-02  10:39:20


Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Provinsi Kalimantan Timur yang jumlah penduduknya mencapai 3 juta lebih pada tahun 2008, tercatat hampir 50 persen penduduk migran atau pendatang. Penduduk migran tersebut sebagian besar berada di kota Bontang dan jumlah migran terendah terdapat di Kutai Barat.
Penduduk pendatang atau migran itu tersebar diseluruh wilayah Kaltim dengan pelbagai etnis, Jawa, Bugis dan sejumlah etnis lainnya.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Kaltim, Johny Anwar mengatakan, para migran di Kaltim didominasi oleh etnis Jawa kemudian disusul etnis Bugis dan etnis Banjar.
"Suku terbesar Jawa sebanyak 29,55 persen, Bugis 18,26 persen, Banjar 13,94 persen, kemudian Dayak 9,91 persen dan suku Kutai 9,21 persen," sebut Johny Anwa kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Diskepar Promosikan Visit East Kalimantan 2009

Sudah 7 Kabupaten dan Kota Tampail di TMII

2009-08-27 13:20:33

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Setelah dicanangkan Visit East Kalimantan 2009, oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada bulan Januari lalu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Diskepar) Provinsi Kaltim menargetkan Wisatawan Mancanegara yang berkunjung di Kaltim sebanyak 3 ribu orang, sementara untuk Wisatawan Nusantara (Wisnus) sebanyak 1 juta orang.

Temindung Permai Dijatah 30,6 Ton Raskin

2009-08-27 12:59:32

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Sebanyak 30,5 ton lebih beras miskin untuk jatah bulan Mei dan Juni baru didistribusikan di Kelurahan Temindung Permai Kecamatan Samarinda Utara. Sehingga keterlambatan yang disebabkan banjir beberapa bulan lalu harus didistribusikan pada Juli dan Agustus ini. Raskin sebanyak 30,630 ton tersebut merupakan raskin untuk 1021 KK kurang mampu.

Sejumlah RT di Jl Jakarta Perketat Keamanan

2009-08-24 13:14:30

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Lintas RT di Jl Jakarta Loa Bakung Perum Korpri memperketat keamanan dilingkungan masing-masing. Mengingat di lingkungan RT Loa Bakung mulai mengkwatirkan. Setiap RT mengumpulkan perangkat RT untuk berjaga lebih ketat lagi. Seperti pengalaman seperti dulu, jika bulan puasa tingkat pencurian semakin marak.

PLN Padam, Lampu Merah Terganggu

2009-08-17 11:45:23

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Jika melintas di jalan dan tepat di lampu merah (Trafig Ligh) mendadak mati diakibatkan PLN padam. Tentunya dikawasan tersebut akan berubah macet total. Karena sesama kendaraan tidak mau saling mengalah, ingin mendahului dan tidak ada petugas.

DPRD Samarinda Mau Dipindah ke GOR Segiri

2009-08-14  12:02:57

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Anggota DPRD Samarinda, yang biasanya berkantor di Jl Basuki Rahmat nomor 2 berencana akan pindah sementara ke kantor ke GOR Segiri Samarinda. Karena Gedung DPRD Samarinda yang ada saat ini akan direnovasi.

Pemprov Diminta Mempermudah Pencairan Bansos

2009-08-14  11:12:37

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA : Banyaknya keluhan dari sejumlah lembaga atau organisasi masyarakat dan kepemudaan penerima Bantuan Sosial (Bansos), terkait lambannya proses pencairan Bansos Tahun Anggaran (TA) 2009, membuat anggota DPRD Kaltim, Syarif Al Mahdali bereaksi. Ia meminta agar Biro Bina Sosial (Binsos) tak menghambat proses tersebut.
Menurut Syarif, keluhan sejumlah lembaga/organisasi masyarakat penerima bansos terkait lambannya pencairan itu perlu disikapi cepat oleh Biro Binsos. "Karena alokasi anggaran bansos itukan dirancang untuk kegiatan selama Januari hingga Desember 2009. Nah sekarangkan sudah masuk anggaran 2010, seharusnya pencairan sudah harus diselesaikan semua," tukas Syarif melalui telepon genggamnya.

Expo Kaltim 2009 Resmi Dibuka

2009-08-12  12:00:32

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy mengatakan pameran pembangun ( Expo Kaltim 2009, red )dilaksanakan dalam rangkaian peringatan ke-64 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Aset Daerah Senilai Rp91 Miliar Belum Disertifikasi

2009-08-12  11:33:03

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) kota Samarinda telah melakukan sertifikasi terhadap sejumlah aset daerah. Pasalnya, selama tahun 2004 hingga tahun 2007 lalu sekitar 25 aset daerah belum disertifikasi. Namun, saat ini Dinas PPKAD kota Samarinda telah melakukan perbaikan dengan telah mesertifikasi sebagaian aset daerah yang belum bersertifikasi. Kepala Bidang Aset Daerah Dinas PPKAD kota Samrinda, Ibrahim mengatakan, dari 25 aset daerah sebagian diantaranya telah disertifikasi.
"Benar sekitar itu, tapi sebagian telah disertifikasi dan akan kita lakukan secara bertahap," ungkap Ibrohim kepada media ini, Rabu (12/8).
Dalam hal sertifikasi tersebut, Ibrohim belum mengidentifikasi secara pasti sejumlah aset daerah yang telah disertifikasi.
"Saya belum tahu pasti sebagian aset itu yang disertifikasi," katanya tanpa menyebutkan secara rinci bagian mana saja yang dimaksud.
Lebih lanjut, Ibrohim mengatakan, pihaknya akan melanjutkan sistem administrasi mengenai sertifikasi aset daerah agar sesuai dengan aturan yang berlaku.
"Kita akan melakukan upaya perbaikan administrasi agar sesuai dengan aturan yang ada," ujarnya.
Ibrohim menambahkan, perbaikan dalam pengelolaan aset daerah kota Samarinda juga berdasarkan intruksi dari Sekretaris Daerah (Sekda) kota Samarinda.
"Sekda meminta agar terus diperbaiki pengelolaan keuangan dan aset daerah," katanya.
Meski demikian, Ibrohim masih belum mengetahui nilai aset daerah sebanyak 25 buah tersebut yang diperkirakan mencapai Rp91 miliar.
"Saya juga belum tahu berapa nilai semua aset daerah itu, nantilah saya cek lagi berapa nilai aset daerah yang belum disertifikasi," pungkasnya.hk

