Demplot Dikembangkan Jadi Agrowisata

2011-06-22 06:13:10

2011-06-22  06:15:46

TENGGARONG,Area demonstration plot (demplot) seluas lebih kurang 25 hektare di lokasi Penas KTNA Tenggarong Seberang yang sudah tertata dengan baik dan cukup strategis diharapkan akan menjadi agrowisata.
Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari saat panen perdana di area demplot Penas KTNA, Selasa (21/6)
berharap setelah penas areal demplot dapat terus dipertahankan,  dan selanjutnya dapat dikembangkan dan diperluas, agar menjadi salah satu wadah percontohan bagi pengembangan pertanian di Kukar khususnya dan di Kaltim pada umumnya.
Selain wadah pengembangan pertanian dalam arti luas, kegiatan dan praktik penyuluhan juga harus selalu dilakukan di demplot tersebut, sehingga areal demplot selalu didatangi oleh para petani di seluruh penjuru tanah air untuk belajar pertanian.
Menurut Rita, Kukar memang terlebih dahulu dikenal sebagai daerah yang kaya akan Sumber daya alamnya (SDA) seperti minyak bumi, gas, dan batubara. Namun tidak berarti Kukar meninggalkan potensi pertaniannya yang juga cukup besar, karena Kukar memiliki wilayah yang sangat luas untuk dijadikan lahan pertanian yang produktif.
Salah satu komitmen yang dilakukan Pemerintah Kukar yaitu dengan mengalokasikan dana APBD Kukar sebesar 10 persen bagi pengembangan pertanian dalam arti luas, dan menciutkan lahan tambang.
“Saya berkeinginan demplot ini akan memberikan manfaat yang sangat luas bagi perkembangan pertanian di daerah ini, dan dapat terus berkembang untuk menjadi salah satu kawasan wisata yaitu Agrowisata, ” harap Rita. (adv)

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2456 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...