Perusuh Pilkada Pasir Diperiksa di Polda Kaltim

2010-06-17 06:52:46

2010-06-17  06:53:15

BALIKPAPAN, Kasus kerusuhan dan perusakan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Panwas Tanah Grogot sempat membuat Tanah Gerogot memanas namun para sejumlah penggerak  aksi anargis saat ini tengah diperiksa intensif jajarn Direskrim Polda Kaltim di Balikpapan.
Dari aksi yang cukup menegangkan, polisi telah menetapkan sedikitnya 13 tersangka dan kini sudah berada di Mapolda Kaltim untuk pemeriksaan lebih lenjut sedangkan hasil pemilihan kepala daerah bupati (Pilkada Bup) Kabupaten Pasir telah ditetapkan pasangan dengan nomor urut 1 Ridwan Suwidi – Mardikansyah sebagai bupati Kabupaten Pasir periode 2010 – 2015 yang berhasil mengumpulkan suara sebanyak 40.882 suara.
Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Antonius Wisnu, mengatakan kasus kerusuhan yang semat membuat Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Mathius Salempang, harus mendatangi Tanah Gerogot untuk ikut mengatasi kerusuhan yang sempat memanas dan menghancurkan kantor KPU dan Panwas kini para pengunjukrasa tengah ditangani Ditreskrim Polda.
’’Ketigabelas tsk kerusuhan Gerogot berkaitan Pilkadabup sudah di Mapolda Kaltim dan tengah diperiksa secara intensif, sedangkan kemungkinan jumlah pengunjuk rasa akan bertambah, itu bergantung dari hasil penyelidikan penyidik Direskrim Polda Kaltim, namun untuk sementara baru 13 orang ini yanhg diamankan,’’ kata Antonius Wisnu.
Ditanya siapa aktor intelektual dibalik aksi unjukrasa berkaitan pilkadabup Kabupaten Pasir, Antonius Wisnu mengatakan untuk sementara ini siapa yang menjadi aktor intelektualnya masih dalam pengumpulan informasi dari 13 tsk itu, namun untuk gambaran sementara memang sudah ada dan kami masih belum bisa menjelaskan termasuk ada salah seorang anggota DPRD Kabupaten Pasir diduga terlibat, itupun masih dalam penyelidikan.
Ditanya apa yang menjadi tuntutan para pengunjukrasa, Antonisu mengatakan berkaitan kemenangan Ridwan Suwidi-Mardikansyah, alasan Ridwan Suwidi tersandung dugaan penggunaan ijazah palsu (ipal) sedangkan barang bukti (BB) berupa berkas Ipla sudah cukup lama dikumpulkan Direskrim Polda Kaltim.
Ditanya kenapa kasus itu tidak diserahkan sepenuhnya kepada Polres Kabupaten Pasir, Kabid Humas mengatakan kalau pemindahan para tersangka ke Polda Kaltim untuk lebih memudahkan pemiksaan oleh Direskrim apalagi berkaitan dengan pengerusakan gedung milik pemerintah dan ini memang berkaitan dengan luapan emosi kekecewaan karena tuntutan politik pasangan calon bupati yang mereka dukung ditolak KPU Paser.
Para pengunjukrasa, kata Kabid Humas, mereka membawa tongkat kayu dan besi selanjutnya menghancurkan kaca-kaca jendela di gedung penyelenggara pemilihan umum tersebut, tak puas sebagian pengunjukrasa lainnya masuk ke dalam gedung utama dan memecahkan barang seperti televisi, kaca pintu, meja, dan perlengkapan kantor termasuk melakukan pembakaran dokuimen dan peralatan kantor.
Dia mengatakan ada beberapa sepeda motor milik pegawai KPU juga tak luput dari amuk massa, kaca-kaca jendela terlihat berhamburan di lantai, dan terlihat ada ceceran darah setelah puas, massa lalu berkumpul lagi di jalan di depan KPU selanjutnya menuju arah jalan RA Kartini kegedung Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tanah Grogot gedung-gedung itu ikut menjadi sasaran pengrusakan.max

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 22 September 2014
Senin 22 September 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2468 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...