30 Tutor Muara Jawa Ikuti Diklat Peningkatan Mutu PTK-PNFI

2011-10-31 23:43:54

2011-11-1  23:44:39

TENGGARONG,Diklat Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) program peningkatan mutu PTK-PNF, diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim selama lima  hari, sejak 24 - 28 Oktober 2011. Diklat tersebut diikuti para Tutor Pendidik Anak Usia Dini sebanyak 30 orang.  Peserta berasal dari satuan pendidikan anak usia dini dalam wilayah kerja UPT-SKB Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara meliputi Kecamatan Samboja, Muara Jawa dan Sangasanga.
Diklat yang berlangsung di aula Hotel Bintang Jalan A Yani Kecamatan Muara Jawa dibuka Kadisbud Kaltim H Musyahrim, dengan 30 peserta terdiri dari berbagai lembaga PAUD.
Menurut Kadisbud Kaltim melalui Kasi Peningkatan Mutu PNF dan Diklat Yekti Utami, PAUD mulai banyak dikenal sekitar tahun 2000 dengan ditandai dibentuknya Direktorat PAUD. Namun konsep tentang PAUD sebenarnya sudah ada sebelum itu ,bahkan sudah dikenal sejak jaman kerajaan yang dikenal dengan istilah Systim Cantrik, pada jaman Belanda dinamakan Europese Lagere School (ELS) dan Froebelschool , pada penjajahan Jepang beralih ke systim Nippon yang merupakan cikal bakal Taman Kanak-kanan (TK) dan yang pertama kali dikenalkan oleh Ki Hajar dewantara melalui Taman Siswa dengan ditandai berdirinya Taman Indria di Kotagede Jogjakarta pada tanggal 3 Juli 1922.
"Taman Kanak-kanak ini memberikan layanan pendidikan bagi anak usia dibawah tujuh tahun," katanya.
Menurut dia, pada dasarnya PAUD dilaksanakan sebagai persiapan sebelum menempuh pendidikan dasar dengan tujuan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya,sehingga dalam pelaksanaannya harus mengacu pada kondisi ,kebutuhan dan kepentingan anak."Sebagai orang tua dan pendidik yang perlu diperhatikan bahwa dalam pengasuhan anak usia dini hendaknya diikuti pemahaman yang mendalam mengenai pola perkembangan anak," ujarnya.
Secara terpisah, Ketua Panitia Purwaningsih Larasati mengatakan, Diklat tersebut merupakan program dari pusat yang dilaksanakan melalui UPTD PKB Kaltim dan dilaksanakan di  wilayah kerja UPT-SKB Muara Jawa . “Jadi UPT- SKB Muara Jawa ditunjuk sebagai penyelenggara kegiatan pelatihan peningkatan mutu pendidik Paud," katanya.
Menurutnya, diklat bertujuan dalam upaya menyukseskan program PAUD, khususnya program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan pendidik tentang konsep bermain anak usia dini. Melalui diklat, peserta diharapkan dapat mempraktekkan keterampilan dasar mengajar pendidik PAUD.
Selain itu, peserta juga diharapkan mampu menjelaskan jenis-jenis kompetensi pendidik PAUDNI sesuai Permendiknas 58/2009 tentang standar PUD.
Peserta diklat dibekali materi pelatihan seperti kebijakan PAUD, strategi peningkatan mutu pendidik PAUD, Penyelenggaraan PAUD dengan pendekatan BCCT, perkembangan anak, bermain dan anak, jenis dan penerapanya , penataan lingkungan bermain, etika pendidik dan komunikasi anak usia dini serta kompetensi pendidik PAUD serta perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang menyenangkan untuk anak. Dengan pemateri disampaikan dari UPTD- Pusat Pengembangan Belajar Prov Kaltim Yekti Utami,S Sen MPd, Dra Hj Rahana nurul Aini, Dra Sumartini, Tri Widayati SP MPd dan Sunarti, SPd. (adv)

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Rabu 17 September 2014
Rabu 17 September 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2468 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...