Sisi Udara BSB Tunggu Panin Group

SAMARINDA, Poskota Kaltim
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim, H Zairin Zain mengatakan, keberlangsungan pembangunan sisi udara Bandara Samarinda Baru (BSB) di Sungai Siring, Samarinda,  masih harus menunggu kepastian calon investor dari Panin Group yang disebut siap  membiayai pelaksanaan hingga pengelolaannya saat operasional.
"MoU (kesepakatan kerjasama) antara Pemprov Kaltim dengan Panin Group sendiri sudah dilakukan. Nah, saat ini beliau (Gubernur H Awang Faroek Ishak) akan bertemu dengan orang yang akan berinvestasi guna meminta kepastian tindaklanjutnya," Kata H Zairin Zain, ketika dikonfirmasi seputar perkembangan pembangungan BSB di Samarinda, Jumat (22/11) lalu.
Menurut Zairin, hasil pertemuan itu nanti menjadi penentu langkah Pemprov Kaltim menuntaskan pembangunan BSB sebagai pengganti Bandara Temindung, Samarinda. Pemprov Kaltim siap mengalokasikan anggaran pembangunannya dengan APBD jika tidak ada kepastian calon investor tersebut.
Keberadaan BSB sangat dibutuhkan masyarakat guna memperlancar arus transportasi udara dari dan menuju ibukota Provinsi Kaltim ini. Pasalnya, arus transportasi udara saat ini hanya menggunakan pesawat berbadan kecil lantaran masyarakat Samarinda masih mengandalkan Bandara Temindung yang lokasinya di tengah-tengah kota, dan dikepung padatnya permukiman penduduk. 
"Pak Gubernur optimistis bisa dilaksanakan Panin Group, tapi DPRD minta kejelasan tindak lanjutnya agar tidak terulang lagi seperti dengan Bakrie Group (calon investor terdahulu yang batal bekerjasama membangun sisi udara BSB). DPRD siap mendanai jika investor tidak jadi, sehingga minta kepastiannya," tandasnya. 
Ditambahkan, DPRD siap menganggarkan Rp 300 - 600 Miliar untuk pembangunan landasan pacu 1.200 - 1.600 meter. Yang jelas, jika kita mulai awal 2014, maka akhir tahun diharapkan bisa operasional, karena pemantangan lahannya sudah kuat," kata Zairin Zain seraya menyatakan tunggu saja perkembangan keputusannya, apakah melalui investor atau menggunakan APBD.
Sedang progress pembangunan sisi darat yang murni menggunakan APBD Kaltim dengan sistem kontrak tahun jamak disebutnya sudah mencapai 80 persen. "Kalau progres sisi darat sudah 80 persen. Ini sudah kita sampaikan saat ikut pameran infrastruktur di Jakarta, beberapa waktu lalu," tambahnya tanpa merinci progres per item kegiatan yang dilakukan. 
Kegiatan pembangunan sisi darat BSB sendiri seperti diketahui terdiri tiga paket. Antara lain berupa pembangunan perumahan pegawai, mess, kantor pengelola, ruang kontrol, ruang tunggu penumpang, ruang VVIP, ruang genset, bangunan pemadam kebakaran, terminal, termasuk parkir kendaraan seluas 14.000 meter persegi. mar

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2408 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...