Peran FKUB dan FKPMK Harus Ditingkatkan

2010-10-08 04:35:00

2010-10-08  05:36:19

SAMARINDA- Wakil Gubernur Kaltim, H Farid Wadjdy mengharapkan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan Forum Kerukunan Persaudaraan Masyarakat Kaltim (FKPMKT) berperan aktif  menciptakan situasi kondusif di daerah.
“Organisasi kemasyarakatan (FKPMKT) maupun keagamaan(FKUB) hendaknya mampu melaksanakan peran maksimal mendukung kegiatan pemerintah untuk menciptakan kondisi yang aman dan damai di kabupaten dan kota secara optimal,” kata Farid Wadjdy,  dalam setiap kesempatan  saat bertemu tokoh masyarakat dan agama Kaltim.
Menurut Wagub perlu peran organisasi tersebut secara optimal untuk memberikan pembinaan maupun pemahaman kepada masyaraka. Terutama tentang pentingnya menjaga dan memelihara kedamaian, serta hidup bertoleransi antar umat beragama dan antar etnis masyarakat.
FKPMKT yang sudah lama berdiri dan berperan aktif menangani perselisihan antar kelompok masyarakat yang terjadi di beberapa daerah di Kaltim. Namun, organisasi ini belum terbentuk di kabupaten maupun kota.
Padahal, peranan organisasi ini sangat penting memberikan pembinaan dan menjalin komunikasi masyarakat. Begitu pula, FKUB yang merupakan wadah berkumpulnya sejumlah tokoh umat beragama dan Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
“Perlu optimalisasi peran kedua organisasi ini dengan membentuk di kabupaten maupun kota. Hingga kini pemerintah masih mempercayakan keduanya untuk dapat mendukung program keamanan dan ketertiban yang dilaksanakan saat ini,” jelasnya.
Terbentuknya kedua organisasi ini ditingkat daerah, tentu akan lebih memudahkan pendekatan dan komunikasi dengan masyarakat. Bahkan perlu dilakukan kegiatan yang bersifat rutinitas setiap bulan.
“Kedepannya harus sudah ada di kabupaten dan kota se-Kaltim. Dengan begitu, akan mudah  dijalin tali silaturahim dan komunikasi dengan masyarakat dalam upaya pembinaan. Kalau perlu diagendakan  pertemuan setiap bulan antara pengurus organisasi dengan masyarakat, terutama dalam upaya optimalisasi antisipasi gejolak dan konflik dalam masyatakat,” harap Farid Wadjdy.mar/adv

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2457 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...