Pelayanan RSUD-KD Harus Kelas Internasional

2011-06-13 05:05:28

Gedung IRNA Lantai Delapan Dilengkapi Lapangan Helikopter

2011-06-13  05:05:52

BALIKPAPAN, Gubernur Kaltim  Awang Faroek Ishak meminta agar Rumah Sakit Umum Daerah – Kanujoso Djatiwibowo (RSUD-KD) Balikpapan dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatan, sebab saat ini masyarakat mencari pelayanan kesehatan yang professional menjadi pilihan, olehnya tidak sedikit masyarakat Indoensia dan Kalimantan Timur (Kaltim) yang mencari pelayanan kesehatan di luar negeri.
RSUD-KD, merupakan salah satu dari tiga rumah sakit milik pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur dan apa yang menjadi kebutuhan rumah sakit akan terus dipenuhi kendati harus menunggu sampai anggaran yang ada bisa membeli peralatan yang dibutuhkan bagi para dokter spesalis yang harus melayani pasien.
‘’Kami minta kepada Dirut RSUD-KD agar memperhatikan pelayanan kesehatan pasien dan kebersihan rumah sakit, sebab ini menjadi pilihan setiap orang ketika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan. Kalau mereka melihat rumah sakit yang hanya sekedarnya melayani pasien dan tidak professional maka pasti akan ditinggalkan, untuk itu RSUD – KD harus professional dan menjadi rumah sakit internasional,’’ ujar Awang Farouk ketika memberi sambutan pada pemancangan tiang pertama Gedung Instalasi Rawat Inap Darurat (IRNA) RSUD-KD, Sabtu (11/6).
Pembangunan Gedung Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanujoso Balikpapan akan menghabiskan dana sebesar Rp 136 miliar dan akan dibangun dalam dua tahap, pertama untuk kerangka bangunan dan tahun 2012 mendatang pembangunan fisik secara utuh dan bangunan ini memang sudah sangat mendesak.
Tiap hari cukup banyak pasien yang harus menunggu ada tempat tidur kosong sehingga pasien harus pulang kerumah mereka dan akan dipanggil jika sudah ada tempat tidur kosong, untuk itu pembangunan gedung IRNA lantai delapan ini menjadi solusi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih professional sehingga pelayanannya menjadi pelayanan internasional.
Direktur RSUD - KD Balikpapan, dr Rachim Dinata, SpB, MKes, mengatakan pembangunan gedung IRNA akan dibangun dengan dua tahap dan akan tuntas ditahun 2013 sedangkan pembangunan gedung ini oleh PT Pembangunan Perumahan (PP), sedangkan Direktur PT PP Balikpapan mengatakan kalau pembangunan fisik hanya akan memakan waktu enam bulan atau setidaknya Januari 2012 sudah tuntas.
Masih menurut Rahimj Dinata, pembangunan gedung IRNA akan dibangun 8 lantai diatas tanah seluas 14.000 m2 dan akan dilengkapi dengan lapangan helicopter sedangkan untuk tahap awal akan dialokasikan pembiayaan sebesar Rp39 miliar sisanya sekitar Rp 100 miliar lebih akan dihabiskan tahun 2012 terasuk fasilitas di dalamnya.
Menurut Rahim Dinata, Gubernur Awang Faroek juga sekaligus akan menyaksikan launching stroke unit  yakni unit khusus penanganan secara holistic kasus stroke dan  high care unit (perawatan intensif tanpa menggunakan fentilator), untuk Stroke unit  akan menyiapkan 12 tempat tidur, sementara high care unit  dilengkapi 11 tempat tidur.
Selain itu Gubernur juga akan melihat langsung penyerahan sertifikat akreditasi 16 pelayanan yang akan diserahkan oleh Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr Supriyantoro SpP, MARS, sertifikat akreditasi 16 pelayanan yang diberikan diantaranya meliputi penilaian tentang layanan emergency, kamar operasi, pelayanan gizi, rawat inap, radiologi, laboratorium dan periski.
Saat ini rawat inap yang tersedia hanya berjumlah 96 tempat tidur pasien, nanti setelah pembangunan gedung baru ini selesai maka jumlah tempat tidur pasien akan bertambah hingga 500 tempat tidur. "Apa yang kami lakukan adalah bagian dari upaya untuk terus memberikan pelayanan terbaik yang lebih lengkap kepada masyarakat, Balikpapan dan Kaltim secara umum," ujar Rahim Dinata. max

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2519 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...