SMAN 5 Hanya Terima 144 Siswa RSBI

2010-05-11 22:22:44

2010-05-11  22:23:21

BALIKPAPAN, SMA Negeri 5 yang merupakan salah satu dari dua sekolah yang ditetapkan sebagai sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sudah mengakhiri penerimaan siswa baru (PSB) yang pendaftaran sudah dibuka sejak pertengahan Faberuari dan ditutup akhir April 2010 dan siswa yang berhasil setelah melalui proses sekesi yang sangat ketata hanya 144 siswa dari 400 siswa yang mendaftar.
‘'Kami ikuti ketentuan yang sudah ditentukan oleh pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan untuk kelas RSBI disekolah kami akhirnya hanya terjaring sebanyak 144 siswa saja sedangkan ratusan siswa lainnya silahkan ikut pendaftaran melalui PSB regular yang akan dibuka dalam waktu dekat ini,'' kata Kepala SMA Negeri 5 Balikpapan Drs. P Simanullang MM.Pd Selasa (11/5) kemarin.
Manurutnya, proses PSB bagi calon siswa RSBI memang dilaksanakan lebih awal. Tujuannya untuk bisa mendapatkan siswa yang benar-benar berkualitas internasional ketika mereka mulai belajar melalui jalur rintisan internasional itu.
"Siswa yang memilih jalur RSBI dan berhasil lolos mereka harus sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai kegiatan pra sekolah dan harus mempertajam bidang studi Bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris nantinya menjadi bahasa pengantar selama mereka mengikuti pendidikan dijalur itu," katanya.
Ditanya terkait psykotes, Manullang mengatakan untuk tes yang satu ini kita menggunakan jasa dari tenaga ahli Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Jawa Timur. Setiap siswa terkena biaya tes sebesar Rp. 150.000, namun tidak dibayar oleh siswa tapi ditanggung pemerintah kota Balikpapan melalui sekolah.
‘'Untuk biaya tes psykotes dikenakan Rp. 150.000/siswa tapi tidak dibayar oleh siswa RSBI, itu menjadi tanggungjawab Pemkot Balikpapan. Hanya saja karena pemkot Balikpapan belum menyerahkan dana itu terpaksa ditanggung penuh oleh pihak sekolah. Dan akan diganti ketika anggaran RSBI dari Pemkot Balikpapan sudah dikucurkan,'' ujar Manullang.
Dia juga mengatakan kalau tahun ini jumlah siswa yang diterima di SMA Negeri 5 tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya sebab sudah ada kuota yang ditetapkan oleh Pemkot Balikpapan.
‘'Untuk kelas regular kami hanya menerima sebanyak 3 kelas dan masing-masing kelas hanya diisi 40 siswa atau 120 siswa untuk tiga kelas dan itupun sudah termasuk siswa Gakin dan Bina Lingkungan (BL), selebihnya silahkan cari sekolah lain,'' kata Manullang.
Ditanya biaya pendaftaran siswa baru untuk kelas regular, Manullang mengatakan tidak ada bayaran satusen- pun baik untuk calon siswa RSBI maupun regular.
‘Kalau ada yang mengatakan ada pembayaran untuk pendaftaran siswa baru di SMA Negeri 5 itu tidak benar, silahkan laporkan kepada kami, " lanjutnya.max

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Kamis 18 September 2014
Kamis 18 September 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2468 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...