Kaltim Bebas Flu Burung 2011

Pemprov Diminta Tunjang Sharing Anggaran

2009-08-12  11:28:33

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Sekretaris Fraksi PKS DPRD Kaltim HM Agus Santoso SH MH mengaku setuju jika Pemprov Kaltim melakukan sharing dana dengan pemerintah pusat dan kabupaten/kota untuk kegiatan surveilans menuju Kaltim bebas flu burung 2011. Sharing itu perlu dilakukan, agar percepatan pemberantasa flu burung dapat segera tertangani secara efektif.
"Secara pribadi Saya sangat setuju jika Pemprov memberikan bantuan dana untuk kegiatan surveilan menuju Kaltim bebas flu burung 2011," ujar Agus Santoso, kemarin.

Setuju Pemprov Ambil Alih Tepian Mahakam

2009-08-02  09:31:33

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Anggota Komisi III DPRD Samarinda Nursobah secara prinsip menyetujui rencana Pemprov mengambil alih penataan Tepian Mahakam. Ini demi kebaikkan Samarinda. Karena artinya Pemprov akan membiayai seluruh sarana dan prasarana Ibukota Kaltim.

Dana Bansos Bakal Jebol ?Lagi

247 dapat dana bansos tahun ini

2009-07-30  11:11:17

Poskota Kaltim.COM-Tenggarong : Penyaluran dana bantuan sosial (bansos) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dikawatirkan bakal jebol "lagi" lantaran penyalurannya dinilai tidak tepat sasaran. Hal ini berdasarkan data jumlah Band dan Elektone di Kukar yang mencapai 247 dapat bantuan dana sosial pada tahun anggaran 2009 ini.

Tiga Raperda Pansus I Segera Disahkan

2009-07-27  10:34:09

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Melalui Rapat Paripurna, tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), hasil kerja Panitia Khusus (Pansus) DPRD Samarinda, rencana akan disahkan hari ini (28/7).
Tiga raperda yang akan disahkan adalah raperda soal pemekaran kecamatan, raperda struktur kerja kelurahan dan raperda soal struktur kerja kecamatan.

Kejati Tetapkan 3 Tersangka Kasus Bansos Kukar Jilid II

2009-07-22  10:59:58

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Kejati Kaltim telah menetapkan 3 tersangka kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Kukar tahun 2005-2006. Tetapi, Kejati masih belum bisa menyebutkan nama ketiga tersangka tersebut. Alasannya, menghormati asas praduga tak bersalah sesuai KUHP.
"

Dede dan Asfari Wakil Paskibraka Kaltim ke Jakarta

2009-07-22  10:20:04

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Dua calon peserta Pasukan PengibarBendara Pusaka (Paskibraka), masing-masing siswa SMAN 1 Panajam Paser Utara (PPU) Dede Syaputra dan siswi SMA Vidatra Bontang Asfari Safitri Anwardani terpilih mewakili Kaltim dalam Paskibraka Tingkat Nasional. Rabu (22/7) kemarin, dua calon Paskibraka tersebut secara resmi dilepas Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy.

Kualitas Kompos Gas Berbeda

Program Konversi Mitan

2009-07-21  11:46:13

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Sejumlah merk kompor gas program konversi minyak tanah (mitan) yang dibagikan kepada masyarakat dinilai memiliki kualitas beragam.

HM Irkham Maju Calon Wabup Kukar

2009-07-20  10:47:29

Poskota Kaltim.COM-Tenggarong : Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kutai Kartanegara HM Irkham, Senin (20/7) siang kemarin resmi mendaftarkan diri untuk maju sebagai Calon Wakil Bupati Kutai Kartanegara periode 2010-2015.

