Kerusakan Lingkungan Diduga Akibat Tambang Batu Bara

2010-07-21 06:36:21

2010-07-20  15:32:29

TENGGARONG-Pencemaran lingkungan yang terjadi di daerah khususnya di Kutai Kartanegara sudah cukup parah sehingga perlu untuk dilakukan tindakan tegas berupa sanksi yaitu sanksi hukum administrasi, hukum keperdataan dan hukum pidana bagi penanggung jawab usaha pertambangan yang dengan sengaja tidak memperhatikan lingkungan sehingga dengan diberikan sanksi tersebut penanggung jawab usaha (perusahaan tambang) dapat lebih berhati – hati dalam melakukan pengelolaan lingkungan.
Hal tersebut diungkapkan Direktur LSM Pemerhati Kelestarian Lingkungan Hidup (PLHD) Kukar Supardi kepada Poskota Kaltim kemarin.”Kerusakan lingkungan di Kukar yang memiliki andil besar adalah pengelolaan pertambangan yang tidak sesuai aturan,” jelas Supardi.
Menurut Supardi berdasrkan pantuan di lapangan banyak perusahaan tambang di Kutai Kartanegara terindikasi mempunyai pengelolaan lingkungan yang sangat buruk beberapa diantaranya yang sempat bermasalah dengan masyarakat sekitar tambang adalah PT. MGE di Kecamtan Loa Kulu, PT. JMB, PT. MSJ di Kecamatan Tenggarong Seberang dan yang baru – baru ini terjadi PT. Tanito Harum, PT.MHU, PT.BML di Kecamatan Tenggarong dan saat ini berdasarkan monitoring lingkungan LSM PKLH Kutai Kartanegara di Kecamatan Loa Janan PT. Surya Teknik Anugerah (STA) juga telah melakukan pencemaran lingkungan dengan bocornya kompeyor batubara saat loading sehingga terjadinya tumpahan batubara yang jatuh ke tanah dan jika terjadi hujan maka limbah batubara tersebut mengalir dan mencemari sungai mahakam dan hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja.”Perlu adanya sikap dan tindakan tegas dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Badan Lingkungan Hidup Daerah dan Dinas Pertambangan dan Energi dan ini berulang kali terjadi namun sikap dari pemerintah daerah khususnya instansi terkait tersebut menyikapi hal tersebut sejauh ini belum ada, ini yang kami sayangkan.” kata Supardi.
Pada dasarnya lanjut Supardi, LSM PKLH tidak menolak keberadaan perusahaan tambang jika perusahaan tambang tersebut memperhatikan pengelolaan lingkungan yang baik, namun sejauh ini hampir seluruh perusahaan tambang di Kutai Kartanegara terindikasi sangat buruk mengelola lingkungan, sedangkan perusahaan besar yang mempunyai ijin  Pusat (PKP2B) saja sudah banyak yang melanggar apa lagi perusahaan – perusahaan menengah yang hanya mengantongi ijin Kuasa Pertambangan (KP) sudah dapat dipastikan lebih parah pelanggaran lingkungannya.
“Untuk itu kami mendesak kepada Bupati Kutai Kartanegara melalui Dinas Pertambangan dan Energi serta Badan Lingkungan Hidup Daerah untuk segera melakukan audit lingkungan karena sepengatahuan kami BLHD Kukar belum pernah melakukan audit lingkungan terhadap perusahaan tambang dan audit lingkungan ini juga untuk mengetahui sejauh mana kepedulian perusahaan tambang terhadap lingkungan,” papar Supardi.
Menurut Supardi bagi perusahaan tambang yang dengan sengaja tidak memperhatikan lingkungan dapat diberikan sanksi tegas berupa moratorium (penutupan sementara) hingga adanya perbaikan lingkungan namun jika telah ditutup sementara tidak ada itikad baik dari perusahaan tambang untuk memperbaiki lingkungan maka perusahaan tambang tersebut harus ditutup total dan diberikan sanksi sesuai undang – undang lingkungan hidup.awi

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Jumat 24 Oktober 2014
Jumat 24 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2478 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...