RSBI SMPN 3 Buka Pendaftaran Siswa Baru

2011-04-02 23:57:05

2011-03-29  15:12:01

Balikpapan ,Menjelang penerimaan siswa baru baik untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, banyak siswa dan orang tua mulai melirik sekolah mana yang cocok bagi anaknya, apalagi saat ini muncul dua sekolah dengan versi berbeda seperti adanya sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan sekolah regular.
Para siswa dan orang tua mulai memilih untuk menyekolahkan anaknya disekolah yang berbau pendidikan internasional yakni RSBI kendati diisukan kalau sekolah ini akan banyak memakan duit karena banyaknya kegiatan sekolah yang justru pembiayaan bisa ditanggung renteng dengan pihak orang tua atau masyarakat lainnya termasuk pemerintah.
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Balikpapan sudah mengumumkan penerimaan siswa baru (PSB), maka terhitung 1 April 2011 sekolah-sekolah yang berlebel RSBI mulai tingkat SD, SMP, SMA dan SMK akan membuka pendaftaran baru dengan membagikan terlebih dulu formulir pendaftaran dan selanjutnya formulir itu dikembalikan setelah diisi secara benar baik oleh siswa maupun orang tua.
Di Balikpapan ada delapan sekolah yang sudah mendapatkan status sebagai RSBI terdiri dari SD Negeri 01 Balikpapan selatan, SMP Negeri 1, SMP Negeri 3, SMA Negeri 1, SMA Negeri 5, SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK Negeri 4, semuanya akan membagikan formulir bagi siswa yang memilih jalur RSBI kendati belum mengikuti Ujian Nasional (UN), namun calon siswa RSBI itu harus benar-benar terdaftar sebagai siswa kelas IX disekolahnya atau di SMP yang selama ini mendidiknya.
Khusus untuk SMP Negeri 3 (RSBI) Balikpapan terletak di Jalan Soekarno Hatta Km 1,5 Kelurahan Gunung Samarinda Balikpapan, telah membuka penerimaan siswa baru RSBI tahun ajaran 2011-2012. Pendaftaran mulai di buka tanggal 01 hingga 18 April 2011.
Koordinator RSBI SMPN 3 Balikpapan, H. Dwi Susanti ST MPd, kepada media ini mengatakan, panitia penerimaan siswa baru RSBI SMPN 3 Balikpapan tahun pelajaran 2011-2012 telah membuka pendaftaran peserta siswa baru melalui jalur seleksi raport dan tes selanjutnya para calon siswa mengambil formulir untuk diisi baik oleh calon siswa sendiri maupun orang tua.
Pendaftaran penerimaan siswa baru RSBI SMPN 3 Balikpapan di buka mulai tanggal 1 April 2011 sampai dengan tanggal 16 April 2011 mendatang, para siswa yang ingin mendaftarkan untuk menjadi calon siswa baru untuk mengambil formulir atau menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pencalonan siswa baru, bisa juga orang tua yang dating dan panitia siap memberikan jawaban setiap pertanyaan yang disampaikan dan pendaftaran di buka mulai pukul 08.00 s/d 12.00 Wita.
‘’Kami telah menyiapkan tujuh kelas bagi calon siswa baru RSBI dan masing-masing kelas akan di tempati calon siswa baru RSBI sebanyak tiga puluh siswa per kelas dan SMPN 3 Balikpapan mendapat jatah sebanyak 7 x 30 siswa atau 210 siswa baru,’’ terangnya.
Masih menurut Dwi Susanti, syarat untuk bisa diterima di SMP Negeri 3 RSBI adalah pertama mengambil dan mengisi formulir pendaftaran di SMPN 3 Balikpapan, kedua, lengkapi dengan Surat keterangan sehat jasmani dari dokter (asli dan foto copy  rangkap dua, ketiga, Surat keterangan sedang duduk di kelas 6 SD dan terdaftar sebagai peserta UN SD/MI tahun pelajaran 2010/2011.
Selain itu, keempat adalah siswa tersebut dilengkapi dengan surat keterangan baca tulis Al Qur’an dari TPA, Masjid atau Musolla, kelima, menunjukakan raport asli adan menyerahkan foto copy yang di legalisir oleh kepala sekolah Dasar sebanyak satu rangkap didalamnya memuat nilai rata-rata rapor dari kelas 4 s/d 5 dan kelas 6 semester 1 mininum nilai 7,00.
Syarat lainnya adalah untuk yang keenam, menyerahkan foto copy surat keterangan / sertifikat bahasa inggris, computer, dan lain-lain yang di legalisir jika ada, ketujuh membuat surat peryataan ( Blangko di siapkan oleh panitia) bersedia mengikuti seleksi Penerimaan Peserta Ddidik Baru (PPDB), bersedia mengikuti program RSBI, bersedia mengikuti tes, minat dan kecerdasan psikotes.
Tidak hanya itu, syarat lainnya adalah, menyerahkan pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar.(9) dan semua berkas di masukan dalam stop map, warna merah untuk perempuan sedangkan warna hijau untuk laki-laki, pendaftar nantinya juga harus menyerahkan SKHUN asli dan foto copy sebanyak 2 lembar dan di legalisir oleh panitia sekolah. mid /max

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2453 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...