Pemprov Beri Penghargaan SKPD Berprestasi

2012-01-18 01:18:16

2012-01-18  01:19:00

SAMARINDA, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berharap agar seluruh aparatur Pemprov Kaltim pada tahun 2012 ini sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasi dan peningkatan kinerja
baik kinerja dan prilaku kehidupan sehari-hari dapat lebih ditingkatkan pada 2012 ini.
"Banyak hal yang perlu dilakukan Pemprov Kaltim terutama dalam meraih kesuksesan menuju Kaltim Bangkit 2013. Seperti, pembangunan program MP3EI yang kini tengah dilakukan Pemprov Kaltim menuju masyarakat yang sejahtera. oleh karena itu diharapkan dengan belajar dari pengalaman pada tahun sebelumnya, maka pada tahun selanjutnya, yakni 2012 hingga 2013 nanti program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik,” kata Awang Faroek Ishak pada apel pagi (17/1) dihalaman Kantor Gubernur Kaltim
Menurut Awang dalam meraih  kesuksesan tersebut, memang tidak mudah. Perlu adanya dukung semua pihak, baik masyarakat, Pemkab dan Pemkot se Kaltim serta seluruh SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim.
“Karena itu, terutama kepada seluruh SKPD di Lingkungan Pemprov Kaltim dapat lebih semangat dan termotivasi dalam menjalankan program yang telah direncanakan, sehingga dengan semangat yang baru serta didukung motivasi yang tinggi, saya yakin Insya Allah dalam meraih kesuksesan menuju Kaltim Bangkit 2013 bisa terwujud,” harap Awang.
Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Syachrumsyah Asri, mengungkapkan bahwa ada enam variabel yang menjadi dasar penilaian. Diantaranya adalah penerapan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP), laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD), laporan pengelolaan keuangan daerah, laporan pengelolaan asset daerah, laporan pengelolaan kepegawaian dan SKPD inovatif.
“SAKIP bobot nilainya cukup tinggi yaitu 25 persen, kemudian laporan pengelolaan keuangan daerah bobotnya 15 persen, lalu laporan pengelolaan asset daerah, laporan pengelolaan kepegawaian dan LPPD masing-masing bobotnya 10 persen, dan terakhir adalah SKPD inovatif dengan bobot nilai tertinggi yaitu 30 persen,” ungkap Syachrumsyah.
Menurutnya, kategori SKPD inovatif dinilai berdasarkan inovasi yang telah dilakukan oleh suatu SKPD sehingga mereka mampu memberikan pelayanan prima kepada publik. Selain itu SKPD tersebut juga telah memperoleh ISO dan berbagai macam sertifikasi lainnya, serta penghargaan baik regional, nasional dan internasional.
“Kita bisa lihat hasil-hasil inovasi sangat baik yang telah dilakukan oleh Dispenda, Badan Perpustakaan, Sekretariat Daerah, RSUD AW Syahranie, RSUD Kanudjoso dan Disperindagkop, sehingga mereka bisa menduduki peringkat teratas berdasarkan penilaian yang dilakukan selama tahun 2011,” katanya.
Sementara, keberhasilan Disperindagkop dan UMKM mendapatkan peringkat pertama sebagai SKPD terbaik tahun 2011 tidak terlepas dari kinerja mereka selama setahun terakhir. “Meskipun ada beberapa SKPD yang juga berhasil meraih empat hingga lima penghargaan, namun secara keseluruhan dari semua kategori, mereka unggul dan berada pada posisi teratas,” jelasnya.
Berdasarkan urutannya, setelah Disperindagkop dan UMKM, peringkat kedua ditempati oleh SKPD terbaik tahun 2010 yaitu Badan Perpustakaan Daerah Kaltim, peringkat ketiga adalah Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, dan peringkat keempat hingga keenam berturut-turut ditempati oleh RSUD Kanudjoso Djatiwobowo Balikpapan, RSUD AW Syahranie dan RSKD Atma Husada Mahakam.

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Jumat 24 Oktober 2014
Jumat 24 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2479 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...