Polda Kaltim Tangkap Bandar Besar Narkoba

2010-02-16 11:14:52

Dugaan Korupsi Dana Hibah Rp27,5 Miliar

2010-02-16  23:16:53

SAMARINDA: Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda terus mengusut dugaan korupsi dana hibah APBD Samarinda tahun 2007/2008 dan 2008/2009 senilai Rp27,5 miliar, yang diberikan kepada klub Indonesia Super League (ISL) Persisam Putra Samarinda. Selasa (16/2), penyidik Kejari Samarinda memeriksa 8 pejabat Pemkot dan pengurus Persisam Samarinda.
Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel) Kejari Samarinda Datu Rosihan Anwar SH kepada wartawan di kantornya Kejari Samarinda mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan dan mengumpulkan bukti-bukti awal dugaan pelanggaran hukum atas kasus tersebut.
"Kami tak mau gegabah menangani kasus ini. Kami tetap konsen dan yakin telah terjadi penyimpangan dalam pengelolaan dana tersebut," tandas Rosihan.
Lanjut dia, pihaknya curiga ada penyimpangan penggunaan dana anggaran bantuan sosial untuk Persisam Putra. "Kejari juga mendapatkan informasi bahwa untuk kompetisi tahun 2008, Persisam mendapatkan kucuran dana yang nilainya cukup besar dan diberi secara bertahap. Informasi yang dihimpun sebesar Rp15 Milyar melalui APBD 2008," kata Rosihan.
Soal pemeriksaan mantan Ketua Harian Persisam Putra Faturrahman Al Hinduan. Rosihan mengatakan pemeriksaan itu merupakan tindak lanjut dari upaya pengumpulan keterangan dan bukti dugaan penyimpangan pengelolaan dana bansos APBD Samarinda.
"Faturahman masih kita periksa sebagai saksi karena ikut mendandatangani dokumen permohonan dana untuk persisam putra, sementara itu untuk mengetahui adanya Kerugian negara, pihak BPK Kaltim telah melakukan perhitungan," kata Rosihan.
Dan, menurut dia, pihaknya belum memeriksa mantan Maneger Persisam Putra AF yang diduga mengelola anggaran bansos pada tahun 2007/2008.
Namun, kata dia, cepat atau lambat anggota DPRD Kota Samarinda yang baru saja dilengserkan Partai Patriot Pancasila itu akan diperiksa kejaksaan.
"Cepat atau lambat dia akan diperiksa karena dia yang mengetahui persis penggunaan dana miliaran rupiah dari hibah APBD Kota Samarinda bagi Persisam Putra," kata Rosihan.
Menyangkut status pemeriksaan terhadap AF, Rosihan masih melihat keterangan saksi-saksi yang diperiksa.
"Jika nanti keterangan saksi ternyata semuanya mengarah kepada AF selaku pengelolaan anggaran itu, bisa saja dia kita tetapkan sebagai tersangka," kata Rosihan.
FATURAHMAN BANTAH
Selasa (16/2), mantan Ketua Harian Persisam Putra Faturahman mendatangi kantor Kejaskaan Negeri (Kejari) Samarinda untuk memberikan keterangan terkait penggunaan dana bantuaan sosial (bansos) yang bersumber dari APBD Samarinda tahun 2007 untuk tim Persisam Putra.
Faturahman dimintai keterangan terkait permohonan pengucuran dana Rp 5 Milyar di awal kompetisi Divisi 1 PSSI.
"Pada saat itu saya memang ketua harian, tapi saya tidak pernah terlibat dalam pengelolaan anggaran Bantuan Sosial itu. Karena saya memang tidak senang kepengurusan tim dipegang oleh Aidil," kata Fathurahman Al Hiduan yang dijumpai usai menjalani pemeriksaan di Ruang Kasi Intelejen Kejari Samarinda.
Dalam pemeriksaan, Faturahman mengaku mendapatkan pertanyaan menyangkut penggunaan dana bansos yang dicairkan 11 Januari 2007 silam untuk tahun anggaran 2007/2008. "Ada 9 pertanyaan kepada saya soal dana Persisam," katanya.
Dia mengaku mengetahui ada alokasi dana Rp5 miliar untuk Persisam. Namun dirinya tak mengetahui secara pasti tujuan penggunaan dana tersebut.
"Saya memang menandatangani dalam posisi mengetahui saat disodorkan Manajer tim saat itu Aidil Fitri. Tapi saya tidak tahu menahu untuk apa uang itu," terang Faturrahman.
Direktur PDAM ini sendiri mengaku telah 3 kali mendatangi kantor Kejari Samarinda untuk diperiksa oleh penyidik Kejari Samarinda. Pertama kali saat diperiksa, dirinya digelontor 59 pertanyaan.
"Sejak 2007,saya sudah tidak mau tahu karena saya tidak suka kepengurusan tim di pimpin dia (Aidil Fitri)," tegasnya. M4n

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2481 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...