Samarinda Kota Layak Anak

2011-05-03  23:51:26

SAMARINDA, Didasari Surat Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunagn Anak RI nomor 56 Tahun 2010, Provinsi Kaltim termasuk didalamnya Kota Samarinda ditetapkan sebagai 10 diantara  provinsi di Indonesia yang akan mengembangkan daerah kabupaten/kota Layak Anak.
Hal ini terungkap dalam Sosialisasi Program Pengembangan Kota Layak Anak dengan melibatkan unsur SKPD, Kecamatan dan Kelurahan, LPM, LSM, PKK, para Kepala Sekolah hingga pihak swasta lainnya sebagai peserta di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang, Selasa (3/5).
”Kenapa harus melibatkan banyak pihak, karena harus disadari kota layak anak ini bukan semata menjadi program kerja perempuan atau Badan Pemberdayaan Perempuan saja, melainkan memerlukan dukungan semua bidang sektor,” ucap Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail.
Didsebutkan, kota layak anak ini merupakan realisasi dari komitmen negara dalam menjamin hak dan kebutuhan anak, yang harus dimulai secara individual dalam hal ini lingkungan keluarga, RT, kelurahan, kecamatan dan seterusnya.
”Untuk itu perlu sinkronisasi dengan semua pihak, apakah pemerintah propinsi tidak terkecuali swasta yang diharapkan ikut memberi andil dalam percepatan pemenuhan hak-hak anak tersebut seperti halnya dalam perlindungan, pendidikan, kesejahteraan, kesehatan dan lain-lain,” tandasnya.
Terhadap pemenuhan hak anak yang tertuang dalam amanat UU tersebut di Kota Samarinda sendiri menurut Wawali sejauh ini telah dirintis beberapa langkah kebijakan yang mengarah kepada dukungan terhadap hal tersebut, seperti program santunan kelahiran hingga penyediaan dana BOS, namun hal tersebut menurutnya lagi belumlah cukup bila tidak disertai dengan dukungan maksimal dari semua pihak apakah jajaran pemerintah termasuk pihak swasta lainnya untuk mengimplementasikan UU ini ke dalam  kegiatan pembangunan yang peduli sensitif dan memihak pada kepentingan anak.
Khusus terhadap tindak lanjut dari program kota layak ini Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat & Perempuan Kota Samarinda Hj Erna Erawaty Idjab menyebut nantinya akan dibentuk Tim Gugus yang akan melibatkan banyak instansi.
”Dinas pendidikan, kesehatan pariwisata hingga Dinas Perhubungan maupun Cipta Karya dan Tata Kota yang nantinya akan bertugas sesuai dengan tupoksi kelembagaan seperti halnya penyedian sarana jalan menuju sekolah atau penyediaan sarana angkutan anak sekolah apabila memang diperlukan,” terangnya.
Kota Layak Anak sendiri menurut Kepala BPP & KB Prov Kaltim Hj Ardiningsih selaku nara sumber adalah sebuah sistem pembangunan daerah yang mengintegrasikan semua sumber daya yang ada kepada kegiatan pemenuhan hak dan perlindungan anak.john

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2409 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...