Musibah Kebakaran Rata-Rata Konsleting Listrik

Instalasi Listrik Tua Tak Diperbaiki

2012-03-06  20:28:04

SAMARINDA, Salah satu penyebab dominan musibah kebakaran yang sering terjadi di Kota Samarinda belakangan ini adalah arus pendek dari instalasi listrik yang sudah tua. Hal ini sungguh sangat disayangkan bagi sejumlah pihak. Jika sudah mengetahui penyebabnya instalasi listrik tua sebagai salah satu kebakaran seharusnya pihak PLN harus segera memperbaikinya. Hingga kini belum ada tindakan konkret dari pemkot maupun PT PLN untuk memperhatikan hal ini. Salah satu bentuk tindakan konkretnya, misalnya dengan melakukan penggantian massal instalasi listrik tua tersebut.
Menurut Pengamat Perkotaan, DB Paranoan, sebenarnya jika pemkot dan pihak PLN menata instalasi listrik milik warga musibah kebakaran mungkin tidak akan terjadi. Bukan hanya sosialisasi saja melainkan warga juga harus memahaman soal teknis ilmu kelistrikan.
"Kami juga meminta ada tindakan perbaikan dimana instalasi yang sudah tua pihak PLN segera memperbaikinya," kata Paranoan, Sabtu (3/3), saat dikonfirmas Poskota Kaltim.
Ditambahkan Paranoan, kami berharap kepada pemkot dan PT PLN bekerja sama dalam meremajakan instalasi listrik di Kota Samarinda. Terutama di sejumlah kawasan yang disebut-sebut sebagai daerah padat penduduk dan kumuh. Seperti halnya di Jl P Antasari, Jl M Said, Jl Lambung Mangkurat, Jl Kemakmuran Gang KNPI, Jl Sentosa Dalam, Jl KH Wahid Hasyim, Jl S Parman dan Jl Dr Soetomo.
"Kalau sudah ada pemetaannya, sebenarnya tinggal membentuk sebuah tim terpadu dengan turun bersama-sama menggelar inspeksi mendadak instalasi listrik di pemukiman penduduk di daerah rawan kebakaran. Kemudian memastikan peremajaan instalasi tersebut," tuturnya.
Tim terpadu ini dapat berfungsi sebagai upaya meminimalisasi kasus pencurian listrik di masyarakat. Kasus ini juga bisa mengakibatkan kerawanan kebakaran. Selain itu juga telah merugikan negara.
"Oleh sebab itu perlu adanya pengaturan untuk pemasangan listrik yang sesuai. Penataan listrik ini harus dilakukan pemkot bersama PLN sesegera mungkin," pungkasnya. aon

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2405 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...