Pola Hidup Bersih Cegah Virus HINI

2009-07-12  10:48:33

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Kepada warga Samarinda dihimbau untuk melakukan pola hidup bersih untuk menagkal tertularnyanya virus H1N1 atau flu babi yang kini sudah meningkat menjadi flu A karena penalurannya dari manusia kemanusia.
"Langkah antisipasi agar tidak tertular oleh flu A, maka harus membiasakan pola hidup bersih dan menghindari orang-orang yang berpenyakit flu, serta menjaga kesehatan, cuci tangan dan muka baik sebelum berpergian atau sesudahnya," kata Kabid Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota(DKK) Samarinda, dr Yohanes belum lama ini.
Ia menjelaskan, bahwa flu A-H1N1 penularannya sangat cepat, yakni antar manusi dengan manusia, tingkat kematian sangat rendah tetapi penyebarannya sangat cepat.
Sebenarnya gejalanya seperti flu biasa, tetapi bisa diketahui bahwa seseorang terkena flu A , jika melakukan kontak dengan penderita flu A yang berasal dari orang Asing yang dicurigai menderita flu babi.
Menurutnya, warga yang retan terkena penyakit flu A adalah mereka yang pernah kontak dengan penderita, misalnya habis melakukan perjalanan keluar negeri kemudian menderita flu maka patut dicurigai.
Adapun upaya yang dilakukan DKK Samarinda adalah dengan melakukan pengawasan dan observasi terhadap orang yang dicurigai atau diduga menderita flu A. DKK Samarinda akan melakukan pengambilan sample lendir saluran ditenggorokannya.
"Jika hasilnya menunjukkan tidak berbahaya maka hanya dilakukan perawatan dirumah, tetapi jika hasil pemeriksaan perlu perawatan insentif maka penderita harus menjalani opname," kata dr Yohanes.
Ia menghimbau kepada warga jika mengalami batuk , bersin jangan dilakukan di tempat umum lakukan di toilet, dan menggunakan tisue, jangan menggunakan saputangan. Sebab jika menggunakan saputangan dengan berulang dan masuk kantong, selanjutnya berjabatan dengan orang lain akhirnya dapat menularlah penyakit kepada orang lain. Ditambahkannya, bahwa penderita flu A dapat disembuhkan dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa, yang bersangkutan bisa bergaul dengan masyarakat lain tidak akan menimbulkan masalah. Guna mengindari tertularnya flu A, maka warga dianjurkan untuk berprilaku hidup bersih dan sehat.john

Lagi, Polisi Bekuk Pengedar Narkoba di Samarinda

Keluarga Pelaku Serang Wartawan

2009-07-07  11:16:14

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Jajaran Kepolisiaan Poltabes Samarinda kembali membekuk jaringan pengedar Narkoba jenis Ekstasi dan Sabu-sabu yang beredar di Samarinda.

Kapolres Kukar: Stop Ilegal Logging

2009-07-06  11:37:06

Poskota Kaltim.COM-TENGGARONG : Kapolres Kukar AKBP Dono Indarto SIk menghimbau, kepada seluruh masyarakat Kukar agar menstop aktivitas ilegal logging. Hal tersebut mengingat dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan usaha tersebut sangat negatif.

3.800 Personil Linmas Bantu Kepolisian Amankan Pilpres

2009-07-06  11:26:15

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Pemkot Samarinda berkomitmen dan berkepentingan agar pelaksanaan Pilpres 8 Juli nanti berjalan tertib dan aman. Untuk itu, melalui Badan Kesbangpol dikerahkan sebanyak 3800 personil Linmas ke dalam Bawa Kendali Operasi (BKO) kepolisian Samarinda dan sebanyak 800 personil Linmas. Lainnya, akan ditempatkan disetiap TPS diseluruh kelurahan dan kecamatan.
"Persiapan kita sudah mencapai 80 persen. Dalam pilpres ini, Pemkot berkepentingan melaksanakannya dengan aman. Sehingga Pemkot, kepolisian dan KPUD telah melakukan koordinasi dengan baik untuk pelaksanaan pilpres," tegas Kepala Badan Kesbangpol kota Samarinda, Ridwan Tassa kepada Poskota Kaltim, Senin (6/7).
Lebih lanjut, kata dia, sebanyak 1887 TPS yang tersebar diseluruh wilayah Samarinda, ditiap-tiap TPS akan ditempatkan sedikitnya 2 personil linmas yang tergabung dalam satuan Pam TPS.
"Jadi 800 personil itu akan kita tempatkan di setiap TPS. Karena jumlah TPS kita mencapai ribuan lebih," sebutnya.
Selain itu, terkait pengamanan lainnya, pasukan atau anggota inti linmas juga akan melakukan pengamanan diluar TPS dengan melakukan patroli selama pelaksanaan pilpres. Sehingga situasi saat pemungutan suara dapat terkendali.

Pergantian Sekab Dinilai Tak Wajar

2009-07-02  09:45:56

Poskota Kaltim.COM-Tenggarong : Keputusan Pj Bupati Kutai Kartanegara untuk melakukan pergantian terhadap jabatan Sekretaris Kabupaten dari HM Aswin kepada Haryanto Bachroel, yang dilangsungkan di Pendopo Bupati Kukar, Rabu (30/7) pagi kemarin, keputusan cukup berani mengingat posisi jabatan Sekda yang diemban HM Aswin tak sampai satu tahun, lantas diganti.
Terlepas dari kepentingan politik, kalangan dewan menilai bahwa keputusan pergantian Sekab Kutai Kartanegara tersebut dianggap kurang wajar.
"Fungsi dewan ada tiga yakni sebagai pengawasan, mengesahan anggaran dan legislasi. Kebijakan pemerintah dengan melakukan pergantian Sekab Kukar menurut kami telah menyalahi aturan, karena jabatan Sekab sebagai jabatan karir, berdasarkan undang-undang dan paraturan pemerintah itu menimal dua tahun, namun apabila tak memenuhi syart dan melakukan pelanggaran terhadap sumpah jabatan, adminitrasi dan pelanggaran pidana maupun perdata, maka pergantian bisa dilakukan." kata HM Irkham anggota DPRD Kutai Kartanegara kepada Poskota Kaltim siang kemarin.

KPUD Samarinda Sebarkan Ribuan Stiker dan Brosur

2009-06-29  11:12:13

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Samarinda tak henti-hentinya memanfaatkan waktu melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres), yang akan berlangsung 8 Juli ini.

