KPU Samarinda : Tanggal 8 Agustus Belum Final

2010-07-19 07:28:18

Terkait Penetapan Jadwal Pemilukada
2010-07-19 17:28:58

SAMARINDA-Hasil rapat antar muspida Kota Samarinda yang melibatkan KPU Samarinda, Sabtu (17/7) lalu, yang mengambil kesimpulan untuk menggelar Pemilukada tanggal 8 Agustus mendatang, ternyata belum final. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Samarinda, Syarifuddin Tangalindo, saat dihubungi Poskota Kaltim melalui telepon genggamnya, kemarin.
Syarifuddin membenarkan bahwa saat rapat antar muspida, sempat diusulkan bahwa penundaan pemilukada hingga tanggal 8 Agustus. "Tapi tanggal itu (8 Agustus, red) belum final. Belum harga mati harus dilaksanakan saat itu," ujar Syarifuddin.
Pasalnya imbuh Syarifuddin, masih ada beberapa hal belum disepakati dalam penetapan pelaksanaan Pemilukada. Salah satunya, tentang singkronisasi tahapan pemilukada yang sudah terlewati. Kemudian lanjutnya, kendati penetapan DPT telah dilakukan, namun proses penyempurnaan data DPT juga masih dilakukan oleh jajaran PPS dan PPK.  "Artinya kan masih banyak yang harus kami selesaikan sebagai penyelenggara pemilu. Kami ingin pelaksanaan nanti, benar-benar tanpa persoalan yang sifatnya administratif dan rawan gugatan," bebernya.
Selain itu KPU Samarinda lanjut Udin - sapaan akrabnya - melihat masih adanya persoalan krusial yang bisa berdampak hukum, yakni persoalan anggaran.
"Saat rapat Muspida itu, saya juga minta ketegasan pemkot dan DPRD Samarinda untuk lebih dulu mengesahkan anggaran APBD Perubahan 2010. Karena anggaran kami kan di tanggungkan ke APBD Perubahan. Jadi kami minta sahkan dulu. Kami tidak mau menggunakan anggaran yang nantinya bisa menimbulkan persoalan hukum," tegasnya.
Ditambahkan pula, belum finalnya Tanggal 8 Agustus sebagai hari 'H' Pemilukada, karena sampai saat ini KPU Samarinda masih menunggu surat dari KPU Pusat, tentang pelaksanaan Pemilukada Samarinda. "Kan kami sempat melakukan konsultasi ke KPU Pusat tentang perkembangan Pemilukada Samarinda. Dari surat yang kami kirim dan penjelasan yang kami sampaikan itu, KPU Pusat akan mengirimkan surat tentang Pemilukada Samarinda. Karena itu juga menjadi landasan kami menetapkan tanggal berapa pelaksanaan Pemilukadan" kuncinya.
Sekadar diketahui, melaui rapat Muspida Samarinda yang diikuti Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, diputuskan pelaksanaan Pemilukada diundur tanggal 8 Agustus 2010, atau diundur selama 6 hari dari jadwal awal yakni 2 Agustus.
Menurut anggota KPU Samarinda, Rudiansyah, rapat ini dihadiri KPU Samarinda, Gubernur Kaltim, Walikota Samarinda, DPRD Samarinda dan instansi terkait lainnya seperti Polda Kaltim dan Pangdam VI/Mulawarman itu, mengambil sikap memundurkan pelaksanaan Pemilukada setelah mempertimbangkan banyak persoalan yang ada.
"Khususnya yang selama ini menjadi kekhawatiran KPU yakni mengenai penggunaan anggaran tambahan dari Pemkot Rp13,5 miliar. Intinya pertemuan itu, DPRD Samarinda melalui Wakil Ketuanya Sarwono menjamin APBD Perubahan akan disahkan tanggal 19 Juli ini, artinya dana Rp13,5 miliar tersebut sudah masuk APBD Perubahan tersebut," kata Rudi. fer

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Jumat 24 Oktober 2014
Jumat 24 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2478 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...