Perluasan Bandara Sepinggan Segera Dilaksanakan

2011-06-13 05:06:45

Habiskan Rp 1,57 Triliun

2011-06-13  05:07:00

BALIKPAPAN, Pemerintah akhirnya memutuskan bandara internasional Sepinggan di Balikpapan akan dipugar dan dibangun menjadi lebih besar lagi. Pembanguannya akan menghabiskan dana sedikitnya Rp 1,57 triliun dan dana sebesar itu akan digunakan untuk relokasi bangunan, pembangunan terminal, tempat parkir, serta hangar.
"Jadi rencana induk pengembangan ini sudah dianggarkan dan akan mulai dilakukan pertengahan Juni 2011i," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Sepinggan Balikpapan, Abdullah Husin, baru-baru ini. 
  Dia menjelaskan, perluasan ini dilakukan agar dapat memberikan kenyamanan pelayanan kepada penumpang yang makin meningkat, sebagai bukti tahun 2010 lalu, jumlah penumpang di Sepinggan mencapai  5,1 juta orang dengan jumlah penerbangan 37.973, pada 2013 nanti diprediksi jumlah penumpang mencapai 6,4 juta orang dengan jumlah penerbangan diperkirakan mencapai 59.000. 
  Menujrut Husein, luas bandara saat ini 292 hektare akan ditambah menjadi 365 hektare dan rencananya peletakan batu pertama pembangunan dan perluasan bandara itu akan dilakukan pada tanggal 17 Juni mendatang, mudah-mudahan sudah tidak ada perubahan lagi, khusus untuk pembangunan runway akan ditanggung Pemerintan Provinsi Kalimantan Tim dengan nilai Rp200 milliar, sehingga panjang run way yang ada saat ini hanya 2.500 meter akan menjadi 3.250 m. 
Masih menurut Husein, kalau anggaran perpanjangan runway akan ditanggung oleh pemprov dan saat ini izin dari Kemenhub sudah turun sehingga pemprov Kaltim sudah bisa mengusulkan pembanguannya ke pemerintah pusat di Jakarta sedangkan lainnya menjadi tanggungan pemerintah pusat melalui APBN. 
Ditanya kapan pembangunan bandara internasional Sepinggan selesai, dia mengatakan pada akhir 2013 dan pada saat itu pesawat Boeing 747-400 sudah bisa mendarat di Sepinggan sehingga pemberangkatan jemaah haji dari Sepinggan akan langsung ke Jedah tanpa transit di Batam untuk mengisi bahan bakar.
Pembangunan bandara Sepinggan menjadi lebih modern berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan nomor: KP 309 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Bandar Udara Internasional Sepinggan di Kotamadya Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, sosialisasi terkait pembangunan bandara Sepinggan itu mencakup keseluruhan penggunaan tanah serta ruang udara untuk menunjang kegiatan operasional bandara. 
Kepada media ini dia mengatakan kalau perluasan bandara akan dimulai Juni 2011 ini, nanti akan ada ground briefing dengan Presiden RI untuk perluasan bandara ini yang tadinya 12.500 meter persegi menjadi 110.000 meter persegi, anggaran yang dialokasikan untuk perluasan bandara mencapai Rp 1,57 triliun. 
Ditanya penggunaan dana sebesar Rp 1,57 triliun, manager umum PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Sepinggan, Tulus Pujiono mengatakan kalau anggaran tersebut digunakan untuk pembebasan lahan, perpanjangan  runway (landasan pacu) ke arah barat dan perluasan terminal penumpang termasuk reklamasi lahan. 
"Terkait pembebasan lahan seperti yang disampaikan bapak Suriyanto (Kepala Bapeda) tadi, yang wajib dibebaskan adalah sekitar 9 hektar." ujar Pujiono.
Pujiono juga mengatakan bahwa terminal lama masih tetap akan dioperasikan.
Kepala Bapeda, Suriyanto membenarkan adanya pembebasan lahan sekitar 9 Ha kendati setelah dikaji ternyata luasan lahan yang akan dibebaskan hanya sekitar 8 Ha dan untuk pembebasan lahan itu perlu koordinasi dengan instansi terkait. "Kami akan melakukan pertemuan teknis untuk membahas secara detil mengenai proses pengukuran yang mungkin akan melibatkan pemerintah provinsi, dalam hal ini Biro Perlengkapan dan BPN Balikpapan," ujarnya.
  Setelah dilakukan pengukuran tanah barulah pemerintah bisa menentukan anggaran dan menurut Suriyanto, sebelumnya sudah ada pembahasan anggaran untuk pembebasan lahan sebesar Rp.20 milyar tapi anggaran tersebut masih belum dapat direalisasikan karena belum ada rencana induk tentang perluasan bandara.
Dibagian lain, Kahumas PT AP 1 Bandara Sepinggan A Husein mengatakan perluasan Bandara Sepinggan setelah melihat tingginya pertumbuhan penumpang dan penerbangan pesawat melalui bandara ini. Pertumbuhannya sekitar 19,5 persen penumpang setiap tahun atau sekira 4,3 juta penumpang datang dan berangkat di tahun 2009 dari sebelumnya hanya 2,2 juta penumpang di tahun 2004, ini menunjukkan kalau Bandara Sepinggan sudah tergolong padat.
Karena itu, perluasan kawasan bandara internasional ini dipandang cukup mendesak sebagai bukti luas gedung terminal hanya 2.547 meter persegi (m2) masing-masing kapasitas 679 kursi untuk ruang tunggu keberangkatan dalam dan luar negeri serta areal kedatangan dalam dan luar negeri yang hanya mampu menampung 841 penumpang, artinya pengelola bandara Sepinggan hanya mampu memberi rasio kenyamanan sebesar 41 persen.
Bandara Sepinggan berada di atas lahan seluas 365,02 hektare setelah dilakukan penambahan lahan seluas 38,09 ha dari luas lahan yang dibebaskan mencapai 34,05 Ha dari lahan yang direklamasi, bandara Sepinggan ini menjadi krusial karena pengembangan menjadi 365,02 Ha dari total luas lahan 292,88 Ha.
Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Zairin Zain mengatakan peletakan batu pertama pembangunan perluasan terminal baru Bandara Sepinggan direncananya akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  (SBY) pertengahan Juni 2011 ini, bertepatan dengan rangkaian kegiatan pembukaan Penas XIII Petani dan Nelayan di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Bandara itu sendiri akan menampung 10 juta penumpang dengan kapasitas 11 garda barata. max

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Kamis 2 Oktober 2014
Kamis 2 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2471 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...