Peralihan Pengelolaan Pelabuhan Kariangau Efektif Besok

2011-02-27  23:22:11

BALIKPAPAN, Mulai besok operasional pelabuhan Karaingau secara penuh ditangani Unit Pelaksanan Teknis Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (UPT Dirjen Hubda) Kementerian Perhubungan-RI. Karena selama ini pengelolaan pelabuhan khususnya menangani angkutan penyeberangan kapal-kapal feri ditangani PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Feri Indonesia.
‘’Kalau selama ini pengoperasian pelabuhan Kariangau merupakan kerjasama  operasi (KSO) antara UPT Dinas Perhubungan Kaltim dengan PT Angkutan Sungai Dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero), namun terhitung 1 Maret 2011 besok pengelolaan pelabuhan itu akan ditangani langsung oleh UPT Dinas Perhubungan Kaltim yang sekarang sudah menjadi UPT Direktorat Perhubungan Darat (Dithubda) Kementerian Perhubungan,’’ kata Kepala UPT Ditjen Hubda Kaltim, Abd. Madjid, SH, kemarin.
Pemutusan KSO itu sudah disetujui oleh manajemen kedua belah pihak, olehnya terhitung 1 Maret besok semua operasional pelabuhan Kariangau akan ditangani secara penuh oleh Dithubda Kemenhub Kaltim yang berkantor di pelabuhan Karaingau, sedangkan untuk pengoperasian pelabuhan Penajam tetap ditangani oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) termasuk penjualan tiket maupun transaksi khusus bagi angkutan alat-alat berat sedangkan angkutan barang dan penumpang tetap mengacuh pada aturan yang berlaku selama ini.
Menurut Abd. Madjid, SH, pihaknya sudah siap untuk menjalankan tugas dipelabuhan Kariangau khususnya untuk penjualan tiket, tiketnya sendiri, petugas dipelabuhan yang mewngatur kapal-kapal yang akan sandar dan yang akan berangkat termasuk pengelolaan halaman parker, selain itu sudah dibangun perkantoran para operator.
Dibagian lain, General Manager (GM) PT ASDP Feri Indonesia Kaltim, Wisnu Tjahyono, membenarklan kalau pengoperasian pelabuhan Kariangau secara penuh akan dikelolah oleh UPT Dithubda Kemenhub Pelabuhan Karaingau, itu berarti perjanjian kerjasama yang kami buat beberapa tahun lalu tidak berlaku lagi.
KSO itu dibuat antara dua pihak UPT Pelabuhan Karaingau dengan PT ASDP Indonesia Ferry setelah PT ASDP tidak mengoperasikan pelabuhan Somber karena terkendala kasus lahan pelabuhan yang dimenangkan oleh Mahkama Agung (MA) kepada pemilik lahan.
Dengan berakhirnya KSO itu kami dari PT ASDP hanya sebagai perusahan pemilik armada kapal feri atau sebagai operator saja sedangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan tiket dan pengaturan kelancaran angkutan feri baik untuk lintasan Kariangau-Penajam maupun Karaingau-Taipa, Sulawesi Tengah tetap ditangani UPT Dithubda Kemenhub Kaltim.
"Sebelum adanya KSO, pelabuhan Kariangau sudah beroperasi dan ditangani UPT Dinas Perhubungan Kaltim ketika itu dan kini sudah dibawa Dithubda Kemenhub RI, ketika pelabuhan Somber bermasalah antara Pemprov Kaltim dengan pemilik lahan pelabuhan akhirnya kami keluar dari lokasi itu dan menggunakan pelabuhan Karaingau,’’ jelas Wisnu menambahkan.
Menurut Wisnu, PT ASDP selama menjalankan KSO dengan UPT Dithubda, kami bertindak sebagai operator semua kapal feri yang melayani lintasan Kariangau –  Penajam sedangkan UPT Dithubda sebagai pengelolah pelabuhannya, namun ketika KSO itu sudah berakhir terhitung 1 Meret nanti maka kami tetap sebagai operator khusus kapal-kapal milik PT ASDP dan anak perusahan PT ASDP.
"Ngak masalah pelabuhan Kariangau secara penuh ditangani oleh UPT Dithubda Kemenhub Kaltim karena memang sejak awal pelabuhan itu milik UPT Dithubda, kami hanya numpang saja dan kini mereka sudah menyatakan siap mengoperasikan secara penuh pelabuhan Kariangau kami harus dukung,’’ tambah Wisnu.
Sebelumnya, Abd. Madjid mengatakan kalau pemutusan kerjasama antara UPT Dithubda Kemenhub Kaltim dengan PT ASDP Feri Indonesia sudah melalui kajian yang panjang, untuk itu Direktur Direktorat Perhubungan Darat melalui Direktur Lalulintas dan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Ir. Wiratno, MM menerbitkan surat KSO Pengoperasian Pelabuhan Penyeberangan Karaingau, Balikpapan dengan nomor AP.005/1/2/03pD/2011 tanggal, Januari 2011 ditandatangani langsung Dirlalin ASDP Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Ir. Wiratni, MM.
Isi KSO Pengoperasian Pelabuhan Penyeberangan Karaingau,  menyatakan kalau KSO itu berlaku setelah dilakukan rapat bersama 1 November 2010 lalu yang dilaksanakan di kantor Dithubda Kemenhub Jakarta dan salah satu keputusan KSO adalah pelabuhan Kariangau dikelola oleh UPT Dithubda.
Isi lainnya adalah pemutusan KSO antara dua instansi itu dilaksanakan paling lambat 1 Meret 2011, untuk itu Kepala Pelabuhan Kariangau harus mempersiapkan administrasi pemutusan kontrak kerjasama pelabuhan Karaingau, mengadakan koordinasi dan sosialisasi dengan berbagai pihak.
Selain itu mengadakan koordinasi berkaitan dengan serahterima SDM dan aset-aset pelabuhan penyeberangan yang dimiliki PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), mempersiapkan SDM yang kompeten untuk pengoperasian pelabuhan itu dan mempersiapkan tiket terpadu untuk pelayanan angkutan penyeberangan. max

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2409 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...