Sidang Praperadilan Antara Achmad Sopyan dan Mapolres Berau

2010-06-16 08:53:29

Penangkapan Pemohon Dinilai Tidak Sah

2010-06-16 08:53:42

TANJUNG REDEB, Sidang praperadilan  di Pengadilan Negeri PN) Tanjung Redeb antara Achmad Sopyan SPd pengelola  goa sarang burung walet (GSBW)  Kilayak dengan Mapolres Berau, Selasa (15/6) kemarin, memasuki babak permulaan. Menurut pengacara pemohon Achmad Sopyan  yang diketuai  Andel SH MH, penangkapan yang dilakukan termohon Mapolres Berau  terhadap pemohon dinilai tidak sah.
Sidang praperadilan yang beragendakan pembacaan permohonan kemarin sebelum dimulai,  Medi Radi Batara Randa SH selaku hakim tunggal mengatakan, bahwa apa pun hasil keputusan praperadilan ini nanti bukanlah akhir segalanya. Karena kalau pun ada yang merasa keberatan dalam putusan nanti dapat melakukan kasasi. Dan yang tidak kalah pentingnya menurut dia, dalam praperadilan tidak ada yang salah dan tidak ada yang disalahkan.
Setelah sidang dimulai, Andel selaku pengaacara pemohon membacakan permohonannya sebanyak tujuh halaman. Menurut dia, penangkapan yang dilakukan Mapolres Berau terhadap Sopyan  dan menyita sarang burung seberat 157 Kg  pada Tanggal 1 bulan Juni pagi lalu, usai  dilakukan  dialog antara Pemkab Berau dalam ini dihadiri Wakil Bupati, Ir H Achmad Rifai MM Kapololres Berau, AKBP Armed Wijaya dan dinas instansi terkait  di ruang kerja Wabup siang lalu dinilai tindakan yang sewenang–wenang dan melanggar hukum.
“Karena apa? Hasil sarang burung itu bukan dari hasil kejahatan,"katanya.
Mengingat pemohon adalah pengelola GSBW Kilayak di Kampung Birang Kecamatan Gunung Tabur, berdasarkan surat kuasa pada Tanggal 1 November 2009 dari M Basyara BSc selaku ahli waris, dan memegang SK Bupati Nomor 21/SBW/2008 tentang pengelolaan gua sarang burung walet, Tanngal 7 oktober 2008, serta surat izin pemetikan sarang burung walet No.503/BPPT/IP.SBW-4/1530/v/2010 Tanggal 24  Mei 2010, yang dikeluarkan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Pemkab Berau.
Sehingga tidak ada  alasan hukum bagi termohon untuk melakukan penangkapan terhadap pemohon, penahanan dan penyitaan atas dugaan melakukan perbuatan pidana. Sebagaimana yang diatur dalam ketentuan Pasal 363 KUHP jo. Pasal 55 KUHP. Sedangkan proses penanganan GSBW semua di Kabupaten Berau tunduk dan mengacu pada Perda No 4 Tahun 2003. Nah  sedangkan berdasarkan Perda itu nomor 7 telah diatur secara tegas mengenai tata cara dan proses hukum, jika terjadi sengketa atau keberatan – keberatan dari pihak lain maupun proses penyidikan.
“ Sesuai sprin Kapolres Berau Nomor 602/v/2010 Tanggal 20 Mei 2010, yang berlaklu sampai Tanggal 19 Juni 2010,    biaya pengamanan selama pemetikan sarang burung pun di goa Kilayak sudah dibayar oleh pemohon pada tanggal 3 Juni 2010, masing – masing sebesar Rp 1 juta,” bebernya.
Oleh sebab itu, dengan bukti – bukti yang kuat tersebut Andel memohon kepada hakim praperadilan mengabulkan permohonan praperadilan, menyatakan tidak sah atas penangkapan termohon, yang berdasarkan surat perintah penangkapan Nomor Srin-Kap/84/v/2010/Reskrim Tanggal 2 Juni kemarin, demikian juga penahanan terhadap pemohon  Nomor Srin-Kap/84/v/2010/Reskrim Tanggal 2 Juni lalu, penyitaan sarang burung GSBW Kilayak  sebanyak 157 Kg, memerintahkan kepada termohon membebaskan pemohon  dari tahanan Mapolres Berau, memerintahkan termohon segera mengembalikan sarang burung yang disita tersebut kepada pemohon, serta yang terakhir adalah menghukum termohon membayar yang timbul dalam praperadilan ini.    
Sementara itu, pihak  Mapolres Berau diwakili oleh Kompol Soleh dan AKP Edi dalam kesempatan itu berjanji, hari ini (16/6) akan memberikan jawaban atas permohonan tersebut. Menurut informnasi yang diperoleh wartawan Poskota Kaltim di lapanngan, sidang praperadilan akan dilanjutkan hari ini sekitar pukul 09:00 Wita dengan agenda pembacaan jawaban dari termohon.roz

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 20 Oktober 2014
Senin 20 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2478 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...