Tim Ahli Pilih PT Hutama Karya

2012-02-18 16:06:09

Pemenang Tender Proyek Perobohan Pylon Jembatan Kartanegara

2012-02-18  16:07:37

TENGGARONG, Setelah melalui seleksi cukup ketat terhadap enam perusahaan yang menawarkan diri mengerjakan proyek perebahan pylon Jembatan Kartanegara Tenggarong, tim ahli dari Pemkab Kutai Kartanegara bersama tim ahli dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akhirnya menjatuhkan pilihan kepada PT Hutama Karya sebagai pemenang tender.
Sebelumnya, enam perusahaan peminat tender telah menyampaikan presentasi mengenai metode perebahan pylon jembatan di hadapan tim ahli. Perusahaan dimaksud yakni  PT Kharisma Kilang Nusantara, PT Pembangunan Perumahan, PT  Panca Duta Prakarsa, PT Dewi Rahmi, PT Samudra Biru Nusantara (SBN) serta PT Hutama Karya.
Rapat hasil seleksi penentuan pememang tender dilakukan di Hotel Atlet Century Park, Rabu (15/2) lalu, dipimpin Bupati Kutai Kukar Rita Widyasari didampingi Assisten II Edi Damansyah dan Assisten I Hairil Anwar yang dihadiri  tim ahli Kementrian PU dan tim ahli Pemkab Kukar serta SKPD terkait .
Bupati berterima kasih atas kerja keras pihak terkait yang telah bekerja keras membantu terselenggaranya proses seleksi yang ketat  sampai diulang dua tahap, dikarenakan pada seleksi tahap pertama tidak ada perusahaan yang memenuhi kualifikasi yang diinginkan pemkab maupun tim ahli.
Dijelaskan, ketatnya proses lelang dikarenakan pekerjaan perobohan pylon memerlukan kecermatan dan kehati–hatian, karena diharapkan pylon tidak merusak pondasi beton (sheet pile)  yang ada, robohnya pylon diharapkan tidak mengarah sungai, dan  tidak terjun bebas. Sehingga tidak merusak pondasi yang rencananya akan digunakan kembali untuk pembangunan jembatan pengganti.
Terkait proses seleksi, perwakilan tim ahli Kementerian PU Iswandi menjelaskan, penilaian yang dilakukan timnya kepada para peserta lelang telah melalui kesepakatan bersama dengan system scoring yang meliputi metode pelaksanaan, konsep analisis perancangan, keyakinan kemampuan institusi, jadwal pelaksanaan, peralatan dan personil inti. Dari hasil evaluasi terhadap parameter tersebut,  tim ahli kementrian PU, tim ahli Pemkab Kukar sepakat pemenang tender untuk proyek pengerjaan perobohan pylon jembatan dimenangkan PT Hutama Karya dengan skor 53,5.
Untuk selanjutnya Pemkab Kukar diminta segera membuat kontrak kerja dengan PT Hutama Karya agar pekerjaan perobohan pylon dapat segara dilaksanakan.
Menanggapi permintaan tersebut, Bupati berjanji akan segera menginstruksikan kepada SKPD terkait untuk segara membuat kontrak kerjasama sesuai harapan tim ahli Kementrian PU, yang selanjutnya pekerjaan segera dimulai dan selesai tepat pada waktunya.
Dengan demikian, lanjut bupati,  pembangunan jembatan juga dapat segera dimulai. Karena menurut bupati, masyarakat Kukar sudah tidak sabar untuk segera memiliki jembatan pengganti, karena dengan  jembatan  tersebut aktivitas perekonomian masyarakat akan lebih lancar.
Untuk diketahui, PT Hutama Karya berhasil memenangkan tender setelah mempresentasikan metode perebahan pylon jembatan, yakni denga teknik mejatuhkan dengan menggunakan landasan baja dengan sudut kemiringan.  Teknik ini dilakukan untuk melepaskan pylon dari beton kemudian pylon ditarik perlahan – lahan, sehingga pylon jatuhnya tidak terjun melainkan melorot melawati landasan baja. Selanjutnya setelah pylon rebah, kemudian di potong – potong untuk mempermudah evakuasi material dari lokasi. yd

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2503 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...