KPUD Matangkan Persiapan Pilgub 2013

2012-07-14 22:21:19

Mulai Hitung Jumlah Pemilih

2012-07-14  22:21:21

SAMARINDA,Kendati belum ada kepastian mekanisme Pemilihan Gubernur (Pilgub) untuk digelar secara langsung atau dikembalikan melalui sistem perwakilan di DPRD, namun Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kaltim mulai melakukan persiapan-persiapan teknis, khususnya jumlah pemilih yang akan memberikan hak suaranya.
Meski masih bersifat tentantif,  lembaga penyelenggara pesta demokrasi 5 tahunan ini mulai  menyusun tahapan kegiatan. “Insya Allah tahapan-tahapan yang mulai kita susun ini walaupun masih bersifat sementara, tapi kita inginkan ketika mulai masuk tahapan yang final, kita sudah siap," ujar Ketua KPUD Kaltim, Andi Sunandar kepada Poskota Kaltim, kemarin.
Dijelaskan Andi, agenda paling awal sebelum masuk pada tahapan yang definitif, KPUD Kaltim akan mendata jumlah penduduk dan jumlah pemilih yang berkerjasama dengan Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil). "Ya ini kita hitung dulu lah. Pelan-pelan, sambil menunggu tahapan yang nanti kita plenokan," ucapnya.
Langkah awal yang dilakukan KPUD Kaltim ini imbuh Andi Sunandar, sebagai upaya untuk memantapkan pelaksanaan Pilgub 2013 mendatang. "Dengan mulai mendata penduduk dan pemilih ini walaupun sifatnya masih sementara, setidaknya kedepan kami tidak kerepotan untuk menetapkan DPT (Daftar Pemilih Tetap)," kata Andi.
Tahapan berikutnya setelah nanti disahkannya tahapan Pilgub tambah Andi, yakni melakukan penghitungan database pemilih melalui Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), yang menjadi acuan jumlah dukungan untuk kadindat perseorangan. Hasil DP4 itu pula yang jadi rujukan KPUD kelak menetapkan jumlah pemilih tetap.
Diketahui, jumlah penduduk Kaltim berdasarkan Pilgub 2008 berjumlah 3,2 juta penduduk. Diperkirakan, saat hari H nanti, terdapat penambahan penduduk sebesar 1-2 persen.
“Tapi kalau sekarang saya belum bisa pastikan, berapa syarat dukungan untuk kandidat perseorangan. Angka pastinya tunggu hasil DP4,” urainya.
Lantas kapan pasangan calon mulai mendaftar sebagai kandidat peserta pilkada. Dijelasan Andi, calon perseorangan dapat kesempatn pertama pada Desember 2012, dengan menyerahkan bukti dukungan. Nanti, bukti dukungan berupa KTP warga. Selanjutnya, hasil verifikasi tadi bisa diketahui pada Januari 2013, bersamaan dengan pendaftaran pasangan calon yang diusung partai politik.
Jika ternyata hasil verifikasi calon perseorangan tak memenuhi kuota  dari jumlah penduduk, KPUD masih memberi kesempatan untuk melengkapi sebelum dilakukan penetapan calon. fer

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2519 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...