Sisi Darat Feri Kariangau Dikelola Dishub Kaltim

2013-01-30 01:28:26

2013-01-30  01:29:05

SAMARINDA, Pengelolaan pelabuhan penyeberangan  Feri Kariangau Balikpapan ke PPU  yang selama ini dikelola Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat Kemenhub) diambil alih  Pemprov Kaltim melalui Dinas Perhubungan  pada sisi daratnya pada Maret sudah mulai diberlakukannya.
“Selama ini Pemprov Kaltim tidak mendapatkan apa-apa padahal pengelolaan sisi darat  cukup besar. Sehingga jika dikelola Pemprov akan mendapatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemprov Kaltim.sekitar satu milliar  per tahunnya ,” kata Kepala Bidang Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kaltim Murjani saat mendampinggi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim HM Zairin Zain  di ruang kerjanya, Senin (28/1).
Dijelaskan, pengelolaan yang diambil alih hanya bagian sisi darat. Sementara, pengelolaan di sisi laut masih dikelola pusat. Pengelolaan yang diambil alih, meliputi  kios pedagang yang totalnya berjumlah 18 unit, kemudian pengelolaan air bersih yang disuplai ke kapal, pengelolaan kantor, parkir kendaraan juga tiket masuk maupun asuransi.
”Pengelolaan Pelabuhan Penyeberangan Ferry Kariangau lebih pantas diserahkan kepada daerah dibandingkan dikelola pusat. Berdasarkan aturan memang penyeberangan antar daerah dalam provinsi ditangani pemprov,” jelasnya.
Sisi darat  diserahkan ke Pemprov Kaltim,  karena aset yang ada merupakan milik Pemprov Kaltim yang dibangun dari dana APBD Kaltim sejak pertamakali dibangun tahun 2002.
Sebenarnya keinginan Pemprov meminta  pengelolaan Pelabuhan Kariangau di Balikpapan muncul setelah pihaknya membongkar berkas lama di Dishub Kaltim.
Dari hasil membaca arsip yang ada, ternyata semua fasilitas sisi darat di pelabuhan itu adalah milik Pemprov Kaltim.
Penyerahan pengelolaan dari UPT Pelabuhan Kariangau ke Dishub Kaltim sudah pernah dilakukan pada 2002, tepatnya saat Menteri Perhubungan masih dijabat Agum Gumelar.Namun tidak ditindak lanjuti, kemudian Pemprov Kaltim membuat surat ke pusat  dan sekarang membuahkan hasil dengan pola kerjasama pusat kelola lautnya dan Pemprov Kaltim pada sisi daratnya.
“Lahannya milik Kaltim, bangunan dan fasilitas lainnya juga dibangun dengan dana APBD Kaltim, sehingga sudah sewajarnya dikelola  pemprov Kaltim. Sekarang ini pengelolaan sisi darat terus disosialisasikan kepada masyarakat dan staf Dishub sudah stanby disana ,” ungkap Murjani.john

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2455 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...