4 Dasar Hukum Penunjang Perda Pendidikan Disahkan

2010-07-29 00:39:10

2010-07-29  10:39:48

SAMARINDA-Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak menyatakan keberhasilan Kaltim dalam hal perluasan dan pemerataan akses memperoleh pendidikan ini, ternyata tidak serta-merta dapat menyelesaikan pilar kedua pendidikan yaitu peningkatan mutu, relevansi dan daya saing. Ternyata juga dipengaruhi 4 dasar hukum penting yang dijadikan acuan, sehingga Raperda Pendidikan disahkan oleh DPRD Kaltim baru-baru ini.
Adapun empat dasar tersebut yang menjadikan Raperda Pendidikan disahkan, yakni  berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Peme-rintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan, antara Pemerintah, Pemerintahan  Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota serta Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
”Oleh karena itu, untuk masa yang akan datang diharapkan aspek peningkatan mutu, relevansi dan daya saing akan menjadi prioritas penting pemerintah Kaltim maupun di kabupaten/kota,” ujar Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak belum lama ini.
Karenanya, lanjut Awang berbagai urgensi diterbitkan Perda tentang Kebijakan dan Strategi Penyelenggaraan Pendidikan ini antara lain adalah untuk menyamakan dan menyatukan persepsi tentang penyelengaraan pendidikan di semua Kabupaten dan Kota se-Kaltim.
”Menurut saya, urgensi lain yang dapat disampaikan adalah bahwa diperlukannya standar kebijakan yang “seragam” sesuai potensi Kabupaten dan Kota se Kaltim, sehingga mutu pendidikan di setiap wilayah Kaltim relatif tidak ada kesenjangan yang signifikan,” jelasnya.
Sementara itu, urgensi penting diterbitkannya Perda ini, kata Gubernur, yakni menetapkan dasar hukum atas kebijakan-kebijakan yang bersifat “lokal” atau “khusus” tentang penyelenggaraan pendidikan di Kaltim. Harapannya, kebijakan-kebijakan “lokal” yang tertuang dalam Raperda Pendidikan ini dan membedakannya dengan daerah-daerah lain di Indonesia.
Adapun kebijakan-kebijakan itu, yakni pemerintah menerapkan Wajib Belajar (Wajar) 12 tahun di seluruh wilayah Kaltim. Konsekwensinya pemerintah daerah berkewajiban untuk menyediakan akses pendidikan dasar dan menengah yang tidak membebani masyarakat.
Kemudian, pemberian Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) sebagai pendamping dana BOS dari APBN. Pengembangan Sekolah Unggulan Daerah/Lokal, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).
Pengembangan Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK), yang diarahkan pada peningkatan kompetensi keterampilan peserta didik dan peningkatan rasio siswa SMK dan SMA.
Insentif, Rewards dan Punishment bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang ditujukan pada peningkatan kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian guru.
Pemberian beasiswa kepada peserta didik mulai dari peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah hingga perguruan tinggi (S1, S2 dan S3). Pemberian beasiswa ini didasarkan pada sekurang-kurangnya 3 hal, yaitu beasiswa untuk peserta didik yang kurang mampu atau miskin, beasiswa untuk peserta didik yang berprestasi, serta beasiswa untuk peserta didik pada jurusan atau spesialisasi khusus yang diperlukan untuk pembangunan Kaltim.
”Saya berhara Perda ini juga dapat memberikan solusi efektif atas target pencapaian akses memperoleh pendidikan secara merata bagi anak usia sekolah di wilayah-wilayah khusus, seperti wilayah terpencil, terisolir, terpencar, termasuk anak-anak di wilayah perbatasan,” pungkasnya. mar

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2458 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...