Keseriusan PT Merex Bangun Kaltim Airlines Dipertanyakan

2009-06-29  11:06:37

Poskota Kaltim.COM-SAMARINDA : Keseriusan PT Merex selaku investor Kaltim Airlines mulai dipertanyakan. Sebab, sampai saat ini masih belum ada kejelasan kapan pembangunan Kaltim Airlines dilaksanakan.
Bahkan Tim Pemprov yang diintruksikan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak untuk menemui Manajemen PT Merex di Jakarta beberapa waktu lalu, pulang dengan tangan hampa. Tim Pemprov Kaltim tak bisa bertemu dengan Manajemen PT Merex, karena mereka sedang tidak berada ditempat.
"Kami sudah ke Jakarta kemarin, sesuai instruksi Pak Gubernur untuk menemui PT Merex. Tetapi keberangkatan kami kesana tak ada hasil. Sebab, mereka sedang ke luar negeri. Informasinya, mereka ke ke Amerika Serikat untuk membeli pesawat," kata Plt Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim Sulaiman Gafur, Senin (29/6).
Sulaiman berharap keberangkatan Manajemen PT Merex ke Jakarta itu benar. Supaya bisa menjadi bukti kalau PT Merex masih serius membangun Kaltim Airlines.

Timses Mega-Pro Dialog di Margasari Loa Kulu

2009-06-25  11:03:28

Poskota Kaltim.Com-Tenggarong : Guna memenangkan pasangan Calon Presiden (Capres) Megawati Soekarno Putri dan Cawapres Prabowo Subianto.

Kaltim Kekurangan 6.465 Kertas Suara Pilpres

2009-06-25  11:02:12

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Keperluan Kertas suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dikirimkan langsung dari Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Polisi Amankan 10 Bandar Narkoba di Samarinda

2009-06-25  11:00:57

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Jajaraan Narkotika Poltabes Samarinda berhasil mengamankan 10 tersangka bandar narkoba. Dengan barang bukti berupa 6 poket sabu-sabu, 696 butir pil LL, dan seperangkat alat hisap yang diguanakan tersangka.
Berkat laporan masyarakat, aparat kepolisian langsung memburu tersangka. Rahmad Hidayat (21 tahun) dan Refandy Fedrian (19 tahun) ditangkap di Jalan Teuku Umar Kelurahan Loa Bahu Sungai Kunjang, Minggu (21/6) lalu. Dari tangan tersangka, ditemukan 1 poket sabu-sabu yang hendak dipakai.
Rabu (24/6), aparat kepolisian kembali mengamankan 2 tersangka di Jalan DI Panjaitan, yaitu Herliansyahrani (50 tahun) dan Joko Sutrisno (29 tahun), beserta barang bukti berupa 1 poket sabu-sabu.
Ditempat terpisah, aparat kepolisian berhasil membekuk pengedar pil LL, Sumardi (28 tahun) di Jalan Cipto Mangungkusumo Gang Sepakat Samarinda Seberang, dengan barang bukti 696 butir pil LL.

32 Pesilat ASAD Ikuti Kenaikan Tingkat

Dihadiri Calon Bupati Kukar, H Sugianto

2009-06-21 11:42:39

Poskota Kaltim.Com-TENGGARONG : Sebanyak 32 pesilat remaja dari Perguruan Silat Nasional (Persinas) ASAD Ranting Tambak Rel Kecamatan Tenggarong, Minggu(21/6) kemarin mengikuti kegiatan kenaikan tingkat, dari tingkat dasar ketingkat II.

Pengguna Alat Berat Belum Siap Bayar Tunggakan Rp6 Miliar

Diberi Batas Waktu Seminggu Untuk Menyatakan Siap Membayar

12:13:40  2009-06-17

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Pengguna alat berat sebanyak 18 perusahaan di Samarinda,

Fraksi PDIP Respon Positif Keinginan Pemprov

Rencana Pembangunan Jalan Freeway Senilai Rp4,2 Triliun

2009-06-14  11:18:19

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) DPRD Kaltim merespon positif keinginan Pemprov merencanakan pembangunan jalan freeway, yang akan menelan biaya sekitar Rp4,2 triliun.
Pada Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2009, DPRD Kaltim dan Pemprov telah menyepakati mengalokasikan anggaran senilai Rp100 miliar, untuk pembebasan lahan pembangunan jalan freeway. Bahkan pada tahun anggaran 2010, untuk pembangunan freeway diusulkan kembali senilai Rp400 miliar,
"Pada dasarnya Fraksi PDI-P sangat mendukung program pembangunan jalan freeway, yang menghubungkan Balikpapan-Samarinda-Bontang-Sanggata. Proyek itu bertujuan untuk mempermudah transportasi, serta meningkatkan perekonomian di Kaltim. Tetapi Fraksi PDI-P mengingatkan agar proses pembebasan lahan, yang di APBD-P tahun 2009 dialokasikan Rp100 miliar dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga tak terjadi persoalan hukum

Tujuh Saksi Tidak Datang, Sidang ADB Ditunda

Hakim Minta JPU Jemput Paksa Saksi

2009-06-08 10:54:30

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Lanjutan sidang kasus korupsi yang menempatkan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kaltim Awang Dharma Bhakti ditunda. Majelis hakim yang dipimpin Ketua Tumpal Napitupulu didampingi Hakim Anggota Polin Tampubolon dan Hendri Tarigan memutuskan untuk menunda jalanya sidang, karena dari 7 saksi yang akan dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak ada yang datang.

