Jaga Potensi dan Kelestarian SDA Wilayah Pesisir

2011-11-09 03:40:37

2011-11-09  03:40:28

TENGGARONG, Dinas  Kelautan dan Perikanan Kutai Kartanegara melalui bidang Kelautan Pesisir dan Pulau  Pulau Kecil (KP3K) dan Pengawas Sumber Daya Ikan menggelar kursus singkat tentang pengelolaan laut dan pesisir di Kecamatan Muara Badak selama 5 hari (24-28 Oktober 2011) lalu, bertempat di Hotel Sekarini.
Kabid KP3K Dinas Kelautan dan Parikanan Kukar, Dadang S Supriatman yang juga ketua panitia kegiatan mengatakan, pelatihan tersebut dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman tentang hal – hal yang terkandung di dalam Undang Undang No 27 Tahun 2007 tentang pengelolaan wilayah pesisir  dan pulau – pulau kecil beserta implemtasinya. "Termasuk  mengurangi beban bencana atau mitigasi bencana dan menyusun    rencana langkah-langkah yang perlu diambil di tingkat pelaksanaan (action plant) terhadap pengelolaan pesisir dan pulau – pulau  kecil," kata Dadang.
Pelatihan dibuka Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar M Syahran dan dihadiri oleh para peserta yang berasal dari unsur petugas kelautan dan perikanan di wilayah pesisir, kantor Kecamatan Muara Badak dan unsure desa di wilayah pesisir.
Dikatakan, kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk usaha Dinas Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan kinerja aparatur terkait dengan wilayah pesisir, yang bertujuan untuk menjaga potensi serta kelestarian Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di wilayah pesisir.
Harapannya adalah agarpara petugas bisa memberikan bimbingan penyuluhan dan arahan kepada masyarakat pengguna supaya dalam pemanfaatan sumber daya laut harus selalu mempertimbangkan aspek berkelanjutan, sehingga sumber daya tersebut bisa lestari.
Hadir dalam acara sebagai pemateri dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut BPSPL Pontianak, dosen Unmul Samarinda dan BKD Kukar M Ridha Darmawan.
Untuk diketahui, sebelumnya, Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar merencanakan akan membuat tata ruang wilayah pesisir dengan membuat kawasan atau zona-zona pemanfaatan kawasan laut di pesisir Kukar.
Menurut Kabid KP3K DKP Kukar, Dadang S Supriatman, penataan kawasan pesisir perlu dilakukan dalam rangka memperjelas wilayah atau zona yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya laut pesisir, sehingga tidak terjadi tumpang tindih sebagaimana terjadi di kawasan daratan.
Dalam penataan tersebut akan ditentukan beberapa zona, seperti zona tangkap, zona wisata maupun zona lintas umum, baik itu lintasan kapal angkutan umum maupun kapal houling batu bara termasuk zona jalur pipa dan tambang Migas.
"Juga akan ditentukan mana zona wisata laut jika memang nantinya ditemukan kawasan yang dipandang layak untuk wisata bawah laut," kata Dadang saat itu.
Penentuan zona tersebut nantinya akan mempermudah pihak-pihak yang memanfaatkan zona masing-masing, baik nelayan yang nantinya tidak harus terganggu oleh aktivitas perusahaan demikian juga sebaliknya, karena sudah memiliki kawasan atau zona masing-masing.
Hal itu akan mempermudah instansi terkait dalam hal pengawasan, baik pihak DKP maupun Dinas Perhubungan.
"Rencana penataan itu sendiri merupakan amanat dari Undang Undang Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil," sebut Dadang.
Dalam rancana tata ruang pesisir itu nantinya akan dilakukan beberapa kegiatan, dimana menurut Dadang, langkah pertama adalah rencana strategi, kemudian rencana zonasi, rencana pemanfaatan serta rancana aksi.
Namun sebelum semua itu dilaksanakan, terlebih dahulu akan dilaksanakan kegiatan kursus singkat pengelolaan laut dan pesisir, yang akan melibatkan sejumlah pihak khususnya aparat pemerintah terkait. yd

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2481 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...