Anggota DPRD Kaltim Saling Lapor ke KPK

2010-06-19 00:32:01

Dugaan Gratifikasi 1.000 USD dari PT Kideco

2010-06-19  00:32:29

SAMARINDA-Rupanya, persoalan dugaan gratifikasi yang terjadi di Komisi III DPRD Kaltim dari perusahaan pertambangan batubara PT Kideco terus berlanjut. Bahkan, aksi saling lapor ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun mulai dilakukan politisi ‘Karang Paci’ itu dengan melibatkan lintas Partai Politik (Parpol).
Sofyan Alex, anggota Fraksi PDIP DPRD Kaltim, mengaku pihaknya telah menyampaikan laporan ke KPK terkait dugaan gratifikasi yang melibatkan koleganya, Agus Santoso. “Sudah. Kita sudah melaporkan pratik gratifikasi itu ke KPK. Kita laporkan ke KPK 16 Juni (Rabu, red) lalu,” ujar Sofyan Alex kepada Poskota Kaltim, Jumat (18/6).
Saat melaporkan tersebut imbuh Sofyan, pihaknya selain membawa bukti berupa uang 1.000 dollar US yang diduga gratifikasi itu, juga membawa serta anggota fraksi PDIP yang berada di komisi III, Agus Santoso, sebagai saksi pemberian gratifikasi. “Saya datang ke KPK bersama ketua fraksi (Sudarno, red) dan Pak Agus,” katanya.
Saat melaporkan dugaan gratifikasi tersebut lanjutnya, pihaknya diterima oleh Direktur Bidang Gratifikasi KPK, Sigit. Dari keterangan Sigit kata Sofyan, pihak KPK cukup terbantu dengan langkah sadar hukum yang dilakukan pihaknya, untuk menghindari tindak dan praktik korupsi. “Kedatangan kami cukup direspon positif oleh KPK, dan menilai ini adalah langkah sadar hukum,” ucapnya.
Bahkan langkah Fraksi PDIP itu didukung penuh oleh Ketua DPD PDIP Kaltim, Emir Moeis, yang memberikan instruksi kepada ‘anak buahnya’ di DPRD Kaltim, untuk tidak menerima apapun dari pihak ketiga lainnya sebelum, saat dan sesudah melakukan kunjungan kerja. “Itu instruksi dari ketua DPD. Dan ini bukti bahwa kami semua menjalankan instruksi itu,” imbuhnya.
Terkait kemungkinan Agus Santoso dari unsur F-PDIP yang bakal menjadi tersangka, tidak menjadi persoalan. Pasalnya, dalam rapat internal sudah membahas tentang semua resiko yang akan dihadapi kadernya. “Ya mudah-mudahan itu tidak terjadi. Tapi kalaupun Pak Agus juga akhirnya ditetapkan jadi tersangka karena melaporkan dugaan itu, ya itu resiko yang harus fraksi kami tanggung,” tegasnya.
Sementara, seperti tidak mau kalah dengan fraksi PDIP, anggota komisi III yang diwakili Ketua Komisi III, H Syahrun dan pihak PT Kideco – si pemberi gratifikasi – yang diwakili Agus Subagyo, pada tanggal 17 Juni lalu, juga melaporkan gratifikasi tersebut ke KPK. “Kami sudah lapor kok. Kenapa terlambat, karena kami mengikuti kegiatan dewan dulu. Setelah kegiatan itu selesai, langsung kami lapor KPK,” kata Syahrun.
Kedatangan Komisi III ke KPK, lanjutnya, telah mendapat persetujuan sekaligus dukungan dari Ketua DPRD Kaltim, HM Mukmin Faisal, serta setelah mendapat arahan hukum dari Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kaltim, HA Waris Husin. “Kan harus prosedural. Kita tidak mau asal main lapor ke KPK, sebelum mendapatkan persetujuan dari ketua dewan. Karena ini tidak hanya persoalan angota komisi III, tapi lebih pada prosedural kelembagaan,” paparnya.
Pihak Kidieco dan Komisi III kata Syahrun, diterima oleh staf direktorat bidang gratifikasi, Ilham Akbar. Dalam laporan itu, selain meminta telaahan hukum soal pemberian fasilitas yang diberikan PT Kideco, komisi III juga memberikan tanda terima pengembalian fasilitas tersebut ke Kideco.
Ia juga menyebutkan, pengembalian uang tersebut diserahkan langsung staf adminitrasi Kideco bernama Agus Subagyo, pada tanggal 31 Mei 2010, sesaat sebelum melakukan perjalanan ke Korea Selatan. Sementara imbuhnya, selain 10 anggota yang mengembalikan melalui dirinya, ada juga 1 anggota yang mengembalikan setelah berangkat kunjungan, langsung ke Kideco, yakni Gamalis anggota Komisi III dari unsur F-PPP. fer

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Jumat 24 Oktober 2014
Jumat 24 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2478 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...