Massa Guntur Kembali Datangi Gedung KPUD Kaltim

2009-06-03  11:36:51

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Puluhan Massa Pro Calon Anggota Legislatif dari Partai Patriot Pancasila dapil Samarinda Seberang Guntur kembali melakukan aksi di kantor Komisi Pemilihan Umum Kaltim di Jalan Basuki Rahmad, Rabu (3/6) kemarin.
Tidak seperti aksi sebelumnya diwarnai insiden dengan aparat kepolisiaan dari Poltabes Samarinda, kali ini massa berlaku sopan.
Bahkan mobil pengeras suara yang biasanya mengikuti setiap aksi massa dilakukan tidak tampak pada aksi kali ini.
Petugas keamanan pun tidak perlu repo-repot mengangkat tameng dan memegang rotan ketika berhadapan dengan massa.
Setelah tiba dilokasi perwakilan massa langsung diterima Anggota KPU Kaltim dan langsung diadakan pertemuaan di lantai dua kantor KPU Kaltim.

Dua Fraksi DPRD Kaltim Kecam Malaysia

2009-06-03  11:07:56

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Dua dari enam Fraksi di DPRD Kaltim mengecam sikap tentara angakatan laut Diraja Malaysia yang terus memprovokasi di perairan Ambalat, Kalimantan Timur. Kecaman itu disampaikan dalam rapat paripurna XVI DPRD Kalimantan Timur tentang Pandangan akhir fraksi atas APBD Perubahan, Kamis (3/6) di gedung Rapat Utama. Kedua fraksi itu, Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera.
Juru baca Fraksi PAN, Sarif Al Mahdali saat membacakan pendapat akhir fraksinya menyampaikan protes dan rasa ketersinggungan sebagai anak bangsa yang berdaulat. Malaysia dituding sudah berusaha merealisasikan klaim sepihak untuk memasukkan blok maritim Ambalat kedalam wilayah negaranya.
"Tindakan itu sama saja tidak menghargai kedaulatan NKRI dan harus kami kecam dengan keras," kata Sarif.
Lebih jauh ia mengungkapkan atas konflik ini PAN menyerukan tidak akan pernah kompromi untuk konflik yang dipicu oleh Negara Tetangga ini.
"Kedaulatan Indoinesia atas Ambalat itu harga mati. Jangan sampai kasus Sipadan dan Ligitan terulang kembali," tegasnya.
Menurutnya mempertahankan blok laut seluas 15.235 kilometer persegi ini bukan hanya untuk kepentingan ekonomi tetapi untuk kepentingan yang lebih besar, yakni mepertehankan harga diri bangsa.

Delta Nyaris Membara

2009-06-02  11:31:23

Poskota Kaltim.Com-TENGGARONG : Api mendadak muncul, asap hitam pekat tiba-tiba mengepul tinggi.

Polsek Masih Melakukan Penyelidikan

Kebakaran Kantor Lurah Muara Sangasanga

2009-06-02  11:16:20

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Kasus kebakaran melalap kantor Kelurahan Muara Sangasanga, Senin sore lalu, kini kasusnya masih dalam proses penyilidikan Polsek Sangasanga apa penyebab dan asal api. Demikian disampaikan Kapolsek Sangasanga AKP Dody S saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Selasa (2/6) kemarin.
" Kami belum berani menyimpulkan penyebab kebakaran itu. Tetapi dugaan sementara karena hubungan arus pendek listrik. Sebab saat kejadian kantor lurah itu tidak ada aktivitas," tegasnya.
Ditambahkannya Lurah Muara Sangasanga saat ini belum bisa dimintai keterangan. Karena masih sibuk mencari kantor lurah sementara, dengan tujuan jangan sampai pelayanan kepada masyarakat terganggu.
Kini tempat kejadian perkara (TKP), dipasangi garis polisi warna kuning pertanda tidak boleh melintas. Puing-puing bekas kebakaran itu, kini masih menjadi tontotan warga dan merasa penasaran apa penyebab kebakaran tersebut.
Seperti diberitakan kemarin, selepas Maghrib warga Sangasanga Muara di jalan Padat Karya Kecamatan Sangasanga Kutai Kartanegara, Senin (1/6) malam sekitar pukul 18.45 Wita dikejutkan kejadian kebakaran dikantor kelurahan. Bahkan ikut melalap gedung pertemuan dan mes staff kelurahan.

Rehab Gedung DPRD Dianggarkan Rp30 M

2009-06-01  10:31:31

Poskota Kaltim.Com-Tenggarong : Gedung DPRD Kutai Kartanegara pada tahun ini akan segera direhab. Pada APBD 2009 ini telah dialokasikan duit sebesar Rp30 miliar, untuk rehab berat gedung tersebut.

Kecamatan Anggana Akan Razia KTP

2009-06-01  09:56:47

Poskota Kaltim.Com - Tenggarong : Situasi Kecamatan Anggana yang merupakan daerah penyangga Ibu Kota Provinsi, merupakan sebuah wilayah yang terus berkembang dan menjadi daerah tujuan pendatang. Lantaran banyaknya jumlah pendatang baru tersebut, pihak kecamatan merasa perlu untuk melakukan pendataan, dengan melakukan razia KTP.
Seperti dikatakan Kasi Trantib Kecamatan Anggana, Saidin, Kepada Poskota Kaltim beberapa waktu lalu. Menurutnya sasaran razia nantinya memang diutamakan bagi warga pendatang, tetapi warga setempat juga tidak luput dari pemeriksaan tim yang rencananya merupakan gabungan dari unsur Muspika setempat.
Namun demikian, Saidin belum berani memastikan kapan razia akan digelar, karena hingga saat ini hal itu baru sebatas usulan. Apalagi kegiatan tersebut juga memerlukan dana yang lumayan besar bagi tim, sehingga pihak kecamatan saat ini belum berani memberikan kepastian jadwal.

