Seharusnya Lebar Jalan Poros Palaran Minimal 30 Meter

2012-01-29 16:05:30

2012-01-29  16:06:13

SAMARINDA, Melihat banyaknya truk-truk peti kemas yang besar seharusnya jalan lebar agar tidak menimbulkan kemacetan. Pelebaran jalan di sepanjang Samarinda–Sanga-Sanga ini, jika menurut Surat Keputusan Gubernur Kaltim Nomor 212 Tahun 1987 tentang Prioritas Pengawasan dan Pengamanan Fisik Jalan di Provinsi Kaltim, seharusnya lebar ideal untuk pelebaran jalan poros Palaran yang saat ini dipersiapkan sebagai lintasan Terminal Peti Kemas (TPK) itu harus minimal 30 meter.
Menurut Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Poros Palaran Dinas Pekerjaan Umum Kaltim Irsyani, melihat surat Keputusan ini diterbitkan sejak 14 Juli 1987 silam ketika  gubernur masih dijabat HM Ardans. Semestinya jalan poros Palaran lebarnya minimal 30 meter. Ruang sepanjang jalan dibatasi lebar dan tinggi tertentu, yang dikuasai pembina jalan dengan hak tertentu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
"Seharusnya jalan Palaran minimal 30 meter sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku," kata Irsyani.
Seperti daerah milik jalan (Damija) diperuntukkan bagi daerah manfaat jalan (Damaja) dan pelaksanaan jalan maupun penambahan jalur lalu lintas di kemudian hari serta kebutuhan ruang untuk pengamanan jalan.
Dijelaskannya, Damaja merupakan ruas sepanjang jalan yang dibatasi oleh lebar, tinggi dan kedalaman
ruang bebas tertentu yang diperuntukkan bagi median, perkerasan jalan, pemisahan jalur, bahu jalan, saluran tepi jalan, trotoar, lereng, ambang pengaman timbunan dan galian gorong-gorong perlengkapan jalandan bangunan pelengkap lainnya. Sedangkan Damija adalah ruas sepanjang jalan yang dibatasi oleh lebar dan tinggi tertentu guna daerah manfaat jalan dan pelebaran jalan maupun menambahkan jalur lalu lintas dikemudian hari, serta kebutuhan ruangan untuk pengamanan jalan.
Untuk Dawasja, merupakan ruas disepanjang jalan di luar Damija yang ditentukan berdasarkan kebutuhan terhadap pandangan pengemudi. Dawasja dibatasi oleh lebar diukur dari As jalan.
"Kalau untuk Damaja di ruas jalan poros Palaran ini, minimal 14 meter, sedangkan Damija 20 meter, serta Daerah Pengawasan Jalan (Dawasja) 2 x 5 meter," urainya.
Namun dalam pelaksanaannya, jalan milik Pemprov Kaltim yang saat ini tengah diperlebar ternyata mendapat persetujuan dari warga Palaran khususnya yang berada di tepi jalan kurang 4 meter dari angka 30 meter yang ditentukan dalam SK Gubernur. Dalam hal ini jalan tersebut bisa saja kelak akan menjadi sempit seiring dengan pertumbuhan kendaraan pada waktu jangka pendek.
"Untuk di Palaran saat ini kebutuhannya 26 meter, tapi kelak kalau sudah ramai bisa dilihat seperti Jalan Slamet Riyadi kini sudah menjadi langganan macet. Makanya kalau saja warga bersedia mengikuti SK Gubernur dengan melebarkan jalan hingga 30 meter mungkin sedikit ada ruang," ujarnya.
Meski demikian, dia bukannya menutup pintu komunikasi untuk memecahkan masalah ini. Karena dalam pelebaran jalan saat ini mendesak untuk pemindahan TPK Palaran dari pelabuhan Samarinda di Jalan Yos Sudarso. Sehingga pelaksanaan pekerjaan pelebaran dan peningkatan jalan sepanjang 18 kilometer dari Jembatan Mahakam hingga simpang TPK Palaran dipercepat dengan kondisi yang ada saat ini yakni 26 meter.
"Kami masih terus mensosialisasikan kepada warga terutama warga Palaran. Karena saat ini prioritas peningkatan jalan sepanjang 3 kilometer," pungkasnya. aon

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2454 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...