Muatan Lokal Cerminkan Indentitas Daerah

2009-09-01 13:53:58

2009-09-01  10:53:42
Poskota Kaltim.Com-SAMARINDA : Hj Kasriyah politisi asal PPP Kaltim, mengaku banyak agenda besar dan perlu dituntaskan setelah dirinya dilantik secara resmi menjadi DPRD Kaltim periode 2009-2014. Agenda besar tersebut antara lain mengentaskan masalah pendidikan serta masalah perkembangan budaya lokal.
"Dua sektor itu akan manjadi sektor prioritas selama saya duduk kali kedua di dewan," ucap Kasriyah, Selasa (1/9).
Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim tersebut mengungkapkan meski alokasi dana pendidikan teralokasi 20 persen, namun secara garis besar perekmbangan pendidikan di Kaltim belum bisa maju seperti harapan.
Dukungan dana tersebut ia akui bukan menjadi penentu keberhasilan pembangunan pendidikan. "Keberhasilan pembangunan penddikan itu tidak urni dana tetapi juga mutu pelaksananya," tegas Kasriyah.
Ia mengaku, kini barometer keberhasilan pembangunan pendidikan bikan dilihat dari fisik serta prestasi tetapi mutu mentalitas anak didik.
Mentalitas anak didik memiliki peranan cukup penting dan membuat keberhasilan pembangunan pendidikan menjadi lebih bermakna. "Lebih baik tidak pandai tetap bermetal baik. Sementara mental buruk sulit berubah, tatpi pandai itu bisa dipelajari, asalkan semua syarat mendukung hal tersebut," jelas Kasriyah.
Barometer belum adanya keberhasilan pembangunan pendidikan, terkhusus soal mentalitas itu katanya, terlihat kentara dengan peningkatan kasus kasus kriminalitas serta asusila melibatkan generasi muda.
Meski barometer itu bersifat subyektif, namun Kasriyah mengaku, alih teknologi serta temnuan alat alat baru telah membuat kamajuan tidak bisa dihindari, tidak terkecuali efek negatif dari temuan tersebut. "Sederhana sioal televisi, karena ada telivisi anak jadi malas belajar, bahkan lebih parah tayangan tidak mendidik mengancam mental anak," contoh Kasriyah.
Pada contoh sederhana lain kemunduran buadaya lokal Kasriyah mengaku kini merasa miris anak muda tidak lagi mengenal budaya serta adat istiadat daerah. Ketidaktahuan dari generasi muda tersebut, Menurut Kasriyah menjadi satu dari hal yang sulit dihindarkan. "Penipisan berbudaya sudah tidak dapat dihindarkan,"tegas Kasriyah. fer




Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2481 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...