Anggar Kaltim Bakal ke Singapura

Ikuti Kejuaraan Anggar Asia Tenggara

2009-05-28  10:21:03

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Enam atlet anggar Kaltim bakal mewaliki tim Indonesia pada kejuaraan anggar Asia Tenggara, yang dilaksanakan di Singapura bulan Oktober 2009 mendatang.
Enam atlet anggar itu merupakan juara di Kejuaraan Anggar Indonesia Open, yang dilaksanakan di Kaltim Maret kemarin.
Pelatih anggar Kaltim Muslimin mengatakan PB Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) telah merokemendasi kepada pengprov IKASI Kaltim untuk mengirimkan atletnya mengikuti kejuaraan anggar se- Asia Tenggara itu.
"Tentunya rekomendasi itu sekaligus menyerahkan kepada pengprov IKASI Kaltim terkait pembiayaannya,yang menjadi tanggungan sepenuhnya pengprov IKASI di Kaltim,' jelas Muslimin.
Dikatakan Muslimin memang PB IKASI tidak menyebutkan nama atlet yang ikut serta, PB hanya merekomendasi para atlet Kaltim yang berhasil meraih prestasi di Indonesia untuk diberangkatkan.
Mengacu dari data prestasi atlet Kaltim di Indonesia Open, memang ada enam atlet yang berprestasi juara. Mereka diantaranya Rizky Hafid,Dori Adrinalia, Grego Rian, Ayu, herlin, dan ditambah beberapa atlet junior berprestasi.
Saat ini dikatakan Muslimin pihaknya masih berupaya untuk melakukan persiapan tim, termasuk mencarikan sumber pendanaan untuk keberangkatan.

Pemprov Kaltim Segera Tertibkan Menara BTS

2009-05-28  02:10:32

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Pemprov Kaltim melalui Dinas Kominfo dalam waktu dekat segera

Seleknas Sea Games XXIV di Kaltim Masih Dijadwalkan

2009-05-28  01:18:03

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Kaltim masih dijadwalkan sebagai tempat untuk melakukan persiapan atlit Indonesia menuju Sea Games XXIV 2009 Thailand. Meskipun beberapa cabang olahraga yang melakukan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Kaltim sudah berpindah lokasi latihan. Seperti Cabang Judo di Cilodong Jabar, Cabang Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.
Saat ini hanya Cabang Karate dan Wushu yang masih bertahan. Sementara untuk Taekwondo sudah sejak awal melaksanakan Pelatnas di Jakarta.
Komandan Pelatnas Sea Games dan Asean Martial Art Games (AMAG), Madju Daryanto mengatakan sejauh ini jadwal dan program Pelatnas belum bergeser dari rencana semula. Yakni mensentralisaikan beberapa cabang olahraga seni beladiri di Kaltim.
"Hanya saja untuk sementara karena masalah anggaran beberapa cabang olahraga itu berpindah lokasi latihan dengan tangung jawab PB masing-masing," terangnya.

duit oi

keluarga malpraktik

logo demokrat

perompak batubara

anim

anim

Kebakaran scp

rita widyasari

jalan lumpur

logo demokrat

jalanan lumpur

rita

duit

Keluarga Ilyas Laporkan RS Siaga Ke Poltabes

Banjir Lumpur Ditanggapi Serius Camat Sangasanga

IPOET

Sulaiman Gafur: PL Proyek Talisan-Batas Berau Disetujui Legislatif

2009-05-07 12:14:11

Samarinda, Poskotakaltim.com-Lanjutan Sidang perkara dugaan kasus Korupsi yang menyeret mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kaltim

Kebakaran scp

trei

Demokrat Siap Koalisi Bentuk Fraksi di DPRD Kukar

2009-05-06  13:29:18

Poskota Kaltim.com-TENGGARONG: Melihat rancangan UU Susduk (Susunan dan Kedudukan) Dewan yang digodok di DPR-RI, untuk penentuan satu fraksi penuh di DPRD Kabupaten/Kota terdiri dari 10 anggota.Kemungkinannya Partai Demokrat Kukar yang mendudukkan sekitar 4 wakilnya di kursi legislatif Kukar akan melakukan koalisi dengan partai lain untuk bentuk satu fraksi.
Namun sifatnya masih dinamis, serta belum ada lobi-lobi dengan partai lain sampai berita ini diturunkan. Hal itu sebagaimana dikemukakan G.Asman Gilir salah satu Caleg yang lolos di Kursi Dewan Kukar 2009-2014 kepada Poskota Kaltim, Rabu (7/5) kemarin diruang Komisi IV DPRD Kukar.
"Jelas nantinya kita akan koalisi untuk membentuk satu fraksi, itu mengacu rancangan UU Susduk yang baru. Soal partai mana yang nantinya bisa dijak koalisi dengan Partai Demokrat, sifatnya masih dinamis. Serta belum ada deal-deal ataupun lobi-lobi kerah situ. Nantilah ada waktu dan mekanismenya," papar G. Asman Gilir.
Jika melihat waktu yang terus berjalan, dimana untuk penetapan ataupun pelantikan anggota DPRD Kukar bisa dilangsungkan Juli 2009 nanti. Maka bisa jadi UU Susduk yang baru tidak akan kelar dibahas oleh DPR-RI. Dengan begitu, dimungkinkan akan menggunakan UU Susduk yang lama yakni produk 2004-2009. Terkait dengan itu. G.Asman Gilir menyatakan jelas anggota DPR-RI punya hati nurani dan siap menjalankan tugas serta tanggungjawabnya tepat waktu. Jika memang waktunya tidak memenuhi, tidak masalah jika penentuan unsur pimpinan dan fraksi mengacu UU Susduk yang lama.
"Saya rasa DPR-RI akan menggodok UU Susduk yang diajukan pemerintah sebelum pelantikan anggota dewan yang baru. Namun jika tidak sempat, tidak masalah jika menggunakan UU Susduk yang lama. Nantinya juga, akan dibahas lagi UU Susduk yang baru setelah anggota DPR-RI 2009-2014 menduduki jabatannya," lanjut G. Asman Gilir. dp

