Masalah Perbatasan, Awang Curhat ke Panglima TNI

2010-08-23 05:19:34

2010-08-23  15:20:44

SAMARINDA-Kunjungan kerja Panglima TNI Jendral Djoko Santoso beserta stafnya di Kaltim, beberapa hari lalu, merupakan memontum tepat bagi Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, untuk menjelaskan   permasalahandi wilayah perbatasan, yang  kini terus menjadi isu nasional.
"Hingga kini wilayah pedalaman dan perbatasan Kaltim belum terbangun baik, sehingga sering menimbulkan masalah seperti pergeseran patok batas yang makin jauh ke wilayah RI, pencurian kayu , pencurian ikan,  penyelundupan migrasi penduduk yang tak terkendali dan sebagainya. Untuk itulah, kami minta agar pemerintah pusat juga dapat membantu melakukan percepatan pembangunan di wilayah pedalaman dan  perbatasan agar sejajar dengan negara tetangga Malaysia,"jelas Awang Faroek Ishak, saat memberikan sambutan selamat datang kepada Panglima TNI Jendral Djoko Santoso beserta staf di Kaltim, beberapa hari lalu.
Awang menambahkan, pembangunan di kawasan perbatasan, baik darat maupun lautnya, sangat penting untuk pertahanan dan kedaulatan negara, mengingat Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan di Utara Kaltim sudah direbut Malaysia, dan beberapa waktu lalu mereka kembali mengancam perairan Ambalat dan Karang Unarang.
"Sehubungan dengan itu, kepada Panglima TNI beserta Staf yang melakukan kunjungan kerja di provinsi ini, agar dapat memahami permasalahan yang ada dan turut membantu Kaltim mencarikan jalan pemecahannya,"ujar Awang.
Pada kesempatan itu, Awang juga memaparkan  keberadaan Provinsi Kaltim, yang  wilayahnya saat ini seluas 20.865.775 hektar. Daratannya 19.844.118 hektar. Sedangkan lautnya, sejauh 12 mil laut dari garis pantai terluar ke arah laut seluas 1.021.657 hektar. Selain itu wilayah Kaltim terdiri dari pulau-pulau kecil yang jumlahnya tidak kurang dari 155 pulau.
"Dengan demikian Kaltim merupakan salah satu provinsi terluas di Indonesia atau sekitar 11 persen dari luas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan penduduk berdasarkan hasil Sensus Penduduk tahun 2010 ini mencapai 3.550.586 jiwa dan yang tersebar di 4 kota dan 10 kabupaten,"terang Awang.
Menurut Awang, Kaltim yang luas ini diberkahi Tuhan dengan kekayaan sumber daya alam yang cukup melimpah. Bumi Kaltim antara lain menghasilkan minyak dan gas alam, batu bara, emas, perak dan hasil tambang lainnya, selain hutan, hasil laut dan lainnya. Dengan hasil kekayaan alam tersebut, Kaltim dapat membangun dan memajukan kehidupan masyarakatnya, di samping disumbangkan untuk devisa negara.
"Meskipun demikian, Kaltim masih ternasuk provinsi tertinggal dan memiliki berbagai permasalahan akibat terkendala rendahnya SDM dan minimnya infrastruktur seperti jalan dan jembatan, termasuk rawannya stabilitas keamanan dan ketertiban di beberapa kawasan,"tandasnya.
Selain itu, di Kaltim juga terdapat industri besar strategis seperti pengilangan minyak dan gas bumi, industri pupuk dan petrokimia di Kota Balikpapan dan Kota Bontang, serta sejumlah perusahan pertambangan lainnya yang ada di kabupaten/kota se-Kaltim yang apabila mengalami gangguan, secara langsung juga akan mempengaruhi perekonomian di daerah ini, maupun perekonomian dalam skala nasional.
"Ancaman ke arah itu bukan mustahil terjadi, mengingat wilayah Kaltim juga berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan di bagian utaranya merupakan lintas perdagangan internasional yang memungkin terjadinya penyelundupan orang dan barang serta pergerakan atau aksi teroris, maka dari itu, kunjungan kerja  Panglima TNI beserta Staf  di Kaltim  ini, nantinya  memahami permasalahan khususnya wilayah perbatasan nantinya dapat  membantu  mencarikan jalan pemecahannya,"papar Awang.mar/adv

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim

Senin 27 Oktober 2014
Senin 27 Oktober 2014
New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2503 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...