1.400 Tenaga Kerja Kaltim Bersaing di Job Fair 2010

2010-07-30 07:15:35

2010-07-29  16:10:31

SAMARINDA-Sebanyak 1.400 tenaga kerja bersaing meraih pekerjaan di Bursa Tenaga Kerja (Job Fair) 2010 yang digelar se Kaltim di Samarinda. Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Farid Wadjdy mengharapkan adanya Bursa Kerja ini mampu mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Kaltim, sehingga dengan demikian ekonomi masyarakat Kaltim pun lebih bertambah ke depannya.
“Atas Pemprov Kaltim, saya menyambut baik bursa kerja (job fair) 2010 ini. Kegiatan ini sangat positif dan penting, karena kondisi pengangguran di Kaltim sampai pada bulan Februari 2010 sudah mencapai 160.477 orang dengan tingkat pengangguran terbuka 10,45%. Sementara itu, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah angkatan kerja di Kaltim mencapai 1.535.040 orang,” ujar Wagub Kaltim H Farid Wadjdy ketika membuka Job Fair 2010 di Kantor Disnakertrans Kaltim, Jalan Kemakmuran Samarinda, Kamis (29/7).
Farid menambahkan, kondisi demikian,  tentunya cukup memprihatinkan. Terlebih lagi, situasi perekonomian dunia belum terlalu membaik karena terpaan krisis finansial global yang dampaknya juga terasa di Kaltim yang menyebabkan tutupnya sejumlah perusahaan.
”Untuk membantu mereka yang ter-PHK atau belum mendapat pekerjaan, maka perekonomian perlu ditumbuh-kembangkan, penanaman investasi juga harus ditingkat-kan agar lapangan pekerjaan menjadi bertambah dan terbuka lebar,” jelasnya.
Selain itu, Farid menyebut, bahwa selama ini Kaltim sering disebut sebagai daerah kaya, sehingga banyak didatangi oleh para pedatang dari daerah lain. Sayangnya, dari sebagian pendatang ini ternyata tidak membawa keterampilan memadai, sehingga menjadi pengangguran dan jadi beban daerah.
”Untuk itu, saya mengingatkan kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota di Kaltim, terus melakukan upaya-upaya pengendalian penduduk untuk menghindari terciptanya pengangguran dan pembengkakan jumlah penduduk yang berasal dari migrasi,” tegasnya.
Bukan hanya itu, lanjut Farid, Pemprov juga menyerukan pada saudara-saudara kita dari daerah lain, lebih baik tidak datang ke Kaltim, jika tidak memiliki keterampilan kerja memadai.
”Meski demikian, saya mengundang para investor untuk beramai-ramai menananamkan modalnya di Kaltim untuk menciptakan lapangan kerja baru. Harapannya, tingkat pengangguran di Kaltim menurun,” timpalnya.
Sementara itu, Kepala Disnakertrans H Ikhwansyah menyebut jumlah perusahaan yang mengikuti Bursa Kerja sebanyak 70 perusahaan yang terbagi di kabupaten/kota se Kaltim.
”Kami berharap pelamar kerja yang mengikuti bursa kerja ini dapat diterima, sesuai dengan keahlian mereka masing-masing. Harapannya, pengangguran yang ada di Kaltim dapat berkurang,” pungkasnya.mar/adv

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2503 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...