Dishub Harapkan Jembatan Timbang

2009-11-23 10:29:22

2009-11-23  23:29:39

BERAU :  Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Berau, Fahmi Rizani mengatakan, makin rusaknya jalan poros Kaltim, khususnya dari Kampung Labanan Kecamatan Teluk Bayur hingga Kecamatan Kelay akibat lalu-lalang kendaraan berbobot diatas kapasitas, seperti truck CPO bisa diantisipasi, dengan catatan di daerah tersebut harus dibangun jembatan timbang yang permanen.
Terkait masalah ini, Dishub Berau sejak lama sudah membicarakan masalah ini dengan Dishub Kaltim. Mengingat sepanjang jalan utama Kampung Labanan hingga Kecamatan Kelay perlu dilengkapi sarana jembatan timbang yang permanen, termasuk di Tanjung Redeb sendiri.
"Sekarang ini Dishub Berau hanya punya alat timbangan fortable saja, yang kemampuannnya terbatas. Sehingga tidak bisa setiap saat deteksi kendaraan yang beroperasi di sepanjang jalan tersebut," ungkap Fahmi.
Keberadaan alat timbang yang sesuai keperluan, sambung dia, itu yang dituggu dari Dishub Propinsi. Tetapi sampai saat ini belum menemui titik terang. Daerah pada prinsipnya, untuk lahan yang diperlukan, apabila di Kecamatan Kelay yang merupakan jalur jalan satu-satunya yang harus dilalui setiap kendaraan yang lewat, disiapkan.
Selain itu, keberadaan rambu-rambu juga dinilai besar artinya bagi keselamatan pengendara. Karena badan jalan juga relatif sempit dengan sisi terdapat jurang dan banyak ditumbuhi pohon yang menghalang jarak pandang.
Saat ini banyak rambu-rambu yang hilang, disebabkan berbagai hal, diantaranya selain faktor usia, juga karena tidak permanent. Sehingga sebagian rebah, tertutup pepohonan atau saat perawatan jalan dilakukan, pekerja kontraktor pelaksana lupa memasang kembali.
Kekhawatiran warga terhadap badan jalan yang rusak yang tidak dilengkapi rambu-rambu sangat dimaklumi. Dikatakan, harapan warga akan segera sikapi. Hanya perlu diketahui masalah pemasangan rambu-rambu itu sebenarnya merupakan tangung jawab Dishub Propinsi, termasuk melengkapi alat jembatan timbang. Kewenangan daerah hanya untuk jalan dalam kota atau jalan Kabupaten. "Ya mudah - mudahan tahun 2010 mendatang harapan kita memiliki alat jembatan timbang yang permanen bisa teralisasi," kata Fahmi. (roz)

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2456 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...