BKKBN Kaltim Gelar Sosialisasi Ketahanan Keluarga

2012-02-21 19:20:57

2012-02-21  19:21:02

SAMARINDA, Kepala BKKBN Kaltim Drs Jufri Yasin Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim menggelar sosialisasi dan diseminasi kebijakan ketahanan keluarga bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) keluarga berencana kabupaten dan kota se-Kaltim.
“Bina-bina ketahanan keluarga merupakan suatu wadah kegiatan keluarga dalam upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi anggota keluarga maupun orang tua dalam pengasuhan dan membina tumbuh kembang anak dan remaja, sehingga mampu menghindarkan dari masalah seksbebas, HIV-AIDS dan narkoba,” kata Jufri Yasin saat membuka Sosialisasi dan Desiminasi Ketahan Keluarga di Samarinda, Senin (20/2).
Ditambahkan,  program ketahanan keluarga merupakan upaya untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan membina ketahanan keluarga dengan memperhatikan kelompok usia berdasarkan siklus hidup mulai dari janin hingga lanjut usia.
"Dilaksanakan melaui program BKB (Bina Ketahanan Balita dan Anak) dan BKR (Bina Ketahanan Keluarga Remaja) serta BKL (Bina Ketahanan Lansia dan Rentan). Dengan harapan program ini dapat mewujudkan keluarga yang kreatif dan inovatif,"ujarnya.
Menurutnya, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang  Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan penduduk dan pembangunan keluarga. Disebutkan guna  mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas perlu dilakukan berbagai upaya. Diantaranya, pengendalian angka kelahiran dan penurunan angka kematian, pengarahan mobilitas penduduk, pengembangan  kualitas penduduk pada seluruh bidang, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga serta penyiapan dan pengaturan perkawinan maupun kehamilan.
“Implementasi dari kegiatan program ketahanan keluarga akan menjadikan penduduk sebagai sumber daya manusia yang tangguh bagi pembangunan dan ketahanan nasional serta memiliki daya saing tinggi dan dapat menikmati hasil pembangunan secara adil dan merata,” jelas Jufri.
Sementara itu Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Dra Kusmirah mengatakan kegiatan ini diselenggarakan guna tersosialisasinya program ketahanan keluarga serta meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta sosialisasi daam pengelolaan program di kabupaten dan kota.
“Selain itu, terindentifikasi keberhasilan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program ketahanan keluarga baik BKB, BKR maupun BKL di kabupaten dan kota. terutama tercapainya peningkatan komitmen operasional dengan mitra kerja dalam pelaksanaan program di Kaltim,” ujar Kusmirah.
Kegiatan sosialisasi dan desiminasi kebijakan ketahanan keluarga (BKB/BKR/BKL) dilaksanakan selama tiga hari mulai 19-21 Februari 2012 dan diikuti 31 peserta. Materi yang disampaikan diantaranya Kebijakan dan strategi program ketahanan keluarga, peran orang tua dalam tumbuhkembang anak, teknik pengisian Kartu Kembang Anak (KKA) dan pengelolaan (BKB/BKR/BKL) serta pembinaan psikologis bagi lansia.mar

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Jumat 24 Oktober 2014
Jumat 24 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2478 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...