Menjelang HUT Brimob Kaltim 14 November 2010

Gelar Operasi Perompakan ‘’Penyu 92’’ di Berau

2010-11-09  05:22:12

BALIKPAPAN, Pada tahun 1987, berdasarkan surat perintah Kapolda Kaltim nomor Sprin / 133 / V / 1987 tanggal 12 Mei 1987 Jabatan DAN SAT BRIMOB Polda Kaltim telah di isi kembali dan dijabat oleh Mayor Polisi Drs DHANI SUDJOKO, dan     Komandan   Kompi (Danki) tetap dijabat Kapten  Pol. ALEX SAMBOUW.
Pada tahun 1987 Sat Brimob Polda Kaltim menerima dua orang Perwira yaitu Letda Pol. BUDI ASTONO,  kemudian pada awal bulan Pebruari 1988 Sat Brimobdak XII Kaltim, telah melaksanakan latihan Pemantapan DAKHURA, JIHANDAK dan LAWAN TERROR selama satu bulan di ikuti oleh seluruh anggota  Kompi 5137,Sat Brimob Polda Kaltim.
Pada tahun 1988, berdasarkan Surat Perintah Kapolda Kaltim nomor Sprin /448/XII/1988, tanggal 12 Desember 1988 Lettu Pol. SUNARDI,  di tunjuk sebagai Komandan Kompi 5137 Brimob Polda Kaltim.Kompi 5137 Brimob Polda Kaltim terdiri dari 4 (empat ) peleton dan satu peleton markas dan masing-masing peleton dipimpin seorang komandan peleton (Danton), peleton I.  Lettu Pol. BIMO HERU DS, peleton II. Letda Pol.  HARIYANTO, peleton III.Letda Pol. MULYADI K,  peleton IV. LETDA POL  SUGITO dan peleton Markas Peltu Pol. DJARKASIH.
Pada tahun 1989, berdasarkan Surat Perintah Kapolda Kaltim nomor Sprin / 85 /II/1989,tanggal 14 Pebruari 1989 Komandan Kesatuan Brigade Mobil Polda Kaltim  diserah terimakan dari Pejabat lama Mayor Pol.  Drs DHANY SUDJOKO, kepada pejabat baru Mayor Polisi Drs EDY SUNARNO. kemudian pada akhir ajaran 1988/1989 Sat Brimob Polda Kaltim menerima  satu Perwira yaitu Letda Pol. EKO SAKTIONO, dengan jabatan PAUR OPS Sat Brimob Polda Kaltim.
Berdasarkan Surat Telegram Dan Pus Brimob nomor TR/26/1989,tanggal 20 Mei 1989 Sat Brimob Polda Kaltim mengadakan Latihan TERATAI I selama satu bulan yang dilaksanakan oleh seluruh anggota  Sat Brimob Polda Kaltim, dalam keadaan aman, tertib dan berjalan sesui dengan Program Pimpinan.
Pada tahun 1989.  Komandan Kesatuan Brigade Mobil Polda Kaltim diserah terimakan dari Pejabat Lama Mayor Pol.  Drs EDY SUNARNO,  kepada pejabat baru Kapten Pol. SOEPRAPTO,  pada tahun 1990 Sat Brimob Polda Kaltim sesui JUKLAP No . Pol :JUKLAP / 288 / VII /1990 TANGGAL 25 Agustus 1990 tentang TATA CARA bertindak dalam melaksanakan Back Up Dit Samapta Polda Kaltim ke Polersta Balikpapan, kemudian sesui petunjuk tersebut telah mem Back Up beberapa tugas fungsi di Polres Balikpapan seperti: Reserse, Lantas dan Patroli Pemukiman.
Pada tanggal 18 Oktober 1990, berdasarkan Perintah Pimpinan anggota Sat Brimob Polda Kaltim Kompi 5137 telah berangkat di BKO kan di Polres Tarakan sebanyak  15 (Lima belas ) orang dipimpin oleh Serka SUBIYANTO dan Sertu SUPRIYADI, masih terus menjalankan tugas sampai saat ini.
