Polsek Teluk Dalam Gagalkan Ulin Ilegal

2011-12-27 16:24:25

2011-12-27  16:25:14

TENGGARONG, Aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Teluk Dalam berhasil menangkap satu pelaku illegal loging bernama Siswo Santoso (27) warga Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara , Minggu (25/12) lalu sekitar pukul 19.30 Wita di Desa Separi, Tenggarong Seberang, Kukar.
”Dari pelaku pihak kepolisian  mengamankan barang bukti sebanyak 62 potong kayu olahan jenis ulin,” kata Kapolres Kukar AKBP I Gusti Kade Budhi Harryarsana didampingi Kapolsek Teluk Dalam AKP Slamet Ramelan melalui Kasubag Humas AKP I Nyoman Subrata, Senin (26/12) kemarin.
Diterangkan, terungkapnya kasus illegal loging ini bermula saat anggota Polsek Teluk Dalam melaksanakan giat patroli. Sesampainya di Tempat Kejadiana Perkara (TKP), anggota melihat satu unit mobil pick up merk Mitshubishi L300 warna coklat bernopol KT 8448 CB melintas dan bermuatan kayu.
”Kendaraan itu langsung dikejar dan dihentikan anggota. Setelah mobil yang dikemudikan Siswo tersebut berhasil dihentikan, anggotapun langsung melakukan pemeriksaan akan dokumen kayu tersebut. Ternyata, kayu yang diangkut tersebut tak memiliki dokumennya dan illegal," katanya.
Karena tak ada dokumennya, lanjut dia, pelaku dan barang bukti langsung dibawa ke Mapolsek Teluk Dalam.
Dikatakan Nyoman, dari hasil pemeriksaan, Siswo mengaku kayu tersebut diambil di Km 21 yang berada dilokasi PT Mahakam Sumber Jaya (MSJ). Rencananya, kayu tersebut akan dijual kembali.
”Dia (Siswo) hanya sopir saja dan disuruh menangkutkan kayu itu oleh pemiliknya yang saat ini masih kami kejar. Sementara mobil yang dipakai untuk mengangkut kayu itu juga hanya sewaan saja. Untuk upahnya, pelaku diberikan sejumlah uang Rp300 ribu sekaligus untuk membayar sewa mobil,
Mengenai kasus ini, Nyoman, saat ini Siswo sudah ditetapkan tersangka dan mendekam ditahanan Mapolsek Teluk Dalam.” Pelaku akan dijerat pasal 50 ayat 3 junto pasal 78 ayat 4 Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang kehutanan dengan ancaman maksimal 10 tahun. Opi

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2505 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...