Realisasi Fisik-Keuangan Tertinggi di Tana Paser

2013-05-16 20:04:47

2013-05-16  20:05:09

SAMARINDA, Untuk melihat realitas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban  (LKPj) Gubernur Kaltim tahun Anggaran 2012, Komisi Gabungan Daerah Pemilihan 2 (Balikpapan, PPU, Paser) melakukan cross check. Baik administrasi, realisasi keuangan maupun  fisiknya di lapangan. Berapa persen daya serap dibanding bantuan yang mengucur lewat APBD provinsi kepada tiga daerah tersebut di atas.
Sesuai LKPj Gubernur Kaltim, realisasi belanja daerah secara keseluruhan berdasarkan APBD Provinsi Kaltim 2012 sebesar Rp 11,33 triliun atau 86,32% dari total rencana belanja Rp 13,13 triliun .
Dalam peninjauan ke Balikpapan, rapat Komisi Gabungan DPRD Kaltim dengan jajaran Pemkot Balikpapan dipimpin Wali Kota Rizal Effendi, dan paparan di sampaikan  Ketua Bappeda Suryanto. Di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) rapat dengan pemerintah setempat dipimpin Pjs Sekkab Abdul Jaman.  Sementara di Kabupaten Tana Paser rapat dipimpin Ketua Beppeda Fauji dan pemaparan oleh Saharuddin . Di tiga daerah ini hadir juga sejumlah kepala SKPD terkait, misalnya para kepala Dinas PU, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, dan Dinas Perkebunan.  Komisi Gabungan DPRD Kalti dipimpin H. Suwandi dan  Agus Santoso.
Dalam cross check ditemui, bantuan keuangan provinsi, realisasi fisik dan realisasi keuangan secara kumulatif  Kabupaten Tana Paser  lebih tinggi dibandingkan PPU dan Balikpapan. Di mana terserap fisik sebesar 94% dan realisasi keuangan 94,46% dari total bantuan Rp 267.046.100.000.
Kabupaten Penajam Paser Utara fisik terserap 79,84%, realisasi keuangan sebesar 74% dari bantuan keuangan sebesar Rp200.599.700.000. Kota Balikpapan realisasi fisik 74,24% , realisasi keuangan 58,98% dari bantuan sebesar Rp 232.440.700.000.
Dari angka ini, ke depan beberapa hal perlu dievaluasi dalam mengajukan bantuan keuangan ke provinsi. Karena ada beberapa paket pekerjaan yang terkendala persoalan, misalnya masalah harga karena lokasi yang sulit terjangkau, baik di PPU dan Paser
Beberapa temuan di lapangan misalnya; sertifikasi lahan pertanian tidak bisa dilaksanakan karena BPN kurang menaruh perhatian, dan para petani juga tidak mampu membayar uang administrasi persil sebesar Rp350.000.
Kemudian bangunan laboratorium, perpustakaan, bangunan sekolah unggulan tidak bisa dilaksanakan karena tidak ada rekanan yang berminat ikut tender proyek tersebut, seperti terjadi di SMKN 3 dan SMKN 4 di Paser. Pembangunan sarana air baku untuk air bersih di beberapa kecamatan seperti Kecamatan  Pasir Belengkong (Desa Suatang Baru), Tanah Grogot (Desa Perepat), Kecamatan Long Ikis (Desa Long Gelang )  semuanya putus kontrak di tengah jalan. Persoalannya hampir sama juga terjadi di PPU.
Sementara permasalahan di Balikpapan yang mengemuka antara lain belum terealisasi penuh pengadaan tanah free way paket V sebesar Rp35.801 miliar, pengadaan tanah  runway Bandara Sepinggan karena masalah persil  tumpang tindih dan belum melengkapi administrasi sebesar Rp20 miliar.
Persoalan pembebasan tanah juga menimpa proyek pembangunan jalan tembus MT Haryono senilai Rp 7 miliar, sementara pembangunan Jl Letjen Soeprapto senilai Rp Rp5,7 miliar terkendala review DED karena masih ada bangunan masyarakat yang tidak mau dibebaskan. Demikian juga lanjutan bangunan SMPN 23 sebesar  Rp 1 miliar, pembangunan SD-SMP terpadu di Kelurahan Batu Ampar  senilai Rp2,5 miliar yang masih dalam proses pematangan lahan.
Di samping kendala tersebut di atas juga didapati bantuan keuangan untuk Stadion Tana Paser sebesar Rp 30 miliar  belum bisa dicairkan karena adanya instruksi dari Pemprov Kaltim bahwa bantuan tersebut untuk dua sub bidang yaitu stadion dan jembatan di Suliliran.
Berdasarkan temuan tersebut, Gabungan Komisi sepakat bantuan stadion tersebut  harus dicairkan sebab sudah diparipurnakan di DPRD. Menurut ketentuan, anggaran yang telah disahkan dan diparipuranakan oleh DPRD tidak boleh dialihkan secara sepihak karena akan menimbulkan  konskuensi hukum. Apabila akan dialihkan harus ada revisi perubahan, dan disahkan kembali untuk diparipurnakan. (adv/hms)

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2481 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...