Laju Pertumbuhan Penduduk Kaltim Tertinggi di Indonesia

2012-05-31 23:19:53

2012-05-31  23:20:31

SAMARINDA, Berdasarkan hasil sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2010, laju pertumbuhan penduduk di Kaltim sebesar 3,82 persen atau terjadi pertambahan penduduk sebanyak 1,1 juta jiwa selama kurun waktu 10 tahun .
“Laju pertumbuhan penduduk di Kalimantan Timur termasuk tertinggi di Indonesia , menduduki urutan ke tiga setelah Provinsi Papua dan Keplulauan Riau,” kata Kepala Perwakilan BKKBN  Provinsi Kaltim, Jufri Yasin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Pengendalian Penduduk , Muhammad Hatta,  pada sosialisasi Kajian Dampak Kependudukan di Kaltim ,Rabu lalu.
Ia mengatakan,   jumlah penduduk Kaltim pada tahun 2000 hanya sekitar  2,4 juta  jiwa, namun  dalam kurun waktu 10 tahun bertambah menjadi 3, 5 juta  jiwa pada tahun 2010. Jadi laju pertumbuhan penduduk K altim melebihi rata-rata angka nasional yang hanya  1,49 persen.
Dijelaskan,dari sisi kualitas penduduk Kaltim relatif masih rendah. Ternyata jumlah penduduk yang besar belum diimbangi dengan  kualitas penduduk yang memadai. Berdasarkan data pula Indeks Pembangunan Manusia  (IPM) Indonesia mengalami kemorosotan.
“Sebelumnya pada tahun 2011 IPM Indonesia menduduki rengking 108 menjadi  124 dari 187 negara. Kualitas penduduk yang rendah ini ditandai dengan angka kematian  yang tinggi, tingkat pendidikan yang rendah dan  angka kemiskinan yang masih  cukup besar,” katanya.
Selain itu permasalahan penduduk lainnya adalah  persebaran penduduk di Kaltim tidak merata, lebih banyak diperkotaan dibandingkan daerah pedesaan. Contohnya di Kota Samarinda sebanyak 20,47 persen dan di Kota Balikpapan sebanyak 15,68 persen.
Sementara itu menurut Prof Enny Rochaidah dari Universitas Mulawarman, mengatakan , setiap kali membicarakan masalah kependudukan di Kaltim banyak orang berkomentar bahwa  laju pertumbuhan penduduk Kaltim  sebesar 3,82 persen tidak menjadi permasalahan. Sebab mereka berasumsi bahwa wilayah Kaltim masih luas, bahkan  penduduknya masih kurang bila dibanding di pulau jawa.
Hal itu memang diakuinya, tetapi jika jumlah penduduk yang besar atau penambahan penduduk jika tidak diimbangi dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) , maka akan menjadi permasalahan sosial,ekonomi, pendidikan, kesehatan dan keamanan.
“Jika jumlah penduduk yang besar dan diimbangi dengan kualitas SDM maka akan menjadi modal dalam pembangunan. Tetapi sebaliknya jika jumlah penduduk besar tanpa diimbangi kualitas SDM maka akan menimbulkan  berbagai persoalan,”kata  Enny Rochaidah. john

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2519 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...