Rencana Kenaikan Tarif PDAM Disampaikan ke DPRD

2010-11-20 00:33:57

2010-11-20  00:33:33

TANJUNG REDEB- Rencana kenaikan tarif dasar PDAM mulai disampaikan secara terbuka oleh Manajemen PDAM Tirta Segah dihadapan DPRD Kabupaten Berau. Secara terperinci gambaran nominal tarif yang akan diterapkan dipaparkan dalam rapat pembahasan dengan Komisi I dan II di ruang rapat gabungan komisi Jumat (19/11). 
Tidak hanya itu, Dewan juga memberikan catatan dan kritikan terkait kinerja PDAM selama ini.
“Merupakan hal paling utama dimana pelayanan optimal harus lebih dulu dilaksanakan sebelum ada kebijakan menerapkan tarif baru yang pasti lebih mahal dibandingkan sebelumnya,”ujar pimpinan rapat H Liliansyah.
Pemilahan blok untuk menetapkan pemilihan tarif harus dilakukan dengan jeli di lapangan. Dimana terdapat rencana pemberian subsidi bagi pelanggan sehingga subsidi dimaksud dapat tepat sasaran dan bukan dinikmati oleh pengguna kelas industri atau kategori khusus.
Dimana banyak ditemui dilapangan permasalahan dari mental masyarakat yang selalu mencari kemudahan. Seperti contoh disampaikan H Lili, banyak sambungan liar ditemui di lapangan. “Rumah di depan masuk kelas sosial terus rumah yang dibelakang kelas elit, nah itu disambung di bawah tanah, siapa yang tahu, makanya petugas PDAM harus jeli, masih banyak permasalahan yang terjadi dilapangan apalagi kalau mau bicara pelayanan,”ungkapnya.
Memang diakui dalam Peraturan daerah (Perda) nomor 14 tahun 2009 belum mengatur blok PDAM seperti disampaikan Sekretaris Dewan Drs Suriansyah.  “Namun dipasal 18 disebutkan PDAM dapat menyesuaikan tarif atau mungkin merevisi.   Sementara itu Anggota Komisi III Kamaludin S, Sos menyebutkan rencana menaikan tarif sudah tepat. “Dasar hukum sudah ada, tinggal pelayanannya lagi yang perlu dibenahi,” ungkap legislator Partai Persatuan Pembangunan ini.
Penyesuaian tarif seperti disepakati bersama, sebagai upaya ketahanan finansial PDAM Tirta Segah yang sampai saat ini masih terus disubsidi pemerintah daerah. Kemandirian Perusahaan Daerah ini diharapkan mampu terwujud dari langkah kongkrit tersebut. as

Baca Edisi Cetak Harian Umum Poskota Kaltim


New User Login




Video News
To watch this video, you need the latest Flash-Player and active javascript in your browser.
Pasang iklan anda disini...

 
 
 
Iklan...
Raih sukses didepan mata
Media promosi online poskota kaltim.com sarana terpercaya untuk mempromosikan usaha anda dalam sekejap akan dilihat oleh dunia

Ucapan Terima Kasih
Segenap Pimpinan dan Seluruh Staff Atas kepercayaan Anda Membuka WebSite Kami

Hotline
Editorial
Solusi
Surat Pembaca
Polling
Berita apa saja yang menurut anda sangat diminati pembaca poskotakaltim
Daerah
pariwisata
hukum
Pendidikan
perekonomian
semua berita
 
total pemilih : 2458 | Lihat Hasil
Pasang iklan anda disini...