Kuota Haji Kaltim Tetap 2.819 Calhaj

2010-04-06 23:10:45

2010-04-06  23:10:18

SAMARINDA-Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) Kaltim HM Kusasi menyampaikan berdasarkan hasil pembagian kuota Calon Jemaah Haji (Calhaj) tahun 2010, untuk masing-masing provinsi, yang dilaksanakan di Jakarta kemarin lalu, ternyata kuota Calhaj Kaltim tidak ada kenaikan. Artinya kuotanya masih sama dengan tahun 2009 lalu yaitu 2.819 Calhaj.
"Dari jumlah kuota tersebut, nanti akan dibagi kepada 13 kabupaten/kota di Kaltim, yang tentunya berdasarkan besarnya jumlah penduduk. Kalau melihat kuota yang ada, tentu jumlah yang ada tentu tidak jauh berbeda dari tahun lalu,"kata Kusasi kepada Poskota Kaltim kemarin lalu.
Lebih lanjut Kusasi mengatakan, untuk penetapan kuota masing-masing kabupaten/kota, nanti ada rapat koordinasi penetapannya. Sekarang ini, pihaknya masih menunggu kesediaan Gubernur H Awang Faroek Ishak maupun Wakili Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy untuk membuka rapat tersebut. Dan seluruh Kakanwil Kementerian Agama Kabupaten/kota nanti akan diundang.
"Insyah Allah, dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan rapat koordinasi penetapan kuota Calhaj se Kabupaten/kota," tandasnya.
Apakah Kabupaten Tanah Tidung (KTT) bisa memberangkatkan Calhaj-nya? Kusasi menjelaskan, mengingat KTT baru dimekarkan sebagai kabupaten termuda di Kaltim, maka hal itu belum bisa dimaksimalkan. Walaupun begitu, KTT tetap akan diperhatikan.
"Calhaj asal KTT dipastikan tahun ini masih mengikut pada kloter dari induknya yaitu Bulungan. Hal itu berdasarkan kebijakan dari kementerian agama tentang jatah haji asal KTT belum disahkan. Sehingga masih menunggu keputusannya," kata Kusasi.
Mesti demikian Kusasi mengatakan Calhaj, asal KTT tidak perlu ragu. Karena masing-masing kabupaten/kota di Kaltim akan memberikan jatah sendiri-sendiri. Walaupun KTT sudah bisa berdiri sendiri. Kalau dilihat dari jumlah penduduknya beragama Islam, bila dibandingkan 1 per 1000 jiwa, tentu hanya berapa persen saja yang dipastikan menunaikan ibadah haji.
"Jika dihitung sesuai dengan ketentuan yang ada, kemungkinan jumlahnya Calhaj KTT hanya 15 orang saja, bila dibandingkan dengan adanya pembagian jatah dari masing-masing kabupaten dan kota bisa mencapai 30 orang yang akan mendapatkan jatah berangkat menunaikan Rukun Islam kelima," pungkasnya. mar

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2456 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...