Mega Proyek Freeway Segera Ditender

2010-04-30 23:28:28

Pembabasan Lahan Telah Mencapai 95 Persen

2010-04-30  23:28:35

SAMARINDA-Mega proyek pembangunan jalan tol (freeway) segera ditender. Menyusul, perkembangan progress report pembebasan lahan kini telah mencapai 95 persen. Ini terungkap berdasarkan hasil rapat antara Gubernur Kaltim Awang Faroek dengan Pj Bupati Kukar, Walikota Balikpapan dan Bontang beberapa hari lalu.
"Kita bersyukur, masing-masing daerah yang akan dilalui pembangunan jalan tol, telah melakukan pembebasan lahan. Dengan begitu, pencepatan pembangunannya segera dilaksanakan, dengan melakukan tender sebelumnya," kata Awang Faroek kepada Poskota belum lama di di Ruang Serba Guna Kantor Gubernur Kaltim.
Awang menambahkan, pembangunan jalan tol dimulai dari Balikpapan menuju Kukar, Samarinda-Bontang, Bontang-Sangatta, dan Sangatta-Maloy. Proyek itu telah disetujui DPRD Kaltim.
Lanjut Awang, pekerjaan yang segera ditender, antara lain paket pertama dari Balikapapan ke Samboja (Kukar), dengan panjang jalan 25,4 Km. Kemudian, paket kedua Samboja- Pelaran (Samarinda) sepanjang 45 Km. Lalu, paket ketiga Palaran Mahkota II sepanjang 16,9 Km. Serta, paket ke empat Ring Road ke Balikpapan sepanjang 11,12 Km.
"Panjang keseluruhan yang akan ditender adalah 99,02 Km. Itu sudah termasuk pengerjaan hingga ke Bandara Sepinggan Balikpapan. Sedangkan jumlah biaya diperkirakan mencapai Rp2 triliun. Sementara untuk biaya pembebasan lahan diperkirakan mencapai Rp1,5 triliun. Untuk pengerjaan proyek kontruksikanya sebesar Rp3,4 triliun. Jadi, total keseluruhan biaya yang diperlukan sekitar Rp6,2 triliun. Dana itu berasal dari APBN dan pihak swasta, " papar Awang.
Menurutnya, pembangunan jalan tol sudah melewati berbagai proses studi kelayakan sejak tahun 2002 lalu. Hasil kesimpulan dari studi itu menegaskan bahwa jalan pembangunan jalan tol bebas hambatan Balikpapan- Samarinda sangat layak, dan patut menjadi prioritas bagi percepatan pembangunan dan perkembangan perekonomian di Kaltim.
"Apalagi Kaltim telah ditetapkan 2 klaster industri oleh pemerintah pusat. Masing-masing klaster industri migas kondensat di Kota Bontang, dan klaster indutri pertanian olechemical di Maloy Kutim. Karena itu, dukungan pembangunan infrastruktur yang baik berupa jalan tol tentunya tidak kalah penting, yang nanti akan menghubungkan Balikpapan- Kukar- Samarinda- Bontang dan Kutim,"kata tandas.mar

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2458 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...