Panitia Erau 2013 Usulkan Sultan Keluarkan Fatwa

2013-02-21 04:24:28

Acara Belumbur Hanya Dilingkungan Museum

2013-02-21  04:24:41

TENGGARONG, Demi keamanan dan kenyamanan para tamu dari beberapa negara yang akan ikut serta dalam kegiatan Erau Tenggarong 2013 yang akan digelar bulan Juli mendatang, panitia Erau mengusulkan agar Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura AM  Salehoedin II mengeluarkan fatwa bahwa acara Belimbur atau siram-siraman air pada acara penutupan nantinya hanya boleh dilakukan di sekitar Museum Mulawarman.
“Kami sudah meminta ijin kepada Sultan agar bisa mengeluarkan fatwa bahwa berlimbur hanya dilakukan di sekitar Museum Mulawarman saja, di luar dari area itu akan ditindak secara tegas oleh aparat hukum yang selalu siap siaga selama Erau berlangsung,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar, Sri Wahyuni saat rapat persiapan Erau 2013 beberapa waktu lalu.
Seperti diketahui, kegiatan Erau kali ini semakin dikemas lebih mendunia dengan menghadirkan sejumlah negara sebagai peserta. Dengan mengangkat tema “Erau International Folklore and Art Festival (EIFAF)" .  Negara yang diundang dalam kegiatan Erau tahun ini adalah sepuluh negara anggota CIOFF dengan total  225 orang. Dari jumlah tersebut, yang telah menyerahkan aplikasi ada 8 Negara, diantaranya Senegal, USA, Rusia, India, Thailand, Turki, Algeria dan Mesir yangkesemuanyanya berjumlah 215 orang. Jumlah tersebut di luar dari undangan persahabatan negara tetangga yang juga akan bersedia hadir. Berdasarkan jadwal, Erau akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 7 Juli 2013.
Demi kelancaran kegiatan akbar tahunan tersebut, ketua penitia yang juga Plt Sekkab Kukar, Edi Damansyah
meminta agar semua pihak yang masuk dalam kepanitian dan seluruh elemen yang ada agar mendukung dan bisa saling membantu dalam mempersiapkan seluruh rangkaian kegiatan.
Semua pihak yang terlibat, baik dari Pemkab Kukar, unsur TNI, Polri, instansi swasta dan masyarakat Kukar agar bersama – sama memberikan tampilan terbaiknya di mata  dunia Internasional, agar Kukar bisa lebih dikenal negara lain melalui kebudayaan khas yang dimiliki.
Dikatakan, Erau yang diusung tahun ini akan membawa nama Indonesia ke Internasional. Untuk itu diharapkan kerjasama semua pihak, dan tentunya selalu menjaga nama baik Kukar khususnya dan Indonesia pada umumnya di mata Internasional.
Untuk diketahui, di luar kegiatan upacara sakral Kesultanan, dalam acara pembukaan Erau nantinya akan ada parade peserta Festival Erau dari sepuluh negara peserta dan tim kesenian dari tujuh kabupaten/kota. yd

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2456 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...