Anggota KPUD Samarinda Bakal Diperiksa

2009-08-03 13:48:42

DK KPU Kaltim Proses Dugaan Pelanggaran Penghitungan Suara

2009-08-03 10:48:59

Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Dewan Kehormatan Komisi Pemilihan Umum (DK KPU) Kaltim, Senin (3/8) kembali memproses adanya dugaan pelanggaran Pemilu Legislatif (Pileg) terkait penghitungan suara yang diduga dilakukan anggota KPU Samarinda, Ramon Deanov Saragih. Proses menggelar pelanggaran tersebut, atas desakan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kaltim.
Diketahui, Panwaslu Kaltim melaporkan Ramon, karena dinilai telah menghalang-halangi proses penghitungan ulang perolehan suara di Kecamatan Samarinda Seberang, beberapa waktu lalu.
Dalam pemeriksaannya, DK KPU Kaltim memeriksa sejumlah saksi, masing-masing Ketua Panwas Samarinda, Asmadi Asnan, Anggota Panwas Kaltim, Jufri Musa, Anggota KPU Samarinda Wahidudin dan Kusiyanto, Ketua PPK Samarinda Seberang.
Asmadi Asnan, usai pemeriksaan mengungkapkan, pemeriksaan dirinya untuk menceritakan kronoligis terjadinya tindak pelanggaran saat penghitungan suara di Samarinda Seberang. Dikatakannya, Ramon tidak sepenuhnya menjalankan tugasnya sebagai anggota KPU, terutama saat pleno KPU Samarinda, guna memutuskan penghitungan ulang di Samarinda Seberang.
"Dilihat dari cara kerjanya saja, tidak menunjukan bahwa dia (Ramon, red) bagian dari anggota KPU. Karena setiap pleno yang seharusnya diikuti seluruh anggota KPU, justeru Ramon jarang hadir," kata Asmadi.
Asmadi mengaku diperiksa selama satu jam oleh tiga anggota DK KPU, Sarosa Hamongpranoto (Ketua), Arif Endang Dwi Wahyuni (anggota) dan Jofri (anggota).
Sementara itu Arif Endang Dwi Wahyuni mengatakan pemeriksaan ini menindaklanjuti rekomendasi Panwas Kaltim, yang menilai KPU Samarinda melanggar dalam bekerja. Pemeriksaan saksi dilakukan kata Endang untuk mencari kebenaran atas laporan tersebut. "Kita masih pelajari kasusnya," kata Endang.
Dikatakannya, DK masih belum mengeluarkan rekomendasi apapun usai memeriksa para saksi. Selanjutnya kata Endang, DK akan mengagendakan memeriksa Ramon Deanov Saragih.
Kisruh penghitungan suara di Daerah Pemilihan (Dapil) Samarinda Seberang melibatkan massa pendukung caleg. Mereka menuding adanya kecurangan perhitungan oleh PPK hingga KPU Samarinda. Massa menuntut penghitungan ulang, tapi KPU Samarinda menolak.
Terpisah, Ramon Deanov Saragih yang dikonfirmasi Poskota melalui telepon genggamnya, membantah semua tudingan yang diarahkan kepada dirinya oleh Panwas Kaltim. Bahkan Ramon balik menuding Panwas Kaltim dan Samarinda tidak bekerja sesuai dengan Tugas dan Fungsi Pokok (Tupoksi) nya.
"Logikanya sederhana, Panwas awalnya mengindikasikan penghitungan suara yang dilakukan KPU Samarinda itu adalah pelanggaran administratif, nah belakangan baru mengatakan bahwa terjadinya pelanggaran pidana pemilu. Dan kalau namanya pelanggaran pidana pemilu, maka harus ada pembuktian. Dan sampai sekarang, KPU Samarinda belum menerima adanya bukti-bukti pelanggaran pidana pemilu yang disangkakan Panwaslu. Itu artinya, Panwas tidak bekerja sesuai dengan aturan," terang Ramon.
Bahkan ironisnya imbuh Ramon, berdasarkan UU 10 Tahun 2008 tentang Tupoksi Panwas, disebutkan bahwa Panwas melalui Panitia Pengawas Lapangan (PPL) nya mendapatkan formulir C1 atau formulir rekapitulasi penghitungan suara. "Dasar dari C1 saja Panwas tidak miliki," tukasnya.
Disinggung tentang tudingan bahwa ia jarang menghadiri rapat pleno KPU Samarinda, Ramon meminta agar Panwas kembali membaca pasal 35 ayat 1 UU 22 Tahun 2007. Dalam pasal itu katanya menyebutkan, bahwa rapat pleno KPU Kabupaten/Kota dan Provinsi dianggap sah jika sekurang-kurangnya dihadiri oleh 4 anggota KPU bersangkutan.
"Artinya, ketidak hadiran saya bukan tanpa alasan, karena banyak tugas yang saya jalankan. Lagi pula, ketidak hadiran saya tidak mengganggu dan atau menganulir keputusan KPU Samarinda, karena sudah qourum," kilahnya.
Lebih jauh Ramon mengaku, hingga saat ini ia belum menerima surat panggilan yang dilayangkan DK KPU Kaltim. "Dan kalaupun ada surat panggilan itu, maka saya akan hadir, dan akan jelaskan semuanya," tegasnya. fer

 

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Selasa 21 Oktober 2014
Selasa 21 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2478 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...