Sistem Samsat di Samarinda Memuaskan Kapolda Kaltim

2010-01-22 10:55:02

2010-01-22 07:55:21

SAMARINDA: Dalam kunjungan kerjanya ke Kantor Samsat di Jl M Yamin Samarinda, Kapolda Kaltim Irjen Pol Mathius Salempang mengaku puas melihat Sistem Kerja Administrasi Kearsipan di Samsat. Menurutnya, dengan sistem kearsipan saat ini, maka dipastikan pelaku tindak kejahatan akan bisa diketahui dengan cepat. Selain itu, pemilik kendaraan dapat mengetahui berapa uang yang harus dikeluarkan, bila akan membayar pajak STNK.
"Dipojok ruangan, petugas kami telah memasang 1 unit komputer yang bisa digunakan para warga yang ingin mengurus pajak STNK maupun memperpanjang," kata Mathius pada sejumlah wartawan kemarin lalu.
Selain melihat sistem pelayanan arsip di Kantor Samsat di Jl M Yamin, Kapolda Kaltim langsung melanjutkan kunjungan ke pelayanan Samsat dan SIM korner di Samarinda Central Plaza (SCP). Lalu, mengunjungi loket Samsat Driver Thru, yang dipergunakan untuk memperpanjang STNK bermotor khusus mobil.
Di loket Samsat Driver Thru yang berada di halaman kantor bersama Samsat Samarinda, di Jl Kesuma Bangsa, itu wajib pajak bisa melakukan perpanjangan STNK hanya dalam 5 menit saja. Petugas juga memanjakan warga yang ingin membayar melalui loket ini tanpa harus turun dari mobil. Petugas akan memberikan pelayanan kepada wajib pajak dari mengurus kelengkapan adminstrasi hingga membayar pajak kendaraan mereka, dari dalam mobil.
Persyaratan yang harus dipersiapkan pemilik mobil yang ingin memperpanjang STNK di Samsat Driver Thru adalah STNK dan BPKB asli, membawa mobil yang ingin didaftarkan perpanjangan pajak tahunannya, serta memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.
"Loket Samsat Driver Thru ini sengaja kami buat untuk memudahkan wajib pajak yang tak memiliki banyak waktu, karena kesibukan kerja mereka. Diharapkan dengan adanya loket samsat ini, wajib pajak bisa membayar pajak mobil sebelum jatuh tempo," kata Irjen Pol Mathius Salempang,
Pembentukan Samsat Driver Thru ini lanjutnya, sebagai upaya mensukseskan program Quick Wins yang dicanangkan Kapolri Jendral Bambang Hendarso Danuri.
"Samsat Driver Thru Samarinda ini satu-satunya di wilayah pulau Kalimantan. Mudah-mudahan saja kami bisa meningkatkan dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat kedepannya," kata Mathius.
"Saya sangat bangga dan senang melihat terobosan yang dilakukan jajaran Poltabes Samarinda, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat kota ini. Mudah-mudahan ini bisa diikuti jajaran kepolisian lain di Kaltim," lanjut Mathius. M4n

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Selasa 21 Oktober 2014
Selasa 21 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2478 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...