Sambut

mal praktik

Keluarga Korban Malpraktik Lapor Ke Poltabes

 

 

2009-05-06  10:52:03

Samarinda, Poskotakaltim.com- Keluarga Ilyas, bersama kuasa hukum korban malpraktik rumah sakit siaga Rabu(6/5)melaporkan RS Siaga kepihak kepolisian poltabes Samarinda.
Melalui Emilia putri kedua Ilyas Liat Tao (60) korban malpraktik bersama kuasa hukumnya Nursaida melaporkan RS Siaga kepada pihak yang berwajib.
Emilia kepada Poskota Kaltim di Poltabes Samarinda mengatakan akibat tindakan para medis orang tuanya sudah dua tahun ini harus terbaring di ruang tamu rumahnya di Jalan Gatot Subroto Gang Lorong Budiman RT 43 no 11 Samarinda.
Laki-laki ayah dua anak ini harus terbaring lemah usai dioperasi oleh para dokter RS Bedah Siag

Rencana RSUD PPU Dipindah Perlu Dikaji

2009-05-05  08:55:14

Penajam, Poskotakaltim.com-: Rencana memindahkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dari lokasi lama Nipahnipah, Kecamatan Penajam kelokasi baru di Gunung Seteleng, di Kecamatan Penajam perlu dikaji. Karena membutuhkan dana tidak sedikit, ada keinginan agar RSUD itu tetap saja dilokasi lama.
Sejumlah pejabat dilingkup Kabupaten PPU justru berkeinginan kalau RSUD tetap saja di Nipahnipah . Sedangkan rumah sakit tipe C itu pembangunannya tetap diteruskan tanpa harus pindah tempat. Kendati beberapa pihak mengatakan kalau letaknya justru lebih rendah dari permukaan jalan sehingga buangan air atau limbah tidak bisa mengalir dan tumpukan sampah tidak pernah dibersihkan.
‘'Rencana RSUD tipe C Kabupaten PPU untuk dipindahkan masih wacana, sebagain warga dan pemkab justru minta agar RSUD itu tetap dilokasi lama,'' ujar Sutiman, Sekretaris Pemkab PPU ketika ditanya rencana pemindahan RSUD PPU dari Nipahnipah ke Gunung Steleng, akhir pekan tadi.
Tidak gampang memidahkan rumah sakit itu, harus ada perencanaan yang matang dan anggaran yang besar, sedangkan rencana memindahkan rumah sakit itu masih wacana. Yang terpenting sekarang ini, PPU sudah berhasil mendapatkan status RSUD tipe C, tinggal bagaimana melengkapi fasilitas yang belum ada, termasuk perbaikan mutu pelayanan, jelas Sutiman.
"Kita harus bersyukur mendapatkan status rumah sakit tipe C ini, ini dulu yang penting, yang lain bisa menyusul bertahap," tukas Sutiman.
Wabup H Mustaqim MZ sendiri yang sebelumnya merespon usulan Dinas Kesehatan (Dinkes) mengenai relokasi juga sependapat RSUD ini pembangunannya diperluas.
"Ya, kita lihat dulu urgensinya, karena memidahkan rumah sakit harus melalui kajian yang mendalam," ungkap Mustaqim, di Penajam baru-baru ini.
Seperti diberitakan sebelumnya, usulan relokasi RSUD PPU datang dari Pelaksanatugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK). Plt Kadinkes, Hj dr Andi Ariani, dia mengusulkan agar RSUD dipindahkan ke lokasi baru yang lebih strategis. Karena lahan yang dibangun rumah sakit yang ada ini ke depan dinilai rawan banjir,. Selain itu rumah sakit yang ada sekarang lebih cocok dijadikan Kantor Dinkes.
Usulan Andi Ariani ini langsung ditanggapi positip oleh Bupati Andi Harahap, Wabup Mustaqim dan Ketua DPRD Nanang Ali bahkan perencanaannya sudah dianggarkan lewat APBD PPU 2009 senilai kurang lebih Rp 10 miliar. max

