KPUD Samarinda Diminta Tetap Gelar Tes Panwas

2009-12-18 13:15:11

2009-12-19  02:15:28

SAMARINDA: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim meminta kepada KPUD KOta Samarinda tetap melaksanakan penerimaan Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) meski Panwas Samarinda telah dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) 12 Desember kemarin.
KPU KaLtim menilai pelantikan Panwas Samarinda oleh Bawaslu tidak sesuai dengan Surat Edaran Bersama KPU dan Bawaslu nomor 1669/KPU/XII/2009 001/SEB/Bawaslu/2009 tentang pembentukan Panwas Pilkada.
Hal ini diungkapkan Arif Endang Dwi Wahjuni, anggota KPU Kaltim mengatakan sesuai dengan SEB pembentukan Panwas kabupaten/kota harus melalui proses seleksi di KPU jika masa jabatan kepala daerah habis setelah Agustus.
Arif Endang mengatakan bagi Panwas Kota Samarinda yang telah dilantik Bawaslu tentu tidak bisa diterima karena tidak sesuai aturan. "Mohon maaf kami tidak bisa mengakomodir di daerah," kata Arif Endang, Kamis (17/12)lalu.
Menurutnya, tahun 2010, ada 5 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada. Yaitu Samarinda, Kukar, Paser, Berau dan Bulungan.
Sebelumnya, Ketua KPUD Samarinda, Syarifuddin Tangalongi menilai Bawaslu telah melanggar aturan yang dibuat bersama KPU. Bawaslu melantik Panwas Samarinda tanpa melibatkan KPUD Samarinda seperti yang diamanahkan dalam SEB.
Pelantikan Panwas Kota Samarinda ini diakui oleh Ketua Panwas yang baru dilantik pada 12 Desember kemarin, Asmadi. Ia mengaku telah mengantongi Surat Keputusan pelantikan oleh Bawaslu di Jakarta. fer

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Selasa 21 Oktober 2014
Selasa 21 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2478 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...