Pada tahun 1991 tepatnya 29 Agustus 1991 serah terima Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim dari pejabat lama Kapten Pol.  SUPRAPTO kepada Mayor Pol.  Drs. IMAM SUDJARWO,  Satuan Brimob Polda Kaltim melaksanakan Latihan Gabungan Gladi Posko I DAKHURARI dengan Kodim 0905 Balikpapan dibawah pimpinan Letgtu Pol. SUGITO.
Kemudian tanggal 6 Mei 1991 sampai dengan tanggal 25 Mei 1991 Sat Brimob Polda Kaltim melaksanakan Latihan Teratai II dengan jumlah peserta 165 orang sedangkan Instruktur langsung dari Brimob Kelapa Dua Jakarta, pada bulan agustus 1992 Sat Brimob Polda Kaltim melaksanakan Operasi Perompakan di wilayah Polres Berau khususnya Pulau Derawan, Maratua, Sangkalaki, dengan sandi “OPERASI PENYU 92” dibawah pimpinan Letda Pol. SUGITO.
Pada bulan Oktober 1992 Jajaran Polda Kaltim melaksanakan Operasi Kepolisian dengan sandi “OPERASI PAGAR I’’,  Sat Brimob Polda Kaltim dipimpin Letda Pol. NIRBOYO, dan pada tahun 1993, tepatnya  8 Oktober 1993 Jabatan Komando Satuan Brimob Polda Kaltim diserahterimakan dari pejabat lama Letkol Pol. IMAM SUDJARWO,  kepada pejabat baru Mayor Pol. Drs. SUYONO, dan pada tahun 1995 Jabatan Wadan Sat Brimob Polda Kaltim diisi oleh Kapten Pol. Drs. ARIEF WACHYUNADI.
Pada tanggal 5 Januari 1995 embrio Kompi Tarakan diberangkatkan sebanyak 31 orang dipimpin oleh Letgtu Pol. NIRBOYO pada saat itu dinamakan Kompi SATGAS BRIMOB Tarakan berjalan dengan baik, sempurna dan aman, sebagai Mako Brimob Tarakan adalah Kampung Pasir Putih Tarakan.
Kemudian pada awal tahun 1996 Komandan satuan Brimob Polda Kaltim lulus sekolah SESPIM untuk jabatan DAN SAT BRIMOB kosong selanjutnya dirangkap Wadan Sat Brimob Polda Kaltim, pada tanggal 28 Maret 1996 Jabatan Dan Ki  5137 diserahterimakan dari pejabat lama Lettu Pol.  EKO SAKTIONO,  kepada pejabat baru Lettu Pol. SUGITO, sedangkan  pejabat lama menjadi Kasat Sabhara Polresta Balikpapan.
Berdasarkan Jukmin Kapolri No. Pol. : Jukmin/02/XI/XI/1996 tanggal 26 Nopember 1996 tentang Validasi Brimob Polri dengan pembentukan 2 Batalyon Satbrimob Polda Kaltim yaitu Batalyon A berkedudukan di Balikpapan yang meliputi wilayah Balikpapan, Paser, Samarinda, Kukar, Bontang, dan Kubar, dengan Komandan Batalyon AKP SUGITO, dan Batalyon B yang berkedudukan di Tarakan meliputi wilayah Berau, Malinau, Nunukan dan Bulungan, dengan Komandan Batalyon (Danyon) AKP DJOKO PURNOMO.
Pada tahun 1997, Jabatan Wadan Sat Brimob Polda Kaltim diganti oleh pejabat baru Mayor Pol. Drs. SUTRISNO, kemudian langsung menjabat PGS Dan Sat Brimob Polda Kaltim bersamaan itu menerima 150 orang Bintara lulusan SPN Balikpapan dan langusung diberikan pendidikan dan pengetahuan dasar Brimob di Watukosek, dan pada bulan April 1997 Dan Satgas Tarakan diserahterimakan dari Lettu Pol. NIRBOYO kepada penggantinya Lettu Pol. AMUSTIAN. max/.bersambung.

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2409 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...