Siswa SMPN 1 Balikpapan Perbanyak Latihan Kerjakan Soal

2011-02-10 06:17:47

2011-02-07  02:51:37

BALIKPAPAN, Kepala Sekolah SMPNi 1 Balikpapan (RSBI), Drs. H Sri Haryatmo, MPd, mengatakan kendati pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dipercepat menjadi April 2011 yang akan dimulai dari tingkat SLTA (SMA dan SMK) dilanjutkan tingkat SMP selanjutnya tingkat SD. Dimana sekolahnya sendiri sudah melakukan persiapan-persiapan mendasar.
‘’Dimajukannya pelaksanaan UN tidak mengejutkan karena kami sudah mempersiapkan semua itu. Artinya kepada para guru bidang studi yang di UN kan sudah kami ingatkan kalau Januari 2011 semua mata pelajaran UN sudah harus tuntas selanjutnya dilakukan latihan-latihan cara mengerjakan soal dengan sistim komputer,’’ kata Sri Haryatmo, Rabu (9/2) kemarin.
Dia mengakui kendati sudah diingatkan agar semua mata pelajaran khusus untuk siswa kelas IX atau kelas ujian namun yang selesai baru mata pelajaran matematika disusul bahasa Inggris dan IPA namun dipastikan memasuki minggu II dibulan Februari ini semua sudah siap dengan latihan-latihan bagaimana cara mengerjakan soal-soal UN, ujarnya.
Ditanya tingkat kesulitan menghadapi UN, Sri Haryatmo, mengatakan sebenarnya tidak ada yang sulit karena semua materi pelajaran mulai kelas VII sampai IX sudah diberikan tinggal siswa mendalami materi-materi itu, mudah-mudahan para siswa tidak grogi ketika mengikuti UN nanti, olehnya kami juga bekali para siswa berkaitan dengan materi keagamaan.
‘’Kami minta kepada semua guru agama yang ada di SMP Negeri 1 untuk memperdalam pembelajaran keimanan karena dengan demikian mereka akan lebih siap, pokoknya jangan tinggalkan untuk terus berdoa baik sebelum ke sekolah, sebeluim belajar terutatama sebelum ikut UN mendatang,’’ terang Sri Haryatmo.
Untuk mendukung para siswa dalam proses belajar mengajar menjelang UN para guru juga memberikan tambahan pelajaran diluar jam pelajaran biasa secara gratis, mereka diberi pelatihan dan pembelajaran yang lebih dengan harapan saat UN mereka tidak mengalami masalah, selain itu dilakukan uji coba materi UN.
"Untuk tahun ini kami juga mempersiapkan siswa Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) untuk melanjutkan ke sekolah lebih tinggi yang juga menyelenggarakan RSBI seperti ke SMA Negeri 1 atau SMAS Negeri 5, sekolah nanti yang akan mendaftarkan siswa RSBI dari SMP Negeri 1 untuk masuk ke SMA Negeri 1 atau SMA Negeri 5," paparnya.
Kepada media ini Sri Haryatmo mengatakan pihak sekolah yang diwajibkan untuk mendaftarkan siswa RSBI ke SMA Yang juga meneyelenggarakan RSBI karena sudah menjadi ketentuan, kecuali siswa itu tidak mau melanjutkan ke SMA yang menyelenggarakan RSBI, olehnya kami harus Tanya dulu kepada siswa SMP Negeri 1 (RSBI) apakah mau melanjutkan ke SMA Negeri 1 atau ke SMA Negeri 5, kalau mereka ingin, maka pihak sekolah yang akan mendaftarkan langsung.
Seperti diberitakan kemarin, UN tahun 2011 akan dimajukan pelaksanaannya menjadi April 2011 sedangkan angka kelulusan 60 : 40 atau 60 persen nilai murni UN dan sisanya 40 persen nilai mata ujian sekolah, Sri Haryatmo membenarkan hal itu namun dia mengatakan justru dengan ketentuan seperti itu kalau hasil ujian sekolah siswa hanya mendapatkan 5,0 maka dia akan sulit untuk dinyatakan lulus karena dia harus bisa mendapat nilai UN jauh lebih tinggi.
Sedangkan jumlah peserta UN di SMP Negeri 1 sebanyak 268 siswa terdiri dari siswa RSBI ada 116 orang, siswa akselerasi sebanyak 27 orang dan sisanya adalah siswa regular, sedangkan siswa akselerasi maupun RSBI sebelum UN mereka harus mengikuti ujian sekolah dan akan diberikan sertifikat tapi bukan Ijazah. Selain itu jika nanti lulus UN maka mereka juga akan dibekali dengan ijazah.max

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2519 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...