Samarinda Optimis Raih WTN

2009-12-18 13:01:19

2009-12-19  02:01:27

SAMARINDA: Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) merupakan sebuah penghargaan kepada daerah, karena ketertiban pengguna jalan. Meskipun masih banyak yang perlu dibenahi untuk menertibkan penggunan jalan, namun Samarinda optimis memperoleh penghargaan tersebut dari Presiden RI.
Tim penilai yang melibatkan Departemen Perhubungan Pusat yang mengirimkan tiga orang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim dan sejumlah anggota dari lembaga lain berkompeten telah dua hari berada di Samarinda untuk mengadakan survei lapangan, sekaligus mengkaji dan memberikan penilaian terhadap ketertiban penggunan jalan, baik kendaraan bermotor maupun warga masyarakat.
Namun, ada sejumlah hal yang menjadi sorotan tim selama penilaian dilakukan. Rambu-rambu lalu lintas yang mulai luntur, Zebra cross yang semakin tidak jelas termasuk lampu penerangan jalan umum menjadi catatan tim untuk ibu kota provinsi Kaltim ini. Artinya, masih terdapat hal-hal yang mesti dibenahi untuk mengarah pada ketertiban yang lebih baik. Dinas Perhubungan (Dishub) tetap memiliki tanggung jawab untuk melengkapi perlengkapan marka, rambu-rambu lalu lintas dan sarana jalan lainnya. Sejumlah sisi tersebut menjadi penilaian tim untuk menentukan kelayakan daerah memperoleh penghargaan WTN. Sedangkan, dari pengguna jalan, masyarakat umum, juga menjadi item penilaian tim, seperti kedisiplinan saat menggunakan jalan umum.
Kepala Dishub Samarinda, Supriadi Semta, baru-baru ini mengatakan, melihat sorotan tim penilai yang hanya menyinggung beberapa rambu yang sudah mulai buram, zebra cross belum seluruh dicek ulang oleh instansi terkait. Hanya hal itu yang disorot, ia nilai hasilnya baik.
"Pada dasarnya, WTN itu untuk masyarakat. Masyarakatlah yang dinilai karena penghargaan itu erat kaitannya dengan para pengguna jalan. Jadi bukan Dishub, bukan pemerintah tetapi masyarakat," terangnya.
Sedangkan terkait dengan kondisi fisik angkutan umum juga menjadi perhatian tim penilai. Tidak sedikit angkot (angkutan kota) yang memerlukan peremajaan.john



Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2481 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...