Keberhasilan Reformasi Birokrasi Ditentukan SDM Pegawai

2012-01-11 00:05:41

2012-01-11 00:06:36

TENGGARONG, Keberhasilan reformasi birokrasi yang digaungkan hampir semua pemerintah daerah termasuk Pemkab Kutai Kartanegara ditentukan dari keberhasilan reformasi summber daya manusia (SDM) pegawainya.n
Belum lama ini,  Dewan Riset Daerah (DRD) menggelar Lokakarya Refleksi Akhir Tahun (LRAT) dengan tema Catatan Penting Pembangunan Kukar 2011, berlangsung di Pendopo Bupati.
LRAT yang dimoderatori M Kasim itu menampilkan tiga  pembicara yang memaparkan berbagai aspek, terutama masalah ekonomi, pengelolaan keuangan daerah, tata ruang wilayah, reformasi birokrasi hingga penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap kinerja pemkab.   
Pembicara dimaksud yakni  Dosen Fakultas Ekonomi Unikarta Tenggarong Dr Sabran SE MSi,  Ketua Komisi Ekonomi dan Pembangunan pada DRD Kukar Prof Dr Iskandar MSi dan Ir Khalid Imran Ketua Komisi  Tata Ruang dan Lingkungan Hidup juga dari DRD Kukar.
Profesor Iskandar dalam makalahnya berjudul Reformasi Birokrasi Menuju Kukar Wajar Dengan Pengecualian (WDP) 2012 , diantaranya mengatakan tujuan diadakannya Reformasi Birokrasi adalah demi menciptakan mesin birokrasi yang cepat dan tanggap merespon kebutuhan publik. Menurutnya, Reformasi Birokrasi juga merupakan upaya sistematis, terpadu dan konprehensif untuk mewujudkan pemerintahan yang baik atau good governance. Sehingga diharapkan mampu mendorong percepatan akselerasi pembangunan dan terwujudnya kebebasan warga negara menentukan nasibnya secara bermartabat.
Ditambahkan, reformasi birokrasi jika dilaksanakan mencakup tiga elemen, yakni kelembagaan, ketata laksanaan dan sumberdaya manusia atau SDM PNS. Karena reformasi kelembagaan termasuk reformasi ketata laksanaan  dalam birokrasi adalah prasyarat  untuk menjamin berlangsungnya pengelolaan pemerintahan yang demokratis. “Pemerintahan yang demokratis berdampak terhadap sistem ekonomi yang berkeadilan sosial bagi semua,” katanya.
Sedang reformasi SDM PNS sangat strategis karena keberhasilan reformasi birokrasi ditentukan oleh keberhasilan reformasi kepegawaian.
Sebab menurut Iskandar, kelembagaan atau SKPD dan ketata laksanaan tanpa didukung SDM yang baik dipastikan tidak akan berjalan maupun berfungsi optimal. Untuk reformasi kepegawaian, lanjutnya, maka perlu dicermati mulai dari sistem rekruitmen, penggajian atau numerasi, pengukuran kinerja hingga promosi. "Sebab, aparatur birokrasi di Indonesia adalah penggerak hampir disegenap sektor pembangunan dan pelayanan masyarakat," kata Iskandar. 
Menurut dia, upaya-upaya yang tidak sistematis  dan komprehensif hanya akan menimbulkan persoalan baru dalam birokrasi. "Oleh sebab itu, reformasi birokrasi perlu dilakukan agar Kukar nantinya  mendapat opini terbaik dari BPK,” ujarnya. yd

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Kamis 18 September 2014
Kamis 18 September 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2468 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...