Hotel Singgasana dan Lesong Batu Resmi Dikelola PT BGI

2010-04-15 22:39:54

2010-04-15  22:39:36

TENGGARONG- Pemkab Kutai Kartanegara kembali menyerahkan pengelolaan aset daerah berupa 2 hotel, yakni Hotel Singgasana dan Hotel Lesong Batu kepada investor. PT Bakrie Graha Investama (BGI) selaku pemenang tender, kini resmi menjadi pengelola 2 hotel milik Pemkab tersebut. Itu setelah dilakukan penandatanganan memorendum of understanding (MoU) antara Pemkab Kukar dengan PT Bakrie Graha Investama, Rabu (14/4) malam lalu di Pendopo Odah Etam Tenggarong.
Pj Bupati Kukar, H Sulaiman Gafur berharap kerjasama pemanfaatan aset daerah tersebut dapat menguntungkan semua pihak. Kerjasama dengan pihak swasta dalam mengelola aset daerah ini merupakan kerjasama kedua yang dilakukan Pemkab, dalam upaya memaksimalkan fungsi asset daerah sebagai modal tetap, yang diharapkan dapat berkontribusi bagi peningkatan pendapatan daerah.
Sebelumnya, telah dilakukan kerjasama serupa dengan PT El Jhon Indonesia dalam mengelola objek wisata Pulau Kumala, yang sekarang namanya telah disesuaikan untuk kepentingan bisnis sehingga menjadi Paray Kumala Resort and Spa.
Dikatakan Sulaiman Gafur, pihak pemkab memandang positif atas kesepakatan yang telah dicapai dan berharap kesepakatan tersebut dapat dilaksanakan dan menguntungkan. Harapan bukan hanya bagi kedua belah pihak (pemkan dan investor, red) namun juga bagi pihak lain yang ada dan telah terlibat dalam pengelolaan Hotel Singgasana dan Lesong Batu.
Pemkab dalam melakukan kerjasama pengelolaan terhadap asset daerah, kata Suliaman Gafur, tentunya tidak lepas dari ketentuan yang mengatur mengenai pengelolaan barang milik negara/daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No.17 tahun 2007.
Sulaiman berharap, kerjasama ini nantinya dapat mengurangi beban pemkab dengan cara mendayagunakan pengelolaan aseet secara optimal sebagai sumber pendapatan bagi daerah.
Direktur PT Bakrie Graha Investama, Marudi Surachman berterimakasih atas kepercayaan Pemkab Kukar untuk mengelola Hotel Singgasana dan Lesong Batu.
Sementara Kepala Kantor Aset Daerah Kukar, Bambang Arwanto dalam kesempatan itu menjelaskan, tender Hotel Singgasana dan Lesong Batu dimulai sejak tahun 2007, saat itu dilakukan oleh Bagian Ekonomi dengan sistem lama. Namun setelah melalui penilaian oleh Tim Ekonomi Unmul ternyata pemanfaatan dengan cara kesepakatan lebih menguntungkan dari pada dulu.
Sejak saat itu, aset yang bernilai Rp 58,6 miliar itu ditender untuk pertama kali oleh Bagian Umum Perlengkapan, namun mengalami kegagalan, karena minimnya peminat. Setelah itu dilakukan tender yang ke dua namun gagal lagidikarenakan standar yang digunakan berdasarkan peraturan Kepres 80/2003. Karena banyaknya peraturan yang belum dapat diimplementasikan untuk tender kerjasama pemanfataan ini, maka tender yang ketiga melalui difasilitasi oleh BPKP, BAKD dan LKPP/Bappenas sebagai disepakati kesepakatan parameter tender kesepakatan.
Lebih lanjut Bambang Arwanto mengatakan, setelah dibentuknya KPPD, tender kesepakatan ini menghalihkan pemenang yaitu PT Bakrie Graha Investama dengan masa kontrak 18 tahun.
Dengan dikelolanya Hotel Singgasana dan Lesong Batu oleh PT Bakrie Graha Investama, diharapkan asset pemkab ini dapat memberikan kontrobusi sebesar-besarnya bagi PAD. Tidak kalah pentingnya adalah dukungan semua stakeholder terhadap kesepakatan kerjasama tersebut. yd

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Kamis 2 Oktober 2014
Kamis 2 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2471 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...