AMD1

AMD

antasari

euro

euro

persi[pura

listrik

h.makmur

coba

erau

erau

bakti

bakti

lantikw

lantik

pol

Pleno Perhitungan Suara KPUD Samarinda Kembali Molor

oleh: Umar Rafsanjani
27 April 2009

Poskota Kaltim.com-SAMARINDA:Rapat Pleno terbuka repitulasi perhitungan perolehan suara Pileg 2009 yang dilakukan KPUD Samarinda kembali molor. Hal itu disebabkan masih ada 3 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 6 PPK yang sampai Senin (27/4) kemarin belum rampung melakukan rekapitulasi perhitungan suara.
Tiga PPK yang belum rampung tersebut yaitu PPK Samarinda Seberang, Samarinda Ulu dan Samarinda Utara.
Hal itu diungkapkan Ketua KPUD Samarinda H Amir Amri kepada Poskota Kaltim Senin (27/4) melalui telpon selulernya.
"Adanya perbedaan maupun selisih rekapitulasi perhitungan perolehan suara di tingkat PPK, yang menyebabkan molornya rekapitulasi perolehan suara Pileg 2009 tinggkat Kota,"jelasnya.
Lebih lanjut Amir mengatakan pihaknya telah memberikan batas waktu penyerahan hasil rekapitulasi perolehan suara Pileg 2009 yaitu tanggal 24 April lalu. Namun karena ada permasalahan dan kendala yang dihadapi pihak PKK, maka proses rekapitulasi di PPK menyita banyak waktum. Bahkan hingga hari ini (kemarin-red) masih belum ada tanda-tanda selesai.
"Kita harapkan kepada PPK yang masih belum rampung, kiranya bisa secepatnya menangani permasalahan yang dihadapi. Sehingga rekapitulasi perhitungan perolehan bisa secepatnya dirampungkan dan menyerahkan ke KPUD Kota,"ujar Amir
Ketika disinggung kapan batas akhir untuk penyerahan rekapitulasi dari PPK, Amir menjelaskan bahwa pihaknya tidak bisa meultimatum PPK, khususnya yang belum rampung, biar bagaimanapun kita berikan batas waktu kalau di tingkat PPK masih menghadapi berbagai kendala.
"Kita tunggu saja. Tetapi bukan berarti kita berikan toleransi, akan tetapi diusahakan secepatnya menyelesaikan kendala yang dihadapi, khususnya percepatan dalam rekapitulasi perhitungan perolehan suara, dan menyerahkan ke KPUD Kota Samarinda. Kita juga sudah ditunggu KPUD Kaltim,"kata Amir. mar/pk

 

Helikopter Milik Rusia Mendarat Darurat di Bandara Juwata Tarakan


oleh : Yan Adira

Poskota Kaltim.com-TARAKAN:
Sebuah helikoter jenis Komov K32A milik Rusia, Jumat (24/4) lalu mendarat secara darurat di Bandara Juwata-Tarakan.  Helikopter tersebut mendarat darurat karena mengalami kerusakan mesin, bahkan infrmasi yang diperoleh media ini menyebutkan sebelum mendarat di bandar Juwata-Tarakan sempat juga mendarat di Manado.
Helikopter yang dikontrak oleh PT. Marta Teknik Tunggal Jaya Putra ini sebenarnya akan dibawa ke Malaysia, karena saat melintas di udara Tarakan pesawat tersebut mengalami sedikit kerusakan mesin dan dengan ijin dari petugas ATC (Air Traffic control) dengan alasan emergency (darurat) maka helikopter yang belum memliki flight approval (FA/Izin Terbang) diijin untuk mendarat dibandara Juwata-Tarakan.
Helikopter yang diawaki dan ditumpangi oleh empat warga Rusia ini adalah Zykov Stepan (33), Klinhyaev Victor (40), Yuschenko Yuri dan Soparov Valerty (38) sempat diperiksa oleh pihak Imigrasi Tarakan, ternyata untuk surat-surat masalah ke Imigrasian tidak ada masalah.  Bahkan salah satu dari mereka saat ini (26/4) menuju ke Jayapura untuk melengkapi surat-surat penerbangannya, sedangkan yang lainnya menunggu di Tarakan.
Ketika poskota kaltim menyambangi di bandara Juwata Tarakan minggu (26) kemarin sore Helikopter ini masih “parkir” disisi kanan dari bandara Juwata Tarakan.
Masalah helikopter yang menyangkut antar negara sementara ini sudah dilaporkan ke Departemen Luar Negeri (Deplu) serta Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) dan Departemen Perhubungan (Dephub) di Jakarta, kata Handry Kepala Tata Usaha Bandar Udara Juwata Tarakan. yai/pk

Manajemen Baru Perusda PPU Lirik Obyek Wisata


oleh: Max Rempas

Poskota Kaltim.com-PENAJAM: Menunjang percepatan pembangunan di Kabupaten PPU, peran aktif dari semua stake holder sebagai patner dan mitra sangat diperlukan. Terutama peran Perusda Benuo Taka dalam uayanya meningkatkan pendapatan dan kontribusi bagi daerah.

FUKMI Akan Lantik Pengurus Se-Kaltim

oleh: Danang

Poskota Kaltim.com-BALIKPAPAN:  Keberadaan usaha kecil menengah (UKM) saat ini membutuhkan pengayoman dari berbagi insatansi terkait. Selain pemerintah diharapkan pihak swasta melalui Corporate Social responsibility (CSR), dapat dialokasikan sebagain menggerakkan pertumbuhan usaha masyarakat ini.
Namun hingga kini, UKM masih jalan ditempat dirasakan pelakunya, dukungan dari berbagi pihak masih jauh dari harapan.

Museum

Hebooh Acha

Yang dihebohkan artis indonesia, ternyata adiknya yg bikin sensasi.....

asia air

sagfdg

dfgdfhfgjhj

adsaf

afdsgfdhggh

mahakam

erau 2008

rekreasi tenggarong

Pesona Mahakam Tengah Malam

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Selasa 21 Oktober 2014
Selasa 21 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2478 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...