Mathius Salempang: Berbuat Anarkis Ditindak

2011-02-22 06:47:42

2011-01-24  01:54:30

BALIKPAPAN, Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Balikpapan yang akan dilaksanakan Kamis (24/2) mendatang. Masyarakat diharapkan dapat memberikan hak suara melalui tempat pemungutan suara (TPS) yang ada disekitar tempat tinggal tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Dan Polri bertugas memberikan pengamanan selama berlangsungnya proses pemilukada sampai perhitungan suara dengan tidak boleh memihak siapa pun.
Demikian dikatakan Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Mathius Salempang, ketika memberikan arahan kepada anggota yang akan bertugas dalam pengamanan pemilukada Balikpapan, Kapolda dan jajajarannya akan melakukan tindakan tegas apabila ada anggotanya polisi bersikap tidak netral dalam memberikan pengamanan termasuk jika ada masyarakat yang melakukan perbuatan ancaman sehingga mengganggu proses pemilukada, anarkis maupun pengrusakan.
‘’Kalau ada anggota terbukti terlibat tak netral dalam melaksanakan tugasnya sebagai petugas keamanan, laporkan kepada kami pasti saya tindak, begitu juga masyarakat jangan ada yang berbuat anarkis atau tindakan melanggar hokum, kalau ada yang berani melakukan tindakan itu maka dipastikan kami tindak dan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku,’’ tegas Mathius Salempang, baru-baru ini.
Kapolda Kaltim ini tidak ingin kejadian-kejadian seperti penyerangan kantor KPU di Kabupaten Paser pada pemilukada yang lalu, maupun aksi massa di Kutai Barat beberapa waktu lalu terulang dan terjadi di Balikpapan, pemilukada Balikpapan merupakan yang ke-10 dan terakhir di Kaltim untuk itu jaga keamanan dengan sebaik-baiknya.
Bahkan berharap Pemilukada di Balikpapan harus berjalan dengan baik, sedangkan adanya pemikiran kalau keamanan didaerah lain berbeda dengan di Balikpapan, dia justru mengatakan tidak ada beda, petugas dari kepolisian tetap disiagakan sama dengan 9 daerah lain di Kaltim, pokoknya tidak ada yang diistimewakan.
‘’Kota sebelumnya seperti Samarinda, Kutai Barat, Bontang, Malinau, Nunukan dan lainnya semuanya berjalan lancer, setiap kota berbeda karakter namun tidak ada keistimewaan dalam pengamanannya, kami tetap tempat anggota didaerah-daerah itu namun semua sesuai aturan yang berlaku,’’ paparnya.
Meski Kapolda memastikan Balikpapan aman, namun pihaknya tetap mengedepankan kesiagaan serta kewaspadaan jajarannya, penempatan anggota polisi disejumlah titik pesta demokrasi menjadi perhatian utama dan langsung menyampaikan pesan kepada Kapolres Balikpapan AKBP A Rafik, yang mendampingi Kapolda Kaltim diapel siaga menjelang pemilukada Balikpapan.
Dia mengatakan kalau pengamanan pemilukada Balikpapan 2011 itu tetap di back up dari TNI khususnya jika memeng akhirnya dibutuhkan, saya sudah koordinasi dengan Pangdam VI Mulawarman Mayjen Tan Aspan dalam pengamanan ini, setiap saat TNI siap membantu Polri apabila dibutuhkan.
"Polri dan jajarannya dibantu TNI siap mengamankan Pemilukada Balikpapan yang akan dilaksanakan dalam tiga hari ke depan, kalau ada yang berbuat anarkis jelas itu satu pelanggaran dan melanggar hukum, pasti kami tindak tegas, tidak ada kompromi," jelasnya.max

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2454 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...