BSB Bandara Modern Ketiga di Kaltim

2013-01-30 01:29:10

2013-01-30  01:29:47

SAMARINDA, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, H Zairin Zain menjelaskan bahwa Bandara Samarinda Baru (BSB) akan menjadi bandara modern ke tiga di Kaltim setelah Bandara Sepinggan Balikpapan dan Kalimarau Berau yang memadukan konsep Bandara dan bisnis, terutama untuk usaha ekonomi kecil.
"Kita meyakini setelah BSB beroperasi akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui berbagai usaha,  karena konsep yang dibuat adalah bandara yang memadukan operasional bandara dan bisnis, sehingga dampaknya akan sangat berpengaruh dalam peningkatan perekonomian masyarakat melalui usaha seperti hotel, restoran, rumah makan, transportasi dan lainnya,"kata Zairin Zain kepada media ini Selasa (29/1).
Progres pembangunan BSB saat ini telah mencapai 45 persen untuk sisi darat dan telah dianggarkan tahun ini untuk pengerjaan sisi udara. Bandara ini diharapkan sudah beroperasi pada semester pertama 2014. Dengan beroperasinya BSB dan berpindahnya semua aktivitas Bandara Temindung, kini Dinas Perhubungan dan instansi terkait juga telah melakukan pembahasan untuk akses jalan.
"Kita yakin dengan beroperasinya BSB akan berdampak pada meningkatnya lalu lintas kendaraan dari dan menuju BSB. Sehinga kita juga akan memikirkan bagaimana akses jalannya," ujarnya.
Ditambahkan, pembangunan sisi darat diantaranya meliputi hangar, gedung cargo, VIP room, klinik, kantin, pompa bahan bakar, perumahan staf, jalan dan drainase, gedung metreorologi, pemadam kebakaran dan gedung listrik cadangan (genset). Sementara sisi udara meliputi beberapa bagian diantaranya landasan pacu (run way), landasan parkir (taxi way), lampu instrument landing dan peralatan pengatur landing and take off.
"Pada akhir 2013, progres telah mencapai 90 persen baik sisi darat maupun sisi udara, jadi pada 2014 diharapkan dapat beroperasi. Intinya, Bandara Temindung harus dipindah ke BSB karena sudah tidak memenuhi syarat keselamatan penerbangan," tegasnya. 
 Zairin Zain mengatakan, sesuai komitmen yang diharapkan Pemprov Kaltim, hingga kini Pemprov Kaltim berupaya mengembangkan 16 bandara yang berada di kabupaten dan kota. Contohnya, empat bandara untuk penerbangan regional dan internasional, yakni Sepinggan Balikpapan, Juwata Tarakan, Bandara Samarinda Baru dan Kalimarau Berau. Sisanya, adalah bandara perintis-perintis.
“Karena itu, saat ini bandara di tiga Wilayah Perbatasan kami bangun sendiri, walaupun tidak dibantu keuangannya dari Pemerintah Pusat. Sedangkan, pengembangan untuk bandara di Paser, Bontang dan Sangatta terus kami upayakan. Bahkan, jika masalah lahan di daerah mereka sudah tidak ada, maka Pemprov Kaltim siap mendukung pembangunannya,” harap Zairin.
Melihat perkembangan tersebut, Zairin menyatakan dipastikan 14 kabupaten dan kota sudah ada bandara yang siap dan akan dibangun. Contohnya, Sepinggan Balikpapan dengan dimensi landasan 2.500x45meter, Juwata Tarakan 2.250x45meter, Bandara Samarinda Baru 2.250x45meter, Kalimarau Berau 2.250x45meter, Nunukan 1.100x23meter, Tanjung Harapan Bulungan 1.200x23meter, Malinau 1.300x30meter, Yuvai Semaring Long Bawan 1.500x23meter, Long Ampung 940x23meter, Melak 900x23meter, Datah Dawai 850x23 meter, Kota Bontang 900x23meter, Paser 900x23meter, Maratua 900x23meter dan Long Apari 900x23meter. mar

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 15 September 2014
Senin 15 September 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2466 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...