Guru Swasta akan Diberi Nomor Induk Khusus

2011-02-23 06:48:46

2011-02-23  06:48:28

SAMARINDA,Sekarang ini, Jumlah guru swasta di Samarinda tidak jauh berbeda dengan jumlah guru di sekolah negeri yang  berkisar 5000 pengajar. Dan, seiring bertambahnya guru swasta yang terlepas dari kontrol Dinas Pendidikan, maka Dinas Pendidikan (Disdik) Samarinda akan segera melakukan regulasi pendataan yang tujuannya untuk diinput melalui data base.
"Masa kerja guru swasta yang tidak jelas membuat data yang kita miliki kurang akurat. Mengingat memang status dari guru swasta sekarang ini keluar masuk, maksudnya masuk bekerja sebagai guru  hari ini, tiga bulan kedepan sudah berhenti mengajar," kata Kepala Dinas Pendidikan Samarinda Harimurti saat  audensi bersama Persatuan Guru Swasta, Selasa (22/02) di Balaikota.
Dalam melakukan pendataan nanti, pihaknya akan menginput data guru swasta yang memiliki masa kerja lebih dari tiga tahun, hal itu dimaksudkan agar tidak ada lagi perubahan data guru yang dialami seperti sekarang ini.
"Saya sudah mengeluarkan surat edaran kepada pihak sekolah negeri maupun swasta agar tidak lagi berwenang mengangkat seorang guru  honorer. Karena hal ini sangat berkaitan dengan isentif guru honor yang berdampak kepada keuangan daerah," ungkapnya.
Selain itu, Dinas Pendidikan kota Samarinda siap melakukan regulasi terhadap pendataan guru swasta melalui pemberian nomor induk khusus kepada guru non PNS yang masih aktif mengajar di sekolah.       
"Masalah sertifikasi sendiri. Guru swasta telah memiliki jatah sebesar 15 persen yang telah diatur oleh pemerintah pusat untuk guru yang telah mengabdi selama 6 tahun, begitu pula dengan tunjangan guru.Tahun ini,Pemerintah pusat juga telah menaikan sebesar Rp 230 ribu perbulan untuk 1000 guru non PNS," jelasnya.
Ditempat sama, Ketua Persatuan Guru Swasta (PGS) kota Samarinda, Sunarna mengatakan sependapat dengan masukan dari Kadiknas Samarinda yang berkeinginan untuk melakukan regulasi terhadap guru-guru swasta melalui pemberian nomor induk khusus.
"Dari data yang kami miliki sekarang, jumlah guru swasta yang masih aktif mengajar di Samarinda berkisar 2 600 guru.Namun  data tersebut kerap kali berbeda dengan data yang dimiliki Dinas Pendidikan Samarinda," terangnya.Sambil  menambahkan, walaupun dengan status non PNS, tetapi guru swasta juga berperan dan berpotensi untuk memajukan dunia pendidikan di kota tepian. john

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Selasa 23 September 2014
Selasa 23 September 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2468 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...