Satlantas Polres PPU Sosialisasi UU Lalulintas di Sekolah

2011-01-24 04:16:09

2011-01-24  04:16:41

PENAJAM, Tingginya angka kecelakaan lalulintas (Laklantas) yang terjadi di Kalimantan Timur (Kaltim) termasuk di Penajam Paser Utara (PPU) menjadi perhatian jajaran Kepolisian Polres PPU, apalagi dari data yang ada korban laklantas justru didominasi anak-anak usia muda atau anak-anak usia sekolah dan kalangan remaja.
Melihat kondisi yang berkembang saat ini disamping telah turunnya Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas angkutan jalan (LLAJ) maka perlu dilakukan sosialisasi sehingga masyarakat lebih memahami masalah tertib lalulintas dan tentunya disiplin berlalulintas.
Polres PPU melihat kesempatan yang cukup baik ini langsung menyusun strategi untuyk menyosialisasikan UU dimaksud dengan tujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dengan cara menempatkan personel di sejumlah titik rawan kecelakaan, terutama pada sekolah-sekolah yang berada di tepi jalan.
Langkah awal jajaran Satlantas Polres PPU melakukan sosialisasi tertib lalulintas pada SD SD 026 Penajam, sebelum sosialisasi yang mengarah kepada penyampaian materi, polisi mengikuti upacara pagi di sekolah tersebut sekaligus mengenalkan dirinya kalau polisi adalah sahabat anak-anak terutama anak SD.
Setelah melakukan sosialisasi ditingkat SD, kini dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi hal yang sama di tingkat SMP dan SMA 1 Negeri Penajam, tujuannya tetap sama yakni masyarakat perlu tertib di jalan raya.
"Kami melihat kalau sosialisasi dimulai dari sekolah akan jauh lebih efektif. Karena melalui anak-anak ini mereka bisa sampaikan kepada orang tua mereka atau saudara-saudara mereka," kata Kasatlantas Polres PPU AKP Usman Arief di ruang kerjanya, kemarin.
Dikatakannya, sosialisasi yang dilakukan lebih menekankan pada pentingnya rambu-rambu lalulintas termasuk yang ada di badan jalan berupa zebra cross, untuk itu sebelum menyeberang di jalan raya harus terlebih dahulu memperhatikan suasana jalan, di samping itu kalau berjalan,  para pelajar jangan bergerombol karena sangat membahayakan bagi lalu lintas.
Menurut Usman Arief, sebenarnya sosialisasi ini sudah dilaksanakan di beberapa sekolah, tidak hanya itu, setiap hari polantas juga menjaga sekolah-sekolah pinggir jalan kendati ini memang tugas polisi lalulintas namun disisi lain juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.
Sementara untuk saat ini, petugas dikonsentrasikan untuk menjaga sekolah yang terletak di tepi jalan, seperti SD 026, SMP Negeri 1 dan  SMA 1 Negeri Penajam, disekolah-sekolah ini setiap pagi beberapa petugas tampak sibuk menyeberangkan pelajar agar aman sampai ke sekolah.
"Ke depan diharapkan para siswa yang sudah dibekali dengan tata tertib berlalulintas bisa ikut membantu polisi dalam memberikan rasa nyaman ketika akan menyeberang jalan raya," paparnya.
Selain itu, kata Kasatlantas PPU, sosialisasi juga menitikberatkan pada kelengkapan kendaraan sepeda motor yang biasa digunakan pelajar. Dan mengingatkan agar pelajar yang belum berusia 17 tahun agar tidak membawa kendaraan sebab beresiko tinggi, sedangkan peralatan kendaraan dimaksud yang harus dipahami dan dimengerti setiap pengendara adalah penggunaan helm standar untuk melindungi kepala dari benturan.
Untuk menciptakan rasa aman di jalan raya, ujar Usman Arief, bukan semata tanggungjawab polisi saja tapi tangungjawab bersama, pengemudi angkutan umum juga perlu diingatkan agar berhati-hati agar tidak ngebut saat membawa penumpang seperti mengurangi kecepatan laju kendaraan saat melintasi kawasan padat penduduk, termasuk kawasan sekolah.max

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Kamis 18 September 2014
Kamis 18 September 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2468 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...