Penduduk Miskin di Kukar 48.160 Jiwa

2010-03-02 12:55:23

2010-03-02 09:55:48

TENGGARONG: Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) melimpah, dengan APBD mencapai Rp4 triliun lebih. Tapi, ternyata masih ada 'Pekerjaan Rumah' yang rumit dan sulit ditanggulangi secara cepat dan tepat.
Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS), 3 tahun terakhir mulai 2008-2008 ternyata jumlah penduduk miskin di Kukar masih relatif besar. Bahkan dari data terakhir BPS (Badan Pusat Statistik), jumlah penduduk miskin mencapai 48.160 jiwa, dari total estimasi jumlah penduduk 447.406.000 jiwa.
Sedangkan data jumlah penduduk miskin di Kukar tahun 2009, disampaikan Kepala BPS Kukar, Ir Gunadi Irianto kepada Poskota Kaltim di ruang kerjanya, Selasa (2/3) kemarin.
Untuk data pelaporan secara nasional masih akan diterima April 2010 mendatang. Atas dasar itulah sampai sekarang masih menggunakan data tahun 2008. Yang dipergunakan untuk program penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai) berikut penyaluran Raskin (Beras Miskin).
"Jadi BPS`masih menggunakan data tahun 2008, sebagaimana yang telah saya sampaikan. Dan perhitungan itu disampaikan secara makro, tanpa dilandasi dengan penegasan siapa dan di mana "Si Miskin" itu berada ," tutur Gunadi Irianto.
Dijelaskan Gunadi Irianto, sebagaimana ketentuan Inpres No.8 tahun 2005 tentang PSE05 dan Inpres No.3 tahun 2008 tentang PPLS08, maka BPS diberi tugas oleh pemerintah untuk menyediakan data rumah tangga miskin yang lebih terperinci. Dan proses perhitungan dengan menggunakan metode perhitungan Makro yang mana penetapan datanya didasari oleh konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar (basic need approach). Dimana kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran. Untuk tahun 2008, yang dikategorikan sebagai penduduk miskin, adalah penduduk yang memiliki penghasilan per kapita perbulan kurang dari Rp247.848.
"Kalau menggunakan perhitungan mikro tahun 2008, maka penduduk yang penghasilan perbulan dibawah Rp247.848 dikategorikan sebagai penduduk miskin dan jumlahnya 48.160 jiwa," tegasnya.
Sementara untuk perhitungan secara Mikro memang terdapat sejumlah item yang mempengaruhinya. Diantaranya mencakup nama dan dimana berada, selanjutnya dilihat dari kediamannya, berapa lebar lokasi perumahan maupun kondisi tempat MCK (Mandi, Cuci dan Kakus (tempat buang air kecil dan besar,red) dan seterusnya.
"Perhitungan mikro itu ditentukan secara nasional, jadi BPS tinggal melaksanakan. Atas dasar perhitungan mikro, jumlah rumah tangga miskin di Kukar mencapai 30.095 rumah tangga. Jumlah itu menetapkan Kabupaten Kutai Kartanegara berada diurutan ke-9 jumlah penduduk miskin terbesar di Kaltim," jelas Gunadi Irianto.
LAMBAN
Diindikasikan lambannya program penanganan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kutai Kartanegara. memang berorientasi terhadap berapa berasan anggaran yang dikeluarkan dari APBD Kukar untuk mengatasi masalah pengentasan kemiskinan tersebut. Seperti yang diungkapkan Kepala BPS Kukar, Gunadi Irianto bahwa itu terkait besaran anggaran yang dituangkan.
"APBD besar tapi diindikasikan tidak signifikan untuk cepat melakukan penanggulangan kemiskinan. Harus dilihat berapa alokasi anggaran untuk program pengentasan kemiskinan. Lantas apakah sudah benar realisasinya dilapangan. Memang kita ketahui pembangunan yang ada lebih mengarah kepada pembangunan infrastruktur dengan tujuan untuk membuka isolasi, selanjutnya akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Tapi semuanya itu harus diimbangi dengan program pengembangan potensi masing-masing wilayah yang dituangkan dalam APBD. Misalkan jika masyarakat wilayah pantai banyak bergerak di perikanan dan peternakan maka anggarannya harusnya diarahkan kepada program peningkatan sektor perikanan dan peternakan dan seterusnya," tuturnya. dp

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2481 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...